8 Panduan Cara Membuat Blog Yang Menarik Untuk Para Pemula

Bagi Anda yang tertarik dengan dunia blog tentunya harus mengetahui bagaimana cara membuat blog yang menarik agar bisa menghasilkan uang dan banyak pengunjungnya. Banyak yang mengira bahwa membuat blog hanya membuang waktu saja, tapi tahukah Anda melalui blog Anda bisa menuangkan ide dan kreativitas Anda. Selain itu, blog juga bisa menjadi salah satu mesin penghasil uang tambahan bagi Anda. Tidak dipungkiri saat ini sudah banyak blogger yang mampu menghasilkan uang dari blognya sampai puluhan juta setiap bulan bahkan setiap harinya.

Langkah Awal Bagaimana Cara Membuat Blog Yang Menarik

cara membuat blog yang menarik

Para pemula yang ingin memulai membuat blog harus mengetahui dasar dalam pembuatan blog. Cara membuat blog yang menarik bagi para pemula tidaklah sulit, keterampilan dalam membuat blog bisa didapatkan dengan mudah asalkan Anda mau belajar dan mencoba hal yang baru. Nah, bagi Anda yang ingin membuat blog harus mengetahui langkah awal yang harus dilakukan. Berikut ini langkah awal dalam membuat blog agar menarik:

1. Mencari topik atau tema blog

Langkah awal yang pertama dalam cara membuat blog yang menarik adalah mencari topik atau tema blog. Tema blog ini sangat penting, hal ini dikarenakan tema merupakan jantung utama sebuah blog. Ada banyak anggapan bahwa tema blog yang menarik hanya beberapa saja, tapi tahukah Anda dengan perkembangan teknologi dan kehidupan yang semakin modern hampir semua tema bisa menarik. Tema yang menarik ini juga harus dikemas dengan cara yang menarik agar blog Anda mempunyai banyak pengunjung.

2. Memilih platform

Bagi pemula yang akan membuat blog untuk pertama kalinya selain menentukan topik atau tema Anda juga harus memilih platform. Platform ini merupakan penyedia website atau blog yang bisa Anda gunakan. Ada tiga pilihan platform yang saat ini sangat direkomendasikan yaitu blogspot, WordPress.com, dan WordPress.org. Ketiganya mempunyai kelebihan masing-masing. Dalam cara mendesain blog bagi pemula setiap platform ini mempunyai panduan yang berbeda-beda. Namun pada dasarnya semua platform bisa digunakan dengan mudah.

Anda juga perlu mengetahui cara mendesain blog agar menarik, seperti dengan menghias blog dalam pewarnaan, jenis huruf, font dan juga layout. Meemanfaatkn template blog simple tapi menarik dapat dilakukan bila anda tidak tahu banyak mengenai bahasa program. Membuat blog wordpress menarik dapat lebih mudah dengan bantuan penambahan plugin.

Baca : Begini Cara Bikin Blog Di WordPress Untuk Bisnis

3. Melakukan instalasi platform dan memilih hosting domain

Setelah memutuskan akan menggunakan platform yang mana, maka cara membuat blog yang menarik selanjutnya adalah melakukan instalasi platform yang dipilih. Instalasi ini dilakukan untuk memudahkan Anda dalam menulis dan membuat desain blog. Hal yang sangat penting bagi pemula agar blognya menarik dan banyak pengunjung adalah memilih domain dan hosting yang tepat. Sekarang ini ada banyak hosting dan domain gratis, namun bagi yang memang serius menjalani dunia blog bisa memilih domain dan hosting berbayar yang lebih tepercaya.

4. Kenali dasar-dasar dari platform yang dipilih

Langkah awal terakhir dalam cara membuat blog agar lebih menarik bagi para pemula adalah mengenali dasar-dasar dari platform yang dipilih. Setiap platform mempunyai aturan tersendiri dan sistem yang berbeda dalam menjalankan sebuah blog. Bagi Anda yang ingin mahir mendesain dan membuat blog menjadi menarik maka perlu mengenali dasar-dasar cara kerja platform yang dipilih. Dengan menguasai dasarnya, maka Anda bisa mengembangkan dan membuat blog Anda menjadi menarik dan mempunyai banyak pengunjung.

Baca juga : Bagaimana Pembuatan Blog di Android Yang Mudah

Cara Membuat Blog Menarik Pengunjung Yang Banyak

Cara membuat blog yang menarik tidak hanya bergantung dari langkah awal yang dilakukan, tapi juga bergantung dengan bagaimana pemilik blog mengembangkan blognya. Hal utama yang menjadikan dasar penilaian blog berhasil adalah ketika blog mempunyai banyak pengunjung. Dengan banyaknya pengunjung maka menunjukkan bahwa blog Anda banyak disukai dan dibaca oleh orang. Setelah mempunyai banyak pengunjung, tentunya Anda akan bisa menggunakan blog Anda sebagai pencetak uang. Lalu, bagaimana membuat blog menarik untuk dibaca? Berikut ini beberapa cara agar membuat blog menjadi menarik untuk dibaca:

1. Jadilah yang berbeda dari blog lainnya

Cara membuat blog yang menarikuntuk dibaca yang pertama adalah dengan membuat blog yang berbeda dari blog pada umumnya. Anda harus memberikan kesan pertama yang menarik bagi para pengunjung. Untuk memberikan kesan yang menarik bagi para pengunjung, Anda perlu membuat desain yang berbeda dengan blog pada umumnya. Misalnya saja membuat blog yang bisa bergerak mengikuti mouse. Cara membuat tampilan blog bergerak ini cukup mudah dan bisa Anda kuasai dengan cepat.

Selain desain tampilan, Anda juga harus membuat konten style yang berbeda dengan blog lainnya. Usahakan isi blog mudah untuk dipahami sehingga pengunjung menjadi lebih tertarik untuk selalu mengunjungi blog Anda. Selain itu, buatlah judul blog yang menarik dengan isi artikel berjudul menarik pula. Dengan hal ini, maka bisa dipastikan jika blog Anda akan ramai dikunjungi setiap harinya.

2. Buat konten yang menarik dan unik

Cara membuat blog yang menarik dan enak untuk dibaca adalah dengan membuat konten atau isi yang menarik dan unik. Keunikan dari konten blog akan menarik banyak pengunjung. Untuk membuat konten yang menarik tentunya Anda harus memilih tema dari blog yang menarik. Usahakan konten dalam blog harus selalu konsisten. Misalnya saja jika Anda mengambil tema kecantikan, maka tulisan yang dimuat dalam blog harus yang berhubungan dengan kecantikan. Agar lebih menarik, Anda bisa mengambil judul tulisan yang unik dan membuat pembaca penasaran.

3. Sempurnakan desain pada blog

Cara membuat blog yang menarik yang ketiga adalah dengan menyempurnakan desain pada blog. Pada saat awal membuat blog maka desain blog hanya sebuah desain standar saja. Anda bisa menyempurnakan desain blog ini dengan menambahkan widget ataupun menu yang sesuai dengan konten blog yang Anda buat. Selain itu, Anda juga bisa mempercantik tampilan blog. Cara mempercantik tampilan blog di blogger ini sangat mudah dan praktis. Yang terpenting dalam desain blog adalah warna dasar dan warna tulisan harus kontras sehingga bisa terbaca.

Baca : Disini Tempat Membuat Blog Yang Gratis?

4. Selalu update konten secara teratur

Cara membuat blog yang menarik terakhir adalah dengan selalu update konten atau tulisan secara teratur. Minimal Anda bisa menambahkan isi blog Anda sebulan sekali agar pengunjung tertarik. Bagi Anda yang memang ingin menekuni dunia blog, maka bisa melakukan update tulisan satu minggu sekali. Usahakan ada jadwal rutin untuk mengupdate isi konten. Keteraturan ini akan membuat blog Anda menjadi lebih banyak isinya dan bisa membuat pengunjung untuk rutin mengunjungi blog Anda. Judul tulisan yang menarik dan isi yang bermanfaat bisa menarik banyak pengunjung.

Cara membuat blog yang menarik dan mempunyai banyak pengunjung memang tidaklah mudah. Dibutuhkan waktu setidaknya 6 bulan agar blog yang Anda buat bisa ramai dikunjungi dan bisa menghasilkan uang. Banyak para blogger pemula yang mengalami kegagalan pada bulan-bulan awal, hal ini dikarenakan mereka tidak sabar dan kurang telaten dalam mengurus blognya. Kesuksesan seorang blogger memang tidak instan, oleh karena itu diperlukan kerja keras dan perjuangan agar blog yang dibuat mempunyai banyak pengunjung dan pada akhirnya bisa menguntungkan.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *