Tips Sukses Bisnis Catering Rumahan di Desa

default featured image

Gak disangka ternyata bisnis makanan dengan membuka usaha catering rumahan di desa dapat dijadikan sumber penghasilan yang menguntungkan dan dapat diandalkan sebagai biaya rumah tangga. Dan ini cara agar bisnis catering berhasil!!

gambar bisnis catering rumahan di desa

Berbeda dengan jaman dahulu yang serba tradisional, baik dalam hal peralatan maupun budaya hidup. Pada jaman dahulu ketika seseorang sedang mengadakan hajatan atau sebuah acara, mereka akan mengolah seluruh makanan yang akan dihidangkan. Sistem gotong royong dan saling membantu di desa yang dahulu masih kental juga turut mendukung budaya tersebut.

Namun berkat arus globalisasi dan modernisasi, seluruh masyarakat kini menjadi sibuk dan tidak memiliki hubungan yang sekental dulu dengan tetangga sekitar. Maka dari itu, budaya memasak bersama ketika hajatan atau acara tiba menjadi hilang seiring berjalannya waktu.

Tips Sukses Bisnis Catering Rumahan di Desa

Ini merupakan salah satu dari macam-macam peluang usaha rumahan didesa yang menguntungkan. Di sinilah peranan usaha catering hadir untuk menarik perhatian masyarakat pedesaan. Pelayanan yang baik dan rapi disertai dengan harga yang terjangkau membuat usaha ini kian diminati.

Namun, tidak seperti mulusnya sebuah sinetron, dalam menjalankan usaha catering ini pasti mengalami banyak lika liku dan cobaan yang harus dihadapi. Nah, untuk meminimalisir risiko tersebut, kami akan memberikan beberapa tips untuk membuka bisnis catering rumahan di desa. Simak ulasananya berikut ini!!

Riset Pasar

gambar riset pasar pelanggan katering di desa
Langkah pertama untuk menentukan jenis makanan catering Anda adalah dengan melakukan riset pasar. Bagaimana caranya? Untuk melakukan riset pasar caranya yaitu dengan mengamati peluang konsumen yang kemungkinan besa akan menggunakan jasa catering Anda.

Apabila di desa tempat Anda tinggal banyak perkantoran atau sekolah, maka kemungkinan besar jasa catering yang diminati adalah nasi kotak.
Begitupun seterusnya, tinggal melihat kebutuhan dari pasar.

Menarik untuk dibaca :  Tips Sukses Bisnis jual Baju Online Rumahan di Desa: WAJIB DITIRU!

Meskipun demikian jangan berdiam pada satu menu saja, teruslah berinovasi dengan menciptakan menu-menu baru agar pelangga tidak bosan.

Tambahkan beberapa jenis snack yang dapat diorder untuk acara-acara yang santai.

Selain melihat peluang dari konsumen, riset pasar juga dapat digunakan untuk mengecek kemungkinan tingkat persaingan yang akan Anda terima apabila memilih lokasi tersebut.

Harga yang Terjangkau

gambar uang dan harga katering yang terjangkau
Biaya membuka usaha katering di kota maupun di desa memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Hal tersebut dikarenakan harga bahan produksi di perkotaan yang cukup mahal, sedangkan di desa bahan-bahan pangan tidak terlalu mahal.

Maka dari itu, tetapkanlah harga yang terjangkau untuk masyarakat desa.
Untuk daerah perkotaan biasanya harga nasi kotak adalah Rp. 15.000/pcs. Sedangkan untuk daerah pedesaan usahakan harganya tidak lebih dari Rp. 10.000/pcs nya.

Promosi dan Pemasaran

gambar promosi pemasaran usaha katering di desa
Meskipun tinggal di pedesaan, jangan sampai Anda tertinggal oleh perkembangan jaman dan teknologi.

Promosi dalam bentuk brosur yang disebarkan di jalanan bukan menjadi solusi yang tepat. Selain membuang-buang uang, brosur juga dianggap tidak tepat sasaran.

Karena dunia semakin canggih dengan teknologinya, Anda pun harus mampu mengikutinya termasuk untuk keperluan promosi usaha. gunakan media sosial untuk mengenalkan berbagai macam menu dari catering Anda.

Tampilkan dengan semenarik mungkin agar masyarakat tertarik untuk terus membaca status media sosial Anda. Selain itu, pastikan Anda men-tag akun media sosial calon konsumen anda.

Apabila modal yang Anda miliki belum cukup untuk menggunakan media iklan di televise, Anda dapat menggunakan jasa endorse artis, selebgram, dan orang berpengaruh lainnya.

Jaga Kebersihan


Kebersihan merupakan hal yang paling penting dalam bidang kuliner. Makanan yang disajikan dengan tidak semestinya dan dalam keadaan kotor akan menjadi sumber penyakit bagi konsumen.

Menarik untuk dibaca :  Tips Sukses Bisnis Laundry Rumahan di Desa Agar Banyak Pelanggan

Jangan sampai ada konsumen yang mengalami keracunan setelah mengonsumsi makanan yang Anda olah.

Selain itu, usahakan untuk selalu menyajikan sajian yang segar dan fresh baru dimasak. Jangan sampai menggunakan masakan kemarin yang belum laku untuk disajikan kepada konsumen hari ini.

Demikian ulasan lengkap mengenai Tips Sukses Bisnis Catering Rumahan di Desa. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

Bagikan Artikel Ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *