Cara Mengetik di Laptop Dengan Cepat Tanpa Kesalahan Typo

default featured image

Mengetik di laptop dengan cepat – Ketika anda menggunakan laptop untuk mengerjakan tugas atau laporan dengen mengetik, pasti yang paling anda inginkan adalah segera menyelesaikan pekerjaan tersebut. Tentu saja mengetik merupakan kegiatan yang cukup membosankan. Memiliki keterampilan mengetik secara cepat dengan 10 jari merupakan jawaban yang harus anda kuasai.

Mengapa Mengetik Cepat Itu Penting?

cara mengetik cepat keyboard laptop

Dengan melakukan pengetikan secara cepat, maka anda akan banyak menghemat waktu dan tenaga. Selain itu, anda bisa menjadi lebih produktif, terutama bagi anda yang memiliki kegiatan atau profesi sebagai pembuat naskah, jasa ketik makalah, jasa artikel, blogger, pembuat naras dan lainnya.

Untuk bisa menguasai keterampilan mengetik dengan 10 jari ini, anda tidak perlu menjadi seorang yang ahli dalam bidang komputer. Anda cukup mengerti bagaimana teknik mengetik menggunakan 10 jari dan sering berlatih .

Apabila anda sudah memiliki laptop, pc komputer atau hanya mesin ketik sederhana, anda bisa memulai belajar seperti apa cara mengetik 10 jari dan melatih jari- dan perasaan anda agar lugas dan lancar.

Manfaat Mengetik Cepat dengan 10 Jari

Ada manfaat yang sangat penting dalam menguasai tehnik ketik cepat 10 jari ini. Ilmu ini sangat penting dan besar manfaatnya bagi mahasiswa perguruan tinggi, akademi atau juga universitas; juga pelajar SMA atau SMK, bahkan karyawan perusahaan yang sedang mengetik menggunakan Microsoft Word, atau di Open Office.

Menarik untuk dibaca :  Jenis Keyboard Selain QWERTY Beserta Gambar Fisik Dan Bentuk

Ketika anda sedang mengetik di program pengolah atau bahkan di mesin ketik biasa, maka mata anda tidak lagi perlu melihat ke arah keyboard untuk mencari dimana letik huruf yang akan anda tekan. Anda cukup menggunakan daya ingat dan persaan anda letak huruf tersebut berdasarkan latihan.

Ketika anda sedang membuat karangan berdasarkan inspirasi tanpa melihat sumber tulisan, mata anda cukup melihat ke layar laptop / komputer, atau ke arah kertas di mesin ketik untuk mengetahui benar atau tidak tulisan yang sedang anda buat.

Berbeda namun mirip, ketika anda sedang membuat tugas berdasarkan sumber tulisan baik dari koran, buku atau juga makalah, maka mata anda hanya perlu tertuju ke arah sumber tulisan tersebut. Sesekali mata diarahkan ke layar laptop/komputer atau kertas hasil ketik untuk cek hasil ketik tanpa perlu melihat ke arah keyboard.

Dengan cara seperti ini, maka proses pengetikan anda akan berjalan dengan cepat karena tidak perlu mencari-cari sumber hurus yang akan diketik. Jari anda seperti memiliki mata dan mengetahui letak huruf yang akan ditekan.

Tehnik Bagaimana Cara Mengetik Cepat Menggunakan 10 Jari

Sebagai langkah awal, ada tehnik dasar yang perlu anda ketahui dan anda ingat diluar kepala, yaitu masing-masing jari hanya menekan huruf-huruf tertentu saja.

Sekali lagi ingat, huruf tertentu hanya ditekan oleh jari tertentu saja.

Huruf Yang Diketik Oleh Jari Tangan kanan :

  • Jari telunjuk tangan kanan : 6, 7, N, M, Y, U, H dan J
  • Jari tengah tangan kanan : K, I, koma (,) / simbol lebih kecil (
  • Jari manis tangan kanan : L, O, 9 / simbol kurung buka( ( ), simbol titik (.) / simbol lebih besar (>) serta tombol Alt
  • Jari kelingking tangan kanan : simbol titik dua (;), tanda petik (‘), Enter, huruf P, simbol kurung siku ( { } / [ } ), garis miring ke kiri ( \ ), tanda Tanya ( ? ) / garis miring kanan (/), Shift dan Ctrl kanan.
  • Jari jempol tangan kanan : Spasi
Menarik untuk dibaca :  Cara Mudah Mengetik Symbol Pada Keyboard Laptop atau Notebook

Huruf Yang Diketik Oleh Jari Tangan Kiri :

  • Jari telunjuk tangan kiri : F, R, V, G, T, B, angka 4 dan 5.
  • Jari tengah tangan kiri : D, E, C, dan angka 3
  • Jari manis tangan kiri : S, W, X, dan 2.
  • Jari kelingking tangan kiri : A, Q, Z, 1, Alt, tanda ~, Tab, Caps Lock, Shift, Ctrl, simbol Windows.
  • Jari jempol tangan kiri : Spasi

Anda harus menghapalkan huruf-huruf untuk jari tertentu tersebut. Tanpa anda hapal, maka anda akan kesulitan untuk mengetik cepat.

posisi jari pada huruf di keyboard ketik cepat 10 jari

Cara Latihan Mengetik Cepat Sistem 10 Jari

Ketika anda sudah mulai hapal, untuk memperlancar, maka anda perlu latihan sesering mungkin.

Langkah pertama adalah, perhatikan pada keyboard anda, pada huruf F dan J. Pada huruf tersebut selalu ada tonjolan baik berbentuk titik atau garis, masing-masing keyboard bisa berbeda bentuknya. Tonjolan tersebut merupakan tanda untuk meletakkan jari telunjuk anda. Fungsi tonjolan tersebut adalah sebagai patokan huruf F dan J agar anda mudah mencari huruf lainnya tanpa melihat ke keyboard.

Jari telunjuk kiri berada pada huruf F, dan telunjuk kanan berada pada huruf J. Setiap saat jari telunjuk dalam kondisi istirahat, SELALU letakkan jari telunjuk anda pada huruf tersebut.

posisi jari telunjuk di keyboard

Kini saatnya anda mulai berlatih mengetik hanya menggunakan 10 jari, dan buka 11 jari lagi ya. Semakin anda sering berlatih, semakin anda menguasai tehnik mengetik cepat 10 jari.

Perbandingan Kecepatan Mengetik di Keyboard

Sebagai perbandingan seberapa mahir dan cepat anda mengetik di keyboard laptop atau mesin ketik, anda bisa membandingkannya dengan data berikut ini.

Rata-rata kecepatan mengetik laki-laki adalah 44 kata permenit. SEdangkan untuk wanita adalah 37 kata permenit. Namun hitungan treresbut merupakan kata permenit (Word per Minute=WPM).

Menarik untuk dibaca :  Cara Menampilkan Simbol Diameter Karakter Khsusus Di Keyboard

Apabia dihitung karakter per menit adalah Character per Minute=CPM. Dengan asumsi mengetik bahasa inggris. Maka kecepatan rata-rata pengetikan kata permenit adalah WPM = CPM/4 atau WPM = CPM/5.

Untuk rekor tercepat mengetik sedunia adalah 216 kata per menit yang dilakukan oleh Stella Pajunas di tahun 1946 menggunakan mesin ketik elektrik merek IBM.

Bagikan Artikel Ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *