Tips Sukses Bisnis Jahit Rumahan di Desa Yang Menjanjikan

default featured image

Anda seorang ibu rumah tangga di desa dan tidak memiliki kegiatan rutin? Mungkin anda bisa mencoba tips sukses peluang usaha bisnis jahit rumahan did esa ini untuk menambah penghasilan anda. Meskipun hidup di desa bukanlah menjadi halangan bagi seorang wanita untuk berkreasi, apalagi mampu mendapatkan pundi-pundi rupiah untuk tambahan uang belanja.

Apabila modal menjadi penghalang bagi Anda untuk membuka usaha, maka gunakanlah softskill yang tak memerlukan biaya. Salah satu usaha rumahan di desa yang menjanjikan dan tidak memerlukan modal cukup besar adalah menjahit.

bisnis jahit rumahan di desa

Dalam usaha ini skill menjahit sangat dibutuhkan agar mampu bersaing dengan penjahit lainnya, layaknya bisnis catering didesa yang memerlukan keahlian tertentu. Sebagai bukti, banyak orang yang rela pergi ke penjahit nomor 1 meskipun harganya yang dipatok cukup mahal. Kenapa? Karena semua orang ingin tampil dengan busana terbaik mereka.

Tips Sukses Bisnis Jahit Rumahan

Nah, Anda mulai tertarik untuk membuka usaha jahit? Berikut ini akan kami jelaskan mengenai tip sukses bisnis jahit rumahan di desa. Simak ulasan berikut ya!!!

Kembangkan Skill Menjahit


Karena bisnis menjahit adalah usaha yang menjual jasa, maka kemampuan yang dimiliki pun harus terbukti kredibilitasnya. Seperti layaknya bisnis jahit ini, bukan tidak mungkin bisnis jahit Anda akan segera tutup apabila tidak dibarengi dengan skill menjahit professional.

Belum mahir dalam menjahit? Jangan jadikan alasan tersebut sebagai penghalang bagi Anda untuk membuka usaha jahit ini. Selain mempelajari ilmu menjahit secara otodidak yang dibarengi dengan banyak praktek, Anda juga dapat mengikuti les atau kursus menjahit.

Pada saat ini banyak sekali tempat yang menyediakan jasa kursus menjahit, bahkan penjahit yang telah lama berlalu lalang dalam bidang ini juga menerima jasa les menjahit.

Menarik untuk dibaca :  Mau Usaha Rumahan Modal 50 Ribu? Ini Dia Variasi Bidangnya!

Nah, tunggu apalagi segera pikirkan tempat di mana Anda akan kursus menjahit dan lekas membuka usaha jahit.

Peralatan yang Diperlukan

gambar peralatan menjahit
Setelah skill yang mumpuni didapatkan kini saatnya bagi Anda untuk memikirkan peralatan dan perlengkapan yang dubutuhkan dalam proses menjahit. Satu hal yang tak boleh di skip dalam bisnis menjahit tentunya adalah mesin jahit.

Selain alat tersebut,banyak printilan lain yang harus Anda siapkan seperti penggaris, meteran, jarum, gunting, benang, mesin obras, dan lain sebagainya.

Untuk mempersiapkan seluruh peralatan dan perlengkapan dalam menjahit tersebut, Anda harus menyiapkan dana sekitar 1-2 juta rupiah tergantung dari kualitas dan merek dari masing-masing barang.

Tempat Usaha Jahit

lokasi tempat menjahit
Apabila Anda akan membuka usaha di desa, tak perlu repot-repot untuk menyewa sebuah gedung atau bangunan untuk menjajakan jasa yang Anda miliki tersebut. Cukup gunakan rumah sebagai tempat kerja sekaligus tempat menerima orderan.

Selain hemat biaya, menggunakan rumah sebagai tempat kerja juga memudahkan Anda untuk mengurus keluarga, tanpa harus bingung memikirkan masalah pekerjaan.

Tetapkan Strategi Bisnis

strategi bisnis menjahit
Apalah arti sebuah usaha tanpa adanya strategi. Bahkan dalam usaha sekecil apapun seperti toko kelontong maupun penjual bakso membutuhkan sesuatu yang dinamakan strategi. Tak memerlukan rumus yang kompleks, strategi dalam usaha menjahit ini sebenarnya cukup simpel. Apa saja?

  • Memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan mengutamakan keramah-tamahan
  • Selesaikan pesanan jahitand dengan tepat waktu sesuai dengan tempo yang telah ditentukan
  • Buatkan pesanan dengan sebaik-baiknya dan sesuai dengan pola yang dipesan customer
  • Memasang semacam banner atau papan nama di depan rumah, sehingga tak hanya tetangga sekitar yang menjadi langganan melainkan orang dari luar daerah pula
  • Selalu menerima complain, kritik, dan pujian dari pelanggan
Menarik untuk dibaca :  Cara Sukses Bisnis Reseller Atau Dropshipper Rumahan Banyak Pelanggan Dan Laku Keras

Demikian ulasan lengkap mengenai tips sukses memulai usaha jahit rumahan di desa. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

Bagikan Artikel Ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *