Peluang Bisnis Agrobisnis Rumahan Yang Menjanjikan

Peluang Bisnis Agrobisnis Rumahan Yang Menjanjikan – Indonesia dikenal dengan hasil alamnya yang luar biasa, baik itu berupa buah-buahan, sayuran, dan lainnya. Bahkan, negara lain juga mengakui bahwa Indonesia memiliki hasil alam yang sangat melimpah. Karena itulah, peluang bisnis hasil alam sektor pertanian dan perkebunan atau yang biasa disebut agribisnis, ternyata memiliki potensi yang sangat bagus. Sayangnya, masih banyak orang Indonesia yang belum akrab dengan dunia agrobisnis ini.

Untuk menjalankan usaha agrobisnis rumahan ini tidak harus memiliki lahan yang luasnya hingga berhektar-hektar, anda juga bisa memanfaatkan pekarangan rumah untuk menjalankan bisnis agrobisnis. Mungkin anda masih bingung, “emang bisa ya menjalani bisnis agrobisnis di pekarangan rumah?.” Bisa dong, mau tahu caranya? Silakan anda simak pembahasannya dibawah ini :

Peluang Bisnis Agrobisnis Rumahan

Peluang Bisnis Agrobisnis Rumahan Yang Menjanjikan

Berikut ini beberapa peluang agrobisnis rumahan yang dapat memberikan keuntungan yang baik.

Agorbisnis Bayam Hidroponik

Menanam bayam pada umumnya di tempat yang memiliki tanah yang lembab, suhu udara yang sejuk, dan juga mendapat pancaran sinar matahari. Ternyata sekarang ini anda juga bisa budidaya bayam tanpa harus memiliki lahan yang luas, tetapi bisa dilakukan di rumah anda sendiri dengan menggunakan peralatan yang sederhana loh. Menanam bayam secara hidroponik maka anda akan menggunakan media tanam yang disebut rockwoll. Beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk menanam bayam secara hidroponik yaitu : bibit bayam, media tanam, media semai, semprotan, ember, Styrofoam, pot, dan sumbu.

Dalam bertanam sistem hidroponik, anda bisa langsung menyemai benih bayamnya di dalam media tanam atau rockwoll jadi tidak perlu pindah tanam lagi. Pada setiap rockwoll anda bisa letakkan 3-4 benih bayam. Letakkan rockwoll di tempat yang teduh kurang lebih selama 3 hari atau setelah benih bayam tumbuh dengan 2 daun lalu pindahkan ke tempat yang ada sinar matahari. Jika semua proses berjalan lancar, maka anda sudah bisa memanen bayam kurang lebih pada minggu ke 4.

Semakin banyak benih bayam yang anda tanam maka akan semakin banyak bayam yang bisa anda panen. Anda bisa menjual hasil panen bayam ke tetangga sekitar rumah, ke pasar, jika dalam jumlah besar maka anda bisa memasok ke pasar swalayan dan restaurant loh.

Agrobisnis Cabai Rawit

Selain bayam, ada lagi peluang bisnis agrobisnis lainnya yang tidak kalah menarik yaitu cabai rawit. Anda bisa memanfaatkan peralatan yang sangat simpel untuk menjalankan agrobisnis cabai rawit ini. Peralatan yang dibuutuhkan yaitu Polybag, nampan, tissue, pupuk kompos, sekop dan juga benih cabainya.

Caranya tidak terlalu sulit, basahi tissue kemudian letakkan diatas nampan. Lalu, tanam benih cabai diatas kertas tissue tersebut. Letakkan tissue tersebut ditempat yang memiliki suhu lembab, pastikan kondisi tissue terus dalam keadaan yang lembab. Diamkan kurang lebih selama 4 hari atau hingga benih tumbuh menjadi kecambah.

Setelah menjadi kecambah, pindahkan ke polybag yang berukuran kecil dan beri lubang untuk setiap benih. Letakkan di tempat yang teduh kurang lebih selama 4-5 minggu. Setelah berumur 5 minggu, atau tumbuh daun, Siapkan pupuk kandang dan tanah lalu aduk dan masukkan ke dalam polybag berukuran besar dan pindahkan cabai dari polybag yang kecil ke polybag yang berukuran besar, pada saat pemindahan jangan sampai akarnya menjadi rusak.

Rawatlah tanaman cabai ini, berikan air secara berkala, semakin banyak daunnya maka semakin banyak air yang anda siram setiap harinya. Tanaman cabai sudah bisa dipanen pada minggu ke 9 sejak tumbuhan cabai ditanam. Semakin banyak cabai yang anda tanam maka semakin banyak pula cabai yang bisa anda panen. Kita semua tahu, harga cabai memang lumayan mahal. Anda bisa menjual cabai hasil panen milik anda di pasar, atau bisa juga anda jual ke tetangga sekitar ruma anda.

Peluang bisnis agrobisnis rumahan yang menjanjikan memang sangat menyenangkan, selain dapat menambah penghasilan, ternyata juga dapat melatih kesabaran, ketelitian, dan juga kedisiplinan pada diri kita sendiri. Ternyata untuk melakukan agribisnis juga bisa dari rumah ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *