8 Cara Sederhana Meningkatkan Kinerja Tablet Android

8 Cara Sederhana Meningkatkan Kinerja Tablet Android – Saat ini tablet dengan sistem operasi Android sudah menjadi alat penting dalam segala situasi. Dari keperluan bisnis, pendidikan, hiburan dan yang lainnya. Performa sebuah tablet menjadi syarat utama agar kepuasan menggunakan tablet dapat terasa secara nyata. Karena tablet kinerja rendah dapat membuat pengguna menjadi kesal karena harus menunggu aplikasi terbuka dalam waktu yang lama atau browsing internet yang tidak dapat loading dengan sempurna. Lalu bagaimana caranya agar tablet Android dapat memberikan performa yang lebih baik? Berikut ini tips mudah optimalisasi tablet OS Android agar bisa bekerja lebih cepat.

Meningkatkan Kinerja Tablet Android Supaya Tinggi Menjadi Kebutuhan

Gambar Tablet Android
Tablet yang memiliki performa lambat membuat pengguna mennjadi cepat marah. Akan lebih penting lagi bila tablet memiliki kinerja yang cepat tentu membuat pengguna menjadi senang.

Tablet saat ini sudah menjadi alat yang dengan mudah dilihat dimana saja. Biasanya tablet digunakan oleh mereka yang sudah dewasa untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan. Aplikasi bisnis Android memang sangat beguna untuk meningkatkan produktivitas. Namun tidak kurang juga yang menggunakan tablet untuk alat komunikasi yang lebih lengkap bila dibandingkan menggunakan smartphone. Mendapatkan hiburan seperti mendengarkan lagu lewat Android salah satunya.

Perkembangan tablet sendiri saat ini sangat pesat. banyak sekali merek tablet dipasaran baik lokal maupun dari luar. Samsung adalah salah satu produsen tablet paling sering mengeluarkan produk baru. Bahkan anda perlu tahu bagaimana cara memilih tablet Samsung Android yang sesuai dengan kebutuhan karena banyaknya produk dari negara korea Selatan tersebut.

Tablet memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan smartphone. Ukuran smartphone yang paling besar dipasaran adalah 5.1 inch. Sedangkan ukuran tablet yang paling kecil yang biasa dijual di toko adalah 7 inch.

Biasanya tablet memiliki aplikasi yang lebih lengkap dibandingkan dengan smartphone. Hal ini disebabkan dengan layar yang lebar, banyak aplikasi yang dapat digunakan. Salah satunya aplikasi Office, gambar, dan lainnya. Dengan tablet pengguna akan lebih leluasa memainkan banyak program atau apps yang sulit digunakan pada ponsel cerdas yang ukurannya lebih kecil. Tentu lebih menyenangkan menyaksikan film streaming lewat tablet Android daripada dari hp.

Saat ini tablet yang banyak dijumpai di Indonesia menggunakan beberapa jenis sistem operasi. Diantaranya adalah Android yang merupakan milik Google, iOs yang digunakan pada iPad dan milik Apple. Kemudian Os yang baru muncul dan semakin populer adalah Windows, yang tentu saja sudah nyak mengenal karena milik Microsoft dan sang triluner Bill Gates.

Mempercepat Tablet Yang Lambat Dan Membuat Kesal

Tapi saat ini yang akan dibahas adalah mengenai tablet OS Android. Dimana memiliki Androi tab yang memiliki performa lelet, dapat membuat pengguna sangat kesal. Setiap pemilik gadget tentu ingin hp atau tablet mereka dapat bekerja secara nyata setelah setiap instruksi diberikan. Namun apa jadinya bila setelah menekan tombol atau layar sentuh, ternyata hasil yagn ditunggu lama sekali.

Biasanya, saat pertamakali tablet dibeli dan digunakan, kinerjanya sangat cepat dan menyenangkan. Namun ketika semakin sering digunakan dalam jangkan waktu yagn lumayan lama, performa tablet menjadi semakin lambat. Anda tentu sering tidak sadar mengapa tablet bisa menjadi lambat. Padahal ana menggunakan tablet dengan cara yang normal dan biasa-biasa saja. Oleh karena itu perhatikan tips berkut ini cara bagaimana agar tablet menjad cepat.

Cara Mempercepat Kinerja Tablet Android

Hapus Aplikasi Yang Tidak Diperlukan

Aplikasi merupakan program yagn dipasang didalam tablet. Aplikasi dapat membantu pengguna menyelsaikan pekerjaan atau juga mendapatkan kesenangan. Biasanya ketika anda sedang browsing atau menjadi informasi di internet, anda melihat apps yang menarik berdasarkan yang diceritakan oleh orang lain. Dan tentu saja anda memiliki keinginan untuk mencob merasakan aplikasi yang diulas tersebut.

Denga hanya melakukan download dan instal, apps sudah terpasang dan siap untuk digunakan. Semakin sering apps didownload, maka akan semakin banyak juga aplikasi yang di instal di dalam table android. Hal ini membuat anda tidak sadar bahwa ternyata aplikasi telah menggunakan sumber tenaga untuk bergerak dan energi untuk hidup.

Semakin banyak aplikasi yang di instal, membuat Android tab anda menjadi lambat. Apalagi bila apps tersebut dibiarkan dalam kondisi online agar selalu mendapatkan update yang dibutuhkan, maka semakin banyak sumber tenaga yang digunakan dan mengganggu kinerja aplikasi lain secara keseluruhan.

Oleh karena itu, pilihlah aplikasi yang diperlukan dan penting untuk kegiatan sehari-hari. Kemudian tentukan aplikasi yag tidak terlalu penting dan menunjang aktivitas. Hapus atau uninstal apps yang tidak dibutuhkan lagi agar dapat memberikan sumber tenaga untuk aplikasi Android lainnya.

Membersihkan Lensa Tablet Secara Rutin

Talbet secara umum menggunakan layar sentuh. Sedangkan, jari saat menyentuh layar seringkali tidak dalam kondisi yang bersih. SEmakin sering jari menyentuh layar tablet, maka akan semakin banyak noda yang menempel pada kaca tablet. Noda pada layar dapat mengganggu kinerja tablet secara normal. Respon tablet terhadap perintah yang diberikan melalui layar sentuh menjadi terhalang atau terganggu dan menjadi lambat.

Membersihkan layar tablet sebaiknya dilakukan rutin dalam waktu-waktu tertentu agar kinerja tablet tetap cepat dan terjaga dengan baik.

Membersihkan Icon

Membuat tampilan lucu dengan menambah icon pada layar tablet memang mengasikkan. Tapi terlalu banyak icon pada layar dapat mengganggu kinerja tablet. Icon yang terpasang pada tablet akan membutuhkan memory untuk bekerja. SEdangkan memory pada tablet atau RAM tersedia dalam jumlah yang terbatas. Sedangkan RAM sendiri dibutuhkan dalam kapasitas yang besar untuk memberikan performa tablet yang tinggi. Semakin banyak icon yang terpasang, maka akan semakin banyak menghabiskan memori tablet. Memerihkan icon atau mengurangi icon yang diperlukan menadi cara yang tepat agar tablet Android dapat bekerja lebih cepat.

Menghapus Cache

Salah satu penyebab mengapa tablet android menadi lambat adalah dikarenakan ruang yang dibutuhkan utuk mengolah data seperti pada memori internal dan jua RAM menjadi kecil. Sedangkan tablet Android membutuhkan ruang yang cukup untuk mengolah data. Salah satu penyebab tablet android lambat adalah banyak cache yagn tersimpan dalam tab. Cache adalah semacam file yang tersimpan dalam ruang data yang terbentuk setelah membuka aplikas terutama setelah melakukan browsing.

Menghapus cache harus dilakukan secara rutin agar ruang data dapat menjadi berfungsi untuk kperluan lain.

Pengaturan Yang Terlalu Banyak

Mengatur tablet agar dapat menampilkan gambar yang menarik dan juga wal paper yang lucu memang menyenangkan. Tapi jangan salah, cara tersebut dapat memakan ruang data dan memori. Selain itu mengatur aplikasi dan membuka secara bersamaan dapat memakan sumber tenaga.

Mengurangi settingan yang tidak perlu bisa mempercepat tablet android anda. Setting tablet android pada kondisi minimal agar kinerja tab menadi lebih cepat.

Membersihkan Data External

Salah satu alat penyimpan data pada tablet adalah external sotrage. Biasanya tablet memberikan slot yang dapat digunakan untuk memasukkan microSD card yang fungsinya untuk menyimpan data tambahan selain yagn sudah terpasang secara internal. Tapi memiliki data file yang terlalu banyak pada external space dapat mengganggu kecepatan tablet Cara membuat performa tablet menjadi lebih baik adalah dengan mengurangi data yang tidak perlau agar ada ruang yang cukup untuk kerja tablet. Bahkan ada yang pernah menyebutkan agar secara rutin melakukan format terhadap data external.

Memperhatikan Proses Aplikasi

Salah satu penyebab table menjadi lambat adalah adanya aplikasi yang bekerja tanpa anda ketahui. biasanya pps Android tersebut bekerja pada latar belakang. Setiap aplikasi yang bekerja akan membutuhk sumbertenaga dari prosesor dan juga ruang dari memori. Ada kalanya aplikasi yang bekerja tersebut tidak anda butuhkan. Mungkin ada aplikasi kesehatan Android yang telah anda pergunakan dan tidak diperlukan lagi.

Mematikan aplikasi yang tidak diperlukan merupakan cara agar tablet tidak lambat. Lihat pada bagian monitor pengatur aplikasi atau task manager yang dapat menunjukkan aplikasi apa saja yang sedang bekerja dan menggunakan berapa banyak sumber tenaga terutama dari memori. Bila terdapat aplikasi yang bekejr tanpa sepengetahuan anda, coba cari tahu apakah aplikasi tersebut dibutuhkan atau tidak. Bila tidak turn off saja.

Instal Aplikasi Mempercepat Android

Menggunakan aplikasi untuk membantu tablet bisa bekerja lebih cepat menjadi cara yang ampuh. Dengan apps tersebut, tugas anda untuk bisa menjadi lebih ringan. Browsig pada bagian Google Stora untuk mendapatkan apliaksi mempercepat Android yang terbaru.

Dengan melakukan cara mudah mempercepat tablet Android diatas, maka anda tiak lagi akan marah karena performat bablet yang lelet.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

One thought on “8 Cara Sederhana Meningkatkan Kinerja Tablet Android

  1. biasanya saya menggunakan pembersih sampah berupa sofaware yang bisa meningkatkan kinerja tablet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *