Meraup Rupiah dari Peluang Usaha Ternak

Menajalani usaha ternak bisa dibilang menyenangkan. Ibaratnya, anda sedang meraup untung dengan merawat ciptaan tuhan. Bahkan, ada penelitian yang menyebutkan, dengan memelihara binatang bisa memberikan ketenangan pada pikiran kita loh. Usaha ternak memang sangat potensial, apalagi banyak yang bisa diambil dari usaha ternak ini. Misalkan, pada usaha ternak kambing, bagian dagingnya bisa diambil menjadi olahan makanan, bagian kulitnya bisa diolah menjadi kulit bedug, dan bagian kotorannya bisa diolah menjadi pupuk kompos.

Apalagi saat ini banyak sekali rumah makan yang membutuhkan daging yang segar setiap harinya. Sehingga hal ini memaksa para peternak untuk terus meningkatkan jumlah hewan ternaknya supaya bisa memenuhi kebutuhan rumah makan tersebut setiap harinya. Saat ini, jumlah permintaan akan hewan ternak seperti kambing, sapi, ayam, dan lainnya lebih tinggi ketimbang pemasok atau suppliernya. Nah..berikut ini beberapa macam usaha ternak yang sangat potensial untuk dijalani, silakan disimak ya:

Macam-Macam Peluang Usaha Ternak Yang Menguntungkan

Peluang Usaha Ternak

Usaha Ternak Bebek Pedaging

Saat ini permintaan akan daging bebek cukup besar, hal ini dikarenakan sudah mulai banyak restaurant bebek yang mulai berkembang pesat. Untuk menjalankan ternak bebek, pilihlah bibit bebek yang unggul, caranya pilih bibit yang memiliki bobot tubuh yang normal, tidak cacat, bulunya halus, dan jalan bebek pun normal. Pilih lahan yang jauh dari pemukiman warga supaya suara bebek dan juga bau kotorannya tidak mengganggu kenyamanan warga yang ada disekitarnya.

Berikan pakan bebek secara rutin, tambahkan juga asupan vitamin agar bebek tidak mudah terserang penyakit. Bebek pedaging siap dipanen dagingnya ketika berumur 40 hari. Namun, sebelum dipanen pastikan terlebih dahulu kesehatan si bebek, agar kualitas daging bebek tetap terjaga.

Usaha Ternak Jangkrik

Jangkrik seringkali dijadikan pakan ikan dan juga burung. Melihat perkembangan usaha burung dan ikan yang kini mulai bertambah dan terus meningkat, maka bisa dibilang usaha ternak jangkrik sangat potensial. Namun, ada juga harus tahu bahwa ada lebih dari 1000 jenis jangkrik dari berbagai varietas. Sedangkan jangkrik yang dijadikan pakan burung dan ikan berasal dari varietas Gryllus Mitratus dan Gryllus Testaclus.

Berikan pakan berupa voor atau dedek yang dicampur dengan kacang kedelai dan vitamin untuk jangkrik. Untuk ternak jangkrik, anda tidak perlu menggunakan lahan yang terlalu luas. Namun, pastikan lahan yang akan digunakan jauh dari keramaian. Jangkrik siap dijual ketika berumur 55-70 hari, dimana sayapnya sudah mulai tumbuh dan bobot tubuhnya juga sudah cukup berat.

Ternak Hamster

Siapa sih yang tidak suka dengan binatang yang imut dan lucu ini? Usaha ternak hamster memiliki potensi yang sangat bagus. Hal ini dikarenakan, hamster memiliki banyak peminatnya dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Dalam menjalankan usaha ternak hamster, sebaiknya anda pilih indukan yang sehat, tidak cacat, gerakannya lincah, dan nafsu makannya juga bagus.

Selain itu, siapkan kandang yang berukuran sedang. Anda bisa menggunakan aquarium bekas untuk dijadikan kandang hamster. Letakan indukan hamster yang sudah siap kawin dalam satu kandang. Lapisi bagian bawah kandang dengan serbuk kayu, berikan permainan agar hamster tidak merasa stress. Ketika indukan hamster betina melahirkan, letakkan hamster betina dan anak-anaknya di kandang yang terpisah dari pejantan. Ketika anak hamster sudah mulai tumbuh besar, bagian bulunya sudah tumbuh merata dan sudah bisa berlari dengan lincah maka sudah siap jual. Harga hamster kecil kisaran Rp 10.000-Rp15.000.

Silakan anda pilih peluang usaha ternak yang sesuai dengan minat atau hobi anda. Selain itu, usaha ternak juga memiliki pangsa pasar yang masih terbuka lebar. Sebaiknya, anda tambah juga pengetahuan mengnai seluk beluk usaha ternak yang akan anda jalani, sehingga dapat meminimalisir resiko yang ada.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

One comment

  1. Ternak hamster nih yang di tempat saya belum ada. Sepertinya menarik untuk dijadikan peluang usaha. Untuk hamster, apakah perlu diberi vitamin juga? Kalau perlu, jenis vitaminnya apa saja?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *