8 Cara Membuat Facebook Fanpage Bisnis Terkenal Dan Banyak Teman

Cara Membuat Facebook Fanpage Bisnis Terkenal Dan Banyak Teman – Facebook dan juga Fanpage menjadi salah satu media sosial yang sangat bermanfaat untuk digunakan beragam fungsi dengan tujuan terutama untuk bisnis. Namun salah satu faktor agar tujuan tercapai adalah dengan meningkatkan popularitas FB. Jumlah teman dan pengikut yang banyak serta keterlibatan banyak pengunjung dalam memberikan respon dan tanggapan adalah kunci agar agar Fb dan Fanpage menjadi terkenal. Dan ini dia tips cara menaikkan jumlah teman dan pengunjung dan bagaimana agar FB Fanpage menjadi dikenal banyak orang dan menghasilkan banyak penjualan.

Facebook Page Digunakan Untuk Meningkatkan Popularitas

Gambar Facebook Fanpage Bisnis

Apa itu Facebook? Facebook adalah sebuah media online yang dapat digunakan untuk saling berhubungan atau jaringan sosial di internet. Selain Twitter, Facebook fanpage sering digunakan untuk membuat bisnis, web menjadi terkenal dan menambah teman yang banyak. Pemilik akun dapat menggunakan akun Fb mereka untuk sekedar narsis, menampilkan isi pikiran dan perasaan dengan menulis di wall, mengirim pesan lewat message, melakukan instant messaging dengan cara chatting, melakukan video chat.

FB merupakan salah satu media sosial yang sedang populer dan banyak pengguna dari seluruh dunia. Facebook digunakan banyak orang dari laki dan perempuan dalam beragam usia, status, pekerjaan, demografi. Bahkan FB juga digunkaan oleh sekumpulan orang yang tergabung dalam organisasi, perusahaan, yayasan yang bertujuan untuk medapatkan profit atau juga tidak. Tidak sedikit orang penting dan terkenal dari kalangan artis, politikus, atlet yang juga memiliki akun di media sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini.

Data Pengguna Facebook

Berdasarkan informasi yang didapat dari smallbiztrends.com, bahwa Facebook memiliki data statistik seperti berikut ini :

  • Jumlah pengguna Facebook mencapai 1,19 Milyar orang dari seluruh dunia. Dan 80% berasal dari luar Amerika.
  • 23% pengguna melihat akun FB sebanya 5x sehari.
  • 750 juta orang mengakses Facebook dari 7000 lebih perangkat mobile.
  • 74% pemasar memanfaatkan Facebook untuk menghasilkan penjualan.
  • 59% seperti halaman merek, karena mereka telah membeli atau menggunakan produk atau jasa.

Tujuan Facebook Fanpage Yang Dikenal Untuk Tujuan Lebih Spesifik

Pemanfaatan Facebook fanpage yang lebih tinggi lagi adalah digunakan untuk keperluan bisnis sebagai media promosi, media komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan. Selain itu media publikasi mengenai berita-berita terbaru dari perusahan yang penting untuk diketahui oleh para stakeholder atau khalayak umum. Menggunakan FB fanpage bertujuan untuk menghasilkan keuntungan dengan mendapat banyak pembeli dan melakukan banyak penjualan online. Layaknya sebuah aplikasi bisnis yang sangat bermanfaat dan kuat untuk meningkatkan produktifitas. Jadi promosi produk tidak hanya melalui website saja (baca : Web Dan Blog gratis Untuk Jualan Di Internet), dan FB memiliki keuntungan tersendiri.

Sementara dibidang politik, partai atau juga anggota dewan, dapat memanfaatkan facebook sebagai alat komunikasi dengan para konstituen dari wilayah pemilihannya. Atau juga untuk memaparkan langkah-langkah yang sedang dilakukan dalam hal legislasi di parlemen. Menginformasikan apa yang telah dikerjakan selama masa bakti sebagai anggota DPR, MPR atau DPD.

Untuk kalangan artis, manfaat FB page adalah untuk melakukan updtate status mengenai aktivitas sehari-hari, informasi filam lagu atau juga sinetron yang sedang dalam masa rekaman. Dengan cara ini maka para penggemar dapat mengetahui kabar terbaru dari selebritis yang disenangi tersebut.

Facebook Fanpage Yang Dikenal Banyak Orang Bermanfaat Untuk Bisnis

Tapi tujuan untuk memanfaatkan Facebook menjadi sebuah media publikasi yang masif dan efektif menjadi tidak berhasil bila tidak memiliki banyak teman atau pengikut (follower). Karena kekuatan FB sebagai media informasi adalah bila memiliki banyak pengguna yang selalu membaca info update di akun media sosial ini.

Selain itu keterlibatan dari teman atau juga pengikut menjadi hal penting agar sebuah akun Facebook page bisa menjadi populer. Lalu bagaimana agar akun Facebook memiliki banyak friends dan followers, serta dapat menjadi media yang efektif untuk promosi? Berkut ini tipsnya.

15 Hal Yang Sebaiknya Dihindari untuk Ditulis di Media Sosial

Cara Membuat Facebook Fanpage Bisnis Agar Terkenal

Agar Fanpage memiliki banyak pengikut dan jadi lebih dikenal banyak orang, maka ada cara-cara tertentu untuk meningkatkan popularitasnya. Dan berikut ini bagaimana membuat FB menjadi populer.

Kombinasi Personal dan Bisnis

Pemilik akun Facebook seringkali bingung, sebaiknya membuat FB Fanpage untuk personal atau bisnis? Lalu apa bedanya dari kedua jenis FB page tersebut? Apabila anda menggunakan Facebook untuk bisnis modal kecil atau apapun itu, dapat menggunakan profile pribadi yang disesuaikan untuk kebutuhan bisnis. Di satu sisi, sebagai pengelola FB page memiliki hubungan personal yang baik dengan teman atau pengikut namun tetap menunjukan sisi perofesional dalam bisnis anda.

Contoh, pada satu kesempatan, anda dapat memposting status mengenai sesuatu yang lucu dan menyenangkan seperti kartun, video atau gambar aneh. Namun dilain kesempatan juga dapat update mengenai sesuai yang berhubungan dengan peluang usaha dari rumah. Namun dikedua cara tersebut, diharapkan temana tau follower memberikan tanggapan melalui kolom komentar. Dengan cara seperti ini akan timbul komunikasi dua arah yang sangat penting.

Gambar Profile Atau Sampul Yang Menyenangkan

Banyak pengguna FB page untuk bisnis, politik atau juga artis yang kurang memperhatikan pentingnya foto profile dan gambar cover pada akun Facebook Fanpage. Padahal foto seakan menjadi sebuah respon yang mewakili pemilik akun terhadap kehadiran teman dan pengikut.

Foto profile adalah gambar yang menampilkan siapa dan seperti apa anda. Sedangkan gambar cover merupakan gambar besar yang berada diatas foto profile. Dan kedua gambar ini menjadi perhatian utama ketika teman, pengikut atau juga pengunjung yang pertama kali datang di akun anda. Gambar yang baik dan menyenangkan akan memberi respon yang positif terhadap pengunjung.

Cara Mudah Membuat Cover Foto di Facebook Group yang Menarik

Pasanglah gambar profile dengan wajah yang menyenangkan seperti ketika bersenyum, tertawa bahagia, mata yang berbinar, sorot mata yang menria kehadiran member. Ketika menampilan gambar sampul, pilihlah gambar yang mewakili pribadi atau bisnis anda. Foto ketika bersama teman-teman dalam suasana ceria, logo perusahaan, gambar saat menggunakan produk atau jasa yang dijual, dan lainnya.

Ceritakan Siapa Anda

Teman atau juga pengunjung akan merasa “dekat” dengan anda bila mgentahui sperti apa anda. Dan Facebook telah menyediakan beberapa tool yang dapat dimanfaatkan untuk itu pada bagian “Update Info” atau “About”. Manfaatkan fitur deskripsi dengan mengisikan siapa diri anda, apa yang dapat dilakukan oleh anda, apa yagn ingin anda bagi dan bermanfaat untuk pengunjung.

Fitur yang bersifat terlalu pribadi dan tidak berhubungan langsung dengan bisnis, dapat anda hindari untuk diisi. Melakukan updat staus juga dapat diisi dengan beberapa kegiatan pribadi yang memberi inspirasi untuk pengunjung.

Memberi Tanggapan Terhadap Komentar Teman atau Pengunjung

Salahs atu tanda bahwa pengunjung diterima denganb aik oleh pemilik akun FB page adalah dengan memberi tanggapan atas komentar atau posting. Apabila pengunjung memberikan komentar atas status erbaru Facebook anda, sebaiknya berikan tanggapan yang baik atas komentar mereka. minimal memberikan tanda jembol atau like menandakan perhatian anda terhadap tanggapan pengunjung.

Meminta Ide Kepada Pengunjung

Untuk lebih meningkatkan keterlibatan pengunjung FB page, anda bisa meminta ide atau saran dari mereka. Dengan cara ini juga anda bisa menilai seberapa besar perhatian teman atau juga follower akan fanpage yang anda buat. Cara meminta ide dapat dilakukan dengan kata-kata langsung atau juga terselubung. Cara yang tidak langsung adalah dengan menuliskan sebuah pertanyaan yang berhubungan dengan berita terbaru yang masih berkaitan dengan bisnis anda.

Posting Update Status Dengan Rutin

Pengunjung selalu senang mendapatkan informasi yang baru. Posting atau update status secara rutin dapat membantu meningkatkan pengunjung. Update setatus minimal 1 kali sehari dapat dilakukan.

Posting Pada Waktu Terbaik

Perhatikan jam dan hari terbaik untuk melakukan update status. Anda bisa memperhatikan waktu terbaik dengan melihat pada jam berapa komentar atau like terbanyak setelah posting di wall. Cara lain adalah dengan melihat pada bagian “insight” atau “wawasan” yang telah disediakan oleh Facebook untuk mengetahui data statistik dari pengunjung fanpage.

Gambar Insight Data Statistik Facebook

Membuat Event

Surprise dapat membantu pengunjung untuk mendapatkan sesuatu yang menyegarkan dan menyenangkan serta terhidar dari rasa bosan. Membuat event yang melibatkan banyak partisipasi dari pengguna dapat membantu menambah teman, aktifitas, komentar.

Nah anda bisa mengikuti tips diatas agar fanpage anda mendapat banyak pengikut atau juga teman. Dan yang lebih penting lagi agar friend dan follower menjadi lebih terlibat dalam pembicaraan FB page.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *