Cara Memulai Bisnis Berjualan Online Untuk Pemula – Panduan Lengkap

default featured image

Mungkin saat ini anda sedang menjadi bagian dari karyawan yang perusahaan sedang lesu, baru terkena phk atau juga wiraswasta yang ingin beralih dari bisnis offline menjadi online. Anda sedang berusaha mengetahui bagaimana cara jualan online shop untuk pemula agar segera memiliki sumber penghasilan baru atau tambahan. Atau bisa juga perubahan sistem penjualan yang asalnya membuka toko menjadi lewat penjualan daring agar pembeli datang kembali dan penghasilan bisa meningkat.

panduan jualan online

Apa pun alasan dan tujuan Anda untuk memulai berjualan secara online, eCommerce memang menawarkan peluang usaha online keuntungan yang besar bagi siapa pun yang memiliki koneksi internet.

Dengan membaca panduan lengkap bagaimana memulai berjualan bisnis online agar laris dan sukses, anda dapat mengetahui cara memulai bisnis pemasaran secara online melalui tahapan yang benar, dan meraih keuntungan yang maksimal.

Kelebihan dan Kekurangan Menjual Produk Online

kelebihan dan kekurangan jualan online
Sebelum anda memulai untuk investasi waktu dan uang ke dalam bisnis online, Anda dapat memastikan bahwa penjualan online lewat internet memang tepat untuk Anda. Anda harus mengetahui keuntungan jualan online yang bisa membuat anda cepat sukses.

Sebelumnya kita lihat dulu kelebihan dan kekurangan dari penjualan online sehingga Anda dapat mempertimbangkannya dan membuat keputusan.

Kelebihan Menjual Secara Online

  1. Hal yang paling disukai dari jualan online adalah Anda dapat bekerja dari rumah atau tempat lain yang memiliki koneksi itnernet. Andadapat mengatur waktu kerja sesuai gaya anda. Yang lebih menariknya adalah Anda dapat memilih seberapa jauh memperoleh hasil. Pilihannya tidak terbatas. Anda dapat mengaturnya sesuai keinginan anda.
  2. Fleksibilitas atau keleluasaan dalam cara menjual menjadi hak anda. Anda dapat mengatur sendiri bagaimana cara kerja agar produk anda dapat laku dijual lewat internet. Anda tidak memiliki bos selain diri anda sendiri dan pelanggan.
  3. Kebebasan dalam memilih jenis produk atau jasa yang ingin dijual, dapat disesuaikan dengan minat, kemampuan, seberapa jauh anda mengerti mengenai produk, atau seberapa besar keuntungan yang dapat diperoleh.
  4. Faktor resiko dari sistem berjualan secara daring adalah, resiko investasinya sangat kecil. Anda tidak perlu menanamkan uang anda untuk membeli tempat jualan seperti toko atau lapak, tidak perlu membeli peralatan kerja atau barang pajangan selain komputer dan koneksi internet.
  5. Anda tidak perlu khawatir tentang menyimpan inventaris jika Anda tidak mau! (Petunjuk: Ini disebut dropshipping, dan saya akan membahasnya nanti!)

Kekurangan dari Penjualan Online

  1. Dibutuhkan beberapa waktu untuk membuktikan bahwa bisnis anda dapat berjalan secara normal. Ada yang memerlukan waktu hingga satu atau dua bulan untuk mulai melihat hasil yang konsisten, namun ada juga yang bisa lebih cepat dari itu.
  2. Umumnya, menjalankan bisnis online dilakukan secara mandiri bahkan oleh satu orang saja. Dikarenakan banyak hal baru yang dihadapi oleh pelakuk bisnis, maka anda akan mengahdapi masa orientasi bisnis atau proses belajar yang sangat padat.
  3. Bisnis online baik dikerjakan sendiri atau bersama tim, anda dakan mendapati bayakl hal yang harus dikuasi oleh sedikit orang. Anda akan berperan sebagai akuntan, pemasar, perancang web, dan semua yang lainnya. Ini juga berarti bahwa Anda memikul semua tanggung jawab. Jika terjadi kesalahan, Anda tidak dapat menyalahkan siapa pun kecuali diri Anda sendiri.
  4. Tidak semuanya dapat dilakukan secara otomatis. Anda harus menghadapi masa-masa kritis hingga tercapai situasi penjualan reguler, pengiriman reguler, dan permintaan pelanggan reguler, yang berarti bahwa bisnis Anda akan mengharuskan Anda untuk melakukan pekerjaan yang cukup berat dan menginvestasikan waktu dan energi. Yaitu, sampai Anda mampu mempekerjakan staf! Meskipun begitu, Anda tetap ingin terlibat dalam segala hal yang terjadi.

Anda harus tahu bahwa bisnis online dan berjualan di internet bukan merupakan skema cepat kaya.

Tetapi jika Anda rela untuk mgengeluarkan tenaga untuk membangun reputasi, mengembangkan merek, dan mengoptimalkan proses , Anda dapat memiliki pencapaian yang tinggi.

Memilih Model Bisnis eCommerce Yang Tepat Untuk Pemula

cara memilih model bisnis ecommerce yang tepat
Ada beberapa model bisnis yang perlu Anda pertimbangkan sebelum mulai berjualan secara online.

Anda dapat memikirkan secara teliti mengenai model bisnis online mana yang terbaik dengan kondisi anda. Masing-masing model memiliki kelebihan dan kekurangannya baik dari segi tingkatan investasi dan dalam menjalankan bisnis.

A. Dropshipping

Dropshipping merupakan salah satu model bisnis yang cukup populer bahkan dapat dibilang sangat disukai oleh pebisnis online baik pemula ataupun mahir.

Kelebihan menjalankan bisnis dropshipping adalah hambatan untuk memuai usaha ini sangatlah minim. Bisnis internet ini dapat dilakukan dengan menggunakan biaya investasi rendah.

Menarik untuk dibaca :  6 Cara Jualan Online Tanpa Modal Dan Stok Barang Cocok Untuk Pemula

Usaha dropshipping merupakan model terbaik untuk anda yang ingin melakukan penjualan online NAMUN tidak memiliki banyak modal untuk membeli produk inventory dalam jumlah besar dengan beban kerja yang seminimal mungkin.

Selain itu, anda juga tidak membutuhkan ruangan yang besar untuk menyimpan barang ata stok.

Langkah memulai bisnis dropship

  1. Anda hanya perlu untuk menentukan jenis produk yang ingin dijual
  2. mendapatkan pemasok produk tersebut dengan layanan dropship
  3. pajang daftar produk yang anda jual di web marketplace
  4. memulai penjual

Sungguh sederhana sekali prosesnya.

Pada dasarnya, pemasok anda melakukan hampir selurus proses bisnis, dan anda hanya melakukan penjualan saja.

Proses dtransaksi dalam bisnis dropship

  1. Pelanggan membeli produk dari toko online anda
  2. Anda melakukan pesanan untuk produk tersebut dari pemasok
  3. Pemasok anda mengemas dan mengirim produk secara langsung ke alamat pelanggan yang membeli produk dari anda

B. Sumber Produk dari Grosir

Mendapatkan sumber dari grosir merupakan model bisnis yang umum dan tradisional. Model ini juga dapat dilakukan oleh toko offline maupun online.

Ketika anda menentukan produk apa yang akan anda jual, kemudian mendapatkan penjual grosir dan membeli produknya dalam jumlah yang besar. Agar mendapatkan harga yang terbaik, biasanya ada proses negosiasi antara anda dan grosir.

Dengan membeli produk dalam jumlah yang bear, membutuhkan sejumlah uang yang cukup banyak diawal. Namun keuntungannya anda dapat memperoleh harga yang sangat murah dibandingkan pada model Dropship.

Ketika sudah memiliki produk, anda memiliki kebebasan untuk bagaimana mengatur stok yang ada. Apakah akan dijual secara online melalui toko online atau melalui toko fisik secara offline.

Anda juga bisa menjualnya dengna sistem dropshipping dimana anda berlaku sebagai lakukan promosi. pemasok, dan reseller yang banyak melakukan promosi.

C. Sumber Produk dari Pabrik

Mendapatkan submer barang dari pabrik hampir mirip dengan sumber dari grosir. Perbedaan utamanya terletak pada, anda membuat produk sendiri dan menggunakan dengan label sendiri.

Keuntungan model bisnis ini adalah anda dapat membuat produk yang unik dengan merek tersendiri serta memberikan nilai tersendiri terhadap pelanggan. Namun kekurangannya adalah, cara seperti ini membutuhkan nilai investasi yang besar.

Investasi yang dibutuhkan tidak hanya uang, namun juga waktu untuk membuat desain, pengujian, pengemasan, uji produk, serta faktor legal.

Apabila anda berniat untuk membangun bisnis jangka panjang dan memiliki perbedaan yang unik dibandingkan penjulan online lainnya, maka model bisnis ini cocok untuk anda.

D. Menjual Produk Anda Sendiri

Apabila anda seorang yang kreatif, mempunya kemampuan artistik yang unik, anda dapat membuat produk anda sendiri dan menjualnya secara online.

Anda bisa membuat berbagai macam produk yang fungsional dan dibutuhkan pelanggan. Casing handphone, produk makanan, pakaian, tas bahkan menjual jasa. Pikirkan hobi anda yang dapat menghasilkan uang.

Anda bahkan dapat mulai menjual produk sendiri sebagaiincome sampingan, saat masih bekerja di perusahaan lain. Jika berhasil, Anda mungkin dapat mengubahnya menjadi pekerjaan penuh waktu.

Hal paling penting dengan menjual produk Anda sendiri adalah bahwa semua tanggung jawab ada di pundak Anda. Anda dapat menjual produk sebanyak mungkin yang Anda hasilkan, dan mengatur waktu sesuai dengan keinginan anda. Sehingga Anda harus menginvestasikan waktu diri sendiri untuk mengatur semua kegiatan bisnis tersebut.

Bagaimana Langkah-Langkah Memulai Jualan Online Bagi Pemula?

langkah langkah memulai jualan online untuk pemula
Ikuti panduan berikut apa yang harus anda lakukan untuk memulai jualan online :

I. Tentukan Produk Yang Akan Dijual

Memilih produk apa yang akan dijual adalah keputusan paling penting yang akan Anda buat karena akan menentukan berapa besar permintaan terhadap produk Anda, harga dan keuntungan, persaingan pasar, cara penjualan dan pemasaran.

Dengan banyaknya produk yang ada diluar sana, bagaimana anda tahu produk yang bagus untuk dijual?

  1. Anda bisa mendapat keuntungan untung dari produkt ersebut. Yang ini cukup jelas. Jangan lupa untuk memperhitungkan biaya-biaya seperti pengiriman, pengemasan, dan fee marketplace!
  2. Ada permintaan yang masuk akal terhadap produk tersebut. Salah satu kesalahan umum yang dilakukan penjual baru adalah terjun ke penjualan produk tertentu tanpa memeriksa apakah ada permintaan atau tidak.
  3. Persaingan pasar terhadap produk tersebut yang tidak terlalu ketat. Persaingan dapat benar-benar menurunkan laba Anda, terutama ketika tidak ada cukup permintaan untuk memenuhi itu. Ketika sekelompok penjual bersaing untuk mendapatkan keuntungan sekelompok kecil pembeli, maka persaingan menjadi terlalu tinggi.

Produk Apa Yang Dapat Anda Jual di Online Shop?

barang yang laku dijual online
Jawabannya adalah: Hampir semuanya. Namun, jika Anda ingin sukses dalam penjualan online, Anda harus mengikuti strategi yang dilakukan oleh penjual sukses dan memilih produk yang memenuhi kriteria di bawah ini.

  1. Produk yang terkait dengan minat Anda. Alasannya adalah anda akan lebih mengetahui kriteria dan deskripsi produk yang bagus untuk dimiliki oleh pelanggan. Semakin spesifik niche yang anda pilih semakin bagus
  2. Produk yang Anda temukan secara online. Anda dapat memperhatikan produk yang laris manis dan populer di pasar online, termasuk Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Amazon, eBay, Aliexpress, dan Alibaba. Jelas Anda tidak ingin menjual produk yang sudah berhasil dengan baik di pasar yang sangat kompetitif, tetapi seringkali produk terlaris itu dapat memberi Anda ide untuk mencari produk yang serupa, sebagai pengganti atau kompetisi marketnya rendah.
  3. Produk yang didukung oleh riset pasar.
    Anda dapat melakukan riset pasar sendiri, atau menggunakan alat riset sederhana yang ada di internet. Anda dapat mengetahui tingkat penjualan, harga eceran rata-rata, dan persaingan untuk sejumlah besar produk. Anda cukup menelusuri berdasarkan kategori produk dan menetapkan filter spesifik untuk mengidentifikasi produk yang Anda yakin akan jual secara online.
Menarik untuk dibaca :  5 Tips Jitu Jualan Online di Instagram Laris Manis dan Sukses

Anda dapat mengetahui lebih spesifik dengan mengerti bagaimana cara memilih produk terbaik yang dijual secara online.

Produk Terbaik Seperti Apa Yang Banyak Dicari Di Pasar Online?

Ini pertanyaan dengan nilai jawaban yang sangat mahal. Tetapi jawabannya tidak sederhana. Seperti yang akan Anda ketahui dari riset pasar Anda sendiri, ada berbagai macam produk yang laris manis ditawarkan lewat online.

Masalahnya adalah, begitu suatu produk menjadi “best seller”, mungkin sudah terlambat untuk mulai menjualnya karena pasar dengan cepat menjadi jenuh. Anda perlu belajar mengantisipasi tren, atau mengidentifikasi cara untuk menjual barang yang mirip atau komplementer dengan produk terlaris.

Namun anda dapat mengikuti petunjuk berikut ini bagaimana cara memilih produk terbaik untuk jualan online :

  1. Ketahui produk yang sedang menjadi trend dan ramai dibicarakan. Caranya anda dapat mengetahui lewat sosial media seperti facebook, IG atau juga Twitter.
  2. Ketahui tingkat persaingan penjualan prouk tertentu. Anda dapat melihat produk yang sama di marketplace yang ditawarkan oleh penjual lain mengenai harga, tingkat penjualan dan berapa banyak produk tersebut laku dibeli.
  3. Perhatikan ulasan dari mereka yang pernah membeli di kolom review di toko online. Perhatikan komentar mengenai plus dan minus dari produk dan layanan yang diberikan.
  4. Perhatikan produk yang sedang laku keras pada waktu tertentu. Anda dapat melihat pada data yang dilampirkan pada toko online.
  5. Temukan produk yang dapat memberikan anda profit yang besar.
  6. Jual produk yang membantu memecahkan masalah konsumen.

II. Mendapatkan Pemasok

pemasok barang untuk dijual online
Ketika anda sudah bisa mendapatkan produk yang akan dijual, kini waktunya anda untuk mendapatkan supplier dari produk yang akan dijual.

Kadang proses ini dapat memakan waktu yang cukup lama, karena anda harus meneliti setiap calon pemasok yang benar-benar dapat memberikan anda keuntungan.

Setiap model bisnis akan menentukan bagaimana anda mendapatkan calon pemasok.

Bagaimana Cara Mencari Supplier Untuk Bisnis Model Yang Berbeda?

Perhatikan bagaimana cara dan kriteria pemasok yang dibutuhkan sesuai dengan model bisnis.

a. Cara Mencari Supplier Untuk Dropship

Ketika anda sedang mencari pemasok untuk bisnis dropship anda, maka ada beberapa faktor yagn perlu anda perhatikanm diantaranya :

  1. Kualitas produk yang dapat bersaing
  2. Mudah untuk dihubungi
  3. Metode pembayaran yang mudah
  4. Adanya sistem pengembalian barang
  5. Kualitas pengirkman produk yang dapat diandalkan.
  6. Pemasok yang memiliki pengalaman
b. Cara Mendapatkan Pemasok Grosir

Ada beberapa cara yang dapat anda lakuka untuk mendapatkan pemasok grosir yang dapat diandalkan, diantaranya :

  1. Cara sederhana yaitu menggunakan mesin pencari seperti Google. Namun cara ini tidak selalu efektif dikareakan tidak dijamin ada hubungan yagn lebih intens dalam hal bisnis.
  2. Sosial media. Ada banyak pengusaha grosir yang memiliki akun di sosial media. Kontak masing-masing usaha tersebut dan lakukan hubungan yang baik agar dapat harga yang murah dan bersaing.
  3. Mencari di toko online atau marketplace.
  4. Cari melalui forum bisnis atau komunitas pengusaha di internet.
  5. Mendatangi pameran dagang, show trade atau bazzar.
  6. Lakukan kontak
  7. Lakukan negosiasi
c. Mencari Pemasok Pabrikan

Anda dapat mencari pemasok pabrikan dengan cara yang sama seperti grosir. Anda dapat menggunakan mesin pencari Google, sosial media, marketpace, sosial media, pameran dagang atau dikenalkan oleh rekanan.

Namun ada langkah penting yang harus dilakukan sebelum mulai melakukan kerjasama bisnis, diantaranya :

  1. Melakukan kontak yang intens dengan produsen.
  2. Mengunjungi pabrik, untuk memastikan bahwa calon partner benar-benar memiliki pabrik yang dapat diandalkan.
  3. Melakukan uji produk untuik mengetahui bahwa barang yang dibuat memenuhi kriteria yang anda inginkan.

Idealnya, ini berarti mengunjungi pabrik, bertemu produsen, dan menguji produk dan layanan mereka sebelum melakukan pesanan pertama Anda.

III. Mengontak Pemasok

Ketika anda sudah bisa mendapatkan calon pemasok yang dpat diandalkan, maka waktunya untuk mengontak mereka.

Pemasok besar tentu memiliki klien atau reseller yang banyak, sehingga anda jangan sampai membuang-buang waktu merek auntuk hal yang tidak terlihat profesional.

Anda harus mengetahui apa yang pemasok inginkan dari seorang pelanggan atau relasi bisnis yang potensial. begitu juga apa yang anda inginkan sebagai reseller terhadap supier yang dapat diandalkan.

Ikuti petunjuk ini apa yang pemasok cari ketika anda mengontak mereka :

  1. Mentalitas dari pembeli yang serius
  2. Komunikasi yang jelas dan singkat
  3. Sopan santun
  4. Pelanggan jangka panjang
  5. Hubungan dengan risiko bisnis yang rendah

Ada kalanya suplier atau pemasok memiliki cara berbisnis dengan mereka yang ditampilkan pada website atau sosial media. Anda dapat membacanya terlebih dahulu sebelum mengontak mereka. Ketika ada beberapa informasi yang perlu ditanyakan, anda dapat membuat daftar yang dapat ditanyakan kepada calon pemasok.

Tata cara berkomunikasi kepada calon pemasok dapat dilakukan melalui berbagai cara, melalui telpon atau juga email.

IV. Negosiasi dengan Suplier

Ketika komunikasi awal sebagai langkah perkenalan telah dilakukan, maka waktunya untuk memulai negosiasi untuk mendapatkan kesepatan yang adil.

Ingat: Tujuan Anda adalah mendapatkan sumber produk dengan harga yang lebih murah dari harga jual. Setiap diskon kecil yang didapatkan akan dihitung untuk keuntungan Anda, dan hal tersebut harus tercapai.

Ini yang harus dilakukan ketika anda melakukan negosiasi :

  1. Pesan dalam jumlah besar. Semakin banyak Anda memesan, semakin baik harga yang bisa Anda negosiasikan. Namun biasanya pada tahap awal pembeian, mungkin anda masih mendapatkan harga yang tidak ideal . Namun semakin banyak produk terjualm anda bisa menegosiasikan kembeli agar lebih murah.
  2. Membuat hubungan semakin erat dengan pemasok. Ketika anda memperlihatkan kinerja yang baik dan konsisten, pemasok akan membantu Anda dengan menawarkan diskon dan kemudahanlainnya. Jika mereka tidak menawarkan, anda dapat menanyakan agar ddipertimbangan mengenai bisnis penting tersebut.
  3. Beli langsung dari pabrikan jika memungkinkan. Jika Anda mampu memesan dalam jumlah besar, membeli langsung dari produsen (daripada grosir) akan mendapatkan harga terbaik. Jika Anda tidak dalam posisi untuk membeli dalam jumlah besar, pertimbangkan untuk membagi biaya dengan penjual lain. Anda dapat menemukan mitra di situs forum grosir
Menarik untuk dibaca :  Tips Sukses Usaha Rumahan Jual Hasil Foto secara Online

V. Menyiapkan Bisnis Anda

Ketika produk telah mencapai kesepakatan, waktunya untuk memulai jualan online.

  1. Tentukan nama bisnis anda
  2. Pastikan aplikasi jualan online yang dapat diandalkan. Agar biaya sangat rendah, anda dapat memulai di marketplace seperti Bukalapak, Shopee, Tokopedia dan lainnya. Penggunaan marketplace ini sangat mempermudah proses dari listing produk, pengiriman hingga pembayaran.
  3. Tentukan strategi pemasaran yang efektif. Anda dapat memajang produk yang anda jual di beberapa media sosial seperti Twitter, Instagram, Facebook, Youtube atau website anda sendiri.

TIPS Membuka Toko Online Agar Segera Sukses

tips membuka toko agar sukses
Bagaimana cara agar anda segera mendapatkan pembeli dan memperoleh keuntungan, perhatikan beberapa teknik jualan online berikut ini :

  1. Buat kata-kata yang dapat menarik calon pembeli: Kata-kata yang Anda gunakan untuk menjual produk sebaiknya yang menunjukkan manfaat kepada pelanggan Anda. Jangan hanya menggunakan deskripsi yang disediakan pemasok. Anda dapat berkreasi dengan kalimat pilihan anda sendiri dan melakukan uji coba agar mengetahui cara yang paling baik.
  2. Kualitas foto yang baik: Banyak buktri bahwa transaksi terjadi setelah pelanggan melihat foto produk yang baik. Pastikan foto Anda berkualitas tinggi dan diambil dari beberapa sudut. Sertakan gambar dalam skala yang cukup memperlihatkan detil. Kualitas foto produk yang baik dapat membedakan produk anda dengan yang lain.
  3. Strategi pemasaran: Anda harus memiliki pilihan rencana untuk mempromosikan bisnis Anda di luar platform yang Anda pilih sehingga Anda dapat menarik lebih banyak pelanggan dan menghasilkan lebih banyak penjualan. Anda dapat melakukannya dengan cara gratisan atau juga berbayar seperti Facebook Ads, Google Ads dan pembuatan daftar email.
  4. Minta ulasan dari pelanggan: Review positif mengindikasikan bahwa Anda adalah penjual yang dapat dipercaya dengan produk yang bagus. Anda harus meminta pelanggan Anda untuk meninggalkan ulasan untuk membuat pelanggan masa depan Anda semakin percaya untuk melakukan transaksi dengan anda.

TIPS Trik Bagaimana Menjadi Penjual Online Yang Disuka Pembeli Dan Cepat Laku?

cara menjadi penjual online yang disuka pembeli
Bila anda ingin sukses dalam cara bisnis penjualan online dan cepat laku, maka anda harus mengerti bagaimana menjadi penjual yang baik, begini caranya :

  1. Berikan layanan pelanggan dengan sangat baik: Bersikaplah bahwa setiap interaksi dengan pelanggan seolah-olah mereka adalah pelanggan pertama dan terakhir Anda. Anda harus bersikap sopan, jujur, dan berikan semua informasi yang mereka minta. Pelanggan Anda adalah sumber kehidupan bisnis Anda. Tanpa mereka, Anda tidak akan memiliki bisnis sama sekali apalagi keuntungan.
  2. Pengiriman yang cepat: Pelanggan berharap untuk menerima produk mereka dengan secepatnya. Jika Anda dropshipping produk dari China, pastikan pelanggan Anda memahami asal produk, waktu pengiriman yang relatif lama, harga yang kompetitif.
  3. Selalu memperbaiki diri dalam hal komunikasi dan layanan: Fokus dengan bisnis online yang dijalankan dengan memperhatikan dsetiap detilnya. Perhatikan keinginan pelanggan dengan membaca setiap ulasan dari mereka.
  4. Selalu perhatikan terhadap trend: Trend datangnya musimand an menentukan produk yang popular dan penjualan yagn tinggi. Dengan mengikuti trend, dapat membantu anda lebih dikenal oleh pelanggan karena produk-produk terbaru.
  5. Nikmati jalannya bisnis: Setiap bisnis selalu memili tantangannya sendiri dan solusi yang harus segera ditemukan. Tantangan tidak harus membuat anda jatuh mental, justru membuat anda terlatih untuk dapat selalu bersaing dengan kompetitor lain.

Bagaimana Cara Memasarkan Produk Secara Gratis di Internet?

Saat mulai berjualan secara online, Anda mungkin tidak memiliki anggaran pemasaran yang besar seperti perusahaan-perusahaan besar. Bahkan, bisa jadi Anda sama sekali tidak memiliki uang yang dianggarkan khusus untuk pemasaran.

Namun jangan khawatir, ada fasilitas di internet yang dapat anda maksimalkan untuk memasarkan produk Anda secara online dan gratis. Kini yang dibutuhkan hanyalah kesediaan anda dalam meluangkan waktu untuk mempelajari bagaimana cara kerjanya.

  1. Pemasaran lewat media sosial: Saat ini memiliki media sosial untuk bisnis sudah menjadi kewajiban. Facebook, Instagram, LinkedIn, Pinterest, Twitter merupakan sarana gratis di internet yang sangat efektif untuk menyebarkan informasi produk kepada banyak orang.
  2. Menggunakan blog dan website: Blogging masih merupakan salah satu cara pemasaran konten yang cukup populer, walaupun tingkat efektifitasnya masih kalah dengan sosmed. Anda dapat membuat blog yang isinya memiliki kesesuaian dengan produk yang anda jual. Contoh, bila anda menjual produk sepatu, anda dapat membuat blog yang berkaitan dengan gaya hidup, olahraga dan kegiatan luar ruang.
  3. Membuat channel di Youtube: Vlogging saat ini sangat populer, orang lebih senang menonton dibandingkan dengan membaca atau hanya mendengarkan suara. Jika Anda cukup atraktirf di depan kamera dan memiliki sesuatu yang menarik untuk diceritakan, mengapa tidak menyiapkan saluran Youtube dan mulai berbicara dengan audiens mengnei apa saja yang secara langsung atau tidak langsung berkaitan dengan produk yang dijual. Atau sekedar menunjukkan expertise yang anda punya.
  4. Terlibat di forum: Forum merupakan sarana berkumpul orang-orang yang memiliki minat yang sama. Anda dapat gabung di komunitas yang ada hubungannya dengan bisnis anda. Namun jangan pernah lakukan sPAM, cukup tunjukkan keahlian yagn sesuai dengan usaha anda.
  5. Membuat kuis; Kuis atau cerita sederhana ringan yang menyenangkan dapat menarik minat banyak penggun internet. Anda dapat memanfaatkan cara tersebut bahkan memberikan hadiah agar link bisnis anda dapat tersebar luas.

Dari masing-masing trik pemasaran diatas, pengunjung langsung diarahkan ke toko online anda dengan menempatkan link olshop anda.

Bagikan Artikel Ini :

1 Reply to “Cara Memulai Bisnis Berjualan Online Untuk Pemula – Panduan Lengkap”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *