6 Cara Jualan Online Tanpa Modal Dan Stok Barang Cocok Untuk Pemula

Begini trik cara jualan online tanpa modal dan stok barang yang memberi keuntungan yang besar namun tetap dipercaya pembeli anda dapat dilakukan lewat hp atau internet dan tanpa resiko. Bisnis tanpa modal uang ini dapat dilakukan oleh pelajar, mahasiswa, atau pemula baik bahkan ibu rumah tangga di kota atau desa, bahkan dari rumah dengan cara gratis tapi menguntungkan.

Kebanyakan orang terutama pemula berpikir bahwa memulai bisnis harus memiliki modal dan produk. Ternyata ada peluang usaha online tanpa modal dan stok barang yang terpercaya dan telah menghasilkan banyak pengusaha sukses. Anda bisa mengetahui macam-macam rekomendasi usaha rumahan yang cocok dengan anda. Berikut cara jitu agar anda juga bisa menjadi pengusaha tanpa memerlukan dana investasi untuk produk.

6 Cara Jualan Online Tanpa Modal Dan Stok Barang

Bagaimana Memulai Bisnis Tanpa Modal? Mungkinkah?

Dropship adalah jawaban dari cara jualan online tanpa memerlukan modal dan stok barang. Menjadi Dropship tidak membutuhkan modal. Cara cara menjadi reseller online shop tanpa modal seperti ini sedang trend terutama dilakukan oleh para pengusaha muda. Sekarang sudah banyak pebisnis reseller dropship terpercaya yang berjualan online lewat marketplace, sosmed atau web sendiri. Bahkan ini termasuk usaha rumahan yang menjanjikan kesuksesan.

Apa Itu Dropship?

Dropship/dropshipping adalah cara penjualan retail dimana pihak penjual tidak memiliki stok barang. Penjual (dapat disebut juga sebagai dropshipper atau reseller) hanya melakukan promosi dan pemasaran kepada pelanggan.

Cara Kerja Reseller Dropship Online Shop

Bila terjadi pembelian, maka penjual membeli dari pihak ketiga (sebagai pemilik barang) dan langsung dikirimkan kepada pembeli. Sehingga penjual tidak pernah melihat proses penanganan barang atau produk. Pada situasi ini, penjual dapat disebut sebagai perantara.

Seperti telah dijelaskan diatas, bahwa penjual atau dropshipper lebih fokus cara  promosi online, pemasaran dan menjaring pembeli hingga terjadi transaksi.

Ketika ada transaksi, dan pihak pembeli telah mengirimkan dana kepada penjual, maka penjual menghubungi pemilik barang untuk membeli barang sesuai pesanan pembeli dan memintanya untuk mengirim ke lokasi pembeli.

Berapa Penghasilan Dropshipper?

Keuntungan yang diperoleh sebagai seorang dropshipper tergantung kesepakatan apakah persen, keuntungan tetap yang dinaikkan sendiri oleh dropshipper atau telah ditentukan oleh pemilik barang.

Menarik untuk dibaca :  5 Cara Memasarkan Produk Secara Online Biar Cepat Laku

Sistem pembayaran yang dilakukan pada dropsipp, apabila menggunakan marketplace, maka pembayaran dilakukan sebelum barang dikirim. Untuk menghindari resiko kerugian, umumnya penjual meminta pembayaran dimuka. Namun saat ini telah ada pembauaran COD atau Cash on delivery, yaitu dibayar setelah bbarang sampai ditangan pembeli.

Apabila anda resell di marketplace, ada nenerapa peraturan yang perlu anda ikuti. Karenna tidak semua online shop tersebut mengijinkan dropship. Anda dapat mengetahui aturan tersebut dari toko online seperti Tokopedia, Lazada, Shopee, Bukalapak dan lainnya.

Contoh Bisnis Reseller Dropship Tanpa Modal

Saat ini sudah banyak bisnis reseller atu dropship yabg tidak membutuhkan modal sama sekali di online shop, diantaranya :

    1. Dropship elektronik
    2. Reseller baju
    3. Aksesories anita
    4. Hijab
    5. Baju gamis
    6. Buku
    7. Jam tangan
    8. Kosmetik
    9. Sepatu
    10. Handphone
    11. Kardus
    12. Perlengkapan bayi
    13. Barang unik
    14. Makanan ringan
    15. Tas branded
    16. Perlengkapan rumah
    17. Herbal
    18. Aksesoris motor
    19. Album kpop
    20. Jaket
    21. Alat outdoor
    22. Alat kesehatan
    23. Kacamata

Apa Keuntungan Jualan Online Tanpa Modal Sebagai Dropshipper

Keuntungan terbesar sebagai dropshipper, anda dapat melakukan usaha yang tidak memerlukan modal duit namun tetap bisa berjualan secara online layaknya anda pemilik produk tersebut. Bahkan anda dapat memperoleh profit hanya dengan usaha kecil dari rumah saja.

Selain itu cara berbisnis online tanpa modal juga terhindar dari kerugian akibat investasi alat dan barang produksi. Andaikan usaha anda tidak berjalan dengan baik, paling anda mengalami kerugian waktu dan biaya promosi yang relatif kecil.

Dengan cara menjadi reseller online shop tanpa modal dan stok barang, anda tidak memerlukan ruang khusus seperti kantor. Alat penting yang anda butuhkan adalah gadget baik berupa smartphone atau laptop. Hanya dengan smartphone, anda dapat berjualan online dari mana saja selama ada koneksi internet.

Tips SUKSES Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang

Apabila anda tertarik untuk menjalani reseller dropship ini, anda sebaiknya mengikuti cara memulai bisnis online dari nol menjadi dropshipper atau reseller online shop tanpa modal yang sederhana berikut ini.

Menarik untuk dibaca :  Cara Membuat Blog Bisnis Untuk Mendapatkan Uang Dari Internet

Langkah awal memulai usaha bagi pemula termasuk bisnis online seringkali membingungkan. Maklum tanpa ada pengalaman membuat banyak orang bingung untuk menentukan langkah pertama. Sebagai contoh, anda bisa mencoba cara jadi reseller baju online tanpa modal atau produk lain yang sesuai dengan minat anda. Jangan lupa juga anda harus mempelajari bagaimana cara jualan online agar laris agar anda segera untung dan dapat menabung.

Dalam penjelasan dibawah ini, anda boleh memulai dari nomor 1 atau 2 dulu, tergantung bagaimana anda berusaha untuk memahami produk dan pasar yang akan anda hadapi.

1. Menentukan Pasar

Memahami produk apa yang dibutuhkan pasar menjadi langkah awal memulai usaha ini, agar anda tidak buang-buang waktu menjual barang secara online yang sebenarnya tidak dibutuhkan pembeli.

  • Lakukan riset di marketplace. Perhatikan produk yang banyak diminati dari toko online sepert Bukalapak, Tokopedia, Shopee dll.
  • Membaca berita atau informasi update dari media online.
  • Analisa lewat Google Trend
  • Analisa menggunakan pencari kata kunci

2. Tentukan Produk Yang Akan Dijual

Ada beberapa faktor yang harus anda perhatikan ketika menentukan produk yang akan dijual secara online.

  • Pilih produk yang banyak pembelinya atau dibutuhkan banyak orang.
  • Apabila mampu, hindari memilih produk yang banyak pesaing atau kompetitor.
  • Pilih produk yang tidak mudah rusak baik karena umur (busuk) atau akibat guncangan atau benturan saat pengiriman. Hal ini untuk menghindari komplain dari pembeli dan menjaga nama baik anda.
  • Pastikan produk yang anda pilih tidak melanggar aturan atau ilegal, agar bisnis online anda berjalan dalam jangka waktu yang panjang.
  • Jangan menjual produk dari banyak kategori. Supaya anda dapat fokus promosi dan marketing secara efisien dan menghasilkan banyak transaksi.

3. Mencari Pemasok yang Dapat Dipercaya

Agar bisnis jualan online tanpa modal & stok barang anda lancar dan sukses, anda harus memiliki pemasok yang dapat diandalkan dan dipercaya.

Beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat memilih supplier dropship terpercaya:

  • Produk yang dikirim harus memiliki kualitas yang anda harapkan (terbaik)
  • Pengiriman produk harus baik dari segi pengemasan, waktu pengiriman dan keamanan barang (tidak rusak)
  • Sebaiknya pilih dropship supplier tangan pertama, karena anda akan mendapatkan harga termurah sehingga harga jual anda masih bia bersaing. Contoh, tas branded dropship akan tetap murah bila anda jual kembali.
  • Pilih pemasok yang jujur dan tidak merebut pelanggan anda secara sengaja.
  • Pemasok dapat diandalkan dalam memberi respon permintaan, kontak secara cepat
  • Pastikan pemasok memiliki sistem penjualan yang jelas seperti apakah harga harus dinaikkan oleh anda, apakah anda akan mendapat komisi tanpa menaikkan harga dan lainnya. Bicarakan secara mendetil sistem kerjasama yang akan dilakukan.
  • Pastikan pemasok memiliki stok yang dapat diandalkan apabila ada pesanan di kemudian hari.
Menarik untuk dibaca :  5 Tips Jitu Jualan Online di Instagram Laris Manis dan Sukses

Tempat mencari supplier atau pemasok jualan online terlaris tanpa modal dan stok barang :

  • Forum diskusi : Kaskus, Ads.id
  • Sosial media : Facebook personal, FB Fanpage, Instagram, Twitter dll
  • Konvensional secara offline : Pertemanan, seminar, perkumpulan, organisasi

4. Lakukan Promosi Penjualan Online

Tips jualan online – Masukkan kata-kata promosi yang dapat membujuk pengunjung melakukan transaksi. Promosi online, pemasaran atau internet marketing yang dapat anda lakukan melalui membuat website gratis atau toko online yang anda buat sendiri, mendaftar di marketplace, jualan di Facebook, FB fanpage, Instagram, Twitter, Forum online jual beli, Youtube, dll.

5. Jaga Hubungan Baik dengan Supplier

Agar pasokan barang dan layanan dari pemasok tetap lancar, anda harus dapat menjaga hubungan baik.

6. Pemasok Lebih Dari Satu

Dikarenakan hidupnya bisnis cara jualan online tanpa modal dan stok barang anda sangat tergantung dari pemasok, maka sebaiknya jangan mengandalkan HANYA SATU pemasok saja. Pastikan anda memiliki beberapa supplier agar usaha online anda tetap lancar apabila ada masalah dengan salah satu pemasok anda.

Dengan mengikuti cara jualan online tanpa modal dan stok barang diatas, anda memiliki kesempatan untuk menjadi seorang pengusaha pemula yang handal dikemudian hari karena tidak ada resiko yang harus ditanggung diawal bisnis.

Bagikan Artikel Ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *