8 Langkah Memulai Usaha Baru untuk Pemula agar Sukses

Mengetahui apa yang harus dilakukan sebelum membuka bisnis sendiri sangat penting. Membuka bisnis sendiri bagi pemula harus memiliki trik dan kiat tersendiri. Karena memulai usaha dari nol tidak bisa menggantungkan nasib dari gaji bulanan layaknya seorang karyawan. Anda harus mengetahui tips cara memulai usaha agar berhasil dan tidak gagal terutama pada masa kritis yaitu 3 bulan pertama.

Oleh karena itu anda harus mengikuti cara menjadi pengusaha sukses diusia muda untuk memulai bisnis sendiri terutama bila anda memang belum memiliki pengalaman menjalankan usaha sama sekali.

8 Langkah Memulai Usaha Baru untuk Pemula agar Sukses

Banyak yang harus diketahui ketika anda berniat akan memulai usaha. Ada kunci sukses menjadi pengusaha yang bisa jadi panduan anda. Ketika anda tidak memiliki informasi yang cukup, bekal yang memadai untuk memulai bisnis sendiri, maka resiko gagal akan semakin besar. Dan tentunya anda akan mengalami kerugian yang cukup fatal.

Bagaimana Cara Memulai Usaha Baru Milik Sendiri Untuk Pemula

Berikut ini tips langkah awal memulai usaha bagi pemula yang dapat anda ikuti agar tidak gagal :

Prospek

Prospek atau peluang merupakan faktor kunci bahwa ide memulai usaha tanpa modal memang layak untuk dijalankan. Bisnis yang anda lakukan memang memiliki prospek yang baik.

Tanpa prospek atau peluang yang baik, percuma saja anda menjalankan usaha tersebut, karena bisnis anda akan cepat redup bahkan mati.

Analisa menjadi cara penting untuk mengetahui jenis bisnis mana yang prospek dimasa depan.

Analisa jenis bisnis yang akan anda geluti. Conth bisnis pakaian, kuliner, dagang, bisnis kecil-kecilan, online shop, laundry, ctering, travel, toko sembako dll. Masing-masing jenis usaha memilik cara berbisnis sendiri dan prospek tersendiri tergantung lokasi, persaingan dll.

Menarik untuk dibaca :  Memulai Franchise Minuman Modal 1 Juta dengan 6 Langkah MUDAH Ini!

Pengetahuan

Pengetahuan cara memulai usaha sesuai dengan bisis yang akan anda lakukan menjadi mutlak. Karena tanpa pengetahuan yang cukup dalam mengetahui seluk belum menjalankan bisnis tersebut, akan membuat resiko usaha anda menjadi besar.

Anda harus mengetahui detil proses dari pekerjaan yang anda lakukan dari awal hingga dijalankan secara rutin. Cara kerja bisnis jual baju online tidak sama dengan kuliner.

Pemasok dan Pelanggan

Bisnis seringkali berhubungan dengan pemasok dan pelanggan. Anda harus sudah mengetahui informasi tersebut sejak awal ketika anda belum menjalankan usaha tersebut.

Anda harus tahu mana pemasok dengan kualitas yang anda inginkan. anda juga harus sudah mengetahui segmen calon pelanggan yang akan anda sasar sesuai dengan usaha anda.

Konsumen bisnis kue memiliki karakter pembelanjaan yang berbeda dengan pelanggan bisnis jenis pertanian.

Modal yang Cukup

Modal disini diartikan dengan uang. Anda harus sudah bisa menghitung dan mengetahui berapa besar modal awal yang anda butuhkan.

Modal uang dibutuhkan untuk membeli alat-alat investasi dan juga biaya operasional untuk beberapa bulan diawal bisnis.

Jangan sampai usaha anda terhenti hanya karena kekurangan modal yang belum pernah anda hitung sebelumnya. Jangan belanjakan sedikitpun uang tersebut apabila anda belum mengetahui jumlah uang yang dibutuhkan.

Saat ini ada peluang usaha tanpa modal uang yang dapat dijalankan, bahkan hanya dari rumah. Namun bila membutuh invetasi, anda bisa mempelajari cara memperoleh modal dalam wirausaha

Pesaing atau Kompetitor

Pesaing atau kompetitor tidak akan mengganggu anda secara langsung, namun mereka bisa membuat usaha anda rugi bila anda tidak pernah berhitung-hitung cara untuk memenangi persaingan melawan kompetitor.

Miliki Trik Jitu

Anda sudah memiliki trik strategi promosi penjualan dan tips sukses bisnis dalam menghadapi persaingan. Dengan persaingan yang semakin ketat, sebaiknya anda sudah memiliki trik agar dapat menjaring pembeli dan melakukan banyak transaksi.

Menarik untuk dibaca :  6 Langkah Sebelum Membuat Keputusan Untuk Membuka Usaha Sendiri

Anda dapat membuat toko lebih nyaman, lebih terlihat elegan, dan membuat situs atau membuka akun media sosial sebagai sarana komunikasi dengan pelanggan.

Trik menjaga komunikasi dengan pelanggan merupaakn cara ampuh agar pembeli tidak lari ke pesaing.

Kenali Diri Sendiri

Berwirausaha memiliki mental yang berbeda dibandingkan sebagai karyawan. Dimana anda tidak bisa menunggu tanggal muda untuk mendapatkan gaji dan berharap pada perusahaan untuk membayar anda.

Harus berfikir bahwa anda yang akan menggaji diri sendiri. Mental yang kuat dan tidak pantang mernyerah merupakan modal penting lainnya selain uang.

Perhatikan sikap dan kebiasaan diri anda ketika melakukan usaha tersebut. Apakah anda mudah bosan atau takut menghadapi tantangan. Apabila anda memang mudah bosan, bisa jadi membuka usaha sendiri memang bukan jalan hidup anda.

Uji Coba Ide

Lakukan uji coba ide bisnis anda dalam jangka waktu yang cukup panjang, agar anda bisa melihat kebiasaan-kebiasaan yang mungkin muncul selama anda menjalankan bisnis tersebut termasuk kebiasaan sikap dan mental anda.

Gunakan tips-tips sederhana diatas tentang cara memulai usaha untuk pemula agar berhasil dan tidak gagal.

Bagikan Artikel Ini :

5 Replies to “8 Langkah Memulai Usaha Baru untuk Pemula agar Sukses”

  1. Saya begitu menyukai artikel yang disajikan dalam blog ini,
    Semoga sukses terus memberikan informasi bermanfaat utk semua orang.

  2. Niat untuk membuka usaha memang menggebu, tapi terkadang kesulitan banyak di eksekusinya dan modal. tapi boleh di coba tipsnya. Terima kasih untuk artikelnya, informatif sekali.

    1. Niat menggebu sudah menjadi modal besar untuk memulai. Tinggal perlu melakukan anlisa terhadap “kemampuan”, “kesempatan”, “peluang” dan hal tersebut diperlukan kesabaran serta ketelitian dan pastinya memerlukan waktu yang relatif lama supaya aman saat menjalankannya.

  3. Ya kalaumau mulai usaha mulai dari yang kecil dulu,sambil liat prospek ke depan apakah perlu diubah jenis usahanya atau lanjut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *