7 Faktor Kegagalan Usaha Dalam Bisnis : Permasalahan Dan Solusinya

Apa penyebab wirausaha mengalami kegagalan dalam menjalankan usaha? Ada beberapa penyebab mengapa bisnis tidak berjalan sesuai rencana. Ini contoh masalah bisnis dan solusinya yang dapat anda ikuti.

Arti Sukses Dan Tidak Sukses Bagi Seseorang

Arti kesuksesan memang relatif, tergantung bagaimana seseorang mendefinisikan arti sukses tersebut. Dan dari sudut mana orang melihat arti sukses itu.

Bukan dengan membandingkan diri kita dengan orang lain atau dengan mengartikan kesukseskan orang lain terhadap diri kita. Ketika melihat orang lain yang anda percaya telah sukses, apa yang telah mereka lakukan dan apa yang mereka miliki.

Dan ketika melihat diri anda sendiri atas kesuksesan yang anda raih, apa yang telah anda kerjakan untuk mendapatkan keberhasilan tersebut.

Keberhasilan bisnis seseorang adalah relatif terhadap tujuan yang telah ditentukan orang tersebut.

Apakah arti sukses atau berhasil dengan melihat peningkatan penjualan, bisnis yang berulang, kemajuan profesional seseorang, berlibur dari hasil bisnis, memperbaiki hubungan dengan rekan atau berhasil melewati krisis ekonomi.

Sukses Tidak Diraih Dalam Waktu Singkat

Mengapa bisnis tidak sukses? Cara untuk bisa menjadi wirausaha sukses tidak diperoleh dalam waktu yang singkat, namun dilalui melewati masa yang panjang. Sukses meninggalkan jejak yang bisa menjadi pola seseorang dalam membentuk prinsip dan sikap hidup.

Kadang ada kalanya untuk bisa melihat kembali ke masa lalu. Dengan melihat perjalanan bisnis yang telah dilalui dengan menelaah kembali kesalahan-kesalahan dalam menjalankan usaha.

Namun, untuk bisa menjadi pengusaha dari nol yang sukses, maka setiap individu sebaiknya mengetahui tips sukses berbisnis. Dan mencari tahu langkah-langkah bagaimana agar sukses dan bagaimana supaya tidak gagal dalam mengejar peluang usaha.

Ini Alasan Mengapa Orang Tidak Berhasil Menjalankan Bisnis

Mengapa bisnis gagal? Anda perlu mengidentifikasi penyebab kegagalan usaha agar bisa segera menemukan cara mengatasinya.

Dan berikut ini penyebab kegagalan bisnis. Mungkin dengan menelaah tulisan ini, anda bisa berkaca pada diri sendiri :

1. Bisnis Tidak Sesuai Dengan Jaman

Salah satu faktor gagalnya usaha adalah bisnis sudah tidak sesuai lagi dengan trend.

Saat ini perubahan dapat terjadi sangat cepat. Hal ini disebabkan dengan semakin tingginya penggunaan teknologi informasi terutama internet.

Selain itu ada hal lain yang menumbang perubahan menjadi cepat yaitu transportasi. Dimana dengan teknologi informasi yang bersandar pada situs, blog dan sosial media (seperti penggunakan Facebook Fanpage Untuk Bisnis), orang yang berbeda posisi di belahan dunia dapat saling berinteraksi.

Internet bisa menentukan trend diseluruh dunia. Seperti cara berpakaian, cara berpikir dan lainnya, termasuk cara memasarkan barang dan jasa melalu internet marketing.

Dengan melihat kondisi ini, anda bisa melihat bisnis anda sendiri, apakah sudah mengikuti trend yang terjadi saat ini? Atau usaha anda memang sudah ketinggalan jalan baik dari segi produk barang dan jasa yang ditawarkan, atau juga bagimana cara strategi penjualan yang anda lakukan?

Cara mengatasi kegagalan bisnis karena trend adalah dengan mengubah tema bisnis yang sesuai dengan yang sedang populer, banyak yang membutuhkan.

2. Tidak Mau Atau Lambat Berubah

Tidak cepat beradaptasi dengan sitausi menjadi salah satu alasan mengapa bisnis anda harus segera tutup.

Seperti disebutkan diatas, bahwa perubahan saat ini terjadi sangat cepat karena dipengaruhi faktor teknologi dan transportasi.

Ketika sudah mengetahui bahwa ada yang tidak sesuai lagi dengan cara berbisnis saat ini, saatnya untuk berubah.

Siap melakukan transisi dan berubah harus dijadikan jalan hidup. Perubahan tidak terjadi dalam waktu berkala yang lama, seringkali perubahan dapat terjadi hampir setiap hari.

Perubahan harus dijadikan bagian dari perkembangan. Proaktif dan jangan pernah mau ketinggalan harus menjadi moto.

3. Kebiasaan Buruk Yang Tidak Disadari

Mental pesimis merupakan sifat yang harus dihindari bagi calon pengusaha sukses.

Optimisme harus menjadi teman dan sahabat yang baik dalam kehidupan terutama saat menjalankan bisnis.

Tidak ada yang lebih membuat seseorang menjadi lebih kuat selain memiliki pikiran yang positif dan optimis.

Hilangkan semua kebiasaan buruk yang menjadi penghalang. Dan ganti sikap tersebut dengan tatapan dimasa depan yang pasti akan diraih dengan semangat.

4. Kemampuan Yang Tidak Sepadan

Alasan bisnis gagal adalah karena skill dan pengetahuan anda tidak memadai menjalankan bisnis saat ini.

Menjalankan usaha ataupun berkarir dalam perusahaan swasta, keahlian menjadi kebutuhan.

Pastikan bahwa kemampuan anda selalu diasah dan disesuaikan dengan situasi dan tantangan pekerjaan yang dihadapi.

Jalan keluar mengatasi gagalnya bisnis karena skill adalah dengan berlatih dan belajar mendapatkan ilmu baru sesuai dengan tantang tidak boleh berhenti.

Mengikuti pelatihan atau juga bergabung dalam komunitas tertentu baik secara offline maupun online menjadi cara yang baik untuk tidak ketinggalan ilmu.

5. Tidak Membangun Citra Pribadi Yang Unik

Citra buruk seseorang dapat mempengaruhi jalannya bisnis dan menjadi biang gagalnya usaha.

Citra pribadi seeorang yang baik, menjadi aset yang sangat penting dan bernilai untuk kemajuan perofesi seseorang pada saat ini.

Bagaimana seseorang bisa mempresentasikan dan memasarkan siapa dirinya, apa yang seseorang lakukan, siapa yang dilayani.

Dengan citra yang baik, seseorang dapat terlihat sangat jelas didalam kerumunan, mendapat perhatian dan membangun kredibilitas sangat penting untuk berhasil.

Dengan membiasakan menonjolkan kelebihan diri anda dan menjadi alat untuk membantu orang lain, dapat membuat banyak orang melihat bahwa anda memiliki sesuatu yang sangat bernilai.

Berkumpul dalam komunitas yang diminati dengan orang lain, kemudian membagi ilmu yang bemanfaat, dapat meningkatkan nilai pribadi anda.

Selanjutnya bisnis anda akan dengan mudah berhasil tanpa harus repot melakukan promosi lagi.

6. Disiplin, Fokus Dan Kesabaran Yang Buruk

Bisnis yang itdak sukses dapat disebabkan karena anda tidak memiliki kedisiplinan, fokus dan kesabaran.

Keberhasilan tidak akan pernah lepas dari yang namanya disiplin dan fokus. Tanpa kedua itu, maka tidak akan ada usaha yagn dapat dijalankan dengan benar.

Ketika sejak awal susah menentukan tujuan, namun dalam perjalanannya tidak dapat fokus untuk mencapai setiap tahapan-tahapan yang harus dilalui dikarenakan tidak memiliki kedisiplinan, maka dipastikan tujuan tidak akan terjadi sesuai dengan target.

Tujuan yang telah ditentukan akan ditempuh dalam waktu yang tidak sebentar, maka perjuangan yang keras dengan selalu fokus adalah penting. Untuk selalu fokus, maka kesabaran dan disiplin harus menjadi motor utama.

7. Kepercayaan Diri Yang Rendah

Apa penyebab bisnis gagal? Bisa jadi karena karena anda tidak memiliki kepercayaan diri yang cukup untuk menjalankan usaha.

Ketika menentukan tujuan yang akan diraih, namun dalam hati timbul ketidakyakinan bahwa akan sanggup menggapai tujua tersebut, maka dapat dipastikan usaha anda akan gagal ditengah jalan.

Atau bahkan telah gagal sejak awal. Tidak percaya diri telah menghilangkan kekuatan dan optimisme dalam mencapai tujuan. Akibatnya akan kehilangan daya juang, fokus, disiplin dan kesabaran.

Mengatur pola pikir degnan hal-hal yang positif dan penuh komitmen sejak awal, dapat membantu untuk menumbuhkan rasa percaya diri.

Bagikan Artikel Ini :

1 Reply to “7 Faktor Kegagalan Usaha Dalam Bisnis : Permasalahan Dan Solusinya”

  1. Makasih, sangat bermanfaat skali dan sangat menambah pengetahuan saya yg mau mencoba berbisnis di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *