Langkah Awal Memulai Usaha Termasuk Bisnis Online Modal Kecil Bagi Pemula

Memiliki bisnis sendiri merupakan keinginan banyak orang. Apalagi jika kita bisa membuka usaha dengan modal yang kecil atau bahkan tanpa modal secara online atau offline.

Apalagi jika anda merupakan seorang karyawan, ibu rumah tangga, atau masih berstatus pelajar SMA, maupun anak kuliahan (mahasiswa) selalu mencari cara jualan online tanpa modal dikarenakan keterbatasan uang atau resiko takut gagal.

Memulai usaha kecil-kecilan, menjual pakaian, makanan, barbershop, bengkel motor, cafe, dagang, ekspedisi, jahit, laundry, kosmetik dan lainnya adalah contoh jenis bisnis yang banyak dilakukan oleh para pemula.

Panduan Cara Memulai Usaha Sendiri
Langkah-langkah penting yang harus anda lalui bagi pemula yang sedang belajar memulai buka usaha sendiri

Begini langkah awal yang penting dilakukan sebelum mulai usaha dari nol atau bisnis online tanpa modal bagi pemula :

Mindset Atau Pola Berpikir

Pola pikir adalah aset utama dalam memulai bisnis tanpa modal termasuk cara memulai bisnis online! Pertanyaanya, apa itu mindset? Mindset adalah pola pikir yang mempengaruhi pola kerja.

Ini akan sangat di perlukan sebagai langkah utama saat akan membuka usaha. Tanpa pola pikir yang benar mustahil seseorang akan mendapatkan kesuksesan.

Mindset seorang pengusaha pasti berbeda dengan mindset seorang karyawan. Pengusaha pasti mempunyai sebuah visi jauh ke depan tentang apa yang ingin dicapainya dalam jangka waktu 5, 10 atau 20 tahun ke depan. Sehingga dia akan membuat rencana jangka pendek, menengah dan jangka panjang untuk mewujudkan visinya tersebut.

Pengetahuan Atau Keahlian

Skill adalah dasar ke dua yang harus dimiliki oleh seorang calon pengusaha termasuk cara memulai bisnis online dari nol. Sangat tidak mungkin sesorang akan dapat menjalankan dan mengembangkan bisnisnya jika dia tidak memiliki pengetahuan, keahlian atau kiat sukses usaha dagang tertentu yang berkaitan dengan usaha tersebut.

Anda wajib mengetahui panduan cara memulai usaha kuliner bila akan membuka rumah makan, cafe, catering, angkringan atau yang sejenis. Menguasai cara menggunakan Paypal juga wajib bagi anda, karena saat in pembayaran digital merupakan bagian dari bisnis online. Begitu juga menguasai cara memulai bisnis pakaian bila akan berdagang hijab, baju gamis, konveksi atau lainnya.

Menarik untuk dibaca :  Ide Bisnis : Membuka Workshop IPTEK Yang Kreatif Dan Inovatif

Seorang wira usaha harus memiliki keinginan “belajar” untuk meningkatkan pengetahuan atau keahliannya.

Dalam proses belajar akan terjadi proses transformasi nilai dimana dulu tidak mengerti menjadi mengerti, atau dahulu tidak bisa, kini menjadi bisa. Dan dengan belajar kita bisa membuat produk yang kita jual menjadi berkembang, entah dengan berinovasi dengan produknya maupun dengan penjualannya.

Kerja Keras

Hal yang penting dilakukan saat memulai usaha adalah kerja keras dan kerja cerdas yang merupakan “Nafas” dari seorang pengusaha. Merintis usaha apapun bila tidak diiringi oleh kerja keras pasti tidak akan berhasil atau tidak ada hasilnya.

Mungkin anda pernah membaca kisah tentang wira usahawan yang sukses kan? Jika anda pernah membacanya pasti selalu ada kata kerja keras di dalamnya. Mereka selalu bekerja keras dalam merintis usahanya, siang malam mereka akan terus memikirkan bagaimana cara untuk mengembangkan bisnis yang mereka geluti.

Jika hari ini gagal, mereka tidak pernah putus asa, karena mereka yakin beberapa saat kemudian usahanya pasti akan berhasil menuai keuntungan seperti apa yang mereka harapkan. Mereka tidak mengenal yang namanya putus asa dan patah semangat, mereka menyukai tantangan dan mereka siap menghadapinya.

Menentukan Jenis Usaha

Hal yang menentukan kesuksesan sebelum memulai bisnis adalah memilih jenis usaha. Jangan sampai anda memilih jenis usaha yang memiliki banyak saingan, karena jika anda memilih jenis usaha yang telah memiliki banyak saingan, untung yang anda dapat akan sedikit. Lebih baik anda jenis usaha yang tidak memiliki banyak saingan.

Contoh Usaha Mulai Dari Nol Cocok Untuk Pemula Modal Kecil Tapi Menguntungkan

Cara memulai usaha tanpa modal atau minimal bagi pemula yang memberikan keuntungan yang pasti, dapat mengikuti contoh berikut ini :

Bisnis Online Sebagai Penulis Lepas

Mungkin hampir seluruh orang di dunia mengenal yang namanya dunia maya atau internet, namun sayang kebanyakan hanya menggunakan internet sebagai alat komunikasi saja seperti Facebook dan Twitter.

Menarik untuk dibaca :  Bagaimana Cara Membuat Desain Kantor Di Rumah Untuk Bisnis Yang Efisien

Padahal dengan sedikit usaha anda bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah bahkan dolar dengan cara menjadi freelance writer, ghost writer atau penulis konten website.

Usaha Dropship

Dengan modal kecil bahkan tanpa modal sekalipun usaha ini dapat di lakukan. Anda hanya perlu mempromosikan barang yang dimiliki supplier tanpa harus stok barangnya. Maka anda tinggal meminta supplier untuk mengirimkan barangnya atas nama anda kepada pembeli.

Manajemen Sosial Media

Banyak pemain bisnis online memiliki akun media sosial lebih dari satu, dan mereka tidak memiiki waktu yang cukup untuk menghandle semua kaun tersebut. Anda dapat menjadi manager akun tersebut dengan tugas rutin membuat postingan atau update status secara berkala.

Membuat Sketsa

Sketsa untuk blog, komik, atau lainnya merupakan usaha kecil yang menjanjikan karena tidak ada mudal uang yang dibutuhkan, namun banyak yang membutuhkan.

Video Kreator

Dengan bertumbuh jumlah youtuber secara maisv, maka semakin banyak yang ingin membuat video untuk mendapatkan uang dari internet, namun mereka tidak ingin menampilkan wajah mereka. Jasa membuat video merupakan contoh baus untuk memulai bisnis online yang pasti banyak dicari konsumen dan menguntungkan karena harga yang mahal per satuan videonya.

Masih banyak lagi macam bisnis yang dapat dilakukan apabila anda ingin membuka usaha baru sebagai pemula.

Selaraskan Dengan Kegemaran (Hobi)

Mungkin anda tidak akan menyangka bahwa hobi anda dapat menjadi usaha atau dapat menghasilkan uang. Misalnya saja bila anda seorang ibu rumah tangga yang hobi memasak anda bisa menyalurkan itu menjadi usaha seperti : membuka rumah makan, membuka toko kue dan yang lainya yang berhubungan dengan hobi memasak anda. Atau jika hobi menulis, anda bisa menjadi seorang penulis lepas dan lain sebagainya.

Melihat Tren

Anda harus memperhatikan tren yang sedang terjadi, misalkan anda ingin membuka usaha sepatu, lebih baik anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai sepatu apa yang sedang di minati orang-orang saat ini mulai dari model, merek dan jenisnya, jangan sampai anda “ketinggalan zaman” itu bisa membuat usaha anda menjadi rugi. jika anda sudah mengetahui tren yang ada tinggal anda melakukan inovasi agar usaha anda bisa maju.

Menarik untuk dibaca :  Peluang Bisnis Agrobisnis Rumahan Yang Menjanjikan

Buat Perencanaan Yang Matang

  • Pertama buatlah perencanaan secara tertulis. Perencanaan tertulis akan membuat tubuh, pikiran dan hati menjadi mengerti apa yang ingin dilakukan. Rencanakan baik baik mulai dari modal sampai produk yang akan dijual, agar anda dapat membuat usaha tanpa modal yang terlalu besar.
  • Kedua tentukan goal atau tujuan yang ingin di capai. Membuat tujuan akan membuat kita mudah membuat rencana-rencana kecil. Setiap rencana kecil tadi memiliki rancangan yang baik agar bisa mencapai setiap tujuan yagnkecil pula. Dengan membagi-bagi perencanaan dan tujuan kecil tadi, maka anda dapat melakukan pekerjaan lebih mudah, efektif dan fokus pada tujuan akhir yang akan anda capai hingga anda bisa menjadi seorang wira usaha yang sukses.
  • Ketiga disusun sesuai dengan tugas dan tanggung jawab. Bisa dibuat berdasarkan job descripton dan bisa dibuat menjadi bertahap mulai dari perencanaan tahunan, bulanan, mingguan, hingga harian.
  • Keempat selalu tentukan prioritas. Agar bisa membagi waktu dengan baik, jadi ketika ada pekerjaan tambahan kita bisa mengerjakannya lebih efektif dan tidak mengganggu pekerjaan yang lain.
  • Kelima lakukan review pada list yang kita buat dan pada pekerjaan yang kita telah selesaikan, untuk memastikan tidak terjadi kesalahan dan kita dapat meningkatkan produktivitas.
  • Keenam selalu memberikan batas waktu, ini dilakukan agar anda dapat mengukur produktivitas anda dalam pekerjaan yang anda tekuni.

Segera Lakukan

jika anda telah melakukan hal-hal di atas, alangkah baiknya anda segera memulai usaha anda. Dengan memulai usaha anda dengan segera berarti anda telah mempercepat untung yang akan anda dapatkan, dan semakin memperkecil saingan bisnis anda yang baru.

Nah begitulah tips agar anda dapat membuat usaha sampingan. Tetapi bagaimana jika yang ingin memulai usaha adalah anak SMA atau para mahasiswa yang tidak memiliki modal yang cukup untuk membuka usahanya.

Itulah beberapa tips atau cara membuka usaha sampingan yang dapat saya berikan yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat dan semoga anda bisa membuat bisnis kecil yang baik dan dapat menghasilkan keuntungan yang besar.

Bagikan Artikel Ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *