Cara Memulai Bisnis Tanpa Modal Hanya Dengan Keberanian

Update 4 Maret 2017
Cara Memulai Bisnis Tanpa Modal Hanya Dengan Keberanian – Pusing juga kalau setiap akan memulai bisnis harus mencari modal yang besar. Apalagi bila yang dimaksud modal tersebut adalah uang dalam jumlah yang besar. Karena tidak semua orang bisa memulai usaha tapi harus mempunyai uang terlebih dahulu. Kebanyak mencari peluang bisnis justru untuk mendapatkan uang. Tapi jangan pernah khawatir, karena berikut ini ada tips dan trik bagaimana cara memulai usaha tanpa memerlukan modal uang samasekali.

Modal Uang Bukan Syarat Utama Untuk Memulai Bisnis

Gambar Bisnis Tanpa Modal
Dengan kreatifitas dan keberanian, bisnis dapat mulai dijalankan tanpa harus mengumpulkan uang terlebih dahulu.

Mungkin untuk yang baru memiliki keinginan mempunyai bisnis sendiri, selalu berpikir bahwa tidak mungkin menjalankan bisnis tanpa modal uang. Anggapan yang kuat bahwa untuk memiliki usaha harus memiliki modal uang yang banyak. Padahal anggapan tersebut tidaklah benar samasekali. Karena selalu tertanam di pikiran bahwa uang menjadi syarat penting untuk memulai sebuah usaha. Akibatnya banyak dari mereka awalnya sudah memiliki ide usaha yang ingin dijalankan, akhirnya harus menguburkan niat punya usaha sendiri karena tidak tersedia uang yang cukup di tabungan.

Dari pengalaman penulis yang sempat bertemu dengan orang-orang yang ingin membuka usaha, selalu menghitung segala kebutuhan yang harus dimiliki dan kemudian dibeli menggunakan uang yang tidak sedikit. Dengan cara berpikir seperti ini ustru menghambat langkah pertama yang penting untuk menjalankan peluang usaha dengan modal kecil dari rumah menjadi langkah yang besar berupa sukses dimasa depan. Agar ketakutan tidak adanya modal uang menjadi penghambat yang kronis, penulis mencoba membantu sedikit cara mendapatkan “modal” usaha tanpa menguras tabungan.

Ternyata anggapan modal uang menjadi syarat penting agar usaha bisa dijalankan, tidak selalu benar, karena ada trik yang dapat anda lakukan untuk bisa memulai usaha tanpa harus menggunakan uang terlebih dahulu sepeti dijelaska pada info peluang bisnis berikut ini. Cara ini juga cocok digunakan sebagai bisnis sampingan untuk karyawan atau juga ibu rumah tangga.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Tanpa Modal Uang

Saat ini saja dari yang penulis tahu, ada banyak pemilik bisnis yang namanya sudah banyak dikenal orang, dan sering mendapatkan order dari pembeli. Padahal sebenarnya mereka ketika pertama kali menjalankan bisnis, tidak memiliki modal uang sepeserpun. Bahkan sampai berjalannya bisnis tersebut tetap saja tidak membutuhkan modal uang. Berikut ini tips mulai menjalankan bisnis tanpa perlu modal uang.

Memulai Bisnis Tanpa Modal Dengan Mencari Produk Yang ada Fisiknya

Coba anda mencari tahu siapa teman, rekanan atau juga kenalan yang memiliki produk berupa barang. Bila saat ini anda lupa siapa saja dari kenalan yang anda tahu memiliki produk, coba lihat kebali daftar nomor telpon atau uga akun media sosial di Facebook. Siapa tahu ada teman lama sewaktu sekolah atau kuliah sedang memiliki usaha memproduksi barang. Jenis barang dimaksud dapat berupa kaos, jaket, baju, dompet, topi, aksesories, magnet kulkas atau jenis lainnya.

Negosiasi Dengan Pemilik Produk

Setelah anda mengetahui siapa saja teman-teman yang memiliki usaha membuat barang, hubungi mereka dengan pendekatan secara pribadi. Sampaikan maksud anda untuk ikut menjual produk mereka dengan cara anda sendiri. Dalam hal ini anda bertindak sebagai reseller atau orang yang menjual kembali produk kepada pelanggan anda sendiri. Usahakan anda tidak diminta untuk membeli produk mereka terlebih dahulu. Karena cara memulai usaha tanpa modal ini adalah hanya membeli barang dari produsen ketika ada pesanan.

Mengapa sistem reseller menjadi cara usaha tanpa modal yang dipilih. Karena saat ini banyak sekali yang menjalankan bisnis tanpa memiliki barang terlebih dahulu. Pemilik bisnis memiliki kerja sama yang baik dengan pemilik barang. Bahkan banyak juga pemilik barang yang senang bekerja sama dengan reseller agar produk mereka cepat laku dan perputaran uangnya menjadi tinggi.

Pada saat negosiasi, minta harga yang terbaik yang masih memungkinkan untuk dijual di pasaran. Karena apabila harga yang diberikan kepada terlalu tinggi, bisnis anda tidak akan dapat bersaing dengan usaha sejenis. Memulai survey kecil-kecilan untuk mengetahui harga barang sejenis yang ditawarkan disekitar anda dan juga di internet.

Mengambil Gambar Produk

Setelah mendapat persetujuan untuk kerjasama dan harga bersaing dari pemilik produk (sekarang menjadi rekanan bisnis), anda dapat meminta ijin untuk mengambil gambar menggunakan kamera setiap produk yang memiliki prospek baik dan diperkirakan dapat memberikan keuntungan yang besar.

Kamera yang digunakan dapat berupa kamera dari handphone atau juga kamera apa saja. Setidaknya kualitas gambar yang dihasilkan cukup jelas untuk dapat dilihat dalam ukuran yang wajar. Hampir setiap orang memiliki smartphone dengan fitur kamera yagn sudah cukup emadai. Kamera ponsel dengan resolusi 2.3 pixel sudah memadai untuk mendapatkan foto produk yang jelas. Akan lebih baik lagi bila memfoto produk menggunakan kamera dengan resolusi yang lebih besar lagi.

Ambil gambar produk dari beberapa sudut seperti dari depan, samping, atas, bawah. Pastikan cahaya ketika melakukan pengambilan gambar cukup memadai supaya foto barang didalam foto dapat terlihat dengan baik.

Edit Foto

Agar foto nantinya tidak dimanfaatkan oleh pihak lain, melakukan editing menggunakan komputer dengan memberi tulisan atau logo berupa watermark merupakan ide yang baik. Program edit gambar seperti Photo Shop merupakan software yang bagus untuk maksud tersebut. Apabila anda tidak mengerti menggunakan perangkat lunak tersebut, gambar saja. Ketika sedang foto produk, dapat dimasukkan tulisan dalam kertas berupa alamat situs, blog atau juga FB tempat dimana anda akan mempromosikan barang tersebut.

Membuat Akun Di Media Sosial

Langkah penting yang harus dilakukan adalah membuat akun di beberapa layanan situs gratis termasuk mesia sosial. Dan ini merupakan salah satu cara menghasilkan uang dari internet yang mudah. Sebelum mulai buka akun di situs-situs tersebut, anda harus sudah memiliki email terlebih dahulu. bila masih juga belum memiliki email, silahkan ikuti petunjuk cara membuat email di Yahoo, atau juga Gmail dan layanan gratis lainnya.

Dan berikut ini daftar situs dimana anda harus membuat akun sendiri :

  • Blog Gratis. BAnyak sekali layanan blog gratis di internet Namuna ada beberapa layanan yang memberi banyak keuntungan bagi anggotanya. Beberapa diantaranya adalah :
    • Blogger
    • WordPress,
    • blog gratis lainnya

    Untuk mencari layanan blog yang gratis lainnya, anda dapat mencarinya lewat layanan mesin pencari Google dengan memasukkan kata “free blog”. Jangan takut dengan bahasa dari layanan tersebut bila anda tidak apat berbahasa Inggris, karena ada pilihan untuk mengganti menjadi bahasa Indonesia. Bila tidak ada cara mengganti bahasa, masukkan kata-kata yang tidak dimengerti ke dalam “Google Translate” untuk mengerti maksudnya. Anda dpat membaut situs bisnis tanpa modal sendiri ditempat tersebut.

  • Website Gratis. Begitu juga dengan web gratis yang banyak ditawarkan di internet. Namun kebutuhan membuat situs gratis menjadi tidak penting bila anda sudah membaut satu blog gratis diatas. Beberapa layanan web gratis seperti Wix, Webs, Weebly dan lainnya.
  • Facebook / Fan Pages. Memiliki akun di FB sangat penting pada saat ini. Karena dengan banyaknya pemilik dan pengguna Fb di seluruh dunia, merupakan kesempatan yang baik untuk mempromosikan produk kepada friend atau teman di internet.
  • Gogle Plus. Apabila memiliki akun di Gmail, maka secara langsung setiap pengguna akan mendapatkan fasilitas Google Plus, atau juga dikenal denga istilah G+ atau Google+
  • Path
  • Instagram
  • Twitter
  • Video Online. Situs berbagi video gratis banya sekali di internet seperti Youtube, Vimeo,
  • Foto Online. Layanan foto sharing online seperti Flickr layang dimiliki.
  • Slide Online

Membuat Akun Di Situs Jual Beli Online

Di internet ada banyak sekali situs yang memang dibuat khusus untuk menawarkan barang dan jasa. Istilahnya situs e-commerce. Atau situs jual beli barang. BArang dan jasa apa saja dapat ditawarkan pada situs tersebut. Dan enaknya anda dapat menjadi anggota hanya dengan membaut akun (seperti ketika membuat email baru) tanpa harus membauar sedikit pun.

Berikut ini daftar situs jual beli online yang sebaiknya anda memiliki akun untuk bisnis tanpa modal.

  • Kaskus.co.id
  • Berniaga.com
  • Olx.co.id
  • Bukalapak.com
  • Tokopedia.com

Masih ada beberapa layanan belanja online yang bisa dicoba untuk dimanfaatkan untuk menawarkan barang.

Upload Foto

Masukkan foto-foto yang telah dibaut dan diedit diatas ke semua account di situs, blog, media sosial dan jual beli tadi. Beri keterangan yang jelas pada judul, deskripsi serta masukkan nomor kontak yang mudah dihubungai seperti no handphone, pin bb, whatsapp dan lainnya.

Sebar Link

SEbarkan semua link dari akun blog, web, media sosial ke banyak tempat. Terlibat dalam komentar yang bermanfaat disetiap forum. Dengan memberikan signature pada bagian profile, dapat membaut setiap pengumjung forum tersebut dapat melihat apa yang anda tawarkan.

Komunikasi Aktif Di Media Sosial

Aktif dalam media sosial sangat membantu sekali untuk menanamkan image yang baik mengenai siapa diri anda. Dengan semakin aktif memberi tanggapan dan jawaban yang bermanfaat bagi pengguna forum atau juga blog, dapat meningkat popularitas diri anda. Karena semakin tinggi nilai populritas seseorang, akan semakin udah untuk menawarkan dagangan yang dimiliki.

Setidaknya dengan trips dan trik sederhana cara memulai bisnis tanpa modal ini, anda sudah bisa memiliki usaha dan penghasilan yang menjanjikan dan menguntungkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *