10 Langkah Strategi Pemasaran Produk Dengan Video (Youtube) Yang Harus Dilakukan

Strategi pemasaran menggunakan video dengan memanfaatkan media visual bergerak, menjadi bagian penting pada promosi produk barang dan jasa saat ini. Hal ini dikarenakan semakin meningkatnya pengguna gadget atau smartphone, laptop dan juga tablet yang terhubung dengan internet. Dan menonton video dari situs hosting video seperti Youtube, menjadi sebuah kesenangan tersendiri untuk bisa mendapatkan banyak pengetahuan, hiburan dan juga informasi produk dan jasa. Oleh karena itu anda menyesuaikan cara pemasaran produk yang cocok dengan situasi saat ini (selain cara pemasaran menggunakan website atau Instagram). Selanjutnya ketahui bagaimana teknik dan cara memasarkan produk dan jasa melalui media visual berupa video dibawah ini.

Strategi Pemasaran Produk dan Jasa

Pada saat ini, penulis yakin mayoritas pengguna internet sudah mengetahui yang namanya Youtube. Bahkan, mungkin mereka lebih mengerti istilah tersebut dengan lebih baik dibandingkan dengan istilah “internet” itu sendiri. Hal ini dikarenakan tingkat kepopuleran situs upload video tersebut yang sudah tinggi dan semakin tinggi lagi. Hal ini dapat kita lihat dari semakin mudahnya mendapatkan informasi di internet seperti website, blog, sosial media yang tidak pernah lepas dengan mencantumkan video dari Youtube.

Bahkan, banyak sekali saluran televisi yang dalam beritanya sering menampilkan informasi yang mereka dapatkan dari situs Youtube. Tidak tanggung-tanggung, dalam satu acara isinya hanya gambar video yang mereka dapatkan dari situs tersebut.

Alasan Mengapa Strategi Pemasaran Menggunakan Video Sangat Penting

promo video pemasaranSetelah mengetahui bagaimana cara membuka usaha, langkah penting lainnya adalah bagimana melakukan promosi penjualan agar terjadi transaksi yang tinggi. Mungkin banyak pelaku bisnis sekala besar seperti perusahaan atau juga usaha kecil termasuk UKM masih belum mengetahui mengapa promosi pemasaran lewat video harus dilakukan. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari beberapa sumber, ada beberapa data penting yang harus anda ketahui mengapa pemasaran menggunakan video sangatlah penting. Berikut datanya :

  1. Sekitar 92% dari calon konsumen yang sifatnya B2B (Business to Business) memanfaatkan layanan video online seperti Youtube, Vimeo, DailyMotion untuk mendapatkan informasi mengenai produk atau jasa yang mereka butuhkan.
  2. Setidaknya 4 milyar video disaksikan oleh penonton dari seluruh dunia
  3. Sekitar sepertiga dari mereka yang membeli produk atau jasa, akan membelanjakan uang mereka setelah penawaran melalui video.

Baca : Cara Optimasi Youtube Agar Di Posisi 1 Google Dan Banyak Pembeli

Langkah Strategi Marketing Menggunakan Video

Lalu bagaimana strategi yang jitu agar promosi dan pemasara lewat video dapat memberikan hasil yang maksimal untuk menjual berbagai macam jenis produk ataupun jasa. Berikut langkah perencanaan pemasaran produk agar berhasil dengan baik :

  1. Identifikasi Calon Pelanggan
    Sebelum memulai membuat video dan menentukan strategi promosi penjualan menggunakan media visual, sebaiknya anda menentukan dahulu beberapa hal berikut ini :
    1. Siapa calon prospek atau pelanggan yang sedang akan targetkan
    2. Jenis kelamin dari calon konsumen yang akan menyaksikan video promosi yang anda buat
    3. Tingkat pendidikan
    4. Tingkat penghasilan
    5. Apakah calon konsumen anda perseorangan atau perusahaan (b2b)
    6. dll

    Tidak semua faktor diatas harus diketahui, hal tersebut tergantung dari jenis usaha yang anda jalankan. Anda lebih mengetahui apa saja yang perlu diketahui sebelumnya.

  2. Riset Kata Kunci
    Langkah pemasaran via videoTentukan kata kunci untuk judul video yang akan anda buat. Judul video menentukan isi dari video tersebut. Kata kunci berperan sangat penting agar dapat bersaing di mesin pencari sesuai dengan niche yang anda target.
  3. Tipe Video
    Pemasaran melalui media video seperti pada Youtube dapat menggunakan beberapa jenis atau tipe. Anda dapat mencoba menganalisa jenis video seperti apa yang memberikan efek penjualan yang besar terhadap bisnis anda. Berikut ini tipe video :
    1. Deskripsi. Video yang menceritakan mengenai profil perusahaan, menjelaskan mengenai identitas merek atau brand yang bertujuan untuk menanamkan kepercayaan, loyalitas dan keyakinan pelanggan terhadap merek produk tertentu dan nama perusahaan.
    2. Animated. Video yang ditampilkan dalam format animasi. Video ini lebih bertujuan untuk membantu pelanggan dengan memberikan pengetahuan, pemecahan masalah dan informasi penting mengenai produk.
    3. Tutorial. Mirip dengan tipe animasi, nnamun lebih memberikan pengetahuan pada cara penggunaan produk dan jasa yang ditawarkan.
    4. Product Knowledge. Video mengenai manfaat dan kegunaan dari suatu produk dan jasa.
    5. Testimoni. Lebih dikenal dengan pernyataan, dimana video ini menampilkan pernyataan dari beberapa pelanggan mengenai tingkat kepuasan yang mereka rasakan setelah membeli produk dan jasa.
  4. Tujuan Video
    Walaupun ada beberapa tipe atau jenis video, namun sebaiknya setiap video yang anda buat hanya mengandung 1 pesan yang juga memiliki satu tujuan atau target yang diharapkan. Contoh, anda membuat video yang hanya bertujuan untuk membuat penonton mau membeli produk atau jasa yang ditawarkan.
  5. Tentukan Panjang Durasi Video
    Tujuan Video PromosiWalaupun video menarik untuk ditonton, namun video yang panjang dapat membuat penonton bosan. Hal tersebut dikhawatirkan dapat menurunkan keinginan ppenonton untuk melakukan aksi (call to action) yang diharapkan seperti melakukan pembelian produk atau jasa. Ada riset yang menyatakan bahwa 20% pengguna video tidak melanjutkannya bila dalam 10 detik pertama mereka tidak mendapatkan “sesuatu” yang membuat mereka merasa tertarik. Durasi sebuah video juga ditentukan oelh pesan apa saja yang ingin tersampaikan kepada penonton. Skenario, susunan teks dan lainnya harus iperhitungkan agar penonton tidak segera menghentikan video sebelum seluruh pesan disampaikan.
  6. Call to Action
    Video dibuat untuk menggugah penonton untuk tertarik dengan apa yang anda tawarkan. Oleh karea itu jangan lupa menematkan pesan dalam video tersebut agar mereka mau mengikuti perintah yang nada berikan. Contohnya : Berikan pernyataan agar mereka segera melakukan pembelian dengan mendapatkan diskon sebelum tanggal tertentu.
  7. Pembuatan Video
    Anda dapat membuat sendiri dengan memanfaatkan kamera. Atau juga menggunakan fitur kamera yang terdapat pada smartphone anda, yang saat ini spesifikasi kamera ponsel pintar tersebut sudah sangat bagus dengan menampilkkan kualitas gambar berkualitas tinggi. Membuat video promosi dengan menggunakan slide show seperti pada Microsoft PowerPoint juga layak anda buat dengan memanfaatkan tool untuk membuat video presentasi.Apabila anda belum mengerti bagaimana membuat video sendiri, banyak jasa pembuatan video yang dapat anda beli.buat video iklan
  8. Upload Video
    Video yang telah dibuat dapat diupload pada berbagai macam situs video online. Berikut diantaranya :
    1. Youtube.com. Stus upload online video yang sangat direkomendasikan.
    2. Vimeo.com
    3. DailyMotion.com
    4. Facebook.com
    5. Instagram.com
    6. Vine.com
    7. dll

    Berikut ini daftar situs upload dan download video online gratis di internet. Youtube menjadi pilihan pertama dan sangat direkomendasikan, dikarenakan Youtube sangat mudah berada pada halaman pertama apabila anda dapat menerapkannya dengan benar dalam soal Search Engine Optimization (SEO).

  9. Distribusi
    Distribusikan video yang telah dibuat diberbagai situs media sosial, website, blog dan lainnya. Media sosial menjadi cara yang paling efektif agar video dapat dengan cepat diketahui keberadaannya. Facebook, Twitter, Pinterest, Path, Instagram, WA, Line, Myspace, dan lainnya.
  10. Optimasi
    Cara yang paling baik agar video mudah ditemukan oleh calon pelanggan adalah dengan melakukan optimisasi atau yang lebih dikenal dengan Search Engine Optimisasi. Proses SEO memang memakan cukup banyak waktu dan sumber daya (tergantung dari persaingan kata kunci), namun dapat memberikan hasil yang sangat maksimal. Dengan berada di halaman pertama pencarian kata kunci tertentu, maka video promosi pemasaran anda akan mudah untuk mendominasi kata kunci tersebut.

    BONUS

    CARA CEPAT OPTIMASI SEO YOUTUBE RANKING DI HALAMAN 1 GOOGLE. KLIK DISINI!

Anda dapat memulai tahapan langkah-langkah penting dan strategis di atas agar bisa memenangkan banyak peluang bisnis yang ada.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *