Membuka Bisnis Salon Kecantikan Wanita : 5 Kunci Sukses Harus Anda Ketahui

Setiap orang ingin bisnisnya sukses, begitu juga ketika anda berniat membuka bisnis salon kecantikan wanita. Tentu setiap calon pemilik bisnis kecantikan ini akan memiliki banyak pertanyaan seperti :

  1. Bagaimana cara agar bisnis salon berhasil
  2. Faktor apa yang menentukan berhasil tidaknya bisnis salon
  3. Mengapa bisnisi salon bisa berhasil
  4. Apa yang harus dihindari agar bisnis salon tidak gagal

Ini dia jawabannya

Kunci Sukses Membuka Bisnis Salon Kecantikan Wanita
Setiap bisnis memiliki karakteristik tertentu dalan menjalankannya. Sama halnya dengan menjalankan bisnis salon kecantikan wanita. Apalagi bila anda fokus pada bagimana caranya supaya bisnis perawatan kecantikan wanita anda berhasil .

Agar tidak melakukan kesalahan dalam menjalankan bisnis salon ini, maka sebaiknya anda merenung dan berpikir sejenak sebelum memulai berinvestasi pada bisnis salon ini.

Karena apabila anda tidak memiliki pengetahuan, informasi dan perencanaan yang matang dalam bisnis ini, dikhawatirkan bisnis anda bisa gagal ditengah jalan, dan tentu saja anda akan kehilangan uang investasi, peralatan dan yang paling berbahaya adalah kehilangan semangat.

Kunci Keberhasilan Membuka Bisnis Salon Kecantikan Wanita

Perhatian dengan detil setiap point yang dijelaskan diberikut ini.

Minat

Faktor penting saat anda berpikir untuk memiliki sebuah bisnis salon kecantikan wanita adalah, “apakah anda memiliki minat mengenai kecantikan wanita” secara keseluruhan?

Minat atau passion merupakan jiwa dari sebuah bisnis. Tanpa minat, maka anda akan mudah kehilangan gairah.

Kesannya sederhana, namun sangat kritis dan krusial. Karena tanpa minat, anda tidak akan pernah bisa bereksplorasi dalam bisnis kecantikan, sementara para kompetitor anda memiliki banyak ide yang membuat para pelanggan selalu membutuhkan layanan dan produk yang segar, baru dan selalu up to date.

Kemampuan atau Skill

Memiliki kemampuan dalam bisnis salon kecantikan wajah dan rambut menjadi mutlak. Karena tanpa skill tersebut, anda tidak akan pernah memberi hasil yang dapat memuaskan pelanggan anda.

Apabila pelanggan kecewa, tentu saja mereka tidak akan pernah datang lagi ke salon anda, yang berarti anda akan segera tutup.

Anda bisa menilai sendiri seberapa tinggi kemampuan dalam memotong rambut, merawat wajah. Kemudian bandingkan kemampuan tersebut dengan pesaing anda. apabila kemampuan anda masih dibawah dari standar yang seharusnya, sebaiknya anda berpikir ulang. Atau anda bisa mengambil kursus salon dan kecantikan terlebih dahulu.

Dana Investasi

Tentu anda sudah tahu bahwa peralatan salon tidaklah murah. Dan hal ini mengharuskan anda untuk mempersiapkan uang investasi yang tidak sedikit saat diawal membuka bisnis salon kecantikan wanita.

Sebagai langkah awal, anda harus bisa menghitung seberapa besar skala bisnis salon kecantikan yang akan anda jalankan.

Apakah anda hanya akan membuat usaha salon kecil-kecilan berupa usaha rumahan, atau bisnis perawatan tubuh wanita yang melayani banyak hal seperti rias pengantin, perawatan wajah, perawatan kulit dan lainnya.

Intinya siapkan data tersebut, jangan sampai ada barang atau alat yang seharusnya anda miliki, namun tidak bisa terbeli karena dananya kurang.

Dana Operasional

Seringkali banyak pemula dalam bisnis hanya memikirkan dana investasi untuk pembelian alat.  Namun sebenarnya ada dana lain yang harus anda persiapkan, yaitu dana operasional.

Apa itu dana operasional bisnis salon? Yaitu dana yang rutin dikeluarkan setiap persatuan waktu (seperti per minggu atau perbulan. Biasanya hitungannya perbulan).

Dana atau uang operasional biasanya digunakan untuk :

  1. Membayar tempat salon apabila anda mengontrak gedung atau ruko.
  2. Membayar gaji pegawai, bila ada.
  3. Membayar tagihan listrik, air, retribusi, parkir dll.
  4. dll

Lokasi

Bisnis salon sangat berkaitan erat dengan dimana lokasi usaha layanan kecantikan wanita anda berada. Semakin mudah dijangkau, akan semakin mudah pelanggan datang, dan tentunya akan membuat bisnis anda semakin berkembang.

Selain itu anda juga harus mempertimbangkan kemampuan daya beli calon pelanggan anda dimana lokasi bisnis anda berada. Apabila lokasi salon berada di daerah dengan kemampuan ekonomi rendah, anda harus menyesuaikannya dengan citra bisnis anda, atau anda memilih lokasi yang lebih cocok dengan tema bisnis anda.

Promosi

Promosi menjadi langkah penting agar salon anda segera dikenal oleh banyak calon pelanggan. Cara promosi dapat dilakukan dengan berbagai trik konvensional seperti penyebaran brosur, memasang leaflet, memasang spanduk, dll.

Dengan memanfaatkan teknologi, anda bisa membuat akun media sosial seperti di Facebook, Twitter, Instagram, atau Google+. Blog bisa menjadi sarana untuk berita mengenai layanan yang anda berikan dan juga pemberian diskon.

Demikian kunci sukses membuka bisnis salon kecantikan wanita yang perlu anda ketahui agar tidak gagal dikemudian hari.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *