Bisnis Jajanan Getas Tradisional : Tips Agar Laris Diborong Pembeli

Mau tahu seperti apa getas? Dan mengapa bisnis jajanan getas tradisional ini ternyata memberikan keuntungan yang tidak disangka-sangka. Begini penjelasannya!

Siapa bilang membuka peluang usaha untuk berbisnis jajanan tradisional tidak menguntungkan? Bisnis makanan unik dan kreatif di bidang kuliner jajanan tradisional dapat menghasilkan keuntungan besar jika ditekuni dengan niat dan usaha, tidak lupa dengan kreasi uniknya. Salah satu contoh misalnya membuka bisnis jajanan getas.

gambar jajanan getas
Gambar getas / Cookpad Vie Kim

Sebagian besar dari Anda tentu tidak mengenal istilah jajanan getas karena pastinya lebih mengenal usaha jajanan kekinian, meskipun beberapa mungkin mengetahui rasa dan bentuknya namun dikenal dengan istilah yang berbeda. Dan semuanya tentu mengenal bahwa jajanan yang di beberapa daerah disebut getas ini sebagai jajanan tradisional.

Jajanan tradisional cocok juga dijadikan bisnis rumahan di desa ini bisa memberikan Anda keuntungan jika mengetahui tips dan triknya dalam menjalankan usaha sekaligus pemasaran.

Apa Itu Jajanan Getas?

Getas merupakan salah satu jenis dari banyaknya aneka kue tradisional di Indonesia, bentuk dan cita rasanya pun bisa dibilang unik. Getas memiliki bentuk yang bulat dengan ditaburi gula putih yang dihaluskan.

Getas ini terbuat dari bahan tepung kentang yang rasanya sudah tidak bisa diragukan lagi, pasti lezat dan nikmat!

Jajanan ini sebenarnya masih banyak diminati oleh masyarakat di berbagai kalangan, buktinya para penjual di pasar tradisional maupun beberapa swalayan masih menjual makanan ini.

Popularitas ini menunjukkan bahwa jajanan tradisional Indonesia masih sesuai dengan cita rasa lidah orang Indonesia. Jadi, jika Anda ingin membuka peluang usaha di bidang kuliner sebagai bisnis rumahan setelah resign, tidak ada salahnya mengembangkan ide menarik untuk membuat kreasi baru dari bisnis jajanan getas ini.

Bentuknya yang semula pun sebenarnya masih digemari oleh banyak orang, begitupun cita rasanya, namun kekurangannya yakni kue getas ini tidak akan bertahan lama.

Menarik untuk dibaca :  Jajanan Unik Kekinian Yang Murah dan Mudah Dibuat Untuk Jualan

Jadi lebih baik lagi jika Anda bisa mengembangkan sebuah inovasi baru untuk membuat kue getas lebih awet dan tahan lama sebagai cemilan.

6 Kiat Sukses Bisnis Jajanan Getas

Bagaimana supaya bisnis jualan getass ini bisa laris diborong pembeli? Proses memasak kue getas tidak membutuhkan banyak biaya untuk modal awal, karena Anda hanya perlu membeli tepung ketan, gula pasir, dan memiliki kemampuan dalam pengolahannya saja.

Cukup simpel, bukan? Jadi jangan khawatir untuk mencobanya, dijamin tidak rugi, karena bisa dijadikan sebagai cemilan pribadi untuk keluarga di rumah.

Nah, bagi Anda yang penasaran untuk membuka usaha dengan memanfaatkan jajanan kue tradisional ini, sebaiknya perlu menyimak dengan cermat berbagai kiat sukses berikut.

1. Meminta Resep dari Ahlinya

Sebelum memasak kue getas, sebaiknya carilah informasi tentang resepnya terlebih dahulu, usahakan mendapatkan resep dari seorang yang berpengalaman ahli membuat kue getas dengan cita rasa bagus. Datanglah langsung kepada ahlinya agar Anda juga bisa meminta contoh untuk memasak kue terbut.

Resep ini sangat dibutuhkan bagi semua orang yang menjadi pemula untuk memasak sekaligus membuka peluang usaha dengan menjual kue getas. Baik seorang yang pandai memasak sekalipun, harus mencari resepnya agar tidak salah dalam menciptakan rasa khasnya.

Jika Anda telah berhasil mendapatkan resepnya, maka lakukan uji coba memasak untuk pertama kali hingga jajanan berhasil memiliki cita rasa dan bentuk seperti getas pada umumnya.

Anda bisa mencari resep melalui media secara online, namun akan ada beberapa resiko karena Anda tidak benar-benar mengetahui proses memasak bahan-bahannya. Lebih baik jika mendapatkannya dari orang berpengalaman secara langsung.

2. Melestarikan Cita Rasa Khas Kue Getas

Jangan sampai Anda menghilangkan cita rasa khas kue getas, meskipun Anda ingin untuk mengkreasikannya. Gunakan ide untuk mengkreasikan kue getas di beberapa sisi tertentu, misalnya warna, atau bahan baku utama ketan yang ditambahkan sedikit campuran bahan lain, namun tidak menghilangkan dasarnya. Anda juga bisa mengkreasikan gula sebagai taburan kue getas.

Menarik untuk dibaca :  Peluang Bisnis Makanan Dan Minuman Dengan Modal Kecil

Cita rasa adalah hal yang penting untuk melestarikan aneka ragam jajajan tradisional khas di berbagai wilayah Indonesia. Karena hal tersebut suatu saat akan berguna untuk dipromosikan sebagai ciri khas negara ini ke berbagai belahan dunia lainnya di luar negeri.

3. Menentukan Harga Murah dan Ekonomis di Tahap Awal

Untuk mendapatkan banyak pelanggan, pada tahap awal sebaiknya Anda perlu untuk melakuykan beberapa strategi, salah satunya dengan memasang harga murah.

Jika Anda belum memiliki pelanggan, jangan sekali-kali memasang harga yang mahal, karena hal tersebut akan membuat pelanggan menjauh dan tidak lagi membeli produk Anda, apalagi jika kualitasnya masih diragukan.

Bila perlu beikan gratisan beberapa kue getas kepada orang lain, baik itu kenalan, kerabat atau keluarga dekat, mereka akan menjadi tester yang pertama kali mencicipi hasil masakan Anda.

Kemudian Anda juga bisa memanfaatkan mereka untuk menjadi testimoni yang dijadikan sebagai bukti bahwa kue getas yang Anda produksi memiliki rasa yang berkualitas.

Saat rasa dan bentuk sudah terjamin, maka Anda bisa memulainya dengan menjual ke orang lain dengan harga rendah. Dan semakin mengalami kenaikan harga jika pelanggan selalu bertambah secara bertahap. Namun, Anda juga harus selalu memperbaiki kualitas dan mempertahankannya agar tidak kehilangan pelanggan tetap.

4. Mempelajari Strategi Penjualan Sederhana

Saat berproses di tahap awal, penjualan tidak perlu dilakukan secara heboh dan meriah. Cukup lakukan secara sederhana saja, seperti menawarkan beberapa kue di toko-toko di sekitar rumah Anda, serta membuka jualan di depan rumah dengan perlengkapan yang sederhana saja.

Jika banyak pelangan yang mulai melakukan pemesanan, maka selanjutnya Anda bisa memproduksi stok kue getas lebih banyak lagi, serta memanfaatkan hal tersebut untuk membuka catering jajanan tradisional untuk acara-acara tertentu yang akan dilakukan oleh para pelanggan.

Menarik untuk dibaca :  Ini Dia Peluang Usaha Bisnis Kue Jajanan Pasar Yang Menjanjikan

Lakukan penjualan secara bertahap, dengan menentukan harga secara bertahap pula. Dengan begitu bisnis penjualan kue getas bisa sukses secara perlahan tapi pasti.

5. Memanfaatkan Media Teknologi Untuk Pemasaran

Pada tahap ini, ketika Anda sudah mendapatkan kepercayaan para pelanggan, maka saatnya untuk berinovasi dan berkreasi dengan cita rasa atau bentuk yang baru, tetapi tetap tidak menghilangkan kekhasan kue getas.

Carilah cara agar kue getas bisa bertahan dan awet untuk beberapa hari sebagai cemilan, apapun itu caranya. Kemudian pasarkan dalam bentuk kemasan box agar lebih praktis. Pasanglah iklan melalui media online untuk menunjukkan usaha rumahan Anda tersebut.

Bila perlu dirikanlah beberapa kios di sekitar tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh para turis, dan tawarkan jajanan tradisional tersebut. Dijamin mereka akan penasaran untuk mencobanya.

Bila perlu inovasi untuk membuat kue getas lebih tahan lama Anda gunakan sebagai produk yang bisa dijadikan oleh-oleh para wisatawan dari berbagai daerah yang mengunjungi lokasi wisata di dekat kios atau rumah Anda.

6. Memberikan Sampel Gratis Sebelum Menjualnya

Seperti pada beberapa penjelasan sebelumnya, bahwa dalam memulai usaha Anda harus rela menerima resiko dan kerugian apapun. Untuk meminimalisir hal tersebut, Anda bisa memberikan gratis sampil atau tester bagi orang yang ingin mencicipi kue getas Anda. Jika rasa sudah terjamin, maka gunakan strategi yang menarik agar pelanggan membelinya.

Nah, sekarang Anda sudah siap untuk mencoba jalankan bisnis jajanan getas yang cukup menguntungkan ini. Pastikan Anda ikuti tips dan kiat sukses bisnis yang kami sampaikan ya. Terimakasih dan salam sukses.

Bagikan Artikel Ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *