Buka Usaha Sendiri : 8 Hal Penting Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Terlambat

default featured image

Mungkin saat ini ada sedang memikirkan untuk buka usaha sendiri sebagai sumber penghasilan utama atau penghasilan tambahan. Namun ada beberapa hal penting yang harus anda ketahui sebelum melakukannya. Apalagi bila anda baru pertama kali untuk berbisnis karena memang baru lulus kuliah, atau ingin beralih status dari karyawan kantoran menjadi pengusaha mandiri.

Memiliki usaha sendiri saat ini menjadi dambaan banyak orang terutama karyawan kantoran. Mereka ingin memiliki status baru menjadi orang bebas dan ingin dipanggil sebagai bos. Dan alasan tidak mau lagi disuruh-suruh bos merupakan pertimbagnan kuat lainnya.

Buka Usaha Sendiri : 8 Hal Penting Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Terlambat

Selain itu, saat ini banyak mahasiswa yang mulai memikirkan untuk bisa memiliki usaha sendiri. Agar ketika lulus tidak lagi repot untuk mencari pekerjaan. Faktor kebebasan merupakan hal utama yang mereka perimbangkan.

8 Hal Penting Sebelum Buka Usaha Sendiri Yang Harus Anda Ketahui

Namun sebelum anda mulai melakukan langkah pertama membuka usaha sendri, ada beberapa hal yang WAJIB ANDA KETAHUI sebelum terlambat.

Berbisnis Merupakan Perjalanan Yang Panjang

jalan panjang mendirikan usaha sendiri

Jangan pernah sekali-kali anda berpikir dan memimpikan bahwa, memiliki usaha sendiri merupakan hal yang mudah dan dapat dikerjakan dalam waktu yang singkat.

Buang jauh-jauh pemikiran seperti itu. Karena memiliki bayangan bisnis merupakan hal yang mudah, dapat menjadi racun bagi pikiran dan mental anda.

Ketika anda merencanakan untuk membuka bisnis sendiri, anda harus mulai menetapkan dalam otak anda bahwa anda akan berjuang dalam jangka waktu yang lama dan melewati banyak rintangan. Hal ini perlu dilakukan, agar mental anda tidak kehabisan tenaga saat masih diawal bisnis dikarenakan menemukan tantangan yagn belum pernah anda temukan sebelumnya.

Menarik untuk dibaca :  Bisnis Rumahan Setelah Resign Yang Perlu Anda Pelajari

Ketika membuat perencanaan baik dari segi keuangan, cara kerja, jaringan, prosedur dan lainnya, anda harus sudah mempersiapkan mental anda untuk siap menghadapi tantangan dan tidak takut menghadapinya.

Agar mental anda kuat menghadapi tantangan, banyaklah membaca dan belajar bagaimana menjalankan usaha dibidang anda dan pengalaman dari orang lain. Sehingga anda sudah cukup memiliki wawasan dan skill mengahdapi tantangan tersebut.

Pastikan Bahwa Ada Permintaan Atas Barang Atau Jasa Yang Anda Jual

permintaan dan pasokan usaha sendiri

Bisnis merupakan proses jual beli. Transaksi terjadi dikarenakan adanya demand dan supply.

Ketika dalam tahap mencari ide bisnis, anda harus sudah memiliki pertanyaan;

  1. Apakah ada yang membutuhkan produk atau jasa yang akan saya jual?
  2. Seberapa banyak yang membutuhkan produk atau jasa tersebut?
  3. Dikisaran harga berapa pembeli mampu membayar barang atau jasa tersebut?

Untuk mengetahui jawaban atas pertanyaan tersebut, anda perlu melakukan survey dan riset baik skala kecil atau besar tergantung lebel usaha.

Jangan sampai terjadi, ketika anda sudah membukia usaha sendiri dengan menanam uang investasi berupa bangunan, pegawai, stok, ternyata tidak ada pembeli sama sekali dikarenakan tidak adanya permintaan.

Bersiap Untuk Melakukan Intropeksi dan Koreksi

bersiap koreksi bisnis

Memiliki usaha sendiri berarti mengontrol semua pekerjaan oleh anda sendiri. Ada suatu saat mungkin anda melakukan kesalahan namun tidak disadari. Untuk mengatasi kesalahan dalam menjalankan usaha, maka anda harus memiliki alat untuk menganalisa.

Membandingkan antara perencanaan dan hasil katual berjalan, menjadi alat analisa yang ampuh. Anda bisa melihat seberapa jauh hasil di waktu berjalan terhadap target yang sudah ditetapkan.

Anda tidak perlu malu menghadapinya. Yang terpenting adalah, segera lakukan perbaikan, instrospeksi dan pengawan berkala.

Memiliki Dana Yang Cukup

dana usaha yang cukup buat operasional
Anda harus sangat menyadari bahwa setiap usaha yang baru berjalan akan membutuhkan waktu dan dana untuk bertahap hidup saat masa pertama kali buka.

Menarik untuk dibaca :  Langkah Awal Memulai Usaha Termasuk Bisnis Online Modal Kecil Bagi Pemula

Anda harus mempunya prediksi awal seberapa lama usaha anda dapat melewati masa kelahiran tersebut hingga memasuki fase berkembang.

Hampir setengah dari usaha kecil yang gagal, dikarenakan tidak memiliki dana yang memadai.

Buatlah perencanaan dengan rentang waktu yang lebih lama dari yang diharapkan untuk bisa menghasilkan keuntungan. SElai itu harus sudah memiliki sumber dana cadangan bila mengahdapai situasi yang diluar perkiraan.

Setiap jenis bisnis memiliki masa mendapatkan keuntungan wal yang berbeda-beda. Dan kegagalan sudah menjadi bagian dari hidupnya sebuah usaha.

Namun dengan memiliki dana yang memadai, anda dapat mengurangi kemungkinan terhadap kegagalan.

Pengelolaan Keuangan Yang Benar

Mengelola usaha sendiri, berarti juga mengatur keuangan sendiri. Tidak seperti seorang karyawan yang akan selalu digaji setiap bulan oleh perusahaan. Namun anda yang akan menggaji diri anda sendiri dengan syarat usaha harus mendapatkan keuntungan.

Yang perlu anda ketahui sebelum membuka usaha adalah mengenai kesiapan anda dalam mengelola keuangan terutama uang tunai atau kas. Uang tunai sangat penting dalam jalannya bisnis.

Tanpa uang tunai, anda akan mengalami kesulitan dalam pembayaran baik operasional atau biaya lain.

Mengerti Apa Yang Anda Jual

Banyak pengusaha terutama pemula lebih memusatkan perhatian pada pemasaran dan penjualan sehingga lalai untuk memahami secara mendalam apa yang diharapkan untuk diselesaikan oleh klien mereka.

Perusahaan yang mampu meraih keuntungan lebih mengutamakan pada mengenal pelanggan lebih baik daripada berusaha untuk mengenal diri sendiri. Utamakan untuk menjual nilai, dampak, dan hasil yang ingin diperoleh pelanggan anda.

Buat program untuk lebih mendengar dan memahami masalah serta apa yang diinginkan oleh pelanggan. Tidak ada kata terlambat untuk berputar, memperluas, atau menyesuaikan apa yang Anda jual dengan tepat sesuai keinginan dan permintaan klien Anda.

Bersiap Menghadapi Perubahan

Bisnis selalu berubah dengan cepat termasuk didalamnya mengenai persaingan, trend, gaya hidup, teknologi bahkan wabah pandemi.

Menarik untuk dibaca :  Cara Membuat Blog Bisnis Untuk Mendapatkan Uang Dari Internet Dengan Cepat

Dengan meningkatknya penggunaan fasilitas teknologi informasi dikarenakan pembangunan jaringan internet yang masif, memberi dampak pada iklim bisnis yang berputar sangat cepat.

Pastikan usaha yang akan dirikan siap untuk menghadapi apapun perubahan yang akan terjadi didepan. Sebagai pengelola bisnis, maka anda harus memiliki strategi, skill dan rencana untuk berubah.

  1. Pastikan anda memiliki kepribadian yang tepat, stabil secara finansial, dan tersedia untuk waktu yang lama.
  2. Jangan terlalu rumit model bisnis atau lini produk Anda. Rencana sederhana, dijalankan dengan baik, dan elegan adalah yang terbaik.
  3. Bersiaplah untuk berputar cepat berdasarkan perubahan pasar dan kebutuhan.
  4. Kenali pelanggan Anda dengan baik dan dengarkan apa yang mereka katakan.

Dengan Suara Pelanggan Anda

Kebanyakan bisnis yang dijalankan secara tradisional hanya memperhatikan pada perencanaan bisnis dan produk. Namun ketika sudah berjalan, ternyata mengidendifitasi minimum produk yang tersedia, mengetahui ekspektasi pasar dan mendapatkan masukkan dari pelanggan merupakan hal yang sangat penting.

Seringkali pada awalnya, usaha yang baru buka memiliki rencana dengan menjual produk yang terindikasi dibutuhkan pasar. Namun saat berjalan, ternyata perencanaan tersebut tidak berjalan sesuai harapan.

Anda harus bisa mencari tahu apa yang diinginkan pelanggan sebenarnya. Dengarkan apa yang mereka harapkan.

Sebenarnya pelangganlah yang menentukan bahwa usaha anda berhasil atau tidak, bukan rencana anda.

Mampu Memecahkan Masalah

Selalu tanyakan pada diri sendiri apa kebutuhan atau masalah yang akan dijawab oleh produk atau layanan Anda. Jika tidak ada permintaan atau minat dari pasar, Anda harus memikirkan kembali ide Anda.

Tantangan bisnis tidaklah sedikit. Dan memiliki usaha sendiri berarti anda bersandar pada diri anda sendiri atau tim. Anda dan tim harus memiliki kemampuan dalam mengahdapai banyak tantangan.

Tantangan bukan hal yang menakutkan. Bahkan tantangan merupakan kesempatan bagi anda untuk bisa menjadi pemimpin terhadap kompetitor dalam bisnis saat anda mulai buka usaha sendiri.

Bagikan Artikel Ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *