Cara Menghemat Baterai HP Ponsel Smartphone Agar tidak Cepat Habis

Cara Menghemat Baterai HP Ponsel Smartphone Agar tidak Cepat Habis – Pasti anda sering mengalami ketika anda sedang berkomunikasi dengan pihak lain atau bermain game ternyata baterai pada hp smartphone anda melemah atau malah habis. Kondisi tersebut sering membuat kita kesal. Pasti setiap pengguna handphone ingin baterainya selalu dalam kondisi full. Apakah mungkin? Nah ikuti tips ini bagaimana cara menghemat baterai hp smartphone anda tidak mudah habis atau boros daya listrik.

Membuat Baterai Handphone atau Smartphone Penuh

Setiap pengguna gadget pasti selalu ingin baterai ponsel mereka dalam keadaan penuh atau full. Tapi kondisi itu pasti tidak akan mungkin. Karena bila hp dalam kondisi standby saja, maka akan ada daya listrik dari baterai yang akan digunakan.

Cara Menghemat Baterai Ponsel
HP Boros Tidak Hemat Baterai

Tidak peduli apa tipe smartphone yang anda gunakan baik untuk bekerja, belajar atau juga untuk sekedar bermain game, baik itu hp Android, iPhone, Blackberry, Windows Phone, pasti akan mengelami kekurangan kapasitas listrik dalam baterai. Apalagi bila ponsel anda memeliki bentuk yang kecil. Karena semakin kecil ukuran hp, maka semakin kecil ukuran bateri dan daya simpan listriknya. Bila menggunakan aplikasi dan pengaturan yang sama, maka hp ukuran kecil akan mudah kehabisan daya listrik dibandingkan dengan yang besar.

2 Perangkat Harian Berbasis Android Sebagai Teknologi Masa Depan

Agar baterai hp anda dapat bertahan lama dalam mengalirkan daya listrik, ikuti tips berikut ini :

Kurangi Cahaya HP

Mengurangi tingkat penggunaan cahaya pada ponsel dapat menghemat daya yang digunakan dari baterai. Aturlah tingkat terang dan gelap hp dari menu pengaturan atau “setting” menu. Apabila memang tidak diperlukan sama sekali, maka cahaya smartphone dapat dimatikan samasekali, tentunya cara ini daat menghemat baterai dalam jumlah besar.

Matikan Fitur yang Menggunakan Sinyal Radio

Anda bisa mematikan layanan siaran radio pada hp anda bila tidak diperlukan. Ada beberapa layanan radio via wireless yang mengkonsumsikan energi dari baterai dengan besar seperti dari GPS, Bluetoth, NFC, WiFi, termasuk juga radio FM. Dengan mengganti ke “airplane mode” dapat mengurangi penggunakan daya dari baterai secara signifikan.

Daftar Aplikasi Kesehatan Untuk Smatphone Android Sehari-Hari

Matikan Tanda Pemberitahuan

Apabila memungkinkan, matikan tanda pemberitahuan bahwa anda baru menerima pesan baru seperti email. Ponsel perlu melakukan “ping” ke arah server untuk memberittahu berita terbaru. Karena cara tersebut menggunakan daya dari baterai.

Sinyal Wi Fi Lebih Baik Dari Selular

Apabila anda sedang membutuhkan internet seperti untuk browsing, mengirim email, sosial media atau mengirim foto, lebih baik gunakan sinyal Wi-Fi bila tersedia dibandingkan dengan menggunakan sinyal selular dari kartu SIM ponsel anda untuk hemat baterai hp. Anda memang akan diharuskan untuk login pada jaringan WiFi tersebut seperti di rumah makan, cafe, hotel, kampus, bandara dan lainnya. Namun dengan cara ini dapat menghemat listrik smartphone anda.

Kunci HP Anda

Selalu psang kunci pada ponsel smartphone anda bila sedang tidak digunakan. Walau dikunci, anda masih tetap bisa menerima pesan via sms atau juga suara. Hal ini dilakukan hanya untuk menghindari tertekannya tombol sambungan ke nomor lain secara tidak sengaja terutama bila sedang disimpan dalam saku atau tas anda.

Aplikasi yang Wajib Harus Ada di Ponsel dan Tablet Android

Aplikasi Smartphone

Baterai ponsel pada smartphone android akan mudah terkuras bila harus menggerakan banyak tugas seperti apps atau aplikasi. Apalagi bila menyalakan aplikasi secara bersamaan seperti mendengarkan lagu selagi browsing web. Cara ini dapat mempercepat habisnya daya pada baterai hp.

Matikan Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Apabila ada aplikasi hp yang sedang tidak diperlukan, sebaiknya dimatikan saja. Apps tersebut dapat dinyalakan kembali bila diperlukan.

Suhu Ruangan

Bila situasi memungkinkan, simpanlah smartphone anda pada suhu yang tidak terlalu dingin atau juga terlalu panas. Meninggalkan hp pada dashboard mobil yang terkena sinar matahari dalam waktu yang lama dapat mengurangi daya simpan baterai. Smartphone masih dapat bekerja dengan baik pada suhu 0 hingga 35 derajat celcius.

Update Software

Banyak ponsel terutama smartphone android, blakcberry, iphone dan juga windows yang sudah mengatur update sejak dinyalakan pertama kali. Matikan fitur update tersebut untuk mengurangi energi yagn digunakan oleh perangkat lunak untuk bekerja.

Dengan mengikuti langkah bagaimana cara menghemat baterai ponsel smartphone agar tidak cepat habis dan boros listrik dapat membuat energi hp awet untuk digunakan terutama pada saat kritis.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *