Seperti Ini Cara Mudah Memindahkan Tabel dari Excel ke HTML Website

Cara Memasukkan Data Excel Ke Website – Mungkin anda yang memiliki website atau blog baik untuk bisnis atau juga untuk akademis pernah menghadapi masalah ketika akan memasukkan tabel yang berbentuk Microsoft Excel ke dalam webuah halaman website. Ternyata membuat data Excel ke dalam web online tidak semudah seperti bayangan semula. Begitu juga yagn dihadapi oleh penulis. Setelah melakukan coba-coba, akhirnya penulis berhasil bagaimana cara mengcopy tabel dari Excel ke dalam blog BetaBicara.com ini. Dan ini dia langkah-langkahnya.

Manfaat Memasukkan Tabel Excel Ke Website

Menggunakan tabel untuk menampilkan data di sebuah halaman website sangat berguna. Karena dengan tabel maka angka, kata-kata atau juga kode tertentu dapat dibuat dalam bentuk yang rapih, teratur, mudah untuk dianalisa dan nyaman dilihat.

Kemudian dengan adanyatabel pada blog, pengunjung menjadi lebih mudah mengerti ketika membaca artikel atau post yang ada pada blog tersebut. Biasanya pada bidang akademis, mahasiswa diharuskan membaca data ilmiah yang diperoleh dari situs-situs IPTEK. Apabila data yagn ditampilkan tidak diformat dalam posisi baris dan kolom, maka dapat dipastikan, para pengunjung atau mahasiswa tadi akan kebingungan atau harus berpikir keras untuk mengerti apa yang terlihat tersebut.

Atau dalam hal lain ketika calon konsumen harus melihat informasi mengenai produk atau jasa dari sebuah perusahaan. Tabel sangat membantu untuk meningkatkan nilai ke-profesional-an dari sebuah corporate.

Proses Publish Data Excel Di Website

Buat pemilik website yang biasa digunakan untuk menampilkan produk, tentu ingin sekali bisa memasukkan data atau deskripsi mengenai produk atau jasa yang dijual dalam bentuk tabel. Atau mungkin anda saat ini sedang sering membuat tabel untuk mengolah data menggunakan Microsoft Excel. Dan pada saat bersamaan, anda perlu mempublish lembar tabel dari halaman kerja anda ke Internet dalam bentuk HTML untuk diedit lebih jauh dan di embed ke dalam sebuah website.

Namun ternyata, membuat tabel langsung ke dalam halaman website seringkali menghadapai kesulitan ketika akan memberi format dengan kondisi tertentu seperti lebar dan tinggi sel atau tabel itu sendiri. Oleh karena itu, umumnya tabel dibuat dahulu menggunakan program atau perangkat lunak terpisah dan biasanya memanfaatkan Microsoft Excel. Setelah tabel Excel selesai dibuat, biasanya dengan cara blok seluruh tabel dan tekan tombol copy. SEtelah itu pindah ke halaman web atau blog, dan tekan paste supaya tabel dapat terlihat online di internet.

TERNYATA … cara itu tidak membuat tebel tampil di halaman situs dengan benar bahkan terlihat berantakan. Prosedur copy paste tabel Excel ke web yang sudah dilaukan ternyata tidak benar. Artinya harus ada tips memasukkan data tabel Excel ke WordPress (atau blog lain) supaya memiliki bentuk yang benar.

Nah berikut ini ada langkah-langkah yang dapat anda ikuti yaitu dengan merubah bentuk tabel di Excel ke dalam bentuk HTML terlebih dahulu. Setelah itu pindahkan kode HTML Excel ke website. Begitu proses sederhana yang perlu dipahami.

Apabila anda masih kebingungan juga bagaimana cara merubah tabel dari kolom dan baris Excel ke script web, anda bisa mengikuti cara-cara yang ada pada halaman ini.

Perangkat Lunak Microsft Excel Akrab Bagi Semua

Microsoft Excel yang merupakan perangkat lunak untuk mengolah data dalam bentuk tabel yang telah diakui kehandalannya. Apalagi para pengguna komputer dan perangkat lunak Office baik dari pelajar, mahasiswa bahkan karyawan kantoran pasti sudah sangat kenal dengan software yang satu ini. Software pengolah data baik dalam bentuk angka maupun huruf hanyalah hal biasa pada program Excel ini.

Artikel lain : Aplikasi Microsoft Office Word di Android

Publish Tabel Microsft Excel dalam Bentuk HTML

Pada saat tertentu, adakalanya data dalam bentuk tabel dari Excel akan di publish ke internet melalui website dalam bentuk bahasa program HTML yang akan di atur lagi. Ternyata apabila langsung mengkonversi data dalam tabel di excel menjadi mengikuti cara “Save As”, hasilnya bahasa HTML menjadi terlalu rumit. Dan proses pengaturan kembali atau mengedit akan menjadi lama. Lalu bagaimana cara mudah mengkonversi tabel yang ada di Excel kedalam bentuk HTML. Ini caranya.

  1. Bukaa halaman kerja anda di Excel.
  2. Pilih bagian data yang ingin anda pindahkan ke dalam web dalam bentuk HTML.
  3. Copy date tersebut dengan mengklik kanan pada mouse anda.
  4. Paste data yang anda pilih diatas ke http://tableizer.journalistopia.com/
  5. Anda dapat mengatur settingan yang ada seperti ukuran dan warna font, warna header
  6. Apabila telah beres, klik “Tableize It!”
  7. Bum….anda tinggal meng-copy kode HTML dari kotak tempat anda mem-paste data sebelumnya

Selesai sudah anda memindahkan data tabel Excel menjadi bahasa kode HTML yang dapat anda atur lagi lebih jauh.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

10 thoughts on “Seperti Ini Cara Mudah Memindahkan Tabel dari Excel ke HTML Website

  1. Artikel seperti ini langka di Google search, tapi manfaatnya sangat besar bagi yang sedang memerlukannya seperti saya ini, terima kasih gan, moga sukses selalu.

  2. Termakasih….artikel yang sangat membantu bagi pemula seperti saya yang sedang belajar membuat tabel untuk postingan blog.

  3. Sangat membantu mas. kebetulan lagi nyari banget artikel tenatng ini. terimakasih yaa

    1. Kalau saya biasanya menggunakan fasilitas situs slideshare atau situs hosting pdf lainnya (gunakan serach engine). Setelah pdf di upload disitus tersebut, maka ada kode yang dapat dimanfaatkan untuk memasukkan url pdf tersebut ke dalam situs atau istilahnya di “embed” / “embedded”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *