10 Usaha Makanan Unik dan Kreatif Yang Laris

Berikut ini makanan unik dan kreatif yang sangat bagus untuk dijadikan bisnis kuliner karena telah terbukti memiliki banyak penggemar, pembeli dan pelanggan. Bisnis modal kecil yang menguntungkan dan layak dicoba.

Industri makanan memang menjadi salah satu peluang usaha yang diminati oleh banyak orang karena mendatangkan keuntungan yang lumayan menggiurkan selain usaha kue. Namun, jangan salah, karena memiliki usaha dalam bidang kuliner memang banyak tantangannya, karena Anda harus menciptakan inovasi agar usaha makanan unik dan kreatif jadi favorit para pecinta kuliner.

usaha makanan unik dan kreatif
gambar makanan

Nah, bila Anda memiliki keinginan untuk membuka bisnis kuliner, ini deretan usaha makanan paling laris saat ini yang menarik untuk dijadikan ide!

Sempolan

Jajanan unik untuk anak sekolah di pinggir jalan yang kini sedang banyak Anda temukan adalah sempolan. Makanan yang masuk dalam jenis gorengan ini terbuat dari tepung tapioka dan disajikan dengan tusukan seperti layaknya sate.

Sebelum dikenal dan disukai seperti sekarang, sempolan sebenarnya hanya berasal dari sebuah desa bernama Sempol di wilayah Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

Nikmat dan murah serta bisa dibuat dengan bahan baku yang sederhana, menu ini bisa jadi ide menarik untuk usaha kuliner Anda.

Kue Balok

Jajanan manis khas Bandung ini bisa jadi menu yang menarik saat Anda ingin membuka usaha kuliner. Dinamakan kue balok karena bentuknya yang seperti balok persegi panjang.

Makanan ini menjadi tren dan banyak disukai karena rasanya yang nikmat dengan coklat yang lumer dari dalam. Dari segi tekstur, camilan ini hampir mirip dengan kue yang disebut dengan brownies.

Namun dari sisi tampilan dan penyajian, kue balok memiliki karakter tersendiri karena coklat lumer di dalamnya dan pastinya sangat menggugah selera bagi para pencinta makanan manis.

Bakso Tusuk

Bakso dengan kuah di dalam mangkok mungkin memang jadi favorit, namun kini Anda bisa menikmati bakso dengan cara berbeda dan lebih praktis namun tak kalah enak.

Menarik untuk dibaca :  Jajanan Unik Kekinian Yang Murah dan Mudah Dibuat Untuk Jualan

Bakso tusuk umumnya adalah bola-bola daging yang dinikmati dengan cara menusuknya menggunakan tusuk sate dan mencelupkannya ke dalam saus racikan yang bisa Anda kreasikan sendiri.

Untuk variasi, Anda bisa juga menyediakan tahu bakso sebagai pilihan lain untuk pelanggan. Untuk Anda yang ingin menyajikan menu bakso dengan tampilan yang berbeda, bakso tusuk bisa jadi ide waralaba makanan modal kecil, bukan?

Tahu Walik

Camilan gorengan yang sedang banyak diminati adalah tahu walik. Rasanya gurih dan nikmat disajikan bersama dengan cabai segar atau sambal.

Dinamakan tahu walik karena memang dalam proses pembuatannya Anda harus membalik tahu pongnya. Makanan ini merupakan waralaba makanan ringan juga cukup mudah untuk dibuat , yakni dengan membalik dan mengisi tahu pong dengan tepung tapioka.

Penggemar makanan asin pasti sangat suka dengan camilan ini karena tekstur tahu pong yang crispy berpadu dengan adonan tapioka di dalamnya yang masih kenyal dengan rasa yang gurih.

Meski sama-sama gorengan tahu walik bisa jadi alternatif menarik yang baru, bila sedang bosan dengan camilan gorengan yang itu-itu saja. Bila dijual sore hari, menu camilan ini bisa laris terjual karena bisa jadi teman ngopi atau ngeteh, lho.

Telur Gulung SD

Telur gulung adalah jajanan anak sekolah yang banyak dijual di tahun 90-an. Bahan dasarnya hanya telur, namun cara penyajiannya membuat jajanan ini cukup menarik dan banyak disukai.

Meski jadul, jenis jajanan yang satu ini kembali menjadi primadona di industri kuliner khususnya jajanan pinggir jalan atau usaha makanan tradisional. Untuk membuatnya juga cukup mudah, hanya Anda perlu memperhatikan saat menuang telurnya agar tergulung sempurna pada tusukan.

Menarik untuk dibaca :  Peluang Bisnis Makanan Dan Minuman Dengan Modal Kecil

Selain itu, pastikan juga Anda menuangkan telur yang sudah dikocok ke dalam minyak yang sudah benar-benar panas dengan api sedang.

Meski sederhana, nyatanya jajanan ini masih sangat banyak diminati hingga masuk bisa masuk dalam stand yang ada di dalam pusat perbelanjaan.

Tteokbokki

Beralih dari kuliner lokal, Anda juga tak salah jika menggunakan menu jajanan asal luar negeri yang banyak tersedia  waralaba makanan korea di Indonesia.

Nah, salah satu menu asal Korea Selatan yang sedang banyak digandrungi oleh penikmat jajanan kekinian adalah tteokbokki. Makanan ini dibuat menggunakan tepung beras yang dibuat menjadi adonan yang kemudian dibentuk, dipotong-potong dengan bentuk silinder dan akhirnya dimasak dengan bumbu khas Korea yang berwarna merah.

Rasa bumbu Korea yang khas dan tekstur yang kenyal dari tteokbokki membuat menu ini banyak disukai sebagai camilan.

Ayam Pedas

Tak hanya tteokbokki, menu jajanan khas asal Korea Selatan yang juga waralaba makanan kekinian dan banyak digemari adalah ayam pedas atau yang dalam bahasa aslinya disebut dengan buldak.

Dibuat menggunakan potongan dada ayam atau bisa juga paha bawah tanpa dipotong-potong yang dimasak dengan kuah pedas khas Korea serta ditaburi dengan wijen.

Menu ini menjadi sangat populer karena menawarkan kepedasan yang bisa di-request sesuai tingkat kepedasannya. Para pencinta usaha makanan unik dan kreatif yang pedas sudah pasti menjadikan buldak atau ayam pedas menjadi salah satu menu favorit.

Ramen

Selain Korea Selatan, negara lain yang menu makanan atau jajanannya viral di Indonesia adalah Jepang. Nah, salah satu menu makanan asal Jepang yang juga sangat disukai oleh masyarakat adalah ramen.

Berdasarkan jenisnya, ramen Jepang sebenarnya memiliki banyak macam yang bisa dipilih sesuai selera. Baik berdasarkan ukuran mie-nya, kaldu, hingga topping yang digunakan.

Menarik untuk dibaca :  Bisnis Jajanan Kekinian Unik Terlaris Dan Menguntungkan Disuka Anak Sekolahan

Meski sekilas sama dengan mie yang umumnya ada di Indonesia, mie yang dibuat pada ramen Jepang memiliki diameter yang lebih kecil. Dari segi kuah, ramen Jepang menggunakan beberapa bahan seperti shoyu atau kecap asin maupun miso sebagai bumbu dalam kaldunya.

Banyak franchise makanan jepang ramen yang sudah diberi kuah kaldu tersebut kemudian diberi berbagai macam topping seperti; telur rebus, nori, daun bawang, naruto, daging dan juga beragam sayur-sayuran.

Sushi

Tak hanya ramen, menu yang kini populer di Indonesia sebagai waralaba makanan jepang adalah sushi. Terbuat dari nasi yang dibentuk dan digulung dengan nori ditambahkan dengan aneka makanan laut, daging, sayuran hingga telur dadar.

Bukan nasi biasa, nasi yang biasanya dibuat menjadi sushi dicampur dengan beras ketan dan ditambahkan dengan cuka beras, garam, dan gula sehingga rasanya menjadi lebih gurih dan nikmat.

Bila Anda berniat menjadikan sushi sebagai menu di usaha kuliner, pastikan Anda mendapatkan bahan baku makanan laut yang segar untuk dapat menyajikan makanan dengan cita rasa yang lebih nikmat.

Black Burger

Burger isi rendang atau daging ikan mungkin kini sudah menjadi hal yang biasa di tengah para pecinta kuliner, tetapi apakah Anda sudah familiar dengan burger dengan roti hingga saus yang berwarna hitam?

Beberapa restoran cepat saji telah memperkenalkan menu black burger ini dan berhasil menjadi franchise makanan paling laris yang banyak orang penasaran dan ingin mencobanya.

Lalu sebenarnya apa bedanya dengan burger pada umumnya? Roti pada black burger dibuat dengan campuran tinta cumi, charcoal hingga bumbu kluwek asli Indonesia.

Salah satu bisnis kuliner yang ada di Bandung bahkan menjadikan tempe sebagai bahan dasar pengganti daging burger. Apakah Anda terpikir membuat varian usaha makanan unik dan kreatif?

Bagikan Artikel Ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *