Instagram Bisnis : 10 Cara Memanfaatkan Instagram Untuk Usaha Dan Jualan

Instagram Bisni s- Memanfaatkan Instagram untuk bisnis seperti jualan , promosi, iklan dan lainnya perlu anda pertimbangakan. Mengapa? Karena dengan besarnya jumlah pengguna aktif Instagram dari seluruh dunia, memberi potensi yang luar biasa untuk terjadinya pertukaran barang, jasa dan finansial. Lalu bagaimana cara memanfaatkan instagran untuk bisnis, berikut tipsnya.

Instagram Dan Bisnis

Instagram Bisnis :  Cara Memanfaatkan Instagram Untuk Bisnis

Instagram merupakan situs berbagi gambar, video singkat, live streaming yang akhir-akhir ini semakin populer digunakan oleh banyak orang diseluruh dunia. Dengan kepopulerannya tersebut, banyak pengguna yang memanfaatkan situs dan juga aplikasi sosial media di android tersebut sebagai lahan bisnis. Dengan fungsi dasar sebagai tempat menampilkan foto dan video yang dapat dibagikan kepada teman-teman, Instagram bisnis memanfaatkan fitur tersebut sebagai layaknya sebuah toko online atau media periklanan.

Diperkirakan, tahun ini saja, pengguna aktif Instagram telah mencapai angka 600 juta dan ada 40 milyar foto yang disebarkan.

Lalu apakah hanya dengan menampilkan foto dan video produk atau jasa yang anda miliki, dengan serta merta dapat membuat bisnis anda laris manis dan sukses? Tentu tidak! Ada beberapa langkah yang perlu anda lakukan agar bisnis di Instagram yang nada lakukan dapat meraih sukses besar. Ini dia langkahnya :

Cara Memanfaatkan Instagram Bisnis

Berikut ini langkah dan cara sederhana agar bisnis instagram anda dapat dimanfaatkan dengan maksimal untuk bisnsi atau usaha opnline.

1. Profile Yang Menarik

Kesan pertama merupakan point penting agar pengunjung Instagram anda merasa nyaman, senang dan ingin berkunjung kembali kepada suatu saat. Buatlah nama yang mudah diingat dan menyenagkan yang berkaitan dengan usaha anda. Manfaatkan foto profile yang menggunga, mudah diingat dan menarik. Foto yang menakutkan dan menyeramkan dapat membuat pengunjung instagram anda malas untuk kembali.

2. Aktif

Dari kebanyakan pemilik akun Instagram yang berhasil seperti cara mendapatkan uang dari instagram ala Morris dan Bullen yang mampu memperoleh penghasilan hingga milyaran, bahwa selalu aktif memposting foto dan video selama perjalanan wisata mereka.

Anda dapat mencontoh langkah diatas dengan selalu aktif memposting berbagai macam produk, fungsi produk atau kegiatan dari pemasaran jasa yang anda promosikan. Dengan semakin aktif anda memposting foto dan video, maka pengunjung akan memiliki keingintahuan mengenai berita update yang anda bagikan dari akun Instagram.

Setidaknya anda melakukan 5 hingga 10 posting pada Instagram bisnis anda. Atau dapat disesuikan dengan kemampuan anda atau melihat dari sisi kenyamanan followers anda.

Baca : Cara Menambah Followers Isntagram Sebanyak Mungkin dengan Cepat Dan Gratis

3. Promosi Silang Dengan Akun Media Sosial Lain

Instagram tidak membatasi pemilik akun untuk melakukan promosi silang terhadap aplikasi media sosial lainnya seperti Facebook, Flickr, Twitter dan lainnya. Sebaiknya anda memanfaatkan fitur tersebut, mungkin saja tidak semua follower anda menggunakan Instagram, namun mereka tetap mendapatkan update mengenai bisnis yang anda lakukan.

4. Interaksi

Internaksi dan komunikasi dengan pemilik akun Instagram lain baik melalui tag, komentar dapat membantu meningkatkan jumlah pengikut atau follower instagram bisnis anda. Menjawab komentar dari follower disetiap postingan foto dan video dapat membantu meningkatkan pertemanan dan loyalitas.

Pengikut yang loyal, lambat laun dapat menjadi pelanggan anda dan dapat membantu menyebarkan promosi serta meningkatkan citra brand produk atau jasa anda.

5. Manfaatkan Hashtag

Hashtag merupakan fitur yagn dapat dimanfaatkan untuk meng-kategori-sasikan postingan anda. Menambahkan hashtag disetiap postingan sangat dianjurkan, agar pengunjung selain follower anda dapat menemukan anda melalui hashtag tersebut.

Sebagai ide, anda dapat mengikut hashtag yang dilakukan oleh kompetitor anda, atau komunikas yang sesuai dengan prodk atau jasa anda.

Baca juga : Cara Live Streaming Video di Instagram Lewat Hp Smartphone

6. Memberi Diskon

Memberi diskona dari setiap produk atau jasa yang anda pajang melalui Instagram bisnis dapat membantu meningkatkan loyalitas, kedekatan serta menambah follower. Caranya adalah dengan memberikan diskon bagi mereka yang memberi like, komen serta menambahkan sejumlah tag terhadap nama teman mereka di Instagram.

Dengan cara ini, maka postingan foto atau video anda akan menjadi viral dengan mudah, danapat menambah sejumlah followers baru.

7. Terlibat dengan Influencer Lainnya

Nama besar yang dimiliki oleh akun Instagram lain dapat membantu meningkatkan brand anda. CAranya adalah dengan menjadi follower mereka atau following. Dan anda terlibat aktif dalam komentar postingan mereka.

Tunjukkan minat serta kemampuan yang nada miliki agar pemilik akun lain melihat bahwa anda orang yang dapat dipercaya dan memiliki kemampuan dalam bidang tertentu.

8. Re-Post

Tidak ada salahnya anda melakukan posting ulang atau memanfaatkan postingan orang lain ke dalam akun Instagram bisnis anda. Tentu saja anda tidak boleh lupa untuk memerikan kredit terhadap akun yang anda repost tersebut.

Berikan pandangan lain mengenai repost tersebut yang disesuaikan dengan kemampuan anda. Tunukkan skill, kemampuan dan pengalaman yang anda miliki agar terlihat profesional.

Baca : Begini Mendapatkan Uang Lewat Instagram Yang Banyak Dengan Cara Yang Menyenangkan

9. Posting Yang Terbaik

Sebaiknya jangan asal-asalan dalam melakukan posting di Instagram untuk bisnis. Postinglah foto atau video yang terbaik, dimana kualitas gambar memiliki resolusi yang tinggi atau High dEnsity agar terlihat jernih, begitu juga dengan video.

Edit kembali foto atau video sebelum anda posting agar terlihat profesional. Apabila diperlukan, jangan sungkan-sungkan untuk menggabung antara footage video dengan yang lainnya gar terlihat lebih menarik dan unik.

10. Hubungan Yang Baik

Walaupun melakukan bisnis di Instagram, bukan berarti anda melakukan promo-dan promo setiap saat posting di Instagram. Postingan juga hal lain yang tidak berhubungan dengan bisnis, namun tetap menarik dan dapat mengejak followers untuk berkomentar, lik atau juga sharing.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *