Tips Sukses Peluang Usaha Berternak Di Desa Dari Rumah Yang Menjanjikan

default featured image

Walaupun tinggal di kampung yang sering dianggap kurang menguntungkan, ternyata ada peluang usaha di desa dengan beternak yang dilakukan dari rumah saja namun menjanjikan keuntungan. Dan ini cara agar bisnis ternak dari desa agar sukses.

peluang usaha berternak di desa yang menjanjikan keuntungan

Siapa yang tak suka ayam? Hewan yang satu ini memiliki cita rasa yang lezat dan juicy ketika diolah menjadi berbagai macam masakan.

Banyak sekali jenis makanan yang terbuat dari ayam seperti ayam bakar, ayam goreng, ayam kremes, ayam woku, bahkan perusahaan besar dan ternama seperti KFC dan Mc Donald juga menggunakan ayam sebagai bahan utamanya.

Nah, terbayang kan bagaimana kebutuhan pasar untuk daging ayam ini. Dengan kondisi ini tentu usaha ternak ayam menjadi usaha paling cerdas karena memiliki pangsa pasar yang cukup besar.

Namun saya tinggal di desa yang jauh dari keramaian? Hal tersebut bukanlah menjadi halangan. Justru daerah pedesaan adalah tempat yang paling cocok bagi ternak ayam dan menjalankan peluang usaha rumahan di desa karena memiliki suasana yang sepi dan tidak bising. Seperti yang kita tahu bahwa ayam adalah hewan yang tidak bisa mendengarkan banyak kebisingan dan suara keras karena akan membuatnya stress, terutama ayam potong.

Tips Sukses Usaha Beternak Ayam di Desa

Maka dari itu, desa adalah tempat yang paling cocok untuk usaha ternak ayam ini. Nah, sebelum membuka usaha ternak ayam ini, ada lebih baiknya untuk Anda menyimak ulasan di bawah ini mengenai beberapa tips sukses beternak ayam di desa. Simak ulasannya lengkapnya berikut ini!

Pemilihan Bibit Ayam

bibit ternak ayam unggas
Untuk bibit ayam, Anda dapat membeli anak ayam DOC (Day old Chicken) atau mencoba untuk menetaskan sendiri dengan mesin penetas. Untuk menentukan berapa jumlah anak ayam yang akan Anda beli, semuanya tergantung pada jumlah modal dan seberapa besar kandang yang Anda miliki. Untuk lebih aman, sebaiknya Anda mencoba untuk beternak ayam ini dalam sklala kecil terebih dahulu untuk mengurangi kerugian apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.

Menarik untuk dibaca :  Ini Dia Peluang Usaha Bisnis Kue Jajanan Pasar Yang Menjanjikan

Setelah usaha dirasa maju dan ilmu yang Anda dapatkan sudah cukup, baru Anda dapat menambah jumlah ayam yang akan diternakan.

Daripada mendapatkan bibit ayam dengan cara ditetaskan sendiri, lebih baik Anda membeli bibit ayam DOC saja. Mengapa? Mendapatkan bibit ayam denga cara ditetaskan sendiri memiliki proses yang lebih sulit dan biaya yang cukup besar karena harus menyiapkan mesin terlebih dahulu.

Setelah itu, barulah Anda tentukan jenis ayam apa yang akan Anda ternakan, apakah ayam kampung atau ayam negeri. Semua pilihan terdapat di tangan anda.

Siapkan Kandang

kandang ternak unggas untuk usaha di desa dari rumah
Apabila membicarakan mengenai ayam, pasti tak jauh-jauh dari masalah perkandangan, hehe. kandang adalah tempat tinggal ayam selama proses penernakan. Terdapat tiga jenis kandang yang umum digunakan oleh para peternak, yaitu kandang sistem ren, kandang, baterai, dan kandang postal.

Pada umumnya kandang sistem ren digunakan sebagai tempat tinggal untuk ayam kampung karena memiliki area umbar yang lebih besar. Untuk kandang postal biasanya lebih banyak digunakan untuk ayam negeri, sedangkan untuk kandang baterai lebih banyak digunakan untuk ayam petelur.

Tahap Perawatan


Tak kalah pentingnya dari dua proses di atas, tahap perawatan juga termasuk ke dalam tahap yang paling penting dan menentukan. Proses perawatan yang tidak baik akan membuat ayam ternak menjadi stress dan kemungkinan besar akan mati.

Selain itu, agar pertumbuhan ayam menjadi lebih cepat dan sehat, jangan lupa untuk member makan ayam sebanyak tiga kali sehari. Selain itu, tambahkan obat-obata dan vaksin agar ayam tidak mudah terserang penyakit.

Demikian beberapa tips untuk Anda mengenai cara sukses beternak ayam di desa. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

Bagikan Artikel Ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *