Panduan Bagaimana Memilih Tablet Yang Tepat Dari Sisi Spek, Harga, OS

Panduan Bagaimana Memilih Tablet Yang Tepat Dari Sisi Spek, Harga, OS – Saat ini banyak sekali tablet yang beredar di pasaran dengan berbagai spesifikasi yang berbeda. Masing-masing spek yang ada pada tablet menentukan kemampuannya. Idealnya, tablet dengan spesifikasi tertentu dapat memenuhi pekerjaan tertentu. Lalu bagaimana cara memilih tablet apa yang cocok untuk anda?. Apa yang harus dipertimbangkan ketika menentukan tablet yang sesuai denga anda? Nah ikuti panduan membeli tablet dibawah ini? Nah ikuti tips berikut ini cara memilih tablet yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Tablet dibuat sebagai alternatif dari laptop atau komputer yang merupakan alat informatika tapi lebih simpel untuk dibawa kemana-mana. Tablet memiliki ciri utama yang sangat khas yaitu menggunakan layar sentuh baik untuk navigasi, berpindah layar atau juga mengetik. Tapi tablet uga bisa diberi alat tambahan seperti disebut diatas seperti keyboard sepeti yag ada pada notebook atau pc komputer.

Namun tablet tidak sepenuhnya dapat menggantikan laptop atau juga smartphone. Tablet tidak bisa menandingi dari sisi produktifitas bila dibandingkan dengan laptop. Tapi ada kelebihan dari tablet dari segi ergonomis dibandingkan dengan laptop untuk maksud dan keperluan tertentu. Dan ini menjadi alasan mengapa pembeli lebih memilih tablet dan tab menjadi laku dipasaran.

Panduan Bagaimana Cara Memilih Tablet Sesuai Dengan Kebutuhan

Memilih tablet saat ini memang tidak mudah, karena banyak sekali model yang ada dipasaran. Dan masing-masing model mengusung spesifikasi yang berbeda dengan kemampuan, performa dan fungsi utama yang berbeda juga. Hal ini menjadi kendala ketika pembeli akan memilh tablet yang tepat dengan kebutuhan mereka. Dan berikut ini beberapa faktor yang harus dipertimbangkan ketika memilih tablet.

Budget

Pertimbangan pertama ketika akan memilih tablet adalah keuangan yang dimiliki. Berapa budget yang disiapkan untuk membeli tablet. Hal ini sangat penting karena bisa menentukan kisaran tablet yang perlu dilihat dan diperhitungkan dari berbagai sisi untuk dibeli.

Dipasaran banyak sekali tablet dengan kisaran harga yang bermacam-macam. Ada tablet dengan harga dibawah 1 juta rupiah. Tapi ada juga tablet yang harganya diatas 6 juta rupiah bahkan diatas itu. Karena tablet adalah barang yang dibuat berdsarkan teknologi, maka harga sangat menentukan teknologi yang diusung. Semakin mahal harga sebuah tablet, maka semakin tinggi teknologi yang digunakan.

Biasanya tab keluaran terbaru akan ditawaran dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan seri sebelumnya karena telah mendapatkan peningkatan dari segi hardware dan software. untuk lengkapnya anda bisa melihat harga tablet disini :

http://goo.gl/C5D6Jr

Fungsi Utama

Tentukan fungsi dari tablet yang akan dibeli. Cari tahu dari diri anda sendiri, kira-kira aktifitas apa yang akan sering dilakukan dengan tablet tersebut. Apakah tablet tersebut hanya digunakan untuk bermain game lewat aplikasi. Atau digunakan untuk chatting, menulis, browsing, baca email, menonton video, mendengarkan musik, sosial media atau untuk membuat sketsa. Tidak ada perbedaan yang besar ketika memilih tablet untuk bisnis, sekolah atau sekedar hiburan saja. Semuanya dipertimbangkan berdasarkan jenis kegiatan yang sering dilakukan dengan melibatkan tablet.

Tablet digunakan untuk pekerjaan atau bisnis
Seorang karyawan sedang menggunakan tablet untuk keperluan bisnis. (hygieneauditsystems.com)

Aktifitas yang sering membutuhkan keyboard, membutuhkan tablet dengan ukuran yang relatif bisa menampung sepuluh jari pengetikan, atau setidakya dengan metode “sebelas jari”. Yang berarti pada saat bersamaan akan ada dua tangan berada pada layar tablet. Tablet ukuran 7 inch akan sulit menampung kedua jari anda, setidaknya tab dengan layar 8 inch mampu memenuhi kebutuhan tersebut.

Bila kegiatan menulis cepat dan menggambar atau membuat konsep lebih sering dilakukan, maka tablet menggunakan pen lebih cocok untuk anda. Samsung Galaxy Note adalah salah satu contoh. Masih ada beberapa produk tab dari merek lain yang telah menggunakan pen sebagai fitur penting.


Tablet Asus VivoTab Note 8 – Tab Pemula Os Windows 8.1

Ketika mengetik proposal, membuat blog, menulis email menjadi kegiatan penting anda, sementara presentasi juga merupakan aktivitas setiap hari, pertimbangkan untuk memilih hybrid. Laptop hybrid atau konvertibel merupakan sejenis koomputer jinjing yang dapat dirubah menjadi laptop ataupun tablet. Ada berbagai cara merupbah laptop menjadi tablet dan sebaliknya, seperti melepas layar dari dock utama. Cara lain dengan memutar atau melipat layar mejadi satu dengan dock serta papan keyboard.

Laptop Bisnis Lenovo Yoga
Laptop yang dapat dipergunakan sebagai tablet, atau biasa disebut laptop hybrid. Merubah mode penggunaan dengan merubah bentuk atau mode sesuai fitur yang dimiliki setiap notebook.

Ukuran Layar

Seperti disebutkan diatas bahwa ukuran layar menjadi penting untuk disesuaikan dengan aktifitas yang sering dilakukan dengan tablet. Salah satu pertimbangan memilih tablet dengan ukuran layar berapa yang cocok untuk anda, disesuaikan dengan kebutuhan. Bila kegiatan yang sering dilakukan seperti melihat gambar, foto desain interior, arsitektur rumah, desain kaos, atau berbagi foto, tablet dengan ukuran layar relatif besar adalah pilihan yang tepat. Tablet dengan dimensi layar layar 10 inch merupakan pilihan yang sempurna.

Gambar tablet dengan macam-macam ukuran
Macam-macam ukuran tablet dari 7 inch hingga 10 inch yang menetukan seberapa fleksibel pengguna menggunakan tab tersebut. (gizmag.com)

Apabila tablet hanya sering digunakan untuk sosial media, ukuran layar yang relatif kecil seperti 7 atau 8 inch sudah memadai untuk keperluan tersebut.

Resolusi

Resolusi layar menetukan seberapa jelas gambar atau video yang ditampilkan pada tablet. Semakin besar angka resolusi yang diberikan, amka semakin jelas gambar pada tab tersebut. Resolusi lebih menentukan kenyamanan dalam melihat foto dan film. Semakin besar resolusi, maka akan semakin nyaman dimata.

Prosesor

Tablet yang memiliki keceptan tinggi akan lebih baik karena pekerjaan atau kesenangan pengguna ketika memakai tablet tidak akan terganggu hanya untuk menunggu proses dari mesin. Salah satu faktor performa dari tablet ditentukan keceptan dari prosesor yang ditanam didalam tablet. Semakin besar angka kecepatan prosesor, maka semakin tepat tablet untuk dibeli. Kecepatan tablet biasanya ditampilan dengan satuan GHz. Contohya 1 GHz (Giga Hertz) dan diikuti dengan jenis dan nama prosesor atau 1,2GHz

Gambar prosesor tablet
Prosesor yagn digunakan dalam tablet sebagai penentu seberapa besar performa ata kinerja dari tab tersebut. (itp.net)

Memori Internal

Fungsi tablet tidak beda jauh dengan laptop yang membutuhkan tempat untuk menyimpan data. Semakin besar kapasitas memori yang ada pada tablet, maka semakin besar data, file, foto, musik dan video yang dapat disimpan pada tablet. Membeli tablet dengan memori yang besar sangat cocok dan merupakan pilihan tepat.

Memori internal seringkali ditulis dalam spesifikasi tablet dngan kata “memori” saja. Biasanya angkanya adalah 8GB, 16GB atau 32GB. Bahkan sekarang sudah ada smartphone yag menggunakan memori besar 128GB.

Memori External

Memori external merupakan memori tambahan yang tidak ditanam didalam tablet sejak kelaur dari pabrik. Biasanya tablet menyertakan atau juga tidak menyertakan memori tambahan tersebut. Anda bisa membeli sendiri di toko yang menjual peralatan smartphone atau komputer.

Gambar microSd untuk tablet
microSD yang digunakan untuk meningkatkan daya simpan data atau storage pada tablet

Yang perlu diperhatikan adalah adanya slot yang tersedia biasanya berupa microSD untuk memasukkan memori external tambahan tersebut.

Kamera

Kamera tidak bisa lepas dari perangkat komputer mini seperti smartphone atau tablet. Kamera menjadi peralatan penting yang harus ada pada tablet. Salah satu fungsi dan kesenangan dari memiliki tablet adalah bisa mengambil gambar baik foto ataupun video. Setelah itu bisa berbagi gambar dan video tersbut dengan teman melalui sosial media atau biasa juga dengan istilah “narsis ria”.

Fitur Tambahan

Ada beberapa fitur tambahan yang sebaiknya ada pada tablet yang anda pilih yang dapat menunjang kenyamanan ketika menggunakan tab tersebut seperti :

  • jack audio
  • speaker
  • pengatur suara
  • dan tambahan lainnya
Gambar slot pada tablet
Lubang slot yang ada pada tablet dengan fungsi masing-masing yag mendukung manfaat dari sebuah tab

Sistem Operasi

Sistem operasi menjadi pertimbangan yang penting dilakukan ketika memilih atau membeli tablet. Saat ini setidaknya ada tiga sistem operasi yang digunakan pada tablet, yaitu Android, iOS dan Windows. Pertanyaan, “tablet dengan OS apa yang bagus untuk saya beli”. Sistem operasi apa yang sebaiknya digunakan pada tablet untuk dibeli? Anda harus mengetahui apa alasan membeli tablet Android, iOS atau Windows yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Bagaimana Cara Memilih Tablet Samsung Android?

Apabila tablet sering digunakan untuk mengetik pekerjaan yang terhubung dengan perangkat lain yang menggunakan sistem operasi Windows, maka tablet Windows menjadi pertimbangan utama. Kebiasaan pengguna ketika menggunakan perangkat komputer lain seperti laptop dengan OS Windows bisa menjadi alasan untuk memilih tab ini. Beberapa merek yang mengeluarkan produk Windows Tab seperti Lenovo.

Gambar Logo Windows 8
Lambang dari Windows 8 yang digunakan pada tablet

Tapi bila apps gratis yang ingin dicoba, tab Android menjadi pilihan utama. Selain itu, tablet yang menggunakan OS Android memiliki harga yang lebih murah terutama bila dibandingkan dengan iPad yang menggunakan iOS. Tablet dengan OS Android yang notabene adalah milik Google, sangat populer saat ini apalagi di Indonesia. Dengan banyaknya pilihan free apps yang ditawarkan di Google Store, membuat pengguna bebas download dan instal aplikasi yang mereka butuhkan. Banyak perusahaan yang mengeluarkan produk tablet menggunakan sistem operasi Android seperti Samsung, Lenovo, LG, Advan, dan lainnya.

Gambar lambang OS Android
Lambang Sistem Operai Android dalam 3 dimensi

Tablet milik Apple atau iPad memiliki banyak aplikasi yang ditawarkan, namun sayangnya apps tersebut memaksa pengguna untuk mengeluarkan uang yang tidak sedikit.

Gambar Logo iOS 7
Gambar lambang dari iOS 7 yang digunakan pada tablet, smartphone dan laptop

Merek

Merek menjadi pertimbangan lain ketika keyakinan pembeli terhadap produsen. Tablet dengan merek atau brand apa yang harus dibeli? Sebenarnya hal ini termasuk faktor subjektif tapi juga menentukan kepuasan dalam membeli karena bangga dengan merek tertentu.

Samsung menjadi salah satu merek tablet Android yang sangat dikenal karena kualitas dan popularitasnya. Samsung Galaxy Tab merupakan salah satu nama yang paling mudah diingat orang ketika akan membeli tablet. Namun masih ada produsen terkenal lain seperti Acer, Asus, Lenovo Sony yang notabene merek dari luar. Sedangkan merek lokal yang juga termasuk juara tablet seperti Advan, Axioo, Zyrex dan SpeedUp.

Sementara pilihan tablet dengan iOS hanyalah monopoli Apple dengan iPad nya.

Dengan mempertimbangkan beberapa faktor diatasm diarapkan anda bisa mendapatkan panduan dan pengetahuan sebaiknya memilih tablet seperti apa yang cocok dengan kebutuhan anda. Selamat memilih……

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

One thought on “Panduan Bagaimana Memilih Tablet Yang Tepat Dari Sisi Spek, Harga, OS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *