Peluang Usaha Pemula : Cara Ternak Lovebird Bagi Pemula Yang Praktis

Cara Ternak Lovebird Bagi Pemula – Untuk anda yang hendak mencoba bisnis rumahan, anda bisa mencoba bisnis dengan beternak lovebird. Apabila kita melihat dari harga jual burung lovebird yang dapat mencapai ratusan sampai puluhan juta rupiah untuk burung lovebird yang sudah jadi dan siap kontes, mungkin tidak ada salahnya apabila anda mulai kreatif memanfaatkan peluang usaha seperti ternak ini untuk dijadikan sebagai penghasilan sampingan rumahan anda.

Mempelajari Cara Ternak Lovebird Bagi Pemula Sebagai Langkah Awal Usaha

Cara ternak Lovebird bagi pemula
Sudah terbukti bahwa prospek yang akan anda hasilkan cukup menggembirakan mengingat jumlah para penggemar burung lovebird tersebut semakin tahun semakin meningkat dan bahkan semakin sering pula dilakukan berbagai perlombaan di seluruh wilayah Nusantara.

Dengan mempelajari dara ternak Lovebird bagi pemula menjadi peluang bisnis dengan modal Kecil usaha ternak dan merupakan salah satu usaha bidang peternakan unggas yang sekarang banyak di gemari oleh peternak burung khususnya untuk mereka yang mempunyai hobi memelihara burung.

Love Bird atau kerap di sebut burung cinta merupakan burung jenis kicau yang mempunyai bulu indah dan juga mempunyai sifat khas yaitu setia terhadap pasangannya. Permintaan burung cinta atau lovebird ini semakin meningkat sehingga harus mengimport dari luar negeri.

Prospek Bisnis Penangkaran Burung Lovebird untuk Pemula

Cara ternak Lovebird bagi pemula dalam berbisnis ternak burung hias di rumah anda, syarat paling utama yang harus anda miliki yaitu ilmu pengetahuan mengenai karakter serta gaya hidup burung lovebird itu.

Penggemar burung pada umumnya memelihara burung ini sebab keindahan bulu atau suara kicauannya yang sangat merdu. Selain itu juga sebagai salah satu jenis peluang usaha yang begitu potensial untuk di jalankan.

Dan hal ini wajib anda kuasai terlebih dulu, mengingat dalam perawatan burung lovebird yang tak semudah yang dibayangkan.

Guna memperoleh ternak lovebird yang dengan kualitas kontesan, maka tidak sedikit orang mau mengeluarkan modal besar hanya untuk membeli induk lovebird yang memang benar-benar bagus untuk dijadikan patokan.

Apabila yang dihasilkan nantinya tergolong bagus, dan anda sebagai peternak lovebird telah dapat menilai seperti apa nantinya karakter dari anakan lovebird itu.

Langkah Cara Beternak Lovebird

Burung kicau ini, tidak mau apabila dikawinkan dengan cara paksa. maka dari itu cara yang efektif adalah dengan melakukan perkawinan masal. Caranya yaitu dengan mencampurkan burung dalam sekandang dalam jumlah yang banyak.

Nantinya, burung burung yang merasa cocok akan sering bersamaan. Setelah itu baru pisahkanlah pasangan lovebird itu di dalam satu kandang khusus yang selanjutnya diternakan untuk menghasilkan anakan burung love bird.

Dan dalam memulai peluang usaha ini anda harus tahu dahulu perbedaan antara pejantan dan juga betina.

Baca juga : Bagaimana Bisnis Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur

Cara Membedakan Jantan Betina Bagi Peternak Lovebird Pemula

Cara membedakan antara pejantan dan betina bisa dilakukan dengan meraba capit udang yang terletak di dekat dubur burung tersebut. Apabila capit udang tersebut lancip, keras serta rapat maka burung tersebut besar kemungkinan adalah burung jantan.

Sementara itu jika capit udangnya lembek, lebar dan juga tumpul maka kemungkinannya lovebird tersebut berkelamin betina. Untuk memulai peluang usaha ternak love bird anda supaya menyiapkan kandang induk yang terbuat dengan balok setebal 2 cm serta ukuran 40 cm x 80 cm x 40 cm.

Bagaimana Cara Memaksimalkan Bisnis Ternak Lovebird Untuk Pemula

Untuk memperoleh hasil yang maksimal dari peluang usaha bisnis ini, tempatkanlah kandang indukan pada tempat yang teduh dan jauh dari keramaian. Tujuannya untuk menghindari stress yang terjadi pada lovebird tersebut.

Salah satu materi penting dalam cara ternak Lovebird bagi pemula, asupan pakan yang bergizi juga begitu mempengaruhi kualitas dari burung. Salah satunya yaitu dengan memberi makan jagung muda serta bisa pula mencampurkan bahan bahan seperti milet merah, putih, kenari seed, gabah serta kwaci dengan perbandingan 2:1:1:1:0.5 .

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *