Cara Sukses Bisnis Makanan Rumahan di Desa Agar Banyak Pesanan

default featured image

Bisnis kuliner berlaku dimana saja baik kota maupun desa. Dan usaha makanan rumahan di desa ternyata tidak kalah menguntungkan dengan di kota. Bila anda tertaik menjual makanan disekitar lingkungan rumah anda, ikuti cara sukses bisnis makanan di desa berikut ini.

Meskipun sudah mainstream, tetapi usaha makanan selalu mendapatkan tempat di hati para pecinta kuliner. Mengapa? Karena setiap manusia memerlukan makanan sebagai sumber tenaga dan energi.

Dan berikut ini salah satu usaha yang menguntungkan di desa yang dapat anda coba selain bisnis les private di kampung.

gambar bisnis makanan rumahan di desa

Selain untuk memenuhi kebutuhannya pokok dalam hal pangan, kuliner juga menjadi sebuah hiburan yang mampu melepaskan penat dengan mengonsumsi makanan-makanan lezat.

Sebagai seorang pengusaha kuliner rumahan di desa, Anda tidak boleh hanya berdiam diri dan menyajikan makanan yang begitu-begitu saja. Selalu berinovasilah agar bisnis kuliner Anda tidak kalah saing dengan lawan.

Tips Sukses Bisnis Makanan Rumahan di Desa

Nah, berikut ini kami akan sajikan informasi mengenai beberpa tips sukses bisnis makanan rumahan di desa yang patut dan wajib untuk Anda coba. Penasaran? Simak ulasan berikut ya!

Pertahankan Rasa dan Kualitas

Meskipun berada di desa, hal tersebut bukanlah menjadi sebuah penghalang bagi bisnis Anda untuk dikenal masyarakat luas. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya orang kota yang rela jauh-jauh ke desa untuk mencicipi makanan favorit mereka. Mengapa demikian?

Hal tersebut dikarenakan makanan yang ditawarkan oleh bisnis rumahan di desa justru lebih memiliki rasa yang lebih lezat dan otentik dibandingkan dengan kuliner serupa yang berada di kota.

Menarik untuk dibaca :  Mau Usaha Rumahan Modal 50 Ribu? Ini Dia Variasi Bidangnya!

Selain rasa makanan yang begitu lezat, daya tarik lain yang ditawarkan oleh bisnis makanan rumahan di desa adalah suasana yang akan didapatkan.

Maka dari itu, usahakan suasana dan lingkungan tempat usaha Anda tetap dipertahankan sisi ketradisionalitasannya.

Contohnya untuk rumah makan daerah jawa, usahakan rumah makan memiliki bentuk saung kecil-kecil yang berada di dekat sawah.

Maka dari itu, jangan rubah rasa masakan Anda hanya untuk menghemat biaya produksi. Rasa yang lezat dan otentik yang disajikan di daerah pedesaan justru memiliki nilai jual yang lebih tinggi, bahkan hingga dua kali lipat dibandingkan dengan masakan serupa yang dijual di kota.

Angkat Potensi Daerah

Selain memiliki rasa yang otentik, makanan rumahan yang berada di desa juga menawarkan makanan yang mengangkat potensi daerah masing-masing.

Contohnya, makanan padang yang berasal dari daerah pedesaan di Provinsi Sumatera Barat justru lebih diminati oleh masyarakat luas.

Makanan padang yang berasal dari tempat asalnya tentu memiliki cita rasa yang berbeda dengan warung-warung di pinggir jalan yang menawarkan nasi padang.

Maka dari itu, usahakan bisnis kuliner yang akan Anda rintis juga mampu mencerminkan budaya asli dan potensi daerah setempat.

Contohnya, Gudeg untuk daerah Yogyakarta, Ayam Betutu dari Bali, Pecel dari Madiun, dan masih banyak lagi.

Jadikan Satu Sebagai Primadona

Satu tips bagi Anda yang akan membuka usaha kuliner rumahan di desa adalah dengan menjadikan satu menu menjadi primadona. Menu ini akan menjadi sajian yang selalu dan pasti akan dipesan oleh para pengunjung.

Bagaimana caranya? Caranya yaitu dengan memberikan effort yang lebih kepada masakan tersebut baik dalam hal komposisi bumbu maupun bahan utamanya.

Menarik untuk dibaca :  3 Cara Menemukan Peluang Usaha Yang Kreatif Untuk Jangka Panjang

Dengan usaha tersebut, maka makanan tersebut akan menghasilkan cita rasa yang luar biasa nikmat dan beda dari yang lain.

Selain itu, usahakan untuk memiliki resep rahasia baik dalam hal bumbu, bahan utama, ataupun cara pengolahan. Selain mampu menciptakan rasa yang unik dan beda dari yang lain, resep rahasia tersebut juga mampu menarik perhatian dan rasa penasaran dari para pengunjung.

Demikian ulasan lengkap mengenai Tips Sukses Bisnis Makanan Rumahan di Desa. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

Bagikan Artikel Ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *