Cara Saya Mengatasi Efek Google Panda 4.1 Update Algoritma Terbaru

Cara mengatasi efek Google algorithma terbaru Panda 4.1. Buat yang memiliki web seperti pada BetaBicara.com ini, pasti saat ini sedang galau, terutama bila melihat adanya penurunan kunjungan ke blog atau website mereka. Ya, hal ini sedang banyak dialami oleh para pemilik blog yang kehilangangan banyak visitor akibat adanya update algoritma terbaru dari Google yaitu Panda 4.1. Lalu bagaimana supaya dapat mengurangi akibat dari Google Panda tersebut? Silahkan simak artikel ini.

Bagaimana Situs Mendapatkan Pengunjung dari Mesin Pencari Google

Sebelum mengenai lebih jauh apa itu Google Panda 4.1 dan mengetahui bagaimana cara mengatasi visitor menurun akibat update Panda, sedikit penjelasan seperti apa sebuah blog kehilangan pengunjung akibat adanya update di Google. Secara umum atau biasanya, blogger atau mereka yang memiliki blog gratis atau berbayar (baca juga : Cara Buat Blog Di WordPress.com Secara Detail Untuk Pemula) di internet, berusaha mendapatkan pengunjung dari mesin pencari atau search engine terbesar yaitu Google. cara agar banyak pengunjung yang datang ke website, adalah dengan menjalankan SEO yang merupakan istilah dari Searh Engine Optimization. Dimana,setiap blog dilakukan optimisasi agar pada hasil pencarian di Google berada di urutan tertinggi berdasarkan pasar atau niche yang ditargetkan. Lebih detilnya lagi adalah dengan mengusahakan agar halaman dari blog bahkan dari domain tersebut dapat muncul di posisi satu atau halaman pertama dari kata kunci yang ditarget.

Google selaku pemilik mesin pencari, memliki alat filter yang dapat menyusun peringkat siapa yang berhak mendapat posisi tertinggi di hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu. Google memiliki sistem tersendiri yang dapat menilai bagaimana sebuah halaman sebuah blog layak berada diposisi di Google. Dimana ssistem filterisasi itu di=bentuk dalam sebuah algoritma Google. Dan saat ini yang baru saja di update adalah Google Panda 4.1.

Apa Itu Google Panda 4.1

Binatang Panda yang Lucu dan Menggemaskan
(wallyear.com)

Namanya memang lucu ya, Google Panda 4.1 menggunakan nama binatang yang memang imut sekali yang ada di Tiongkok sana. Google Panda hanya merupakan sebuah sistem filterisasi atau algoritma milik Google. Google Panda versi pertama mulai dikeluarkan pada bulan Februari 2011. Dimana algoritma ini berfungsi untuk menilai seberapa tinggi kualitas sebuah situs. Apabila situs tersebut memiliki kualitas yang tinggi, maka dia berhak untuk memiliki peringkat yang tinggi di mesin pencari. Namun bila dianggap kualitasnya rendah, maka situs akan melorot urutannya di halaman yang nyaris tak terlihat.

Google Panda 4.1 sendiri merupakan versi algoritma yang membidik kualitas sebuah artikel yag mempengeruhi penilai situs secara keseluruhan. Seorang analis webmaster, Pierre Far, menyebutkan bahwa update Panda 4.1 dibuat untuk menseleksi situs yang memiliki kualitas rendah atau istilahnya “thin content”. Sebenarnya, tidak jelas benar seperti apa sistem penyusunan peringkat atau ranking Google berdasarkan kualitas konten yang buruk dengan yang baik, karena “Google Memang Tidak Pernah Menyebutkan secara Jelas” sistem mereka.

Namun saat ini bila blog atau situs anda sedang mengalami penurunan visitor akibat adanya update Google ini, anda tidak perlu panik. Karena tidak hanya anda saja yang mengalaminya, banyak para pemilik situs besar dengan pengunjung tinggi juga mendapatkan efek yang sama akibat update algoritma terbaru ini.

Setidaknya anda bisa berusaha mengikuti tips bagaimana cara saya mengatasi efek dari Panda 4.1 dibawah ini agar jumlah pengunjung bisa kembali seperti normal.

[sociallocker]

Faktor Yang Dibidik dari Gogle Panda

Faktor-faktor apa saja sih yang dinilai oleh Google dari algorithma Panda ini? Berdasarkan Google, situs yang mendapat hukuman dari algoritma Panda ini adalah yang memiliki karakater SEO onpage seperti, :

  1. Terlalu banyak iklan
  2. Konten yang sedikit
  3. Duplikat konten atau plagiarisme
  4. Kecepatan loading yang rendah
  5. Navigasi yang buruk

Tips Bagaimana Menganalisa Turunnya Pengunjung Akibat Google Panda 4.1

Ini langkah yang perlu dilakukan menghadapi algo terbaru.

Ketahui Apakah Situs Anda Terkena Penalti

Anda harus mengetahui dahulu apakah situs anda mengalami penurunan pegunjung yang tajam atau malah sebaliknya sejak tanggal 25 September 2014 kemarin. Bila penurunan yang terjadi, bisa jadi situs anda terkena efek dari algoritma baru ini. Caranya adalah dengan melihat dari statistik yang anda gunakan. Biasanay pemilik blog mengandalkan Google Analytics, Google Webmaster Tool, atau juga model statistik lain seperti histats, atau addfreestats.

Google Webmaster Tool. Untuk menganalisa apakah situs atau blog anda terkena penalti dari Google, silahkan buka halaman seperti pada gambar dibawah ini.

Gunakan Google Webster tool untuk analisa posisi situs

Klik tombol “With change” pada bagian bawah.
Tekan tombol

Anda bisa melihat bagaimana perubahan posisi halaman artikel blog anda di Google. Apakah ada kenaikan atau justru penurunan yang tajam.

Google Webmaster Tool untuk melihat perubahan peringkat di mesin pencari

Google Analytics. Pada Google analytics, anda bisa menganalisa pada data bagian bounce rate dengan membuka pada bagian : Google Analytics > Your Site > Behavior > Site Content > Landing Pages > Bounce Rate.Atau dapat dilihat pada gambar dibawah ini :
Google Analytics untuk analisa bounce rate tertinggi

Analisa Bounce Rate. Pada bagian ini kita mencari halaman mana saja di blog yang memiliki bounce rate tertinggi. Boumce rate artinya adalah pengunjung yang melihat halaman tersebut dan langsung keluar blog tanpa melihat halaman lain di blog yang sama. Semakin tinggi angka bounce rate, maka semakin jelek halaman tersebut di mata Google. Perhatikan, halaman yang memiiki bounce rate lebih dari 50% harus dibaut menjadi lebih rendah. Kisaran maksimal angka terbaik adalah 30%, semakin kecil angkanya semakin baik. Anda harus mampu membuat pengunjung untuk betah lama-lama membaca halaman tersebut atau berpindah kehalaman lain di blog tadi.

Kemungkinan Google melihat halaman yang memiliki tingkat bounce tinggi, dianggap konten yang poor atau miskin. Disini yang dianggap blog memiliki “thin content“. Sehingga anda harus fokus untuk memperbaiki halaman yang memiliki nilai bruk tersebut.

Langkah Memperbaiki Blog Yang Terkena penalti Panda 4.1

Lalu apa yang harus anda lakuan setelah mengetahui apakah blog anda terkena efek Google Panda 4.1? Berikut tips yang perlu dilakukan agar blog menjadi sehat dan jumlah pengunjung banyak kembali.

Edit atau Hapus

. Pertimbangkan, apakah halaman dengan bounce rate tinggi akan di edit atau dihapus saja. Apabila anda masih sanggup untuk memperbaiki page tersebut denga meambahkan tulisan yang lebih banyak, maka sebaiknya di edit saja. Namun bila anda pikir sudah tidak memiliki ide lagi untuk menambah kalimat atau lainnya, sebaiknya dihaus saja dengan menggunakan “redirection” ke halaman lainnya, sehingga pengunjung tidak mendapati halaman error atau 404.

Hindari Copy Paste

. Apabila editing menjadi pilihan utama anda, jangna sekali-kali melakukan plagiarisme atau copy pste artikel dari blog milik orang lain. Karena Google sangat membenci hal tersebut dan dapat berakibat blog anda hilang dari peredaran mesin pencari Google.

Tambah nilai yang bermanfaat

. Bila ada ingin edit pada artikel lama terutama yang memiliki bounce rate tinggi, maka tambahkan nilai atau tulisan yang bermanfaat untk pengunjung. Atau setidaknya buatlah artikel dengan kata sebanyak 1000 hingga 1500 kata. Tambahkan tips dan how-to yang menarik dan berguna bagi pembaca.

Menambakan video

. Untuk mengurangi tingkat bounce rate, buatlah pengunjung betah pada halaman anda. SAlahs atu caranya adalah dengan menambahkan video yagn sesuai dengan artikel tersebut. Bila artkel membicarakan mengenai sepakbola, maka bisa ditambahkan video yang memperlihatkan bagaimana seorang penyerang mampu membuat gol yang indah.

Tambahkan Slide

. Cara lain agar pengunjung tidak segera meninggalkan halaman tersebut adalah dengan membuat halaman slide. Caranya bagaimana membuat slide yang mudah? Gampang, anda hanya perlu membuat slideshow menggnakan Microsoft PowerPoint, kemudian upload halaman tersebut di Slideshare.net. Setelah itu ambil kode untuk embed slide dari Slideshare tadi ke halaman blog anda. Mudah kan.

Tambahkan Alt tag pada gambar

. Google telah memberikan trik agar gambar dapat membantu memudahkan pengunjung melihat halaman milik anda. Denga meambahkan kdoe Alt tag dengan kalimat yang sesuai dengan kata kunci, maka Google akan mudah mendapatkan blog anda.

Posting artikel setiap hari

. Google sangat senang dengan blog yang selalu di update. Selama dalam masa perbaikan akibat terkenal Panda 4.1, sebaiknya anda melakukan update dengan membuat artikel setiap hari. Buatlah artkel setidaknya 1000 kata untuk setiap post.

Hindari Kata Kunci Berlebih

. Sudah lama disebutkan bahwa keywore stuffing sangat buruk untk mendapatkan peringkat di Google. Menggunakan kata kunci secara bijak dalam artikel menjadi kunci posisi tertinggi di search engine.

Hilangkan iklan Berlebih

. Bila blog anda banyak menampatkan iklan di berbagai sisi, sebaikny dikurangi dahulu.

Loading di percepat

. Kecepatan loading sebuah halaman menjadi ukuran kekuatan persaingan di mesin pencari. Oleh karena itu perhatikan seberapa cepat load dari halaman artikel nada. Apabila lambat, pertimbangkan untuk pindah hosting.

Bagaimana Cara Cepat Mengakses Halaman Internet dengan Gratis

Desain Yang Mudah

. Desain yang sederhana, biasanya memudahkan para pembaca untuk menelusuri semua halaman web anda. Selain itu, desain yang simpel dapat membantu mempercepat loding sebuah website atau blog.

Nah sementar itu saja dulu tips bagaimana cara memperbaiki blog yang terkena hukumand ari Google Panda 4.1 seperti yang sedang saya lakukan ini. Semoga cara ini dapat bermanfaat untuk anda.[/sociallocker]

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

2 thoughts on “Cara Saya Mengatasi Efek Google Panda 4.1 Update Algoritma Terbaru

  1. iya nih ngaruh banget si panda 4.1. kalo aku masalahnya visitor naik, tapi alexa turun terus 🙁

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *