Peluang Bisnis Rumahan di Desa yang Menguntungkan

Ternyata peluang bisnis rumahan di desa ini juga menguntungkan lho dan layak dicoba. Hanya dengan membuka usaha di kampung terbukti telah memberikan penghasilan yang baik bagi anda yang tidak memiliki pekerjaan di perusahaan.

Sejak bertahun-tahun lalu banyak orang desa yang rela bersusah payah pindah ke kota untuk mencari pekerjaan yang lebih mapan. Padahal di wilayah perkotaan jumlah penduduk sudah semakin merayap sehingga kesejahteraan hidup pun kurang terjamin.

Berkat adanya perkembangan teknologi dan kebijakan desentralisasi, kini daerah pedesaan pun bukan lagi menjadi daerah yang terbelakang. Pada jaman dahulu desa menjadi ikon dari kemiskinan dan kesejahteraan yang kurang. Berkat adanya teknologi banyak orang desa yang mulai mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

Tak jarang pula banyak pengusaha yang telah mencapai kesuksesan dan mampu membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. Meskipun bisnis modal kecil untung besar yang masih berskala rumahan, tetapi bisnis di desa terus berkembang dan semakin maju.

Contoh Bisnis Rumahan di Desa yang Menguntungkan

Tertarik untuk membuka usaha di desa? Simak ulasan lengkap di bawah ini mengenai beberapa peluang bisnis rumahan di desa yang sangat menguntungkan.

Usaha Jahit

Rekomendasi bisnis rumahan di desa menguntungkan yang pertama adalah usaha jahit. usaha di bidang fashion memang memiliki prospek bisnis yang cemerlang. Pasalnya pada saat ini semua orang ingin tampil gaya sesuai dengan seleranya masing-masing. Tak hanya untuk memenuhi kebutuhan pribadi, menjahit juga dapat membuka peluang bisnis baru yaitu konveksi. Konveksi adalah usaha pembuatan baju secara masal sehingga harga yang dikenakan untuk masing-masing potong pakaian dikenai harga grosir.

Usaha jahit merupakan kegiatan yang sangat menguntungkan. Pasalnya penjahit hanya bermodalkan keahlian yang dimilikinya. Segala jenis lembar kain yang ingin dijadikan pakaian sudah didapat dari pelanggan. Pada umumnya upah pejahit untuk jasanya dalam pembuatan satu potong pakaian berkisar antara Rp 90.000 – 100.000. sungguh menjanjikan bukan!

Menarik untuk dibaca :  Peluang Bisnis Rumahan : Cara Ternak Ulat Hongkong

Untuk membuka usaha jahit, tentunya modal utama yang harus anda miliki adalah keahlian menjahit berbagai model baju, celana, dan lainnya. selain itu, anda memerlukan peralatan dan perlengkapan seperti mesin jahit, benang, meteran, jarum, dan masih banyak lagi.

Usaha Bisnis Rumahan di Bidang Makanan

Rekomendasi bisnis rumahan menjanjikan yang kedua adalah usaha dalam bidang makanan. Pada umumnya seseorang yang hidup di desa memiliki kemampuan dalam bidang kuliner yang cukup mumpuni. Maka dari itu, untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah sebaiknya anda memanfaatkan kemampuan yang dimiliki tersebut.

Dibanding dengan usaha menjahit, bisnis masakan rumahan jauh lebih menjanjikan karena makanan dibutuhkan semua orang dalam setiap harinya. Dalam proses awalnya, anda cukup membuat warung dengan menyediakan makanan standar seperti lauk-pauk, sayuran, dan nasi. Apabila sudah berkembang, anda dapat memulai bisnis yang lebih besar yaitu catering.

Serupa dengan bisnis konveksi, bisnis catering juga mampu membuka lapangan pekerjaan karena untuk memasak dalam jumlah banyak diperlukan tenaga kerja yang cukup banyak juga.

Beternak Ayam

Masih membahas bisnis rumahan di desa yang sangat menjanjikan dan menguntungkan, jenis usaha selanjutnya adalah beternak ayam. Bisnis yang satu ini memang identic dengan warga pedesaan karena memerlukan kandang yang luas. Sedangkan di daerah perkotaan, lahan dikenai harga yang cukup tinggi.

Meskipun memiliki harga yang relatif cukup mahal dibandingkan dengan ayam potong, permintaan daging ayam kampung terus mengalami peningkatan dalam setiap tahunnya. Hal tersebut disebabkan ayam kampung memiliki cita rasa yang lebih lezat dengan tekstur dagingnya yang lebih kenyal.

Berbeda dengan usaha ayam kampung yang memerlukan berbagai macam obat untuk membuat tumbuh kembang ayam menjadi relatif cepat, modal utama dari bisnis ayam kampung adalah lahan yang luas. Selain itu, anda membutuhkan bibit ayam kampung untuk dibesarkan.

Menarik untuk dibaca :  Ini Dia Rahasia Cara Jualan Online Pake Android Biar Lebih Laris

Angkringan Ber-Wifi

Sau rekomendasi bisnis rumahan di desa menguntungkan yang wajib anda coba adalah angkringan ber-wifi. Seperti yang kita ketahui bahwa desa memiliki sinyal yang lemah apabila dibandingkan dengan daerah perkotaan. Maka dari itu, banyak orang desa yang menyerbu tempat-tempat ber-wifi untuk berselancara di dunia maya.

Untuk menambah penghasilan, anda dapat menyediakan berbagai macam makanan dan minuman. Sehingga pendapatan yang akan anda terima menjadi dobel yaitu dari wifi dan makanan yang disediakan. Apabila masih rintisan awal, tak perlu jenis makanan yang berat dengan modal yang besar. jualah jajanan ringan seperti gorengan, mie instan, dan sncak ringan. Untuk masalah minuman, anda cukup menyediakan kopi hitam, berbagai jenis jus, dan minuman rasa-rasa.

Membuka usaha angkringan ber-wifi ini akan memberika keuntungan berlipat bagi anda karena anda akan mendapatkan jaringan internet secara gratis dan tambahan pemasukan dari uang yang dibayarkan pelanggan.

Bisnis Rumah Game Online

Seperti yang kita ketahui perkembangan game online beberapa tahun belakangan ini telah merajalela. Tak hanya di perkotaan, daerah pedesaan pun telah diserang dengan virus game online seperti COC, PUBG, Mobile Legend, Free Fire, dan masih banyak lagi.

Serupa dengan namanya game online memerlukan jaringan internet untuk memainkannya. Seperti yang kita ketahui daerah pedesaan memiliki kekuatan sinyal yang lebih lemah dibandingkan perkotaan, sehingga banyak gamer yang merasa bingung karena tidak dapat menyalurkan hobinya.

Apabila jeli, anda tentunya dapat melihat peluang bisnis dari keadaan ini. Salah satu peluang bisnis yang dapat anda manfaatkan yaitu dengan membukan rumah game online. tak perlu diragukan lagi, usaha yang satu ini akan memiliki prospek bisnis yang cukup cerah karena kebutuhan jaringan untuk game online semakin meningkat.

Menarik untuk dibaca :  3 Cara Menemukan Peluang Usaha Yang Kreatif Untuk Jangka Panjang

Terdapat satu ganjalan yang akan diperkirakan akan menghalangi anda dalam usaha untuk membuka bisnis yang satu ini yaitu modal yang cukup besar. serupa dengan warnet, rumah game online memerlukan modal yang besar karena untuk membeli berbagai peralatan dan perlengkapan penunjang seperti beberapa buah perangkat komputer, headphone, dan lain sebagainya.

Toko Baju Online

Toko baju online adalah bisnis rumahan yang cocok untuk anda kembangkan di desa. Meskipun tak sebanyak makanan, tetapi pakaian memiliki tingkat permintaan yang cukup tinggi. Seiring dengan perkembangan teknologi banyak penjual baju yang beralih menggunakan jasa internet dalam usahanya memasarkan barang dagangannya yaitu dengan membuka toko baju online.

Tak hanya daerah perkotaan, kini orang yang hidup di pedesaan pun ingin tampil modis dengan fashion terkini. Seiring dengan pergantian jaman, banyak orang yang lebih memilih untuk belaja pakaian dari toko online.

Namun terdapat satu halangan utama bagi warga desa yang ingin membeli baju dari toko online yaitu ongkos kirimnya yang relatif cukup mahal. Biasanya toko baju onlie berdomisili di daerah perkotaan seperti Jakarta, bandung, dan Surabaya. Bagi orang yang hidup di daerah terpencil di berbagai penghujung Indonesia pasti memiliki ongkos kirim yang sangat mahal berkisar antara Rp 30.000 – 50.000. tentu sangat mahal bukan!

Melihat dari kondisi tersebut, tentu anda dapat melihat potensi bisnis dengan menyediakan baju berkualitas secara online dengan ongkos kirim yang lebih murah karena memiliki jarak yang cukup dekat.

Demikian ulasan lengkap mengenai peluang bisnis rumahan di desa yang menjanjikan dan menguntungkan. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

 

Bagikan Artikel Ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *