Apa Saja yang Termasuk Gerak Badan yang Menyehatkan Selama Di Rumah Aja?

default featured image

Saat ini dunia sedang bersama sama melawan adanya virus covid – 19 yang menyebar di berbagai negara. Salah satu upaya untuk memutus rantai penyebaran virus ini ialah dengan mengurangi aktivitas di luar rumah. Akibatnya, berbagai kegiatan seperti belajar dan bekerja dilakukan di rumah dan membuat Anda menghabiskan lebih banyak waktu di rumah.

Apa Saja yang Termasuk Gerak Badan yang Menyehatkan Selama Di Rumah Aja?

Selain itu Anda juga tidak bisa mengunjungi tempat gym atau berolahraga di luar ruangan untuk sementara waktu. Namun hal ini bukanlah alasan Anda untuk tidak berolahraga dan menjadi malas malasan.

Justru Anda harus berolahraga dan menjaga kesehatan agar memiliki daya imun yang kuat. Ternyata banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan selama di rumah aja.

10 Gerak Badan yang Menyehatkan Selama Di Rumah Aja

Nah ini dia beberapa gerak badan yang menyehatkan tubuh Anda agar tetap bugar selama di rumah aja.

1. Lean Scapular Pull Down

Aktivita pertama yang bisa Anda lakukan dengan mudah di rumah untuk membuat tubuh menjadi lebih kuat ialah lean scapular pull down.

Cara melakukan gerakan ini cukup mudah, Anda bisa langsung saja sandarkan badan Anda ke diding. Setelah itu, angkat lengan Anda hingga membentuk huruf W.

Setelah itu naik turunkan siku lalu angkat kembali ulangi terus langkah ini sampai setidaknya 10 kali. Pastikan bahwa tubuh tidak ikut bergerak selama Anda melakukan gerakan ini. Gerakan ini sangat bermanfaat untuk menguatkan otot-otot sekitar dada.

2. Superman

Sama seperti namanya, gerakan ini ialah gerakan yang menyerupai superman. Anda hanya perlu berbaring dan mengangkat tangan secara lurus. Kemudian gerakan bagian kepala hingga dada untuk naik turun dengan cepat.

Gerakan ini cocok Anda lakukan selama di rumah aja karena Anda kemungkinan besar akan mengalami sakit pada bagian tulang belakang. Jika Anda mengalami sakit punggung setelah melakukan WFH coba gerakan ini untuk menjaga kesehatan tulang punggung anda.

3. Wide Squat

Anda rindu berolahraga di tempat gym selama masa karantina ini? Tidak perlu khawatir Anda tetap bisa melakukan olahraga sederhana selama dirumah aja. Gerakan sederhana yang bisa Anda lakukan diantaranya ialah wide squat.

Cara melakukan gerakan ini cukup mudah Anda hanya perlu mengkatupkan kedua telapak tangan kemudian angkat di depan dada dan lebarkan kaki selebar 1.5 kali bahu.

Kemudian turunkan pinggul secara perlahan lahan dan lutut Anda mengarah keluar. Jika Anda rutin melakukan gerakan ini maka oto otot paha dan pinggung Anda akan meregang.

4. Jogging

Anda memiliki halaman yang luas Anda bisa berolahraga ringan seperti jogging dan menghirup udara segar. Anda bisa berkeliling halaman sambil jogging selama 30 menit, tidak perlu membeli alat treadmill langkah ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Untuk menghindari cedera saat Anda melakukan jogging maka jangan lupa untuk melakukan pemanasan. Melakukan jogging ini bisa membuat Anda beristirahat dari kegiatan bekerja di rumah yang membuat Anda jarang bergerak.

5. Duduk Berdiri

Gerakan yang sangat mudah dilakukan selanjutnya ialah duduk berdiri dan membuat Anda bergerak di sela sela WFH dan sangat mudah dilakukan. Anda bisa memanfaatkan kursi untuk membuat gerakan duduk berdiri dengan cepat.

Pastikan posisi Anda duduk tanpa bersandar, kemudian Anda duduk selama 3 detik dan kemudian berdiri. Pastikan posisi duduk Anda tegap dan atur nafas untuk membuat pernafasan Anda lebih baik. Gerakan mudah ini dapat melatih otot otot kaki dan mengatur pernafasan.

6. Side Kick

Tendangan Samping Gerakan ini membantu meregangkan otot pinggul lateral Anda. Berbaringlah di sisi kiri Anda dengan pinggul kiri di lantai. Pegang kepala dengan lengan kiri.

Sementara itu lengan kanan memegang ke lantai sehingga tubuh stabil. Tekuk kaki kiri Anda dan letakkan di lantai 90 derajat dengan tubuh Anda.

Lalu, angkat kaki kanan ke atas. Ulang. Lakukan hal yang sama dengan bagian tubuh lainnya. Latihan paru-paru adalah cara yang bagus untuk melatih otot paha dan pantat Anda Sandaran kaki

Anda harus mengarah pada sudut 90 derajat, sementara lutut belakang Anda hampir menyentuh tanah. Kemudian, ulangi gerakan untuk kaki kiri dan kanan 10-12 kali.

7. Push Up

Beberapa orang mungkin merasakan perlawanan yang kuat selama gerakan ini, karena membutuhkan keseimbangan dan melibatkan banyak otot kaki.

Meski begitu, hasilnya akan sangat berharga. Saat melakukan push-up, Anda menggunakan berat badan sendiri sebagai penghalang.

Namun, sangat penting untuk melakukannya dengan benar. Push-up dapat bekerja sesuai level tergantung pada kemampuan Anda.

Tubuh Anda harus lurus, termasuk bokong Anda. Selain itu, lutut Anda juga tidak boleh rendah.

8. Crunch

Untuk melakukan crunch, berbaring telentang dan mulai gerakan duduk. Pada saat yang sama, angkat lutut untuk bertemu di titik tengah. Pastikan Anda mengambil napas dalam-dalam dan buang napas untuk daya tahan.

Untuk melakukan gerakan papan, posisikan tubuh seperti push up, tetapi alas di lengan bawah dan kaki. tubuh, perut dan bokong papan datar.

Kemudian, tahan posisi ini selama beberapa saat Sepertinya gerakan ini sepertinya mudah jika Anda belum pernah mencoba latihan ini.

Namun, kebanyakan pemula tidak dapat menahan lebih dari 30 detik Setelah Anda bisa bertahan lebih dari 2 menit, coba tambahkan beberapa variasi – angkat kaki atau lakukan papan samping

9. Jumping Jack

Olahraga kardio bisa Anda lakukan di rumah dengan cara yang mudah, salah satunya ialah dengan melakukan jumping jack. Dengan melakukan gerakan ini secara teratur jantung Anda lebih kuat dan juga dapat menghindari berat badan yang meningkat akibat terlalu lama di rumah.

Cara melakukan olahraga ini cukup mudah Anda hanya perlu berdiri tegak dengan kedua kaki yang bersatu dan tangan berada di sampping tubuh.

Kemudian lompat bersama sambil mengangkat tangan dan pisahkan kaki lalu satukan kembali. Lakukan selama 1 menit dan lakukan selama 3 kali.

10. Plank

Salah satu gerakan mudah yang menjadi favorit banyak orang ialah plank, gerakan ini bisa Anda lakukan dengan mudah dan memberikan manfaat yang besar.

Terutama untuk membuat bagian tubuh semakin rileks setelah berlama lama duduk melakukan pekerjaan dari rumah.

Kebanyakan dari Anda mungkin sudah mengetahui cara melakukan plank, Anda hanya perlu bertumpu pada siku dan ujung kaki.

Kemudian tahan sampai semampu anda, meskipun terlihat mudah ternyata banyak orang yang tak mampu bertahan lebih dari 30 detik. Cara ini mampu meregangkan otot otot dan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Bagaimana, apakah Anda masih betah untuk melakukan berbagai aktivitas di rumah? Meskipun rasa bosan mungkin ada namun Anda tetap harus mengikuti anjuran pemerintah. Lupakan rasa bosan dengan melakukan olahraga ringan di rumah.

Gerakan sederhana diatas bisa Anda lakukan di sela sela istirahat melakukan berbagai pekerjaan di rumah anda. Tetap sehat selama masa pandemic ini dan jangan lupa bergerak.

Bagikan Artikel Ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *