Daftar Waralaba Makanan Modal Kecil dengan Biaya Tak Lebih dari 5 Juta

Bagikan Artikel Ini :

Waralaba makanan modal kecil masih jadi primadona di kalangan pebisnis pemula walaupun tengah bermunculan usaha-usaha baru di di bidang kuliner, . Hal ini tak terlepas dari fakta bahwa waralaba tidak menyedot modal banyak dari franchisor. Justru mereka akan mendapatkan fasilitas seperti booth, peralatan masak, hingga bahan baku untuk mengolah produk utama.

Daftar Waralaba Makanan Modal Kecil Lokal Yang Sedang Trend

Nah, dari sekian banyak franchise lokal yang sedang berkembang di Indonesia, berikut beberapa jenis waralaba makanan murah nan unik dengan modal awal tak sampai Rp5.000.000!

waralaba makanan modal kecil

Shizuka Takoyaki

Kuliner Jepang termasuk jenis makanan Asia yang familier bagi masyarakat Indonesia. Maka bukan hal aneh kalau Anda menjumpai franchise kuliner khas Negeri Sakura seperti Shizuka Takoyaki. Sesuai namanya, franchisor menyediakan takoyaki sebagai makanan utama dengan harga terjangkau.

Modal awal mengawali waralaba makanan dan minuman ini hanya sekitar Rp2.200.000 saja. Anda bisa langsung mengelola booth portabel dengan x banner sebagai tanda yang disediakan franchisor. Pastikan juga Anda sudah lihai mengelola takoyaki.

Mister Jagung

Bosan menikmati jagung yang selama ini hanya diolah dengan cara dibakar atau direbus? Mister Jagung jadi salah satu bukti bahwa jagung bisa dolah jadi makanan menarik dan kaya akan cita rasa. Pasalnya, franchisor menyediakan produk jagung pipil rebus dengan topping aneka rasa; dari susu hingga keju.

Tertarik menjajal waralaba makanan modal kecil ini? Franchisee hanya perlu menyiapkan bujet sebesar Rp2.900.000. Dengan biaya tersebut, Anda akan langsung mendapatkan booth beserta peralatan masak untuk mengolah menu Mister Jagung yang nikmat dan terjangkau.

George Gandos

Jika Anda belum tahu, gandos adalah salah satu jajanan khas dari Jawa yang terbikin dari campuran tepung beras, garam, santan kelapa, beserta parutan kelapa. Kue berbentuk setengah lingkaran tersebut dikenal juga sebagai kue rangi atau pancong yang terkenal di kalangan para pelajar.

Menarik untuk dibaca :  13 Ide Franchise Minuman Murah Yang Direkomendasikan Agar Laris

Gandos lantas menjadi inspirasi waralaba makanan kekinian dengan nama George Gandos. Dengan biaya awal dari Rp3.900.000, franchisee akan mendapatkan fasilitas seperti gerobak kayu, buku manual beserta VCD pelatihan, seragam karyawan, hingga alat-alat memasak.

Franchise Makanan Edola Burger Dengan Modal Kecil

Hamburger mungkin terdengar sangat mainstream, tetapi faktanya masih digemari banyak orang sampai sekarang. Hal tersebut dibuktikan Edola Burger, sebuah waralaba hamburger yang telah memiliki lebih dari 700 cabang yang tersebar di Indonesia.

Untuk membuka franchise Edola, franchisee perlu mengeluarkan modal awal sebesar Rp4.500.000. Biaya ini sudah mencakup booth, alat memasak, hingga pelatihan pembuatan hamburger. Kelebihan lainnya adalah franchisor tak akan mengenakan royalti maupun biaya manajemen!

Mabasa

Tidak asing dengan namanya? Ya, waralaba makanan modal kecil ini termasuk yang sudah melanglang buana di dunia franchise lokal. Mabasa yang merupakan akronim Makroni Banyak Rasa kali pertama hadir di Bandung dan telah bertahan selama kurang lebih satu dekade.

Maka dari itu, jangan sepelekan reputasinya. Franchisee yang ingin bergabung dengan Mabasa perlu menyiapkan modal awal sebesar Rp5.000.000 yang sudah meliputi berbagai fasilitas berkualitas dan alat pengemasan praktis.

Siomay Youlagi

Waralaba Makanan Siomay Youlagi
Banyak franchisee menyangka membuka waralaba siomay sangat sulit. Padahal, anggapan tersebut tak sepenuhnya tepat, apalagi kalau Anda bekerja sama dengan franchisor seperti Siomay Youlagi. Mereka menyediakan tiga paket kepada agennya dengan biaya dari Rp5.000.000.

Bagi Anda yang ingin mempelajari waralaba makanan ringan tak ada salahnya untuk mempelajari sistem dari Siomay Youlagi. Kualitas iomay beku yang mereka sediakan juga dijamin memuaskan karena telah diproses sebaik mungkin oleh pengelolanya.

Pota potatoes

Waralaba yang mengandalkan kentang sebagai bahan baku utama memang sudah banyak. Namun, masih ada peluang bagi Anda yang ingin memulai bisnis praktis dengan bahan tersebut. Satu dari sekian franchisor kekinian yang bisa Anda percaya adalah Pota Potatoes.

Menarik untuk dibaca :  4 Waralaba Makanan Jepang Yang Ngetop dan Bertahan Jangka Panjang

Waralaba makanan terlaris dari kentang goreng ini sudah mempunyai lebih dari 250 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Sementara menyoal modal awal, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp5.000.000 yang telah mencakup booth, alat masak, dan bahan-bahan untuk topping.

Bobopong

Selanjutnya, Anda bisa mempertimbangkan Bobopong sebagai opsi waralaba makanan modal kecil. Apalagi franchise yang satu ini sedang digemari anak muda kekinian. Namanya sendiri adalah singkatan dari Bola-bola Ubi Kopong dan dikembangkan langsung oleh franchisor lokal.

Berapa biaya yang dibutuhkan untuk memulai franchise Bobopong? Untuk paket termurah, Anda harus merogoh kocek sebesar Rp5.000.000 yang sudah mencakup booth, kompor gas, serta adonan bola ubi sebanyak 200 butir. Semua keuntungan pun jatuh ke tangan Anda!

Takeshi Bento

Kemudian, ada Takeshi Bento yang sejauh ini membuka sekitar 70 gerai di Jakarta. Waralaba rumah makan ini menyediakan empat jenis paket dengan modal paling murah sekitar Rp4.500.000. Anda dapat menentukan sendiri tipe paket mana yang sesuai dengan kebutuhan maupun bujet.

Takeshi Bento yang mengusung konsep home resto pada paketnya tersebut mengkhususkan targetnya di lingkungan perumahan. Dari modal yang diberikan kepada mereka, Anda akan menerima booth dan bahan baku. Akan tetapi, Anda harus menyiapkan alat memasak sendiri.

Pertahankan waralaba dengan promosi yang tepat

Sudah menemukan calon waralaba makanan paling laris yang sesuai? Walau Anda nantinya menerima fasilitas dan alat-alat penunjang, bisnis tersebut tak akan berjalan kalau tidak didampingi promosi yang sesuai. Pasalnya dalam menjalankan usaha, Anda akan tetap menghadapi berbagai masalah.

Salah satu di antaranya adalah peluang kegagalan dalam berbisnis kuliner. Oleh karena itu, Anda harus tahu cara mempertahankannya. Promosi merupakan solusi yang paling memberikan pengaruh besar dalam waralaba makanan modal kecil yang Anda jalankan. Beberapa langkah yang bisa Anda terapkan antara lain:

  • Konsep promosi yang hendak dirilis harus mengundang perhatian konsumen maupun calon mitra sejak lirikan pertama. Kata-kata seperti diskon, potongan harga, dan penawaran terbatas adalah beberapa frasa yang dianggap mampu menarik atensi mereka untuk terus menggali informasi;
  • Kombinasi teks dan visual yang padu berpengaruh pada kesuksesan waralaba makanan ringan murah. Terutama kalau Anda berniat menjaring konsumen di media sosial. Anda bisa menyewa jasa desainer grafis bila mempunyai bujet banyak atau menggunakan program editing;
  • Brand positioning yang sesuai memudahkan konsumen mengenali produk yang Anda pasarkan lewat waralaba. Supaya konten promosi tidak terlihat norak, cukup tonjolkan satu atau dua hal dari makanan yang dipromosikan. Misalnya warna pada teks, logo merek, maupun konsep foto yang diambil;
  • Sematkan testimoni dari konsumen yang sudah mencoba produk waralaba makanan korea. Pastikan Anda menggunakan feedback dari konsumen asli, bukan membuatnya sendiri. Calon kosumen zaman sekarang sudah cerdas, sehingga bisa mengetahui mana testimoni orisinal dan mana yang dikarang pengelola bisnis.
Menarik untuk dibaca :  Memulai Franchise Minuman Modal 1 Juta dengan 6 Langkah MUDAH Ini!

Semoga dengan informasi ini Anda lebih bijak saat memulai atau mengawali waralaba makanan modal kecil dan mempertahankannya dalam jangka waktu yang cukup lama, ya!


Bagikan Artikel Ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *