15 Hal Yang Sebaiknya Dihindari untuk Ditulis di Media Sosial

Pasti udah tahu kan apa itu Twitter, Facebook, Google+, Linkedln dan semacamnya? Nah anda jangan pernah sekali-sekali sebarkan tulisan ini di media sosial yang anda punya. Karena apabila anda lakukan beberapa hal dibawah ini, dapat mengakibatkan sesuatu yang tidak baik untuk anda atau juga teman-teman anda yang ada dalam daftar pertemanan di akun media sosial anda. Nah ini dia yang tidak boleh dilakukan di akun media sosial tersebut.

Apa Itu Media Sosial dan Macamnya

Media sosial sudah menjadi bagian dari sejarah internet dunia dan merupakan identitas sesorang di dunia maya. Ada bermacam-macam media yang dapat dilakukan untuk kegiatan sosial terutama yang populer saat ini seperti :

  1. Facebook
  2. Google Plus
  3. Twitter
  4. Blackberry
  5. Instagram
  6. Path
  7. Whatsapp
  8. dll

Sebaiknya Jangan akukan Hal ini di akun media sosial

Menulis status di akun wall atau isilahnya “update status” pasti sering dilaukkan. Karena kegiatan ini udah hapir jadi kebaisaan yang juga fungsi utama dari jaringan pertemanan secara online. Apa saja bisa ditulis di wall social network tersebut, dari apa yang sedang anda lakukan, sekedar memberitahu link dari sebuah berita atau juga menampilkan foto-foto diri anda dan aktifitas anda.

Tapi ada beberapa hal yang sebaiknya tidak anda kerjakan di wall tersebut walaupun akun tersebut milik anda sendiri. Sebenarnya apa yang disebutkan dibawah ini bukan merupakan sebuah larangan atau yang tidak boleh dilakukan di akun FB atau Twitter anda. Tapi sebaiknya dihindari saja.

Yang Seharusnya Anda Hindari di Media Sosial

Kamus Twitter : Istilah yang Sering Digunakan Dalam Twitter

Nah ini dia beberapa kegiatan yang tidak boleh ditulis atau sebarkan di media sosial tersebut.

    1. Data Pribadi. SEbaiknya jangan menuliskan data penting pribadi di wall FB, Twitter med-sos yang lainnya. Karena data anda dapat terbaca oleh orang yagn tidak berkepentingan dan dapt digunakan untuk yang tidak baik. Data tersebut seperti no KTP, no hp, pin BB, alamat rumah.
    2. Menampilkan Foto Orang Lain Tanpa Ijin. Memposting foto pribadi milik orang lain tanpa ijin dapat berakhibat fatal Karena bisa saja pemilik foto tersebut tidak bersedia fotonya ada di internet. Dan mereka dapat menuntut anda dengan undang-undang yang ada.
    3. Pembicaraan Pribadi.Pembicaraan yang bersifat pribadi seperti dari email, messenger sebaiknya diidari karena sifatnya yang privat.
    4. Mengundang Teman Ke Acara Tertentu. Sebaiknya undang teman untuk datang pada acara tertentu lewat “jalur pribadi” (japri) seperti message dan bukan “jalur umum” yang dapat dibaca oleh orang lain. Mungkin ada teman anda yang tidak diundang akan tersinggung.
    5. Membicarakan Pekerjaan Kantor. Pekerjaan kantor sebaiknya dibicarakan pada group atau komunitas yang dibuat khusus hanya untuk teman-teman kantor atau perusahaan saja.
    6. Pertalian Saudara. Pertalian kekerabatan seperti hubungan darah atau keluarga besar sebaiknya tidak terlalu diumbar dimedia sosial. Buatlah group tersendiri untuk maksud tersebut.
    7. Keuangan. Gaji atau juga pendapatan masih tabu untuk dibicarakan di wilayah umum. Hal tersebut juga untuk menghindari kecemburuan sosial dan kriminalitas.

Cara Mudah Membuat Foto Cover di Group Facebook yang Menarik

  1. Password. Jangan pernah menuliskan password apapun di wall sos-med walaupun teman anda memintanya. Sebaiknya kirim lewat sms yang kemudian dihapus bila telah terkirim.
  2. Hindari Memaki.Makian atau hinaan sebaiknya tidak dilakuka pada wall status Facebook. Hal ini dapat memberi penilai buruk pada pribadi anda.
  3. Foto Jahil. Hindari posting foto ketika anda sedang berbuat nakal terhadap teman anda. Karena hal ini dapat membuat teman adamerasa dihinda melalui internet.
  4. Foto Keji. Menampilan foto orang kecelakaan tanpa ada sensor pada gambar bersebut dapat membuat ornag yang melihatnya merasa jijik
  5. Komplain Terhadap Atasan di Kantor. Kekesalan karena pekerjaan di kantor jangan dilampiaskan di Blackberry atau media lain.
  6. Mengundang Teman Bermain Game Berulang-ulang. Bermain game di Facebook atau teman lain memang menyenangkan. Tapi bila anda invite teman-teman bermain game secara berulang, dapat membuat teman anda kesal karena harus membuka notifikasi yang tidak penting.
  7. Masalah Keluarga. Keluh kesah masalah keluarga anda urusan anda pribadi yagn harus di bereskan dengan anggota kelaurga yang lain dan bukan di umbar di internet. Atau anda akan mendapat tertawaan dari teman-teman anda.
  8. Jangan Pernah Nyatakan Cinta. Hindai yang satu ini, kalo anda ditolak gimana? Malu kan…

Hmmm… kira-kira apa lagi ya yang sebaiknya tidak disebarkan lewat media sosial seperti Facebook, Twitter, Google Plus, Linkedln atau Blackberry Messenger.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *