Ide Usaha Rumahan yang Lagi Trend di Tahun 2020 Dan Menguntungkan

default featured image

Mencari ide bisnis kadang memang tidak mudah. Salah satu cara mencari ide atau peluag usaha adalah dengan mengetahui apa saja usaha rumahan yang lagi trend dan akan terus booming di masa depan.

Karena dengan menjalankan usaha produk atau jasa yang sedang banyak dicari orang, maka anda memiliki peluang yang bagus untuk menjadi seorang pengusaha yang berhasil dan kemungkinan besar mendapatkan untung.

Apalagi kalau usaha yang akan booming anda jalankan, keuntungkan akan berjalan semakin panjang.

usaha rumahan yang lagi trend dan menguntungkan

Usaha Rumahan yang Lagi Trend

Untuk Anda yang ingin coba menjalankan bisnis usaha rumahan tapi bingung kira-kira usaha apa yang menjanjikan dan memiliki prospek yang bagus di masa depan. Jangan bingung lagi karena pada artikel kali ini saya akan memberikan beberapa ide usaha rumahan yang lagi trend di tahun 2020 yang bisa Anda jadikan referensi.

Langsung saja yuk simak, berikut ini beberapa ide usaha rumahan yang lagi trend 2020 yang bisa Anda jadikan pilihan untuk memulai bisnis.

1. Usaha Makanan Rumahan

usaha makanan rumahan yang lagi trend
usaha makanan rumahan yang lagi trend

Sulit untuk dibantah apabila trend usaha rumahan dibidang kuliner akan selalu menjadi trend dan terus booming di masa depan.

Hal ini dapat dilihat dari semakin banyaknya jenis bisnis rumahan yang menjual berbagai jenis kuliner dari makanan modern hingga bisnis makanan tradisional walau hanya dengan modal kecil.

Coba anda sekali-kali jalan ke tempat penjualan jajanan pasar pada pagi hari, seperti di pasar tradisional dekat tempat anda tinggal.

Anda akan banyak belihat orang-orang yang mengantar berbagai makanan dalam wadah kerdus, kotak makana atau apa saja.

Seiring makanan tiba di tempat penjual, pembeli pun sudah banyak yang datang dan membeli makanan tersebut.

Dan hebatnya, makanan tersebut, jarang sekali tersisa pada saat siang hari apalagi sore. Karena kebanyakan pembeli jajanan tersebut membeli dalam jumlah yang besar.

Biasanya untuk kebutuhan acara kumpul-kumpul seperti arisan, suguhan kantor atau lainnya.

Berbagai macam jenis makanan yang dapat dibuat dirumah seperti cucur, nagasari, risoles, bika ambon, dan banyak lainnnya.

Anda dapat menjualnya langsung dari rumah anda anda juga menitipkan ke tempat-tempat penjual lainnya yang memiliki lokasi strategis.

Dan ternyata bisnis ini termasuk dalam kategori usaha kuliner modal kecil saja.

2. Bisnis Online

bisnis online sedang popular untuk kerja di rumah
bisnis online sedang popular untuk kerja di rumah

Trend usaha rumahan tahun ini yang akan masih terus berkembang adalah bisnis online. Sebenarnya dapat disebutkan bahwa bisnis melalui jaringan internet masih akan menjadi trend dan booming di masa depan.

Hal ini dikarenakan pembelian melalui internet seperti lewat ecommerce semakin diminati pengguna.

Dengan semakin meningkatnya kualitas jaringan internet dan harga yang terus menurun membuat proses jual beli secara online semakin mudah. Pejarai sistem dan metoda serttren dan ketahui pula faktor kegagalan usaha online ini agar anda terhindar dari kerugian.

Menarik untuk dibaca :  Franchise Minuman Bubble Tea Terlaris Yang Murah Dan Sedang Viral

Situs ecommerce seperti Bukalapak, Tokopedia, Blibli dan lainnya membuka kesempatan setiap orang untuk menjadi penjual disitus tersebut, termasuk anda.

Jenis barang apa yang sedang trend di bisnis online?

Sebenarnya ada banyak jenis barang, bahkan jasa yang dapat dijual lewat internet. Dari produk industri, pakaian, elektronik, peralatan komputer, hingga makanan.

Namun produk yang tidak memiliki umur pakaian atau kadaluarsa lebih memiliki kesempatan penjualan yang lebih besar bila dibandingkan dengan makanan.

Dropshipper merupakan jenis usaha yang dapat anda ikuti. Bidang usaha yang menjanjikan ini juga hanya membutuhkan modal yang kecil.

Apabila anda tertarik dengan usaha ini, maka anda harus mengetahui barang yang lagi booming di online shop.

Dengan hanya menjual barang tersebut, maka anda akan segera mendapatkan untung dari usaha tersebut.

Anda dapat memanfaatkan tools berikut ini untuk meendapatkan produk yang yang sedang banyak pembelinya.

3. Penulis Artikel/Freelance Content Writer

Freelance Content Writer
Freelance Content Writer

Oke, saya rasa usaha rumahan yang lagi trend saat ini berhubungan dengan usaha bisnis online. Nah, salah satu usaha rumahan online yang bisa Anda coba jadikan pilihan adalah menjadi seorang freelance content writer. Ya, menjadi seorang content writer secara online bisa dikerjakan dimana saja dan kapan saja. Termasuk dikerjakan dari rumah.

Ditambah lagi saat ini juga banyak yang membutuhkan seorang content writer berpengalaman. Pas banget untuk Anda yang memiliki hobi menulis.

Hal ini dikarenakan, masi banyaknya kebutuhan akan artikel, kontek atau post yang dibutuhkan oleh para pemilik blog, narasi video, sales marketing atau lainnya.

Dan hampir setiap penulis membutuhkan jasa penulis, selalu tidak bisa mendapatkan order cepat, alias penulis harus mengantri untuk beberapa hari.

Bahkan ada satu penyedia jasa artikel yang membuat konsumen harus mengantri hingga bulan 3 bulan kedepan. Luar biasa.

Apabila anda memiliki bakat menulis, baik untuk Bahasa Indonesia atau bahasa lainnya, jangan pernah sungkan untuk menawarkan kemampuan anda.

Karena penulis yakina, tidak lama anda membuka iklan jasa penulisan artikel, maka anda akan segera mendapatkan respon dari para calon konsumen anda.

Kunci keberhasilan dari bisnis dengan modal kecil ini adalah, anda mampu memberikan harga yang bersaing dengan kompetitor anda, apalagi bila anda sebagai pemula dalam bidang ini.

Kualitas tulisan anda harus baik, cirinya adalah artikel yang anda buat harus memiliki alur cerita yang menarik. Terakhir, selesaikan order yang anda terima tepat waktu. Begini cara bisnis jasa penulis artikel bisa sukses besar.

4. Jadi Artis Dadakan di Youtube/ Vlogger

Menjadi Vlogger
menjadi vlogger atau youtuber dapat dilakukan dimana saja termasuk rumah

Punya bakat ngomong atau bicara di depan kamera? Saya rasa usaha rumahan yang lagi trend satu ini cocok untuk Anda. Ya, bahkan Anda bisa mendadak jadi artis jika content yang Anda buat viral. Anda bisa coba menjadi vlogger professional.

Tugas Anda disini hanyalah usahakan Anda membuat content vlog atau video yang menarik untuk di unggah ke youtube. Tidak hanya bisa mendapatkan penghasilan dari iklan google saja. Jika Anda cukup terkenal, bahkan Anda bisa mendapatkan pendapatan dari hasil endorsement.

Bener gak sih jadi artis itu susah? Ternyata jadi artis itu gampang kok. Gak percaya, coba aja anda buka Youtube. Banyak tuh yang bisa populer hanya gara-gara suka nampang di video online milik Google ini.

Salah satu fenomena terbesar artis dadakan yang jadi milyarder adalah Justin Beiber.

Dia pertama kali hanya membuat video di Youtube, kemudian bisa populer karena banyak yang menonton videonya.

Menarik untuk dibaca :  Jajanan Unik Kekinian Yang Murah dan Mudah Dibuat Untuk Jualan

Dan usaha ini sekarang sedang trend diberbagai kalangan diseluruh dunia. Biasanya para pemilik video tersebut menyebutnya sebaga VLOG, yang merupakan versi video dari blog atau blogger.

Usaha yang lagi trend di internet ini hampir digandrungi oleh banyak orang, dikarenakan telah ada bukti bahwa seorang vlogger, mampu membangun rumah membeli mobil hingga hidup sejahtera hanya dari mengupload video di youtube.

Dan diprediksi, aktivitas ini akan terus booming dimasa depan. Dikarenakan, visual dalam bentuk gambar atau video, merupakan cara terbaik untuk mempromosikan produk atau jasa.

Lalu bagaiman bisa mendapatkan uang kalau hanya jadi artis di Youtube? Gampang aja, anda bisa mendaftar Google Adsense.

Dimana setiap video yang anda miliki, akan menampilkan iklan milik Google. SEtiap iklan yang tampil, anda akan mendapatkan penghasilan.

Semakin banyak penonton video anda, maka kemungkinan besar anda mendapatan bagi hasil dari Google.

Selain dari Adsense, anda juga bisa menjual produk atau jasa. Asal jangan jual diri ya, itu gak boleh, dan tidak direkomendasikan oleh penulis.

Sementara itu aja dulu usaha rumahan yang lagi trend dan terus booming dimasa depan. Semoga anda dapat memilih jenis bisnis yang sesuai dengan kemampuan anda. Selamat mencoba.

5. Blogger


Untuk Anda yang juga suka menulis, selain menjadi seorang content writer. Anda juga bisa mencoba mulai usaha rumahan menjadi seorang blogger. Atau Anda bisa menjalankan keduanya, menjadi blogger dan content writer.

Karena biasanya menjadi seorang blogger tidak langsung mendapatkan penghasilan. Anda harus menunggu iklan blog Anda di Acc oleh google untuk mendapatkan uang dari google. Ya, walaupun kita juga bisa mendapatkan penghasilan dari blog dari yang lainnya. Namun, yang paling ngetrend saat ini adalah mendapatkan uang dari google saat menjadi blogger.

6. Jasa Desain Grafis

design grafis usaha yang sedang trend

Anda punya keahlian dalam bidang desain, dan mampu mengoperasikan beberapa software desain? Membuka usaha jasa desain grafis secara online juga bisa Anda coba lakukan. Sama seperti content writer, jasa desain grafis juga merupakan usahan rumahan yang bisa dikerjakan dimana saja. Ikuti langkah tepat ini cara bisnis jasa desain grafis bisa sukses.

7. Jasa Web Desain

web designer bisnis yang banyak dibutuhkan

Selain jasa desain grafis, usaha rumahan yang juga berhubungan dengan desain adalah jasa web desain. Saat ini sudah ada banyak perusahaan yang ingin membuat website perusahaannya lebih menarik hati para visitor dan calon customernya.

Oleh karena itu, keahlian seorang web desain sangat diperlukan dalam hal ini. Usaha rumahan yang lagi trend satu ini pas banget untuk Anda yang mengerti masalah coding, website dan desain.

8. Buka Toko Online Atau Online Shop

toko online bisa dikerjakan di rumah

Lanjut, ide usaha rumahan secara online berikutnya yang bisa kamu jadikan pilihan adalah membuka usaha toko online atau online shop yang menyediakan berbagai macam produk atau barang yang dibutuhkan masyarakat.

Cocok banget buat untuk Anda yang memiliki jiwa marketing yang trampil. Tak harus membuat website toko online, Anda bisa coba mulai buka toko online di beberapa marketplace yang tersedia atau melalui media sosial. Ikuti tips cerdas cara toko online laku keras banyak pembeli dan laris.

9. Reseller atau Dropshipper

bisnis dropshipper dari rumah

Masih berhubungan dengan toko online nih. Untuk Anda yang tidak memiliki produk sendiri untuk dijual di toko online milik Anda. Tak usah bingung, karena Anda bisa menjadi reseller atau dropshipper untuk menjual produk atau barang secara online.

Menarik untuk dibaca :  4 Franchise Makanan Paling Laris Ini Terbukti Bertahan Sampai Sekarang!

Dapat dikatakan reseller dan dropshipper ini adalah usaha rumahan tanpa modal karena Anda bahkan bisa menjalankan bisnis rumahan tanpa modal yang besar atau bahkan tanpa modal apapun.

10. Affiliate Marketer

affiliate marketer kantornya bisa dari rumah

Selain bisa coba membuka toko online, untuk Anda yang memiliki keahlian memasarkan produk secara online yang cukup tinggi. Anda bisa coba juga usaha rumahan yang sedang trend satu ini. Ya, dia adalah bisnis affiliate marketer.

Jadi, tugas Anda adalah mempromosikan produk orang lain. Kemudian, Anda akan mendapatkan bayaran berupa komisi setiap ada produk yang terjual. Tapi, pastikan dulu Anda mencari mitra affiliatenya ya! Dan juga pastikan Anda sudah melakukan kesepakatan juga tentang komisinya. Ikuti tips sukses bisnis affiliate marketing dengan keuntungan besar.

11. Trading Forex

investasi forex bisa lewat online dari rumah
investasi forex bisa lewat online dari rumah

Punya keahlian dalam menganalisa harga mata uang? Anda bisa juga nih coba memulai usaha rumahan sebagai seorang trader. Ya, bisnis trading forex tengah banyak di gandrungi oleh masyarakat pada saat ini. Anda akan mendapatkan keuntungan ketika menjual mata uang pada saat harganya naik atau harga jual lebih besar dari harga beli.

12. Penerjemah Bahasa Asing


Anda memiliki kemampuan berbahasa yang cukup baik? Entah itu bahasa Inggris, Jepang, Mandarin atau yang lainnya? Anda bisa coba memulai usaha rumahan sebagai penerjemah bahasa asing. Tak perlu keluar rumah, Anda juga bisa menjadi penerjamah bahasa asing secara online.

13. Jual Hasil Foto secara Online


Nah, buat kamu yang memiliki hobiĀ  fotografi. Saatnya buat hobimu agar menghasilkan cukup banyak uang. Ya, kamu bisa menjual hasil fotomu secara online di beberapa situs atau media jual-beli foto online. Begini tips sukses usaha rumahan dengan jualan foto secara online.

14. Admin Media Sosial

admin manager media sosial sedang trend
admin manager media sosial sedang trend

Seperti yang kita tahu, semakin berkembangnya teknologi dan internet juga membuat media sosial semakin ramai. Bahkan ada juga nih yang meraup keuntungan besar sebagai admin media sosial. Menjadi admin media sosial akan sangat menguntungkan karena selain bisa mendapatkan penghasilan, Anda juga bisa menjalankan bisnis ini dirumah dan dimana saja.

Biasanya admin media sosial akan mendapatkan bayaran atau penghasilan dari hasil endorsement jika memang banyak sekali pengunjung dan bisa membangun interaksi dengan pengunjung dengan baik.

15. Pengajar Online / Kursus Online

buka kursus online dari rumah
buka kursus online dari rumah

Seperti yang kita tahu, semakin majunya dunia internet pada saat ini bisa membuat segala hal dengan sangat mudah. Begitu juga untuk belajar dan mengajar. Tidak perlu pergi ke sekolah atau ke lembaga bimbingan belajar untuk menjadi seorang tutor.

Anda bahkan bisa menjadi tutor secara online dari rumah. Yang harus Anda lakukan hanyalah membuat video tutor lalu menguploadnya ke media online seperti youtube misalnya. Anda bisa membuat channel tutor Anda sendiri atau bergabung dengan lembaga tutor online yang sudah banyak tersedia pada saat ini.

16. Catering Diet Sehat

usaha masak catering sehat
usaha masak catering sehat

Untuk Anda yang memiliki hobi memasak, Anda juga bisa nih coba usaha bisnis rumahan yang lagi trend satu ini. Ya, bukan catering biasa. Anda bisa coba memulai peluang usaha membuka usaha catering diet sehat.

Anda bisa mempromosikannya secara online ataupun offline. Buat packaging produk semenarik mungkin. Saat ini banyak orang yang sudah sadar akan kesehatan tubuhnya, ini bisa jadi peluang untuk Anda.

Nah, itu dia beberapa ide usaha rumahan yang lagi trend yang bisa Anda jadikan referensi untuk memulai berbisnis. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Bagikan Artikel Ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *