8 Cara Sederhana Mencari Ide Bisnis Selama Wabah Corona

default featured image

Ya, hampir dari seluruh wilayah di dunia terserang virus corona atau yang disebut juga virus covid-19, termasuk Indonesia. Dengan adanya wabah virus ini, yang menyerang hampir seluruh wilayah di berbagai belahan dunia, tentunya mengakibatkan ruang gerak masyarakat terbatas. Ya, di Indonesia sendiri, sudah mulai menerapkan social distancing.

Imbauan social distancing, tentunya menjadikan ruang gerak Anda terbatas. Tapi meskipun begitu Anda tetap saja bisa melakukan banyak hal dar rumah, dan tentunya tetap produktif, serta bis saja menghasilkan uang meski hanya di rumah. Ada banyak usaha atau bisnis rumahan yang bisa Anda lakukan selama social distancing.

Cara Mencari Ide Bisnis Selama Wabah Corona

Nah, bagi Anda yang memang ingin mendirikan usaha atau bisnis rumahan selama pedemi corona, yuk simak ulasan berikut ini. Pada ulasan kali ini akan membahas mengenai cara mencari ide bisnis selama wabah corona. Langsung saja simak ulasannya.

8 Cara Mencari Ide Bisnis Selama Wabah Corona

selama wabah corona bukan berarti Anda tak dapat produktif dan menghasilkan uang. Bahkan bagi Anda yang kehilangan pekarjaan karena wabah ini, tentunya mengharuskan Anda untuk dapat mencari cara agar biaya kehidupan sehari-hari Anda terpenuhi. Nah, berikut adalah cara Mencari Ide bisnis selama wabah corona.

1. Mulai Bisnis Dari Hobi

Pastinya bisnis yang berawal dari hobi akan bisa Anda nikmati. Ya, seseorang cendurung akan menikmati suatu perkerjaan atau bisnis yang sesui dengan hobinya. Saat wabah virus corona seperti sekarang ini, tentunya Anda bisa saja memulai suatu bisnis yang sesaui dengan hobi Anda, seperti jika Anda memang hobi menggambar atau mendesain grafis.

Tentunya Anda bisa saja memulai bisnis membuat kalikatur wajah seseorang atau mencoba memulai bisnis foto editor. Tentunya bisnis satu ini bisa Anda lakukan di rumah. Jadi Anda pun tetap bisa memetuhi social distancing selama wabah wirus corona. Pikirkanlah apa yang menjadi hobi Anda, dan pikirkanlah juga, apakah hobi tersebut dapat menjadi peluang bisnis Anda.

2. Mencari Sesuatu yang Memang Sedang Tren

Jika memang Anda tak memiliki hobi yang sekiranya bisa dijadikan sebagai peluang bisnis, Anda bisa saja memulai bisnis dengan sesuatu yang sedang tren. Nah, pada saat pendemi corona seperti ini, ada salah satu usaha bisnis yang bisa Anda tiru. Bisnis tersebut adalah menjual makanan ringan secara online, dan mengirmkan makanan ringan tersebut secara langsung ke pelanggan.

Tapi tentunya batas pengiraman yang Anda lakukan terbatas, Anda hanya bisa mengirimkan makanan ringan yang Anda jual, di sekitar wilayah Anda tinggal. Mengikuti sesuatu yang sedang tren memang biasanya tak bisa bertahan lama, tapi setidaknya bisa membuat Anda tetap dapat mendapatkan uang selama wabah corona.

3. Lakukan Riset

Agar bisnis yang ingin Anda lakukan semakin matang dan semakin teratur, tentunya Anda perlu sekali melakukan riset. Ya, Anda bisa melakukan riset bisnis dan produk. Riset ini tak mengharuskan Anda harus terjun langsung ke lapangan, di era teknologi seperti sekarang ini, tentunya membuat Anda semakin mudah untuk melakukan riset.

Ya, Anda bisa melakukan riset dengan bantuan teknologo digital. Seperti, melakukan riset dengan mencari kata kunci melalui mesin pencaraian, seperti google. Mesin pencarian google memang memudahkan Anda dalam mencarai sesuatu termasuk riset, dan dengan google, Anda tetap bisa mematuhi social discating.

4. Memulai Bisnis dari Kesuksesan Orang Lain

Jika Anda melihat bisnis seseorang menghasilkan kesuksesan, tentunya hal ini akan membuat Anda ingin meniru bisnis seseororang tersebut. Pelajari segala hal yang membuat orang tersebut sukses berbisnis, dari mulai menyaring dan mengaplikasikannya sebagai gagasan untuk ide bisnis yang hendak Anda rintis.

Anda tidak harus sama persisi meniru suatu bisnsi seseorang. Anda perlu mengamati, meniru dan memodifikasi suatau bisnis yang sudah pernah ada, hal ini agar bisnis Anda memilki sesuatu yang berbeda dari bisnis-bisnis lainya. serta tentunya bisnis Anda memiliki suatu ciri kahs yang dapat menjadikan seseorang tertarik untuk menjadi pelanggan Anda.

5. Menjadikan Masalah Seseorang Sebagai Bisnis

Pastinya setiap orang memilki suatu masalah, baik itu masalah yang bisa dikatakan sebagai masalah sepele sampai masalah yang menang serisu. Tapi siapa sangkan, dari masalah-masalah yang dihadapi oleh setiap orang, ternyata bisa Anda jadikan sebagai ide bisnis. Misal saja, karena kesibukan ternyata banyak orang yang terkadang tidak sempat mencuci pakaianya.

Mungkin masalah seperti ini terlihat sepele, tapi dari masalah sepele ini Anda bisa memulai bisnis yang cukup menjanjikan. Ya, dari masalah ini, Anda bisa saja memulai bisnis Laundry. Apalai jika Anda hidup di wilayah yang masyarakatnya memiliki mobilitas pekerjaan yang tinggi, pastinya bisnis ini akan sangat menguntungkan Anda.

6. Balajar Dari Kekurangan Kompetitor Lainnya

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menemukan suatu ide bisnis. Salah satunya adalah Anda bisa saja menemukan suatu ide bisnis dari kelemahan kompotitor. Temukan beberapa kelemahan dari kompotitor-kompotitor lainya yang sudah terjun terlebih dahulu di dunai bisnis yang ingin Adna tekuni. Anda bisa saja mulai membuka akun media sosilanya atau websitenya.

Perhatikanlah setiap komentar yang diberikan oleh para pelangganya. Perhatikan setiap komentar dari pelangganya, baik kometar baik dan komentar buruk, seperti komentar tentang keluhan para pelanggan, catatalah keluhan tersebut. Keluhan atau hal-hal yang sekiranya tidak bisa dipenuli oleh pesaing inilah, yang bisa Anda jadikan untuk memulai bisnis baru.

7. Mengikuti Seminar atau Workshop Bisnis Online

Saat pedemi corona seperti sekarang ini, tentunya pergi ke luar rumah sangat beresiko. Nah, tak usah khawatir jika memang Anda membutuhkan workshop atau seminar bisnis, Anda bisa saja mengikuti seminar atau workshop bisnis yang dilakukan secara online. Anda bisa mulai mencarai informasi mengenai seminar atau workshop online yang akan dilakukan melalui jaringan interntet, seperti di media sosial atau website.

Dengan mengikuti seminar atau workshop bisnis secara online, tentunya membuat Anda tak harus keluar rumah. Mengikutin seminar atau workshop online, tentunya juga dapat membuat Anda akan semakin dapat perpikir kreatif untuk memulai suatu bisnis atau usaha.

8. Rajin Membaca

Agar mendapatkan ide berbisnis, tentunya Anda perlu perbanyak atau perluas wawasan Anda. membaca merupakan salah satu cara agar Anda dapat meperluas wawasan Anda. Anda bisa membaca buku-buku yang berbau bisnsi, atau buku motivasi, serta dapat juga memabca artikel-arikel mengenai bisnis.

Tak hnaya membaca buku cetak saja, Anda dapat juga memperluas wawasan Anda dengan rajin-rajin membaca buku atau berita online tentang bisnis di Internet. Bacalah segala hal yang terkait tentnag bisnis. Nah, dengan rajin-rajin membaca tentunya akan menjadikan pikiran Anda semakin terasah, sehingga Anda dapat menemukan ide bisnis yang sesaui dengan keinginan Anda.

Itulah beberapa cara agar Anda dapat menemukan ide bisnis selama wabah corona, serta tentunya cara-cara tersebut bisa Anda lakukan di rumah. Meski wabah corona mengintai, tapi Anda tetap bisa memulai bisnis dari rumah. Selalu patuhi anjuran pemerintah untuk tetap berada di rumah selama pandemi corona. Jangan keluar rumah jika tak terlalu diperlukan. Semoga sukses!

Bagikan Artikel Ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *