Tips Sukses Bisnis Laundry Rumahan di Desa Agar Banyak Pelanggan

default featured image

Tinggal di desa bukan berarti tidak ada peluang usaha, ternyata masih ada bisnis laundry atau mencuci baju yang bisa dijadikan sumber penghasilan anda. Ini tips suksesnya!!

gambar bisnis laundry rumahan di desa

Karena arus globalisasi kian kencang menghantam Indonesia, maka pada saat ini perkembangan ekonomi juga mulai merata ke daerah pedesaan. Akibatnya banyak penduduk desa yang lebih berpoduktif dengan bekerja sebagai karyawan atau membuka sebuah usaha.

Karena kesibukan tersebut, banyak orang desa yang lebih memilih untuk menggunakan jasa laundry untuk mencuci pakaiannya. Dan ini menjadi peluang usaha rumahan di desa yang harus anda manfaatkan dengan baik.

Namun jasa laundry baju biasanya berada di daerah semi kota atau kota dari sebuah daerah. Maka dari itu, banyak orang malas untuk membawa pakaian kotor kesana kemari untuk menggunakan jasa laundry.

Sebagai orang yang kreatif, pastinya Anda mampu melihat peluang usaha dengan mendirikan usaha laundry rumahan di desa. Jadi tidak hanya mengandalkan bisnis kerajinan rumahan di desa sebagai sumber pendapatan.

Tips Sukses Bisnis Laundry Rumahan di Desa

Nah, sebelum memulai usaha laundry rumahan ini, pastikan Anda membaca dan menerapkan beberapa tips di bawah ini agar usaha yang Anda miliki sukses dan lancar. Penasaran apa saja? Langsung simak di bawah ya!!!

Memperkenalkan Jasa Laundry ke Penduduk Desa

gambar jasa laundry keringkan baju
Meskipun banyak orang yang telah mengetahui dan memilih jasa laundry untuk mencuci baju mereka, namun terdapat beberapa orang yang masing belum memahami jasa laundry itu sendiri.

Pada umumnya mereka adalah orang yang sudah lanjut usia dengan pemikiran konservatifnya. Maka dari itu, menjadi tugas Anda sebagai seorang pengusaha untuk menyampaikan dan mengedukasi masyarakat desa tentang bagaimana cara kerja dari sebuah laundry itu.

Menarik untuk dibaca :  Jajanan Unik Kekinian Yang Murah dan Mudah Dibuat Untuk Jualan

Cara mengedukasi sekaligus promosi tentang bisnis laundry Anda jalankan caranya cukup mudah yaitu dengan memberikan promosi cuci baju gratis satu kali untuk satu KK. Lakukan cara ini pada saat usaha laundry Anda baru saja dibuka sebagai langkah promo.

Tetapkan Harga yang Murah

gambar harga laundry cucian murah
Masyarakat desa yang memiliki tingkat penghasilan dan perekonomian yang lebih rendah dari masyarakat kota tentunya juga lebih perhitungan dalam hal pengeluaran. Maka dari itu, tetapkanlah harga yang murah dan terjangkau. H

arga rata-rata untuk jasa laundry di daerah perkotaan adalah Rp. 5.000/kg untuk jenis cuci kering dan Rp. 6.500/kg untuk cuci setrika.

Masyarakat kota yang memiliki penghasilan besar pun tentu tak keberatan dengan harga tersebut, namun menjadi masalah besar bagi masyarakat desa. Usahakan untuk menetapkan harga sekitar Rp. 2.500/kg untuk cuci kering dan Rp. 3.000 untuk cuci setrika.

Jaga Kebersihan

gambar kebersihan laundry
Salah satu alasan mengapa sebuah jasa laundry tutup atau bangkrut adalah kebersihan yang tidak terjaga. Bagaimana maksudnya? Baju kotor pelanggan yang dilaundry agar menjadi lebih bersih dan wangi, terkadang menjadi kotor oleh noda atau sabun yang tidak merata.

Selain itu, banyak kasus baju pelanggan yang kelunturan atau tertukar dengan pelanggan lainnya. Maka dari itu, banyak orang yang merasa ragu untuk menggunakan jasa laundry ini.

Nah, sebagai usaha laundry yang ingin bisnisnya tetap berjalan lancar dan dalam jangka waktu panjang, service pelanggan dengan baik seperti mencuci baju dengan bersih, wangi, dan rapi.

Pelayanan Kepada Pelanggan

gambar layanan pelanggan laundrySebenarnya usaha laundry adalah sebuah hubungan simbiosis mutualisme antara kedua belah pihak yakni pengusaha dan customer. Tetapi karena jumlah pesaing yang tidak sedikit dan customer yang memiliki loyalitas cukup rendah, membuat pengusaha laundry harus memutar otak agar pelanggan tersebut tetap setiap menggunakanan jasanya.

Menarik untuk dibaca :  3 Cara Menemukan Peluang Usaha Yang Kreatif Untuk Jangka Panjang

Salah satu bentuk usaha yang dapat Anda lakukan untuk menarik minat pelanggana dalah dengan memberlakukan sistem antar jemput. Jadi pelanggan tidak perlu repot-repot keluar rumah karena petugas laundry yang akan mengambil baju kotor dan mengantarnya dalam keadaan bersih.

Demikian ulasan lengkap mengenai Tips Sukses Bisnis Laundry Rumahan di Desa. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

Bagikan Artikel Ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *