Tips Bagaimana Cara Meyakinkan Pembeli Online Untuk Transaksi Dengan Anda

Koneksi internet benar-benar merubah cara orang dalam berbisnis termasuk jual beli. Dan anda sebagai pemilik bisnis harus mengetahui bagaimana cara meningkatkan penjualan secara online. Hal ini dikarenakan setiap pembeli selalu memiliki banyak pilihan dalam melakukan pembelian dari penyedia produk dan jasa yang tersedia di internet. Begini tips-nya.

Gambar Pembeli yang Puas

Baca : Tips Cara Jualan Online Agar Laris Manis

Mengapa Calon Pembeli Online Tidak Cepat Percaya Kepada Penjual di Internet?

Calon pembeli di internet baik melalui marketplace, toko online atau media sosial cenderung untuk tidak cepat melakukan transaksi denga penjual. Hal tersebut dikarenakan faktor :

  • Tidak dapat bertemu secara langsung
  • Tidak dapat melakukan kontak secara tatap muka
  • Tidak mengetahui informasi penjual secara lengkap
  • Tidak mengetahui lokasi toko atau tempat usaha
  • Belum memiliki kepercayaan dalam hal jual beli.

Saat ini setiap pembeli dalam bisnis online maupun offline telah lebih pintar dalam memiliki alasan mengapa harus membeli produk dan jasa dari penjual tertentu termasuk anda. Dengan penawaran yang relatif sama dalam hal jenis produk, kualitas serta harga, calon pembeli tetap selalu mencari penjual yang dapat mereka percaya. Walaupun seorang pemasar offline atau halaman situs telah memberikan penjelasan mengenai keunggulan produk atau jasa yang ditawarkan.

Terutama dalam sistem bisnis online seperti jualan menggunakan Android (website, ecommmerce atau media sosial), seorang calon pembeli membutuhkan keyakinan bahwa penjual tersebut dapat dipercaya dalam melakukan hubungan bisnis.

Apapun yang anda tawarkan seperti menjual baju, jam tangan, perlengkapan wanita, gadget dan barang elektronik lainnya, calon pembeli dalam transaksi pertama akan selalu berusaha menumbuhkan kepercayaan pada salah satu atau beberapa penjual. Oleh karena itu anda harus mengerati bagaimana cara meyakinkan calon pembeli agar mau melakukan transaksi dengan anda.

Apa Yang Harus Anda Lakukan Agar Calon Pembeli Mempercayai Anda dan Melakukan Transaksi

Yang harus anda lakukan supaya calon pembeli dapat mempercayai anda sebagai penjual, maka anda perlu memperhatikan beberapa hal dibawah ini :

Nama Usaha Yang Bernilai dan Mudah Diingat

Nama usaha di dunia online bisa menjadi brand atau mereka yang mudah diingat oleh pembeli. Sebaiknya anda menampilkan nama tersebut dalam membuat akun dibandingkan menampilkan nama diri anda sendiri. Nama toko online termasuk link atau url, Facebook fanpage, termasuk di beberapa pasar online atau marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, OLX dan alinnya.

Kualitas Tampilan Foto Produk

Penjualan online seperti via Facebook, Instagram, Path, dan aplikasi Android lainnya, sering dilakukan dengan menampilkkan foto produk. Sebaiknya anda menampilkan foto produk dengan kulitas gambar yang jelas.

Gambar High Density (HD) dapat membantu menampilkan kualitas fisik produk yang sebenarnya. Sebaiknya hindari meng-upload foto dengan kualitas rendah atau standar, karena gambar akan cenderung buram dan tidak jelas.

Secara psikologis akan mengurangi minat calon pembeli untuk melakukan transaksi dengan anda, karena dianggap tidak menyakinkan dalam melakukan promosi. Calon pembeli akan menilai bahwa melakukan promosi saja sudah tidak serius, apalagi dalam melayani pembeli.

Alamat dan Lokasi Yang Jelas

Alamat dimana lokasi usaha anda berada menjadi nilai penting bagi calon pembeli online. Hal ini dikarenakan antara pembeli dan penjual jarang bertemu secara langsung bahkan mengetahui letak tempat usaha.

Tuliskan alamat secara lengkap dalam situs atau akun media sosial anda. Saat ini sudah ada tool yang dapat menampilkan peta dari suatu lokasi. Anda dapat memanfaatkan fasilitas peta gratis seperti Google Map. Dengan peta tersebut, pembeli dapat megnetahui letak toko anda secara tepat bahkan mengetahui bentuk dan rupa toko anda melalui Google Street View.

Kontak Yang Jelas Dan Dapat Dihubungi

Sama halnya dalam bisnis offline bahwa komunikasi termasuk pembicaraan dan tawar menawar pasti akan terjadi.

Dalam penjualan online, komunikasi dapat dilakukan secara tulis dalam bentuk teks atau juga lisan dengan pembicaraan secara langsung. Komunikasi via tulis dapat dilakukan denga cara chatting melalui fasilitas seperti Facebook, Whatsapp, dsb

Sementara komunikasi lisan secara online dapat digantikan dengan menggunakan fasilitas seperti Skype. Dan anda dapat memasukkan akun anda dalam situs atau blog anda agar calon pembeli dapat menghubungi anda dengan mudah. Sebaiknya jangan pernah menampilkan akun media sosial yang jarang, bahkan tidak pernah anda periksa secara berkala.

Header Situs Yang Menarik Dan Profesional

Header atau tampilan bagian atas dalam sebuah situs, blog atau media sosial dapat membantu meyakinkan calon pembeli terhadap layanan penjualan via onnline yang anda pajang. Semakin menarik dan terlihat profesional tampilan gambar tersebut, maka calon pembeli akan dapat dengan mudah untuk memutuskan melakukan transaksi dengan anda.

Baca Juga : 8 Sebab Mengapa Situs Jualan Anda Tidak Disukai Pengunjung Dan Calon Pembeli

Situs Yang Selalu Update Secara Berkala

Sebaiknya anda selalu melakukan update terhadap situs, blog atau media sosial yang nada miliki. Media online yang selalu tampil segar, fresh, update dengan berita terkini, dapat meyakinkan calon pembeli bahwa usaha anda masih berjalan dan diharapkan dapat memberikan layanan yang baik.

Hentikan Promosi!

Menjual barang dan jasa melalui internet tidak melulu melakukan promosi. Tidak setiap saat anda selalu menawarkan barang dan jasa kepada calon pembeli agar mereka segera membeli dari anda. Apabila hal tersebut sering annda lakukan, maka mereka akan segera beralih ke penjual online yang lain.

Ajarkan Calon Pembeli

Ketika anda mengurangi aktivitas promosi dan penawaran, naka sebagai gantinya adalah mengajarkan kepada calon pembeli manfaat dari produk atau jasa tersebut dalam menyelesaikan suatu masalah. Jelaskan bagaimana cara kerja produk tersebut dalam membantu mengurangi permasalahan calon pembeli.

Anda dapat memanfaatkan layanan video gratis untuk pemasaran Youtube untuk memberikan penjelasan yang sifatnya berulang. Dengan fasilitas video, calon pembeli dapat mengerti penjelasan anda dengan cepat dan mudah.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *