Cara Membuat Blog di Android Menggunakan Aplikasi Untuk Mengelola Blog Lebih Mudah dan Praktis

Cara membuat blog di android dengan memanfaatkan smartphone tentunya semakin memudahkan kita membuat dan mengelola blog. Blog merupakan salah satu media untuk menuangkan ide, gagasan hingga mempromosikan bisnis di internet yang banyak sekali manfaatnya. Siapapun bisa membuat dan memiliki blog untuk berbagai keperluan. Ada banyak situs yang menyediakan akun blog secara gratis. Jika perlu, kita juga bisa membuat blog berbayar dengan banyak keunggulan yang menguntungkan. Apalagi, di era smartphone seperti sekarang membuat blog semakin mudah.

Cara Membuat Blog di Android Menggunakan Aplikasi

Cara Membuat Blog di Android
Pada era sebelum smartphone android hadir, blog sudah cukup populer. Orang bisa membuat blog di banyak situs yang menyediakan akun blog untuk pribadi maupun komunitas. Awalnya, cara membuat blog dilakukan melalui PC atau laptop. Cara membuat blog gratis di internet ini sangat mudah. Anda cukup membuka situs seperti blogspot, wordpress dan situs lainnya, kemudian membuat akun blog Anda disana. Tentunya, sebelum membuat blog Anda harus memiliki alamat email dan mengisi beberapa kolom yang disediakan untuk pendaftaran.

Sekarang, seiring dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, membuat blog bisa dilakukan dengan mudah di HP android. Cara membuat blog di android ini bisa dilakukan setidaknya dengan dua cara, yaitu dengan membuat blog melalui situsnya, atau bisa juga dengan memanfaatkan aplikasi. Karena situs-situs seperti wordpress dan blogger pun kini telah menyediakan aplikasi khusus. Aplikasi ini tentunya akan sangat memudahkan Anda dalam membuat, mengisi dan mengelola akun blog Anda kapan dan dimana saja melalui ponsel android.

Baca : Tempat Membuat Blog Gratis dan Mudah Selain Di Blogspot Dan WordPress

Tahapan Cara Membuat Blog Sendiri di HP Android

Pertama sebelum memulai cara membuat blog di android, pastikan Anda telah memiliki akun email. Karena diperlukan akun email yang aktif ketika Anda mendaftar. Selain itu pastikan juga spesifikasi ponsel android Anda memadai dan memiliki ruang untuk tambahan aplikasi khusus blog. Penasaran bagaimana cara membuat blog di HP android? Berikut ini adalah beberapa langkah untuk membuat blog sendiri melalui ponsel android Anda.

1. Download Aplikasi Untuk Blog
Ada banyak aplikasi yang sudah digunakan oleh ribuan orang di dunia untuk membuat blog dan mengelola blog semakin mudah. Diantara aplikasi-aplikasi tersebut adalah wordPress, Blogger, tumblr, BlogPost dan masih banyak lagi. Untuk bisa menggunakan aplikasi tersebut,Anda harus mengunduhnya dan menginstalnya di ponsel android Anda. Anda bisa mengunduh melalui Playstore. Setelah berhasil diunduh, silakan coba jalankan aplikasi tersebut dan mulailah cara membuat blog di androidAnda.

Cara membuat blog dengan aplikasi android seperti wordPress misalnya, dikenal sangat mudah dan praktis. WordPress sendiri merupakan situs penyedia blog gratis maupun berbayar yang sangat populer. Jika Anda jeli melihat berbagai situs yang bertebaran diinternet, Anda pastinya akan sering menemukan bahwa situs tersebut dikelola melalui wordpress. Cara membuat blog di android yang berbayar juga tidak sulit, selain itu Anda akan mendapatkan aneka keuntungan.

2. Buat Blog Anda
Setelah Anda mendownload aplikasi blog, Anda bisa segera memulai cara membuat blog di androidAnda. Misalnya jika Anda memilih wordPress atau Blogger, maka silakan klik dan jalankan aplikasi tersebut, lalu mulai buat akun blog Anda. Anda akan diminta memilih tema atau jenis blog Anda, apakah bertema pendidikan, komunitas, kesehatan, bisnis, dan lain sebagainya. Setelah itu biasanya Anda juga akan ditawari apakah Anda akan membuat blog gratis atau membuat blog berbayar.

Blog gratis benar-benar gratis dan tetap punya banyak keuntungan. Cara mendaftar blog gratis di android begitu mudah. Anda akan menggunakan domain wordpress.com atau blogspot.com di belakang nama domain Anda. Sementara jika Anda menggunakan blog berbayar, maka Anda bisa memilih domain misalnya namaanda.co, namaanda.org, dan sebagainya sesuai kebutuhan Anda. Untuk awal, cobalah menggunakan yang gratis. Walaupun gratis, Anda tetap bisa menggunakan banyak sekali desain dan template blog yang sangat menarik untuk blog Anda.

3. Pilih Nama Yang Menarik
Cara membuat blog di android selanjutnya adalah agar blog Anda menarik, gunakan nama domain blog yang sesuai dengan tema blog Anda. Misalnya blog resep masakan, blog lingkungan hidup, blog handycratf, blog tanaman hias, blog elektronika dan lain sebagainya. Tentunya dengan memberi nama blog yang menarik dan tematik maka orang akan tertarik untuk berkunjung ke blog Anda. Selain itu dengan membuat nama blog sesuai tema yang Anda sukai Anda akan semakin bersemangat untuk mengisinya.

4. Pilih Desain Yang Menarik dan Mudah Dibaca
Hal lain yang harus Anda perhatikan dalam membuat blog di HP adalah memilih desain yang menarik namun mudah dibaca. Desain blog Anda haruslah menarik namun tetap mudah dan nyaman untuk dibaca melalui layar ponsel yang berukuran kecil sekalipun. Selain desain, pilihlah ukuran, jenis dan warna font atau huruf yang mudah dibaca dan tidak menyakitkan bagi mata. Terkadang pembuat blog hanya memilih berdasarkan kesenangannya tanpa memperhatikan bahwa kombinasi font dan warna latar sangat mempengaruhi orang dalam membaca blog.

5. Siapkan Konten Untuk Blog Baru Anda
Setelah selesai memilih nama, desain dan template serta pengaturan blog Anda, kini tiba saatnya Anda menyiapkan konten untuk blog baru Anda. Pertama, hal penting yang harus diperhatikan dalam cara membuat blog di android adalah pastikan agar mudah dalam mengelola blog Anda. Yaitu, pastikan di ponsel android AndaAnda memiliki aplikasi yang mendukung selain aplikasi untuk blog itu sendiri.

Baca Juga : Tutorial Cara Membuat Blog Di WordPress Untuk Jualan

Diantara aplikasi wajib yang seharusnya Anda miliki di ponsel Anda untuk mendukung kemudahan dalam mengelola blog adalah Google Drive. Google Drive akan membantu Anda menyimpan file untuk mengelola blog secara online. Di Google Drive Anda bisa menyimpan banyak sekali foto, tulisan, video dan sebagainya untuk konten blog Anda. Cara membuat blog di android dan mengelolanya akan lebih mudah jika Anda didukung aplikasi tersebut.

Nah, cara membuat blog di android mudah bukan? Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi lain untuk mengoptimalkan pengelolaan blog Anda. Misalnya menggunakan Evernote. Evernote bisa membantu Anda untuk mencatat dan menyimpan ide-ide baru yang akan digunakan untuk mengisi blog melalui ponsel Anda. Selain itu jika Anda ingin menyisipkan foto-foto menarik di blog Anda, tentunya Anda harus memiliki aplikasi Photo Editor untuk android. Dengan demikian,Anda bisa mengatur dan mengedit foto-foto yang akan Anda masukan ke dalam blog anda.

Hal lain yang harus Anda perhatikan dalam cara membuat blog di android adalah mengoptimalkan penggunaan aplikasi seperti Ganalytics. Aplikasi bermanfaat untuk mengamati traffic blog Anda. Yaitu siapa dan berapa banyak pengunjung blog Anda setiap harinya dan dari kota atau negara mana. Tentunya ini akan bermanfaat sehingga Anda bisa menganalisis tulisan jenis apa yang banyak disukai dan dikunjungi oleh pembaca. Dengan demikian Anda bisa termotivasi dan lebih bersemangat lagi dan mengelola konten blog Anda dengan tulisan yang bermanfaat.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *