Mie Ramen – Peluang Usaha Makanan Tradisional Jepang

Mie ramen adalah jenis makanan yang berasal dari Jepang. Dan sekarang usaha gerai makanan ini sedang banyak ditemui di banyak tempat terutama di kota-kota besar. Bahkan terlihat usaha ini semakin banyak saja dengan ditandai dibukanya gerai mie ramen yang baru. Hal ini menunjukan bahwa peluang bisnis makanan mie ramen memang di sukai oleh pembeli.

Usaha Makanan Mie Ramen Ramai Dengan Banyak Gerai Bertebaran

Melihat kondisi diatas, tentu saja menunjukkan bahwa bisnis kuliner seperti mie ramen ini menjadi peluang usaha yang bagus. Apabila saat ini anda sedang menjadi jenis usaha makanan yang sedang booming dan banyak pembeli, bisa jadi jualan makanan seperti mie ramen ini adalah salah satu alternatif yang harus anda pertimbangkan. Namun seperti apa sih usaha makanan Jepang berbahan dasar mie ini. Anda bisa lihat dibawah ini.

usaha makanan mie ramen
Bisnis kuliner mie ramen yang sedang populer dan ternyata diminati banyak pembeli menjadi peluang usaha yang bagus

Seperti Apa Bisnis Mie Ramen

Mie

Mie ramen teryata memang memiliki rasa yang sangat nikmat. Bahan utama dari jenis kuliner ini adalah mie. Biasanya mie yang digunakan ada tiga jenis pilihan, yaitu mie kriting, mie yang berbentuk lurus serta mie khusus yang biasa disebut Barikata. Kemudian pada atu porsi mie ini dapat ditambahkan dengan berbagai bahan lain seperti udang, sayuran, ikan dan lainnya sesuai dengan paket yang dibuat oleh penjual atau sesuai dengan keinginan dari pembeli.

Bahan penyedap tambahan lainnya seperti sayur bayam, telur rebus, potongan daun bawang, ikan tuna. Telur rebus yang ditambahkan pada ramen ini biasanya berwarna agak coklat, hal ini disebabkan telur yang direbus pada cairan rebusan daging.

Kuah

Namun yang membuat makanan ini disukai oleh pembeli adalah karena memiliki rasa yang sangat menggugah pada bagian kuah. Dimana air yang digunakan untuk merendam mie terasa sangat menyegarkan dan biasanya terasa agak pedas. Apabila melihat bahan asli yang digunakan dari negara asalnya, kuah mie ramen biasanya terbuat dari air kaldu yang berasal dari daging bagi. Namun untuk menyesuaikan dengan pasar lokal Indonesia yag mayoritas muslim, maka kuah kaldu tadi diganti dengan bahan lain seperti dari daging sapi atau ayam. Namun rasa yang dihasilkan ternyata tidak kalah enaknya dengan kuah asli.

Jenis Mie Ramen

Dari negara asalnya Jepang, mie ramen memiliki cara penyajian, rasa dan kandungan yang berbeda-beda. Perbedaan ini tergantung dari daerah mana mie ramen tersebut dibuat. Masing-masing lokasi memiliki ciri khas tersendiri dalam membuat ramen. Ada daerah yang membuat mie ramen dengan campuran kuah kecap asin yang diperoleh dari kaldu ayam. Ada juga yang membuat campuran saus kecap asin dengan kaldu bawang bombay. Istilah-istilah yang ada pada penjualan ramen ini seperti kushiro ramen, kitami ramen, sakata ramen, Takeoka ramen dan banyak lainnya.

Cara Menjalankan Usaha Makanan Mie Ramen

Apabila anda berminat untuk membuka usaha makanan ramen ini, ada beberapa hal yag perlu anda perhatikan agar pembeli dapat menyukai serta meyakini bahwa makanan yang anda jual memang merkualitas, nikmat dan aman.

Kualitas

Tentu saja kualitas makanan menjadi hal penting yang ahrus anda utamakan setiap saat menjalankan usaha ini. Dengan kualitas yang baik, maka mie, kuah, bahan tambahan lain yang dibuat akan menghasilkan rasa yang nikmat dan disukai oleh pembeli. Agar anda dapat membuat mie yang baik, anda sebaiknya belajar dan mengerti bagaimana proses pembuatannya. Ata anda uga dapat mengajak tema lain yang mengerti cara membaut mie ini, dan dianggap sebagai rekan bisnis.

Aman

Keamanan makanan semakin menjadi prioritas konsumen saat ini. Konsumen semakin pitar ntk memilih makanan yang sehat da menyhatkan Kebersihan merupakan salah satu penilaian yang dilakukan oleh pembeli saat memilih tempat dan jenis makanan. Oleh karena itu kebersihan makaan harus dijaga. Selai itu, kebersihan dari lokasi tempat menjual juga harus diperhatikan. Tidak kalah penting, dikarenakan mayoritas orang Indonesia adalah umat Islam yang tidak mengkonsumsi bagai, maka anda harus menggunakan jenis bahan makaan yang memang memenuhi syarat bagi kebanyaka penduduk Indonesia. Apabila sudah menggunakan bahan makanan yang aman, anda dapat menuliskan kata “halal” pada toko, kios atau gerai mie ramen anda.

Modal Dibutuhkan Untuk Peluang Usaha Mie Ramen

Lalu seperti apa sih prospek jualan mie asal negara Sakura ini? Seperti apa perhitungan atau kalkulasi bisnis dari usaha mie ramen ini.

Berjualan mie ramen membutuhkan beberapa syarat yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah lokasi. Lokasi tempat berjualan tentu saja harus berada di tempat yang ramai agar mendpatkan banyak pengunjung. Gerai pinggir jalan, kios makanan di mall bisa menjadi pilihan yang tepat.

Fasilitas berupa toko / gerobak, alat makan, alat masak, meja, kursi, dan lainnya harus diperhitungkan dan disesuaikan dengan besar dari gerai yang akan dibuka serta proyeksi berapa banyak maksimal pengunjung persatuan waktu.

Ongkos operasional untuk beberapa bulan pertama harus disiapkan, agar pada masa awal pembukaan usaha, yang biasanya ditandai dengan sedikit pembeli, usaha tetap jalan walaupun cashflow masih rendah.

Harga mie ramen per porsinya bermacam-macam tergantung dari paket yang dipesan oleh pembeli. Biasanya harganya berada pada kisaran belasan ribu hingga puluhan ribu rupiah per mangkok. Lalu berapa banyak pembelinya perhari? Tentu saja hal ini ditentukan oleh lokasi dimana anda akan jualan makanan ini. Apabila lokasi yang anda pilih sangat strategis, tentu saja keuntungan besar siap mendatangi anda. Selain itu, promosi yang baik sangat membantu untuk meningkatkan penjualan.

Waralaba Mie Ramen

Apabila anda akan membuka usaha sendiri tanpa bantuan dari pihak lain, biaya yang dikeluarkan tentu saja akan sangat besar. Selain itu juga ada faktor resiko yang harus siap ditanggung berkaitan dengan pengalaman serta manajemen yang mungkin baru pertama kali anda temui.

Waralaba mie ramen menjadi pilihan yang baik apabila anda ingin memiliki usaha yang relatif mudah mengurusnya. Sistem franchise membantu setiap pemodal untuk mendapatkan bahan, manajemen, serta sistem lain yang sudah terbukti baik dan menguntungkan.

Salah satu peluang usaha waralaba mie ramen menawarkan modal investasi dari 30 juta hingga ratusan juta. Tergantung dari paket franchise mie rmen apa yang anda pilih. Ada paket gerobak, food court, serta mini resto.

Berapa lama balik modal dari bisnis mie ramen ini? Apabila lokasi dan cara pemasaran anda sangat baik, maka diperkirakan BEP mie ramen ini ada pada bulan ke 7 hingga 1 tahun. Namun perhitungan tersebut bisa saja berbeda dari satu lokasi dengan lokasi lain karena banyak faktor yang menentukan.

Apabila anda terbaik untuk mencoba peluang usaha makanan mie ramen ini, sebaiknya anda mulai survey dari sekarang. Selamat mencoba.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *