Ide Bisnis : Membuka Workshop IPTEK Yang Kreatif Dan Inovatif

Ide Bisnis : Membuka Workshop IPTEK Yang Kreatif Dan Inovatif – Mendapatkan ide bisnis memang tidak melulu dari membuat produk dan jasa yagn akan dijual dipasaran secara online da onffline. Tapi ide peluang bisnis dapat juga diperoleh dari ilmu yang pernah kita pelajari di sekolah atau saat kuliah dahulu. Ini bisa dijadikan salah satu ide peluang usaha mahasiswa modal kecil yang cerdas.

Mempelajari Ilmu Alam Bisa Menjadi Ide Bisnis Yang Menarik

Dia adalah seorang yang bernama Deepesh Patel. dia memiliki ide membuka usaha workshop ilmu pengetahuan untuk siswa sekolah setelah pulang dari perjalanan ke Peruvian Amazon. Diaman perjalanan tersebut membuat dirinya sangat terkesan dan menjadi momen yang tidak akan terlupakan. Dan sejak itu, dia memiliki ide untuk mempertunjukkan bahwa ilmu pengetahuan adalah hal menarik dan bukan sekedar jas putih seperti yang digunakan saat berada di dalam laboratorium.

Ide Bisnis Kreatif Dan Inovatif Dengan Membuka Pelatihan Ilmu Pengetahuan Alam

Yang dilakukan oleh Patel untuk menjalakan bisnisnya adalah dengan memberi aktivitas pelajaran berupa ilmu pengetahuan dengan berbagai cara agar pendengarnya tertarik. Dan yang menjadi obyek dari bisnis tersebut adalah murid-murid sekolah.

Gambar ide bisnis membuka workshop pelatihan iptek
Kegiatan workshop atau pelatihan mengenai ilmu pengetahuan serta ilmu alam. Kegiatan yang bisa dijadikan sebuah ide peluang usaha.

Patel banyak berbicara mengenai pengalamannya saat berada di hutan hujan tropis Amazon dan melakukan beberapa penelitian. Dan ternyata banyak sekali yang senang untuk mendengarkan ceritanya terutama anak-anak. Pada saat proyek pertamanya, Patel ingin berbagi cerita mengenai ilmu dan pengetahuan serta penelitian kepada mereka yang kurang beruntung dalam mendapatkan hak pendidikan.

Patel bersama rekan-rekannya telah menjalankan bisnis ini selama 3 tahun dan telah menjalankan aktivitas berupa berbagi ilmu pengetahuan dan pendidikan kepada lebih dari 40 sekolah dan sekitar 600 siswa.

Kegiatannya ini mendapatkan kesempatan untuk berubah menjadi sebuah peluang bisnis, ketika menyadari bahwa banyak orang-orang yang ingin mengetahui dan mepelajari mengenai ilmu yang dimilikinya. Cara mendatangkan keuntungan dari bisnis yang Patel lakukan adalah dengan menjual tiket kepada pelanggannya. Dan pada saat pertama kali dia menjual tiket tersebut, dia mengetahui bahwa kesempatan bisnis tersebut memang ada karena banyak sekali yang berminat.

Dia mengetahui adanya ide peluang bisnis ketika menemukan adanya jurang antara pasar pendidikan kreatif dan anak-anak yang membutuhkan ilmu pengetahuan tersebut. Sehingga tercetuslah ide bagaimana untuk bisa menyampaikan iptek kepada anak-anak dengan cara yang menyenangkan.

Tips Bagaimana Cara Memulai Usaha Bila Tidak Memiliki Modal

Patel mengatakan, bahwa telah membangun bisnis dan membuat produk selama tiga tahun, dan mendapati pengalaman yang sangat luar biasa. Saat ini bisnisnya yang berlokasi di kota London Inggris, mulai berkembang ke wilayah lain yaitu Skotlandia. Bahkan ada beberapa prospek pelanggan dari wilayah internasional lainnya yang tertarik dengan bisnis Patel ini. Saat ini dia sedang melakukan negosiasi untuk bisa melakukan acara pameran ilmu pengetahuan di Abu Dhabi.

Siapa Pencetus Ide Usaha Unik Yang Jarang Ada ini?

Deepesh Patel sendiri adalah seorang lulusan sekolah bahasa di Gloucestershire, Inggris. Kemudian meneruskan di Universitas Durham Inggris untuk mendapami Ilmu Alam. Dia sendiri berasal dari keluarga kelas pekerja di negara tersebut. Usaha yang dia dirikan ini diberi nama Science Box. Dia mulai mengetahui adanya kebutuhan antara pasar iptek dan produk ilmu pengetahun setelah mengikuti program New Entrepreneur Foundation di negaranya.

Science Box (sciencebox.org.uk) merupakan kombinasi dari materi pendidikan, pengajar dan alam yang dapat membuat siswa menjadi senang untuk mendalaminya. Selain itu mereka juga dapat menikmati tantangan terhadap masalah baru yang diberikan oleh guru untuk bisa meningkatkan potensi dari setiap siswa.

Layanan Bisnis Yang Diberikan

Science Box tidak hanya memberikan sekedar pameran soal iptek, namun juga menyediakan semacam kursus yang dapat dilakukan disetiap sekolah atau lembaga pendidikan dengan kualitas yang tinggi. Ide bisnis berdasarkan ilmu pengetahuan ini bahkan menyiapkan bahan ajar yang selalu mengikuti update dari iptek dan hasil riset terbaru. Layanan terbaik akan diberikan oleh usaha ini disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing siswa. Agar dapat mudah memahami ilmu yang diberikan, penggunaan teknologi dimanfaatkan agar siswa dapat melihat dan mendegarka penjelasan dengan baik.

Gambar Ide Usaha Unik Dan Inovatif
Dua oang siswa sedang mempraktekkan bagaimana cara melakukan penelitian di laboratorium

Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Membuka Bisnis Sendiri

Bahan ajar yang disampaikan oleh ScienceBox adalah mengenai ekologi, teknik, dan ilmu alam. Selain itu, yang ditawrkan oleh usaha ini memberi keuntungan bagi sekolah, guru dan siswa. Dimana ketika pihak tersebut merupakan bagian integral dari proses belajar mengajar untuk menaikan tingkat intelektualitas dari murid.

Untuk menjalankan misinya tesebut ScienceBox tidak berjalan sendirian. Namun mereka menggandeng pihak lain yang bergerak sebagai sponsor. Diantaranya ada dari perguruan tinggi, yayasan, komunitas, swasta dan lainya.

Mungkin para untuk yang masih kuliah di perguruan tinggi bisa melihat ide usaha yang kreatif dan inovatif mengenai ilmu pengetahuan ini sebagai bisnis mahasiswa yang siapa tahu dapat diterapkan dilingkungan anda. Selamat mendapatkan inspirasi bisnis.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

One thought on “Ide Bisnis : Membuka Workshop IPTEK Yang Kreatif Dan Inovatif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *