Cara Berjualan Secara Online di Pinterest Untuk Menarik Banyak Konsumen

default featured image

Anda sedang mencari cara bagaimana cara pemasaran toko online secara gratis namun efisien? Ini salah satunya teknik jualan online menggunakan Pinterest dengan biaya minimal namun hasil yang maksimal.

Untuk Indonesia sendiri, pengguna internet terbilang sangat besar. TErbialng ada 175 juta warga Indonesia yang menggunakan internet dengan aktif. Dan tentu saja jumlah pemakai inet di seluruh dunia jumlahnya kana sangat besar sekali.

Sudah menjadi kebiasaan umum, media sosial merupakan bagian dari penggunaan internet itu sendiri. Ada beberapa media sosial besar seperti Facebook, Instagram, Wahtsapp, dll. DPengguna internet juga memanfaatkan mesin pencari tradisional seperti Google.

Namun kali ini Pinterest mulai menarik perhatian user internet diseluruh dunia, termasuk digunakan untuk bisnis online.

cara memanfaatkan Pinterest untuk jualan online

Apa Itu Pinterest?

Pinterest adalah sebuah mesin pencari visual atau gambar yang berdasarkan kata kunci. Pinterest sering digunakan untukmencari ide resep makanan, desain rumah, kendaraan, fashion, gaya hidup.

Apa Keuntungan Menggunakan Pinterest Untuk Bisnis Penjualan Online?

Mengapa anda harus memanfaatkan Pinterest untuk jualan online? Setidaknya diketahui bahwa ada pengguna Pinerest sekitar 335 juta orang setiap bulan dari seluruh dunia.

Bahkan disebutkan bahwa pengguna Pinterest setiap tahun terus bertumbuh dikisaran 8%. Untuk Amerika, Pinterets termasuk jaringan soaial terbesar ketiga setelah Facebook dan Instagram.

Sementara untuk wilayah Indonesia, Pinterest ada di posisi 7,55% yang digunakan oleh mayoritas pengguna internet.

Menarik untuk dibaca :  10 Strategi Marketing Di Instagram Agar Jualan Online Banyak Dibeli Pelanggan

Dengan besarnya jumlah pengguna Pinterest baik di Indonesia atau dunia, maka anda tidak boleh meremehkan kekuatan media ini untuk menyebarkan informasi mengenai bisnis jualan online anda .

Fakta-Fakta Tentang Pinterest

Sebelum mulei menggunakan Pinterest untuk bisnis, ada beberapa hal yang perlu diketahui untuk meyakinkan Anda bahwa mesin pencari visual ini perlu anda manfaatkan dengan serius.

  1. Pinterest telah mencapai jumlah pengguna 70 juta aktif setia[ bulan.
  2. Ada sekitar 335 juta orang yang menggunakan Pintrest setiap buland ari seluruh dunia.
  3. Di Amerika, Pintrest termasuk jaringan sosial terbesar ketiga yang digunakan warna Amerika
  4. Pinterest sangat populer digunakan oleh para ibu-ibu atau wanita.
  5. Berdasarkan riset oleh Pew Research, pengguna Pinterest di Amerika memiliki penghasilan rata $75,000 USD pertahun.
  6. Ada sekitar 2 milyar pencarian di Pinterest setiap bulan.
  7. Sekitar 600 juta merupakan pencarian visual.
  8. Sekitar 78% pencarian terhadap merek tertentu
  9. Pengguna Pinterest sekitar 77% mendapatkan produk baru di Pinterest.
  10. Sekitara 48% pengguna melakukan belanja online setelah melihat gambar produk.

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Dari Pinterest dengan Jualan Online?

Jenis Produk Yang Dijual di Pinterest


Kebanyakan pengguna Pinterest adalah mereka yagn sedang mencari ide melalui gambar visual. Oleh karena itu, produk yang cocok untuk dipasrkan lewat Pinterest adalah yang memiliki bentuk fisik dan dapat dimodifikasi agar terlihat menarik.

Beberapa produk yang umum dipromosikan lewat Pinterest diantaranya : Makanan, pakaian, tas, sepatu, rumah, kondominium, apartemen, desain interior, kendaraan, dan masih banyak lainnya.

Gunakan Akun Pinterest Bisnis

Apabila akan menggunakan Pinterest untuk usaha, maka pilihkan akun tipe Bisnis/Business, BUKAN Personal.

Kelebihan dari akun bisnis di Pinterest ini adalah, anda akan mendapatkan bberapa fitur yang tidak ada di akun personal. Diantaranya :

  1. Analitik. Anda akan mendapatkan grafik dan data yang dapat digunakan untuk menganalisa performa dari pin dan board yang anda buat.
  2. Promosi Pin. Fasilitas yang dapat digunakan untuk mempromosikan pin anda secara berbayar.
  3. Rich Pin. Fitur yang membantu dalam membuat pin kaya akan data. Ada 4 rich pin, diantaranya : Resep, artikel, aplikasi dan produk.
Menarik untuk dibaca :  Keuntungan Dari Usaha Online Shop Yang Bisa Bikin Anda Cepat Sukses

Cara Membuat Akun Pinterest

Cara membuka akun Pinterest sangat mudah, layaknya anda membuka akun-akun dari website lain. Syarat terpenting adalah anda memiliki alamat email, Facebook atau profil Google.

Pertama, buka halaman pinterest.com. Kemudian gabung komunitas untuk login atau membuat akun baru. Anda dapat login menggunakan email, akun Facebook atau Google.

Setelah login, anda harus mengubah tipe akun menjadi Bisnis, Caranya dengan masuk ke bagian setting, kemudian pilih Switch to business/ Rubah ke bisnis.

Untuk pemilihan nama, sebaiknya gunakan nama yang relatif sesuai dengan jenis usaha yang akan anda promosikan di Pinterest. Anda dapat menambahkan nama lokasi dimana area bisnis bergerak.

Cara Promosi dan jual Produk di Pinterest

promosi jualan online di pinterest
Membuat nama usaha anda menjadi terkenal di Pinterest caranya sangatlah mudah.

  1. Buat beberapa board (10 board) menggunakan nama kategori produk yang sesuai sesuai dengan produk atau jenis usaha anda
  2. Pin sesuai kata kunci yang sesuai dengan board yang anda buat. Pin sehari sekitar 50 pin untuk semua board. Jadi masing-masing 5 board. Lakukan setiap hari
  3. Setelah seminggu, perhatikan fitur analitik untuk melihat kinerja dari pin yang anda buat.
  4. Kemudian mulai melakukan pin dari link produk yang anda punya. Misal anda memiliki alamat website toko online. Pin masing-masing produk yang sesuai dengan board. Pastikan jumlah pin per hari masih 50 termasuk pin dari website anda sendiri.
  5. Setiap melakukan pin dari website sendiri, masukkan judul dan deskripsi yang lengkap, agar pengguna Pinterest tertarik mengunjungi pin dan alamat link anda.
  6. Lakukan komunikasi dengan pinner yang lian, seperti saat ada komentar yang masuk. Blaaslah dengan kata-kata yang sopan dan atraktif agar mereka tertarik mengklik link toko online nada.
  7. Buatlah gambarpin dengan rasio format 2:3, contoh 735 (pixel lebar) x 1102 (pixel tinggi).
  8. Terlibat dalam group board. Anda dapat mencari board yagn sesuai dengan bisis anda dengan multi pengelola.
  9. Agar board menarik, anda dapat mengadakan kontes dengan cara memberikan diskon apabila user mau menshare link olshop anda.
  10. Buat video atau file gif agar board tidak membosankan.
  11. Masukkan keyword dan hashtag yang tepat setiap melakuan pin.
Bagikan Artikel Ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *