6 Cara Ampuh Mendapatkan Pelanggan Baru Ke Salon Kecantikan Wanita

Bagaimana cara mendapatkan pelanggan baru salon ? Setelah membuka bisnis salon kecantikan wanita, tentu saja anda membutuhkan pelanggan agar bisnis perawatan tubuh wanita yang anda jalankan bisa mendapatkan balik modal, mendapatkan keuntungan dan berkembang. Bagaimana cara agar banyak pelanggan mendatangi peluang usaha kecantikan berhasil? Ini dia caranya…..

cara mendatangkan pelanggan baru salon
Gambar : lorealparisusa.com

Sebuah usaha tidak akan bisa berkembang bila tidak memiliki pelanggan. Pelanggan yang loyal ternyata tidak saja cukup untuk membuat sebuah bisnis perawatan kecantikan wanita untuk maju, bahkan diperlukan para pelanggan baru, agar jumlah konsumen bisa semakin banyak dan pendapatan terus mengalir.

Bahkan dari beberapa informasi disebutkan bahwa, bisnis perawatan rambut dan kecantikan kehilangan pelanggan antara 10-25% pertahun. Apabila didiamkan, dalam 3 tahun, sebuah bisnis kecantikan dapat kehilangan sekitar 50% pelanggan. Sedangkan prospek bisnis perawatan tubuh wanita semakin besar seiring modernisasi dan pendapatan, namun persaingan juga semakin sengit

Bagaimana Cara Mendapatkan Pelanggan Baru Ke Bisnis Kecantikan

Berikut ini tips bagaimana caranya mendatangkan pelanggan baru ke bisnis kecantikan anda.

1. Mentargetkan Pada Pelanggan Yang Sesuai Dan Ideal Dengan Bisnis Anda

Banyak usaha kecantikan mendapatkan pelanggan yang tidak ideal, sehingga hanya membuang-buang tenaga, waktu dan uang dalam hal pemasaran. Siapa sebenarnya pelanggan yang ideal untuk usaha salon kecantikan wanita?

Pelanggan yang ideal untuk usaha salon anda adalah yang berkaitan dengan :

  1. Fasilitas salon yang dimiliki
  2. Lokasi dimana salon berada
  3. Pengalaman pelanggan
  4. Bakat dan kekutan yang dimiliki dari salon anda

Anda harus bisa mentargetkan pelanggan dengan ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Menyukai pelayanan yang anda tawarkan
  2. Mudah untuk menerima pelayanan
  3. Belanja berulangkali dari anda
  4. Selalu merekomendasikan bisnis anda kepada orang lain

2. Membangun Jaringan Dengan Usaha Lain Di Sekitar Lokasi Bisnis Salon Anda

Mendapatkan pelanggan tertarget dapat diperoleh dengan menmbuat jaringan bisnis dengan jenis usaha lain yang memiliki pelanggan loyal dan royal dalam belanja.

Pelanggan jenis ini cenderung mudah untuk dibujuk untuk membeli layanan kecantikan dari salon anda karena mereka memang memiliki dana, terbiasa belanja dan menginginkan layanan yang memanjakan.

Jenis usaha lain yang dapat dijadikan jaringan kerjasama seperti : usaha pakaian, spa, rumah makan, klub kebugaran dan usaha lain yang memiliki karakter sama dalam hal pembelanjaan.

Caranya adalah dengan memberikan penawaran dengan harga khusus setelah melakukan pembelanjaan pada jaringan yang anda bangun. Tuliskan kalimat promosi tersebut pada

  1. Brosur atau selebaran.
  2. Cantumkan pada website.
  3. Tawarkan melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, Twitter.
  4. Buat voucher potongan harga.

3. Menguasai Mesin Pencari Di Internet

Dengan semakin populernya penggunaan smartphone dan internet, mesin pencari harus anda andalkan agar situs anda berada pada halaman pertama dengan kata kunci yang sesuai dengan bisnis salon kecantikan anda.

Apabila anda tidak mengerti bagaimana cara membuat blog atau website untuk bisnis yang gratis atau berbayar, anda dapat memanfaatkan jasa pembuatan website pada pihak ketiga.

Dan anda juga bisa meminta layanan agar website anda bisa berada pada halaman pertama di mesin pencari Google sebagai search engine yang paling populer digunakkan oleh seluruh orang didunia.

4. Rekomendasi Dari Pelanggan Lain

Rekomendasi merupakan promosi yang sangat ampuh untuk mendapatkan pelanggan baru ke salon kecantikan anda. Karena rekomendasi merupakan penilaian dari pihak lain yang dapat menggugah calon pelanggan untuk percaya dan ingin mencoba layanan anda.

Pada dasarnya, dengan memberikan layanan terbaik kepada pelanggan dan mereka puas terhadap anda, maka secara tidak langsung, mereka dapat menceritakan pengalaman tersebut kepada teman, sahabat atau keluarga. Dan cara tersebut merupakan promosi dan rekomendasi secara tidak langsung dan gratis.

Cara lainnya adalah dengan mengajak pelanggan setia untuk bisa merekomendasikan layanan salon anda. Atau apabila anda memiliki teman dan sahabat yang dapat membantu memberikan rekomendasi untuk orang disekitar mereka. Jangan lupa untuk memberikan layanan ekstra pada mereka yang membantu merekomendasikan usaha tersebut pada orang lain sebagai balas jasa.

5. Skema Viral Untuk Mendatangkan Konsumen Baru

Mendapatkan pelanggan baru salon dapat dilakukan dengan cara membuat skema viral, yaitu dengan mengajak 2 teman untuk mendapatkan diskon atau layanan gratis.

Cara ini akan sangat ampuh bila dilakukan dalam sistem keanggotaan, dimana setiap pelanggan telah menjadi anggota sebelumnya. Dan apabila anggota tersebut membawa teman untuk mendaftar sebagai anggota, maka diskon atau layanan gratis dapat diberikan.

6. Mendapatkan Pelanggan Baru Salon Lewat Sosial Media

Sudah tidak bisa disangkal lagi, apabila sosial media merupakan alat ampuh untuk menyebarkan berita. Kelebihan tersebut dapat dimanfaatkan untuk menyebarkan informasi mengenai layanan dan produk salon kecantikan yang anda kelola.

Manfaatkan media sosial yang populer di sekitar anda untuk cara mendapatkan pelanggan baru ke salon anda seperti Facebook, Instagram, Twitter, Google+, Whatsapp, Line, dll. Rajin-rajin membaut postingan tulisan atau foto mengenai perkembangan salon anda, agar banyak pengikut sosial media yang menjadi perhatian dan ingiin mencoba layanan anda.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *