5 Kunci Sukses Pengusaha Wanita Mulai dari Nol

Menjadi pengusaha wanita memiliki banyak alasan untuk dilakukan. Dari jam kerja yang fleksibel, menjadi bos untuk diri sendiri, kebebasan berkreasi, kesempatan yagn banyak untuk bisa berkumpul dengan keluarga dan lainnya.

Sehingga tidak heran apabila semakin lama semakin banyak  wanita untuk memulai usaha kecil mereka dan mencarai cara menjadi pengusaha yang sukses. Tapi menjalankan bisnis, baik usaha kecil atau besar, bukan perkara mudah.

5 Kunci Sukses Pengusaha Wanita Mulai dari Nol

Trend Wanita Wirausaha Modal Kecil Semakin Banyak

Keinginan untuk bisa mandiri terutama dalam soal memiliki sumber penghasilan sendiri tidak hanya monopoli kaum lelaki. Para wanita juga menginginkan memiliki mata pencaharian sendiri tanpa tergantung dari lowongan pekerjaan yang ditawarkan perusahaan.

Dan saat ini sudah mulai bermunculan menjadi pengusaha dari nol bagi wanita yang membuka bisnis sendiri. Memang ada yang mengikuti karir orang tua yang berlatar belakang sebagai pebisnis dan mendapatkan suntikan modal.

Namun tidak sedikit juga yang berani menjalankan usaha kecil hanya dengan modal pas-pasan karena faktor ekonomi, pendidikan dan lain sebagainya. Mereka mengerti yang harus dipertimbangkan sebelum membuka usaha agar bisa sukses.

Banyak diantara wanita yang membuka usaha modal kecil tersebut dari rumah saja. Biasanya ibu rumah tangga yang ingin bisa menambah penghasilan untuk keluarga. Namun banyak juga yang masih lajang bahkan mahasiswa yang igin bisa memiliki usaha untuk membiaya kuliah sendiri.

Contoh Nama Pengusaha Wanita Yang Sukses

Sudah banyak pengusaha wanita sukses di indonesia yang bisa dijadikan contoh dan semangat bagaimana cara sukses berbisnis dari nol. Beberapa contoh pengusaha perempuan sukses di Indonesia diantaranya :

  1. Martha Tilaar : Sariayu, kosmetik dan jamu.
  2. Mooryati Soedibyo : Mustika Ratu, kosmetik.
  3. Dewi Motik
  4. Siti Hartati Murdaya
  5. Pia Alisjahbana
Menarik untuk dibaca :  20+ Bisnis Rumahan Online : Usaha TERBARU Anda Baru Tahu

Dan tidak sedikit juga cerita dan profil serta kisah wanita sukses berwirausaha dengan modal kecil yang berhasil higga menjadi bisnis turun temurun.

Sudah sering kita mendengar bagaimana kisah pahit orang sukses yang awalnya berdagang kecil-kecilan keliling kampung hingga berhasil mendirikan kerajaan bisnis.

Jadi dengan cara berbisnis yang tepat, bukan mustahil usaha dapat segera berhasil.

Kiat Usaha Sukses Pengusaha Wanita Modal Kecil Dari Nol

Namun untuk bisa menjadi seorang pengusaha sukses yang memulai usaha dari nol, tidaklah mudah. Namun bukan berarti tidak mungkin.

Karena melihat kenyataan dari banyaknya kaum hawa yang berhasil dalam menjalankan bisnis, menunjukkan bahwa tidak ada yang tidak mungkin menjadi wanita wirausaha sukses.

Bagaimana caranya agar bisa berhasil menjalankan bisnis mulai dari nol dengan modal pas-pasan hingga sukses besar? Berikut ini ada tips yang dapat anda ikuti cara bisnis sukses untuk wanita pengusaha modal kecil dari nol :

Bersosialisasi Melalui Media

Sudah tidak diragukan lagi bahwa kehadian media sosial menjadi sangat penting digunakan sebagai alat strategi pemasaran bisnis.

Saat ini sudah banyak sekali sosial media yang sangat populer di Indonesia. Para wanita calon pengusaha atau yang sudah menjalankan usaha mandiri dapat memilih menggunakan media sosial tersebut.

Cara berpikir seorang pengusaha sebaiknya berkonsentrasi pada beberapa media sosial yang memang sesuai dengan target market. Ada beberapa sosmed yang populer di Indoensia diantaranya :

  1. Facebook
  2. Twitter
  3. Path
  4. Instagram
  5. Linkedin
  6. Google+
  7. BlackBerry
  8. Pinterest
  9. dll

Semua media sosial diatas ini dapat digunakan untuk target pasar yang berbeda, baik dari segi wilayah, usia, profesi, status dan lainnya.

Apabila saat ini anda belum mengerti bagaimana cara memanfaatkan media sosial untuk bisnis, mulai sekarang sering-sering untuk bertatapan dengan layar komputer.

Menarik untuk dibaca :  Langkah Awal Memulai Usaha Termasuk Bisnis Online Modal Kecil Bagi Pemula

Dengan cara Googling atau mencari informasi melalui mesin pencari Google dengan menggunakan kata kunci seperti “bisnis menggunakan media sosial”, “sukses usaha di facebook”, dan keyword lainya yang berkaitan.

Salah satunya contoh adalah cara membuat Facebook fanpage untuk bisnis.

Manfaatkan Jaringan

Sebagai pemilik usaha kecil memang sering mendapatkan stress. Oleh karena itu dukungan dari berbagai pihak menjadi penting dan salah satunya jaringan bisnis yang anda miliki.

Apabila saat ini anda merasa tidak memiliki jaringan bisnis, anda dapat memulainya dari jaringan pertemanan yang ada. Teman-teman disekitar anda bisa menjadi mesin yang dapat dimanfaatkan dengan prinsip saling menguntungkan.

Terlibat dalam forum usaha yang sesuai bisa menjadi jalan untuk mendapatkan rekan usaha yang memberika banyak keuntungan. Sering berkumpul dengan teman, rekan, kenalan merupakan tips usaha sukses.

Arisan, makan siang, acara botram, kumpul keluarga, merupakan acara sosial yang bermanfaat.

Komunitas online di internet seperti group di Facebook, Blackberry dan lainnya dpat dimanfaat secara maksimal. Karena media onlinemenjadi alat yang sangat penting untuk sukses sebuah usaha jaman sekarang.

Delegasi

Agar bisa menjadi wanita pengusaha yang sukses, bukan berarti semua kegiatan dilakukan oleh tenaga sendiri. Apabila anda sudah memiliki karyawan atau tenaga kerja, sebaiknya mulai belajar untuk bisa mengatur dan memberi tugas pada bawahan.

Anda hanya perlu mengontrol dan mengawasi apa yang telah dikerjakan oleh bawahan sesuai dengan tugasnya.

Dengan cara ini, anda pasti memiliki waktu dan tenaga lebih untuk lebih memikirkan hal lain, karena anda juga memerlukan waktu untuk bersosialisasi.

Anda harus bisa membaca kebutuhan usaha anda agar sistem dapat berjalan dengan seimbang, efektif, efisien dan menguntungkan tanpa harus selalu berkeringat sendiri.

Menarik untuk dibaca :  8 Bisnis Rumahan Ibu Rumah Tangga Dengan Modal Kecil dan Menjanjikan

Jadikan Rumah Sebgai Inspirasi

Cara menjadi wanita yang berhasil dalam bisnis adalah dengan trampil dalam mengurus banyak hal. Umumnya wanita yang memiliki usaha sendiri, juga memiliki tanggung jawab untukmengurus rumah, anak dan suami.

Seringkali para wanita merasa kegiatan tersebut menjadikan mereka tertekan. Namun sebaiknya jadikan kegiatan tersebut sebagai inspirasi sebagai kiat menjadi pengusaha sukses dengan mental serta visi yang kuat.

Jangan Pernah Berhenti Berusaha

Menjadi seorang wanita yang berhasil sebagai pengusaha sukses, harus selalu semangat dan tidak gampang menyerah.

Mengejar peluang usaha memang tidak sederhana dan melelahkan. Namun anda tidak perlu berkecil hati dan putus asa.

Terus melebarkan jaringan dan sumber daya agar bisa membuat usaha semakin dikenal dan dicari orang.

Dengan tips dasar yang sederhana diatas, setidaknya para wanita bisa tahu bagaimana usaha kecil sukses walaupun hanya dengan modal kecil.

Bagikan Artikel Ini :

1 Reply to “5 Kunci Sukses Pengusaha Wanita Mulai dari Nol”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *