Trik Pintar Cara Jualan Di Marketplace Agar Cepat Sukses Buat Pemula

default featured image

Koneksi internet sangat membantu banyak pengguna dalam banyak hal termasuk dalam hal bisnis dengan berjualan di internet. Bahkan belanja online sudah menjadi trend atau gaya hidup kebanyakan orang baik dari kota hingga desa untuk bisa membeli produk yang diinginkan tanpa harus mengunjungi toko.

Saat ini di Indonesia, penjualan online sudah sangat marak. Terbukti bahwa, belanja online sangat disukai oleh penduduk Indonesia. Hal ini terlihat maraknya toko online yang bertebaran di internet. Dan market place merupakan tempat idel untuk dagang online.

trik cara jualan di marketplace agar sukses buat pemula

Apa Itu Marketplace

Marketplace merupakan sebuah website atau aplikasi yang biasa ada di smartphone, yang berfungsi sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli serta melakukan transaksi jual beli secara online.

Apabila di pasar tradisional, maka pembeli dan penjual dapat bertemu secara fisik. Kalau di marketplace, hanya akun penjual dan pembeli yang melakukan komunikasi dari lokasi masing-masing yang berbeda.

Beberapa contoh market place yang sangat populer di Indonesia diantaranya Bukalapak, Tokopedia, shopee, dll.

Keuntungan Membuka Toko Online di Market Place

Dari sisi penjual, membuka toko online di marketplace merupakan hal yang wajib dilakukan apabila anda ingin sukses. Karena ada banyak keuntungan membuka toko online di marketplace agar dagangan anda laku keras.

Menarik untuk dibaca :  Tips Sukses Usaha Rumahan Jual Hasil Foto secara Online

Berikut ini keuntungan dari memiliki toko online di marketplace :

  1. Fasilitas gratis. Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk membuka toko online di marketplace
  2. Fitur lengkap. Umumnya marketplace memiliki fitur yang banyak dan sangat membantu proses transaksi perdagangan online
  3. Memperoleh pelanggan relatif mudah. Toko online anda dapat dengan mudah diilihat oleh orang diseluruh dunia sepanjang ada koneksi internet.
  4. Manajemen toko yang sederhana. Anda tidak perlu menunggu toko online anda selama 24 jam layaknya toko offline.
  5. Proses penjualan produk yang simple. Pembeli dapat langsung membelid an membayar produk tanpa keterlibatan anda sebagai penjual.
  6. Proses pembayaran yang mudah. Anda tidak harus menangani pembayaran secara langsung. Ajualannda akan menerima pemberitahuan begitu ada pesanan dan pembayaran.
  7. Pilihan kurir pengiriman barang yang beragam.
  8. Toko online anda di marketplace buka 24 jam sehari selama seminggu.
  9. Komunikasi antara pemblei dan penjual dapat dilakuka dengan sangat mudah.

Langkah-Langkah Membuka Toko Online di Marketplace

Apabila anda masih belum mengerti bagaimana cara membuat akun online shop di marketplace, bisa ikuti langkah berikut ini :

  1. Buka link dari situs marketplace yang anda inginkan.
  2. Klik daftar
  3. Masukkan data yang diminta pada kolom pendaftaran.
  4. Biasanya anda akan dimitna untuk verifikasi nomor hp
  5. Upload foto produk yang akan anda jual
  6. Msukkan detil deskripsi dari masing-masing barang tersebut.
  7. Anda siap promosi dan berjualan di market place.

Masing-masing marketplace seperti jualan online di Shopee, Tokopedia dan Bukalapak, memiliki alur dan konfigurasi tersendiri dalam mendaftar toko online.

Cara Berjualan di Market Place Agar Cepat Untung Dan Sukses

Setelah anda mengetahui apa keuntungan cara memulai bisnis berjualan online yang bakal diraih di market place, kini saatnya mengetahui, apa yang harus dilakukan agar olshop anda memiliki banyak pengunjung dan transaksi :

Menarik untuk dibaca :  42 Jualan Online Terlaris Dan Paling Laku Di Bulan Puasa

Memilih Produk Yang Banyak Dicari

Sudah menjadi pengetahuan umum, bahwa menjual prodk hanya yang banyak dicari saja. Walaupun anda memiliki banyak produk, namun minim peminat, dipastikan anda sukar mendapatkan keuntungan.

Hanya Menjual Produk Yang Berkualitas

Jangan pernah mengecewakan konsumen dengan menjual produk yang dinilai buruk. Karena sekali konsumen kecewa, mreka dapat menulis ulasan atau review yang buruk dan memberikan rating atau bintang yagn kecil.

Sediakan Foto Yang Jelas

Foto sangat krusil untuk meyakinkan pembeli bahwa produk yang anda jual adalah yagn terbaik. Calon pembeli mendapatkan kesan pertama mengenai produk dan anda sebagai penjual melalui foro yagn dipajang di marketplace.

Ambil foto dengen resolusi yang cukup tinggi agar terlihat detil, cukup cahaya dan tidak blur. Ambil gambar produk dari beberapa sudut agar pembeli dapat membayangkan seperti apa bentuk dan dimensinya. Apabila perlu anda dapat membuat video singkat.

Berikan Judul Dan Deskripsi Yang Jelas Dan Mudah Dimengerti

Pembeli menginginkan informasi yang singkat namun mudah dimengerti. Berikan deskripsi dari produk secara singkat jelas dan lengkap.

Dalam cara berjualan baju online di olshop, berikan informasi mengenai jenis bahan dan ukuran yang jelas. Bila perlu sediakan gambar atau chart agar calon pembeli mudah memahaminya.

Respon Yang Cepat

Pembeli di toko online sangat senang dengan layanan yang cepat. Walaupun anda tidak harus menunggu online shop selama 24 jam, namun anda harus membuka akun di marketplace secara berkala untuk mengecek chat atau pesanan yang masuk dan memberikan respon yang baik.

Layanan Yang Ramah

Dari banyak review yang sering ditulis oleh pelanggan, layanan yang ramah merupakan nilai tambah yang sangat penting dan membuat pelanggan ingin berbelanja kembali di olshop anda.

Menarik untuk dibaca :  5 Tips Jitu Jualan Online di Instagram Laris Manis dan Sukses

Jangan pernah abaikan atau anggap remeh pertanyaan dari konsumen yang terasa tidak begitu penting. Anggap setiap pelanggan atau konsumen terbaik anda. Karena siap tahu di masa depan mereka menjadi pelanggan yang setia dan royal.

Awasi Pesaing

Persaingan merupakan bagian dari bisnis dan usaha, begitu juga di marketplace. Persaingana antar toko online cukup ketat. Agar anda bisa meraih bahkan merebut pelanggan dair kompetitor, awasi strategi pemasaran yang digunakan oleh mereka. Kalau perlu tiru teknik penjualan yang dilakukan yang sudah terbukti bisa meningkatkan transaksi.

Manfaat Media Sosial Untuk Promo dan Marketing

Media sosial sangat wajib digunakan apabila anda ingin berbisnis online di internet. Karena medsos sudah menjadi bagian dari identitas seseorang ataupun perusahan lewat internet. Sosmed sangat ampun untuk digunakan sebagai alat promosi dan marketing untuk menggaet lebih banyak konsumen.

Bagikan Artikel Ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *