Jenis Keyboard Selain QWERTY Beserta Gambar Fisik Dan Bentuk

default featured image

Pasti banyak yang belum mengetahui bahwa sebenarnya ada jenis-jenis keyboard yang memiliki bentuk, fungsi dan koneksi yang berbeda. Kebanyakan orang menyangka bahwa yang ada saat ini hanyalah keyboard QWERTY. Kali ini kita akan memberitahu kepada anda berbagai macam keyboard berdasarkan bentuk, fungsi, tombol dan gambarnya.

Apa Itu Keyboard?

Keyboard merupakan alat yang digunakan untuk mengetik dan memasukkan informasi atau data ke dalam laptop, komputer, atau juga mesin ketik.

Istilah keyboard juga sering dikaitkan dengan alat musik seperti keyboard piano, organ tunggal dengan merek terkenal seperti Yamaha. Ada juga istilah keyboard hp atau smartphone. Namun kali ini kita hanya membahas mengenai jenis keyboard pc saja.

Sejarah Mengenai Keyboard

Sejarah megenai keberadaan keyboard hingga saat ini tidak lepas dari penemuan mesin ketik oleh Christopher Latham Sholes pada tahun 1868. Kemudian pada tahun 1877, perusahan Remingotn memproduksi mesin ketik tersebut secara masal. Perkembangan teknologi yang pesat membuat perubahan bentuk fisik dan fungsi keyboard hingga seperti yang ada saat ini.

Sejarah Keyboard QWERTY

keyboard qwerty
Keyboard QWERTY merupakan alat penginput data yang populer ada saat ini. Papan huruf ini dipatenkan oleh Sholes dan James Denmore pada tahun 1878. Pada saat itu, Sholes mengembangkan posisi dan tata letak dari huruf-huruf untuk mengatasi permasalahan pada teknologi.

Pada awalnya, juru ketik menekan tombl yang bertuliskan huruf yang pada gilirannya akan mendorong batang logam dengan pelat huruf hingga menekan pada pita bertinta untuk membuat tanda pada kertas.

Sebelum Sholes menjual desain tersebut kepada Remington pada tahun 1873, susunan huruf QWERTY, tidaklah seperti yang ada sekarang, namun seperti ini :

Menarik untuk dibaca :  Rilis Harga Laptop Acer Dan Spesifikasi Bulan Desember Akhir Tahun 2013

– 3 5 7 9 N O P Q R S T U V W X Y Z
2 4 6 8 . A B C D E F G H I J K L M

Namun dikarenakan seringnya terjadi kemacetan pada alat mekanis saat pengetikan huruf tertentu maka dilakukan perubahan menjadi :

2 3 4 5 6 7 8 9 –
A E I . ? Y U O ,
B C D F G H J K L M
Z X W V T S R Q P N

Pada tahun 1873, James Deanmore yang merupakan pendukung Sholes yang menjual hak pembuatan papan cetak tersebut kepada E. Remington and Sons, susunan huruf pada keyboard pun berubah lagi menjadi :

2 3 4 5 6 7 8 9 – ,
Q W E . T Y I U O P
Z S D F G H J K L M
A X & C V B N ? ; R

Hingga akhirnya pihak Remington melakukan penyesuaian kembali huruf keyboard tersebut yang akhirnya menjadi :

1 2 3 4 5 6 7 8 9 0 – =
Q W E R T Y U I O P [ ] \
A S D F G H J K L ; ‘
Z X C V B N M , . /

Dan pada tahun 1878, pihak Remington mendesain tata letak huruf pada keyboard dengan tombol shift yang berfungsi sebagai huruf kapital. Dan ini merupakan jenis keyboard QWERTY yang populer di jaman sekarang.

Keyboard Jenis Qwerty Standar Iso Ada Berapa Tombol?

Pada tahun 1973, keyword QWERTY diresmikan sebagai keybord berstandar ISO (International Standar Organization) dengan jumlah tombol sebanyak 104 tuts.

Jenis-Jenis Keyboard Selain QWERTY : Pengertian dan Fungsi

Namun dengan kebebasan dalam berkreasi dan menciptakan alat, beberapa orang telah menciptakan keyboard yang desain berbeda dari QWERTY baik bentuk maupun susunannya. Berikut diantaranya :

1. Keyboard KLOCKENBERG

Keyboard KLOCKENBERG memiliki susunan huruf yang sama dengan QWERTY, namun memiliki dua papan yang terpisah, yaitu kanan dan kiri. Kedua papan dipisahkan dengan sudut 15 derajat dan dibuat tidak sejajar, namun miring ke bawah.

Keyboard KLOCKENBERG

Fungsi keyboard KLOCKENBERG adalah untuk mengurangi beban otot yang terlibat saat pengetikan rentang waktu yang lama. Yaitu jari, pergelangan tangan dan bahu.

Namun desain keyboard ini tidak populer dikarenakan bentuknya yang tidak simpel dan membutuhkan ruang yang lebih luas.

2. Keyboard DVORAK

Dvorak merupakan papan huruf dengan susunan karakter yang dipatenkan oleh August Dvorak yang seorang profesor pendidik dari Universitas Washington di Seattle pada tahun 1936.

Keyboard Dvorak dianggap sebagai alat alternative yang ergonomis bagi tukagn ketik selain QWERTY.

Walaupun tidak sepopuler QWERTY, namun keyboard mendapat dukungan dari perusahan sistim operasi besar seperti Microsoft Windows, Linux, BSD dan MAC OS.

3. Keyboard Maltron

Fungsi dan tujuan dibuatnya keyboard Maltron adalah untuk memberikan posisi yang ergonomis, pengerjaan yang cepat dan mudah bagi tubuh ketika melakukan pengetikan apalagi bagi mereka yang memiliki kebutuhan khusus.

Menarik untuk dibaca :  Cara Menampilkan Simbol Diameter Karakter Khsusus Di Keyboard
Keyboard Maltron Dua Tangan
Keyboard Maltron Dua Tangan. Sumber: maltron.com

Disebutkan bahwa keyboard ini mampu mengurangi gejala ketegangan otot akibat aktivitas berulang atau disebut RSI (Repetitive Strain Injury).

Jenis keyboard terutama dari segi desain ergonomisnya. Keunikan dari papan ketik ini terlihat dari bentuk fisiknya yang melengkung ke dalam seperti tombol huruf di dalam mangkok.

Keyboard Maltron Tangan Kanan
Keyboard Maltron Tangan Kanan. Sumber: maltron.com

Keyboard Maltron memiliki beberapa tipe. Ada yang tipe dua tangan, tipe satu tangan kiri saja atau ktangan kanan saja. Ada juga type huruf QWERTY atau layout yang lain dan beberapa versi bahasa lain juga.

Keyboard Maltron Kebutuhan Khusus
Keyboard Maltron Kebutuhan Khusus. Sumber: maltron.com

4. Keyboard Mekanis vs Membran

Keyboard ini lebih dilihat pada struktur bahan pembuatnya, terutama pada bantalan dibawah tombol.

Keyword mekanis atau disebut juga keyboard mekanikal, menggunakan bantalan spring atau per dengan bahan besi. Sehingga memiliki daya tahan pakai yang lebih lama. Jenis keyboard ini cocok digunakan untuk bermain game. Terkadang sudah ditambahkan fitur switch.

Sementara keyboard membran menggunakan bantalan berbahan karet dibawah tombol. Sehingga bunyainya terasa lebih senyap. Namun fitur ini memilki kelemahan yaitu daya tahan yang pendek dan memiliki kelemahan bila digunakan untuk memainkan game.

5. Keyboard Gaming

Keyboard pada laptop atau pc juga penting buat para gamers, karena mereka mengontrol permainan melalui papan ketuk tersebut.

Keyboard khusus untuk game memiliki bentuk yang sangat dberbeda dibandingkan dengan keyboard untuk mengetik biasa. Keyboard ini bentuknya lebih kecil dan hanya memiliki jumlah tombol yang lebih sedikit.

Secara teknis pembuatan, keyboard gaming ini terdiri dari keyboard mekanikal dan keyboard membran. Yang membedakan adalah, keyboard mekanikal bantalannya menggunakan per atau spring, sehingga memiliki daya tahan atau umur usia yang lebih panjang dan cocok digunakan para gamers tingkat atas. Sementara keyboard membran, bantalannya menggunakan sejenis karet sehingga terasa empuk, namun diklain tidak akurat penggunaannya dan tidak disukap para gamers profesional.

6. Keyboard Angka

Keyboard yang sering disebut sebagai keybord numeric ini hanya berisi tombol angka dan tidak ada samasekali tombol hurufnya.

Menarik untuk dibaca :  Bagaimana Cara Mengetikkan Tanda Anak Panah Pada Keyboard Laptop

Pada keybaord biasa, anda bisa menemukan tombol numerik ini pada bagian kanan yang hanya bertulisankan angka, num lock, ins dan lainnya.

Keyboard angka ini verfungsi bila anda banyak mengetik atau memasukkan data berupa angka seperti tabel, statistik, akuntansi, matematika dan lainnya.

7. Keyboard On-screen

Keyboard on-screen merupakan keyboard tanpa bentuk fisik, karena adanya hanya dilayar laptop atau komputer. Keyboard ini hanya berupa aplikasi atau program yang biasa penulis temukan di sistem operasi Windows (belum pernah menggunakan Mac).

Untuk mengaktifkannya, anda hanya perlu membuka aplikasi ini layaknya membuka aplikasi lain di OS Windows. Untuk menggunakannya, anda dapat memainkan mouse atau pad kemudian menekan pada hurus yang diperlukan.

8. Keyboard Virtual

Jenis keyboard ini tidak memiliki bentuk fisik layaknya keyboard biasa. Anda hanya bisa melihat tombol-tombol huruf dan angka setelah dibiaskan melalui proyektor sinar laser.

Proyektor keyboard virtual ini bisa dihubungkan dengan peralatan lain seperti Ipad, laptop, tablet. Dan biasanya cocok digunakan pada OS seperti Windows, iOS, Android, Mac OS.

Anda dapat membiaskan sinar yang menggambarkan huruf dan angka pada meja. Anda hanya perlu menekan pada huruf tersebut untuk memasukkan data pada device anda.

9. Keyboard Berdasarkan Sistem Koneksinya

Selain keyboard dilihat dari segi fungsi dan bentuknya, kali ini melihat papan ketuk dari macam koneksinya.

Saat ini dipasaran umumnya hanya tersedia jenis keyboard menggunakan kabel dan keyboard wireless (tanpa kabel). Yang membedakannya hanya penghubungnya berupa kabel. Dengan adanya kabel, area kerja menjadi terlihat lebih berantakan, dan cocoknya digunakan di meja kerja. Namun bila anda tidak memiliki meja komputer dan sering berpindah tempat, keyboard wireless cocok untuk anda.

Dari semua jenis keyboard tersebut tetap membutuhkan port USB pada perangkat (laptop atau pc) untuk menghubungkan kedua alat tersebut.

Dari segi harga, keyboard menggunakan kabel jauh lebih murah bila dibandingkan yang wireless atau tanpa kabel.

Bagikan Artikel Ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *