Bisnis Dropship : Cara Mendapatkan Supplier Tangan Pertama

default featured image

Bisnis dropship merupakan salah satu jenis usaha jualan yang sedang trend akhir-akhir ini. Hal ini dikarenakan ada beberapa keuntungan dari bisnis jualan online ini apalagi untuk pemula.

Pengertian Bisnis Dropshipping

alur proses bisnis dropship

dropshipping merupakan sebuah bahasa teknis yang menunjukkan proses pemindahan barang secara langsung dari pemasok kepada pembeli anda.

Proses pemindahan tersebut tidak memtuhkan keterlibatan anda sebagai dropshipper, yang merupakan orang yang mencari pembeli, dimana barang jualannya diperoleh dari pemasok.

Seringkali bisnis dropship ini disebut sebagai resell. Dimana anda sebagai penghubung antara pemasok dan pembeli akhir daiggap sebagai reseller. Namun dalam bisnis dropship ini, anda sebagai reseller tidak perlu menyediakan stok barang dan tidak terlibat dalam proses pengemasan hingga pengiriman kepada pembeli anda.

Yang anda lakukan hanyalah mencari pembeli, menerima pembayaran dari pembeli. Kemudian menghubungi pemasok untuk mentransfer uang pembelian produk yang telah dikurangi keuntungan untuk anda, dan meminta mengirimkan barang kepada pembeli dengan label dan alamat kirim dari anda.

Bagaimana Cara Mencari Pemasok Bisnis Dropshipping

Pemasok merupakan hal yang paling krusial dalam bisnis dropship ini. Bahkan bukan cuma sekedar supplier. Anda benar-benar harus memiliki pemasok yang dapat diandalkan apabila ingin bisnis anda berjalan dengan lancar, mendapatkan pengakuan positif dari banyak pembeli.

Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan ketika memilih supplier drop yang tepat.

  1. Jenis barang yang ada di pemasok dan rentang harga.
  2. Tanyakan apakah ada biaya-biaya tambahan lain diluar harga barang, biaya kemas dan pengiriman.
  3. Teknis pembayaran
  4. Perhatikan pengalaman supplier dropship denga melihat data di toko onlin-nya.
  5. Teknis pengiriman barang untuk kategori produk tertentu dan volume tertentu.
  6. Pastikan bahwa pemasok mau dan akan mgnriim barang dengan label usaha anda dan alamat dari lokasi anda.
  7. Baca review atau ulasan dari pembeli di toko online milik pemasok. Perhatikan apakah lebih banyak review yang positif atau negatif. Apakah ada ulasan mengenai keterlambatan atau pembatalan pesanan.
Menarik untuk dibaca :  5 Cara Memasarkan Produk Secara Online Biar Cepat Laku

Dimana Mencari Informasi atau sumber Pemasok Bisnis Dropship?

Ada beberapa cara bagaimana mencari supplier untuk memasok produk di toko online anda. Diantaranya dengan mengunjungi ecommerce seperti Bukalapak, Shopee, Tokopedia, Kaskus.

Anda juga bisa mencari menggunakan mesin pencari Google. Atau gunakan Facebook dengan filter grop atau fanpage.

Apabila anda mencari pemasok dropship di Tokopedia, maka carilah penjual atau toko yang telah memiliki label Gold Merchant. Label ini menunjukkan bagaimana rating atau reputasi dari olshop tersebut.

Lakukan Kerjasama Dengan Pemasok Dropship

Setelah anda menentukan suplier atau pemasok untuk toko online anda berdasarkan kriteria yang telah ditentukan diatas. Maka waktunya untuk memulai kerjasama.

Ada pemasok yang memiliki katalog barang, harga dan sistem kerjasamanya. Misalnya harga jual yang telah ditentukan untuk dipajang di olshop anda. Namun ada juga pemasok yang memberikan keleluasaan bagi reseller untuk menentukan sendiri harga jualnya.

Anda dapat secara langsung memajang setiap foto dan deskripsi barang di olshop anda dan akan mengetahui bagaimana kinerja dan kualitas pemasok dari pesanan yang akan datang.

Atau, anda juga dapat menguji bagaimana cara kerja pemasok dengan membeli salah satu produk mereka. Dengan cara ini anda dapat mengetahui baimana respio mereka terhadap pertanyaan-pertanyaan yang masuk melalui chat. Anda juga dapat mengetahui seberapa cepat respon pemasok terhadap pesanan yang datang.

Selain itu, anda juga bisa melihat bagaimana kualitas atau cara pemasok mengemas barang, apakah rapih, aman dan terlindungi dengan baik. Kemudian anda bisa menilai sendiri bagaimana kualitas barang yang dikirim, apakah sesuai dengan deskripsi, sesuai dengan harga dan memiliki fungsi yang baik.

Bagikan Artikel Ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *