Bisnis Rumahan Setelah Resign Yang Perlu Anda Pelajari

Anda menjadi seorang mantan pekerja yang kini telah resign? Tenang saja, ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan di rumah dan menghasilkan pendapatan menguntungkan. Cobalah untuk memulai bisnis rumahan setelah resign yang simpel dan praktis untuk dilakukan.

Bisnis Rumahan Setelah Resign

Contoh Bisnis Rumahan Setelah Resign yang Bisa Dicoba Jalankan

Majunya teknologi informasi dan komunikasi saat ini memberikan kemudahan bagi masyarakat di seluruh dunia untuk bekerja di berbagai bidang dengan mudah dan bebas. Bahkan bisa dilakukan hanya di satu tempat saja, misalnya di rumah, sehingga orang yang bersangkutan tidak perlu lagi mencari pekerjaan dengan bepergian menaiki kendaraan.

Anda salah satu orang sedang mencari cara menjadi pengusaha yang sukses namun menginginkan kegiatan santai, praktis, namun hasilnya memberikan keuntungan yang luar biasa? Pelajari berbagai cara untuk mencoba salah satu dari ketujuh bisnis rumahan setelah resign di bawah ini.

1. Bisnis Rumahan Sebagai Digital Marketing Freelance

Profesi sebagai agen pemasaran atau marketing tentu tidak asing bagi Anda, karena seringkali dilakukan oleh banyak orang di hampir seluruh perusahaan barang atau jasa. Pekerjaan tersebut biasanya dilakukan dengan aktivitas yang nyata.

Namun, apa jadinya jika promosi atau marketing ini menggunakan media online? Tentu saja akan lebih mudah, praktis, hemat waktu dan tempat, serta biaya. Ini bisa menjadi cara menjadi pengusaha dari nol tanpa modal dan investasi.

Semua aspek tersebut menjadi lebih efisien jika dikerjakan secara online, termasuk kegiatan pemasaran atau yang biasa disebut digital marketing.

Jika Anda pernah memiliki pengalaman bekerja di bidang marketing di dunia nyata, tentu pernah merasakan betapa melelahkannya kegiatan tersebut.

Karena harus melakukan perjalanan berulang kali demi mempromosikan produk dan mendapatkan pelanggan sesuai target. Banyak hal yang Anda korbankan, antara lain, waktu, tenaga, kendaraan serta biaya.

Berbeda halnya jika berprofesi sebagai digital marketing, sehingga tidak ada salahnya jika Anda mencoba pekerjaan sebagai agen promosi lewat media baru.

Menarik untuk dibaca :  3 Cara Menemukan Peluang Usaha Yang Kreatif Untuk Jangka Panjang

Namun, pilihlah yang menggunakan sistem kerja freelance agar lebih fleksibel. Dengan begitu Anda bisa memasarkan saat berada di mana saja dan kapan saja, asalkan kuota internet selalu ada!

2. Bisnis Rumahan Desainer Freelance

Anda memiliki hobi menggambar atau merancang berbagai hal, seperti fashion, pernak-pernik, atau yang lainnya? Tentu menjadi seorang desainer termasuk sebagai salah satu cita-cita atau keinginan Anda.

Kini pekerjaan sebagai desainer banyak sekali dibutuhkan di berbagai perusahaan, bahkan tidak jarang beberapa dari mereka membuka lowongan bagi pekerja freelance yang dilakukan melalui media online.

Sementara para desainer freelance nantinya hanya akan mengikuti instruksi kerja sesuai yang dikirimkan melalui pesan elektronik dari pihak atasan untuk merancang desain produk tertentu.

Bahkan Anda pun bisa berdiri sendiri, asalkan dengan kepercayaan diri yang tinggi. Caranya bisa dilakukan dengan membuka tahap awal penerimaan pesanan klien yang membutuhkan desain produk tertentu dengan memperlihatkan contoh hasil karya milik Anda.

Penghasilan yang bisa Anda dapatkan saat menjadi desainer freelance juga tidak main-main! Bahkan bisa lebih besar dengan para pebisnis sukses lainnya.

Tetapi, yang terpenting Anda melatih bakat dan kemampuan desain tersebut secara rutin agar hasil karyanya semakin bagus dan berkualitas, serta menarik minat para calon pelanggan. Anda wajib coba bisnis rumahan setelah resign yang satu ini.

3. Bisnis Rumahan Online sebagai Penulis Freelance

Pekerjaan bisnis rumahan yang banyak dicari karena dianggap mudah dan fleksibel selanjutnya adalah penulis freelance. Seperti pekerjaan freelance lainnya, yang memang bisa dilakukan dalam waktu yang fleksibel sesuai pilihan kita, namun harus bisa menyelesaikan tugas sesuai target jika kita sudah memilihnya.

Hasil pendapatan dari bekerja sebagai penulis freelance bisa dibilang cukup menguntungkan, bahkan ada beberapa perusahaan jasa penulisan yang memberikan gaji yang lumayan tinggi. Jadi Anda bisa memanfaatkannya sebagai pekerjaan utama, atau pekerjaan sampingan, khususnya bagi para ibu rumah tangga.

Menarik untuk dibaca :  5 Karakter Pengusaha Sukses Yang Harus Dimiliki Agar Bisnis Berhasil

Dan bayangkan jumlah penghasilan yang bisa Anda dapatkan jika menjadikan profesi penulis freelance sebagai pekerjaan sampingan, sementara Anda juga memiliki pekerjaan di perusahaan ternama yang gajinya juga tinggi? Tentu uang yang Anda dapatkan bisa digunakan untuk berbagai keperluan serta tabungan. Maka jangan ragu untuk menjadikan pekerjaan freelance menulis sebagai bisnis rumahan.

4. Novelis, Cerpenis, atau Penyair

Pekerjaan atau bisnis rumahan yang menguntungkan adalah berprofesi sebagai penulis, yang secara khusus memiliki kecenderungan di bidang tertentu, seperti jurnal, novel, cerpen, atau karya teks tulisan lainnya. Menjadi penulis di beberapa bidang tersebut kini telah diperantarai media teknologi canggih sehingga bisa dengan mudah untuk menulis ide-ide, sekaligus mengirimkannya kepada penerbit untuk dicetak. Tetapi, tulisan Anda tersebut harus benar-benar berkualitas dan bisa dipertanggungjawabkan keorisinalitasannya di hadapan para pembaca.

Biasanya penulis-penulis yang lolos atau berhasil menerbitkan karya, sebelumnya telah melalui beberapa proses seleksi, seperti dengan cara mengikuti lomba menulis, menggunakan platform menulis populer masa kini lewat wattpad, serta berbagai saranan lainnya. Manfaatkanlah semua sarana tersebut untuk menjadi penulis sesuai bidang yang Anda sukai.

5. Bisnis Rumahan Menjadi Seorang Blogger

Jika Anda melihat beberapa artikel, hiburan, dan berbagai macam hal yang tersedia secara virtual di blogger adalah hal yang biasa tentu Anda salah! Seorang blogger bisa mendapatkan penghasilan yang cukup besar dan menguntungkan jika lamannya memiliki banyak kunjungan para pengguna media. Oleh karena itu, langkah ini tidak ada salahnya untuk Anda coba!

Menjadi seorang blogger termasuk salah satu bisnis rumahan yang tergolong sangat santai dan fleksibel, karena Anda bisa menulis tentang berbagai hal, apapun itu, serta dalam waktu dan tempat yang fleksibel sesuai waktu luang dan keinginan Anda untuk mengisinya.

Menarik untuk dibaca :  6 Langkah Sebelum Membuat Keputusan Untuk Membuka Usaha Sendiri

6. Bisnis Rumahan Online Web Developer Freelance

Berbeda dari blogger, web developer adalah sebuah profesi yang dilakukan seseorang untuk membuat web dengan tujuan tertentu. Melihat keuntungan berbisnis melalui laman website sangat menguntungkan, membuat banyak pihak membutuhkan seorang web developer yang bisa membangun web sesuai dengan keinginan mereka.

Biasanya untuk diterima sebagai seorang pekerja di bidang tersebut, baik itu sifatnya freelance, tetap harus memiliki lisensi, sertifikat tertulis, atau tanda bukti lain yang bisa memastikan bahwa pekerja tersebut benar-benar memiliki keahlian di bidang web developer.

Namun, jika Anda sudah menguasai berbagai hal tentang pembuatan web, baik secara ototdidak maupun melalui media pembelajaran tertentu, Anda bisa membuka bisnis rumahan secara pribadi. Bisa dengan cara membuka sebuah jasa pembuatan web, atau bisa juga membuat web dengan tujuan pribadi Anda sendiri untuk mempromosikan produk, atau memuat konten menarik yang bisa mengundang pengguna media untuk mengunjunginya sehingga Anda bisa mendapatkan penghasilan melalui Google, caranya bisa dilakukan dengan fitur Google Ads.

7. Bisnis Rumahan Franchise

Sebagian besar dari Anda tentu belum mengenal kegiatan bisnis franchise yang sebenarnya kini sedang sangat populer? Bisnis ini sifatnya sangat fleksibel atau freelance bisa dilakukan kapanpun dan di manapun hanya mengandalkan kemampuan berpikir Anda saja, tanpa harus melakukan hal lain.

Bisnis ini merupakan system waralaba yang kini banyak digunakan oleh berbagai pihak yang memiliki bisnis di berbagai bidang lainnya, dengan memanfaatkan ide atau penemuan hal baru yang kita miliki, contohnya adalah penamaan produk (merk) atau brand.

Nah, tertarik untuk mencoba salah satu contoh bisnis rumahan setelah resign diatas. Bagi Anda yang sudah merencanakan resign tidak ada salahnya Anda mencoba bisnis rumahan online ataupun offline yang sesuai dengan keahlian Anda seperti di atas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Semoga sukses!

Bagikan Artikel Ini :

1 Reply to “Bisnis Rumahan Setelah Resign Yang Perlu Anda Pelajari”

  1. Setelah resign memang waktu-waktu dan masa-masa yang krusial untuk membuktikan bahwa keputusan kita akan berhasil atau tidak (keputusan resign dan membangun bisnis sendiri).

    Semua poin di atas bisa dicoba, harus juga diperhatikan kita memiliki basic keilmuan atas bisnis yang dijalankan… agar klien puas atas hasil kita.

    Regards, Raafi
    Owner Plaza Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *