5 Strategi Marketing Sosial Media Yang Efektif Dan Orang Sering Lupakan

Penerapan strategi marketing media sosial menjadi vital apabila anda ingin berhasil menjadi pemenang ditengah persaingan dibidang yang anda geluti. Ada beberapa detil penting yang sering dilupakan pebisnis online, mungkin termasuk anda.

5 Rahasia Strategi Pemasaran Sosial Media Yang Efektif Dan Orang Sering Lupakan

Saat ini menggunakan media sosial sebagai alat pemasaran sudah menjadi kewajiban dan alat yang penting. Pemasaran via medsos dapat disebut lebih efektif dibandingkan hanya menggunakan website saja.

Bahkan Sudah banyak penjual di internet atau pemasaran online yang tidak memiliki web sendiri, namun hanya mengandalkan layanan sosial media seperti Facebook, twitter, Instagram dan lainnya.

Namun ternyata, masih banyak pebisnis online yang lupa bagaimana cara menggunakan medsos untuk pemasaran yang efektif. Bahkan masih banyak yang belum tahu strategi marketing Instagram agar cara jualan online agar laris menggunakan media sosial.

Berikut ini 5 rahasia bagaimana strategi marketing via media sosial yang efektif untuk bisa meraih banyak pelanggan, mendapatkan keuntungan yang besar dan memenangkan persaingan.

1. Fokus

Kesalahan terbesar yang banyak dilakukan para pengusaha adalah berusaha menggunakan semua jenis medsos yang ada di internet dari Facebook, twitter, Instagram, Pinterest, Flipboard dan banyak lainnya.

Faktanya, banyak pengusaha kecil yagn justru mendaptakan kesuksessan mereka dengan memfokuskan usaha mereka hanya pada jaringan media sosial tertentu yang mampu meraih pelanggan terbanyak.

Pengusaha makanan akan lebih sesuai bila menggunaka Instagram sebagai sarana pemasaran bisnis mereka. Sementara konsultan, yang berkaitan dengan perusahaan, cenderung lebih cocok menggunakan layanan Linkdln.

Cara membuat FB buat jualan akan cocok untuk anda yang sedang mempromosikan produk atau jasa dengan menampilkan barang-barang lewat update status.

Bagaimana dengan anda? Apa yang sesuai? Pikirkan tujuan dari bisnis anda dan kaitkan dengan jaringan media sosial yang cocok dengan target pelanggan.

Menarik untuk dibaca :  Tips Bagaimana Cara Meyakinkan Pembeli Online Untuk Transaksi Dengan Anda

2. Otomatisasi

Saat ini telah banyak alat yagn memantau pemasaran media sosial yag dapat diotomatisasi. Dengan bantuan alat ini, maka ada beberapa pekerjaan rutin anda yang berkaitan dengan medsos dapat diambil alih oleh alat tersebut.

Beberapa tools yang dapat diandalkan untuk mengotomatiskan pekerjaan diantaranya : HootSuite, Tweetdeck, Sprout Social and Buffer. Anda dapat membuat jadwal untuk update status dan melakukan analisa mengenai performa dari akun medsos bisnis anda.

Tools lainnya adalah IFTTT.com yag mampu membantu ada dalam melakukan kegiatan berulang dalam pemasaran menggunakan media sosial. Contoh, anda dapat mengupdate website anda, yag kemudian disebarkan ke medisa sosial lainnya seperti Facebook, Tumblr, Twitter dan lainnya.

3. Telusuri Influenser / Pemberi Pengaruh

Peta pengaruh merupakan dokumen perencanaan yang dapat membantu anda mengidentifikasi dan menelusuri audien medsos yang dapat memberikan pengaruh besar terhadap bisnis. Peta pengaruh tersebut dapat berupa pertanyaan seperti :

  • Publikasi apa yang penting untuk bisnis saya
  • Siapa kompetitor saya
  • Siapa yang apat menjadi pendukung saya
  • Bagaimana pengguna media sosial dapat mengetahui bisnis saya
  • Update status apa yagn dapat mempengaruhi pelanggan dalam pembelian

4. Telusuri dan Evaluasi

Evaluasi secara rutin apa yagn telah anda lakukan dalam hal strategi pemkasaran media sosial. Apakah strategi yang anda lakukan sebelumnya dapat memberikan hasil positif dengan memperhatikan : jumlah follower baru, berapa yang memberika likes, berapa yang terlibat dalam komentar atau engangement, berapa yang langsung mengontak anda untuk melakukan transaksi atau closing.

5. Lakukan Eksperimen

Dengan perkembangan dunia internet yang semakin cepat dengan datangnya tools atau alat baru, maka anda perlu melakukan uni coba terhadap strategi pemasaran di medsos yang efektif.

Menarik untuk dibaca :  6 Strategi Cerdas Internet Marketing Lewat Twitter

anda dapat menguji mana yang efektif apakah melakukan posting tulisan, gambar atau dengan video. Lihat bagaimana reaksi follower anda terhadap postingan tersebut. Apakah cukup banyak yang memberikan like, komentar atau membagikannya kepada orang lain.

Sesuaikan aplokasi media sosial yang anda gunakan dengan jenis pemasaran yang akan anda lakuan agar terjadi efektifitas strategi marketing menggunakan sosial media.

Bagikan Artikel Ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *