Cara Membuat Blog Bisnis Untuk Mendapatkan Uang Dari Internet

Cara Membuat Blog Cara Mendapatkan Uang Dari Internet – Seperti telah disebutkan, bahwa salah satu peluang usaha 2015 yang dapat menjanjikan keuntungan adalah dengan menggunakan blog untuk bisnis. Blog dapat digunakan untuk promosi produk, jasa, affiliate, dan lainnya. Namun agar sebuah blog dapat digunakan untuk mencari uang dari internet secara maksimal, maka ada langkah tertentu yang harus diterapkan. Dan berikut ini tips peluang bisnis bagaimana cara buat blog usaha supaya bisa menghasilkan uang.

Manfaat Blog Untuk Bisnis Dan Mendapatkan Uang Dari Internet

Blog sangat bermanfaat untuk bisnis. Dan Blog bisnis adalah salah satu cara yang efektif dan paling mudah untuk mempromosikan usaha. Apapun jenis produk dan jasa yang dilakukan untuk menghasilkan uang, sebaiknya blog atau situs jangan pernah dilupakan untuk digunakan sebagai media promosi online yang paling murah. Percuma saja ketika sudah mendapatkan ide bisnis baru baik usaha modal kecil atau bukan, tapi tidak pernah melakukan promosi sehingga orang lain tidak tahu apa yang anda jual. Hal ini akan mempersulit anda untuk bisa menjadi seorang wirausaha sukes.

Gambar cara membuat blog bisnis cari uang di internet
Apa saja yang harus dlakukan untuk membuat sebuah blog bisnis yang dapat dipergunakan untuk mendapatkan uang secara online di internet juga untuk mempromosikan bisnis lain seperti barang dan jasa.

Blog dapat digunakan sebagai sebuah toko di internet supaya  jualan online supaya laris. Dengan melakukannya secara benar, maka pengunjung dapat membanjiri website dan meningkatkan penjualan. Dan yang terpenting adalah, blog yang dikelola dengan baik dapat meningkatkan kepercayaan yang tinggi dari pelanggan terhadap bisnis di bidang anda.

Cara Membuat Blog Yang Menarik Untuk Pengunjung Dan Hasilkan Uang

Berikut ini lagkah yang dapat anda ikuti supaya bisa memiliki blog yang sangat bermanfat untuk promosi dan meningkatkan penjualan produk serta jasa. Selain itu juga bisa digunakan untuk dapat uang dari internet baik langsung ataupun tidak langsung.

Cara Membuat Blog Utuk Bisnis

Salah satu cara memulai bisnis tanpa modal adalah dengan mengetahui cara membaut blog. Blog yang digunakan untuk mencari uang lewat internet dapat diperoleh dengan membeli hosting serta domain sendiri. Anda bisa membeli domain dan hosting dari penyedia jasa tersebut. Banyak sekali penjual jasa hosting dan domain di internet. Bahkan biaya yang dikeluarkan juga tidak mahal. Untuk satu tahun biasanya tidak lebih dari Rp. 300.000 untuk kedua layanan tadi.

Tapi bila anda tidak memiliki uang yang cukup, menggunakan blog gratis untuk bisnis juga tidak masalah. Karena membuat blog bisnis tidak harus dengan mengeluarkan uang. Di internet sudah banyak fasilitas blog gratis yang dapat digunakan untuk keperluan apapun sepanjang tidak melanggar ketentuan pemilik situs tersebut.

Hanya dengan membuat blog di salah satu layanan gratis ini, anda sudah siap untuk menghasilkan uang lewat blog :

  • Blogger / Blogspot
  • WordPress com
  • Wix
  • Jimdo
  • Atau blog gratis lainnya

Silahkan ikuti petunjuk cara membuat blog gratis dari layanan di atas. Penulis tidak akan menjelaskannnya secara detil disini. Dengan memiliki blog saja, seorang ibu rumah tangga bisa menjalankan bisnis modal kecil dari rumah saja tanpa harus membuka warung atau berkeliling menjajajakn barang dagangan.

Cara Menulis Blog Untuk Pengunjung

Setelah selesai membuat blog, maka langkah selanjutnya adalah bagaimana cara mengisi blog tersebut dengan tulisan atau konten yang bertujuan untuk promosi produk dan jasa yang ditawarkan.

Blog adalah diri anda sendiri. Anggap blog sebagai alat berbicara kepada para pelanggan dan pengunjung. Idealnya, blog bertujua untuk membantu memecahkan masalah yag dihadapai pengunjung atau memberikan pandangan atau infomrasi baru mengenai bidang usaha yang anda jalankan.

Rencanakan Tulisan

Kekurangan waktu dan ide adalah beberapa alasan yang sering diutarakan oleh pemilik usaha kecil untuk tidak menggunakan blog untuk menghasilkan uang. Padahal, dengan sedikit rencana yang baik, anda bisa mendapatkan ide untuk membuat tulisan yang menarik dalam waktu yang terjadwal. Selain itu tulisan anda juga bisa digunakan untuk membantu pengunjung dan pelanggan.

Menulis di blog dapat berupa jawaban dari pertanyaan yang sering diajukan oleh pelanggan. Mungkin ada pelanggan atau pengunjung blog yang menanyakan langsung kepada anda melalui media lain seperti SMS, Twitter, Facebook Fan Page, email, BB mengenai produk dan jasa yang ditawarkan. Anda bsa memberi penjelasan atas pertanyaan tersebut melalui blog. Sehingga hanya dengan sekali menulis artikel sesuai dengan pertanyaan pelanggan, maka selanjutnya tidak perlu menjawab pertanyaan yang sama berulang kali.

Menulis Artikel Yang Bermanfaat

Salah satu kunci sukses bisnis blog adalah dengan menyediakan tulisan bermanfaat untuk pengunung. Cara tersebut juga bermanfaat untuk meningkatkan nilai blog yang dianggap sebagai blog yang dapat dipercaya atau biasa disebut dengan authority. Apabila anda bisa meyediakan artikel atau informasi yang bermanfaat untuk pengunjung, maka mereka akan selalu rutin mengunjungi blog anda untuk mengetahui artikel terbaru.

Dan salah satu kelebihan dari pengunjung blog yang royal, mereka akan mudah untuk membeli produk atau jasa yang anda tawarkan. Hal ini terjadi akibat kepercayaan mereka yang tinggi terhadap blog dan pribadi anda.

Frekuensi Penulisan Artikel

Membuat tulisan secara rutin di blog dapat membantu meningkatkan kepercayaan pengunjung. Membuat blog yang diisi dengan artikel bermanfaat dan diposting secara berkala, membuat pengunjung yakin bahwa blog tersebut memang di pelihara dengan baik. Terlebih mereka juga bisa percaya bahwa pemilik blog juga menjalankan bisnis dengan baik serta dapat dipercaya.

Menulis satu artikel setiap hari dapat membuat pengunung rutin mampir dan membaca tulisan blog bisnis anda. Kalaupun tidak sanggup menulis setiap hari, setidaknya dalam waktu 1 minggu anda bisa membuat satu artikel baru.

Tidak hanya untuk pengunjung. Blog yang mendapat update secara berkala, membuat mesin pencari seperti Google, cepat untuk mengindeks tulisan anda. Semakin banyak dan mudah Google mengindeks artikel maka akan semakin banyak pengunjung di blog karena semakin mudah dicari melalui search engine.

Gaya Tulisan Dan Desain Blog Yang Menyentuh Pengunjung

Desain, tata letak dan juga gaya penulisan di blog dapat menentukan bagaimana pengunjung merasa diterima di blog anda. Buatlah blog dengan desain sera bahasa yang nyaman secara umum untuk semua visitor blog. Setiap pemilik blog bisnis dapat menentukan sendiri gaya yang ingin dibentuk. Namun dengan memperhatikan keinginan pengunjung, maka sebaiknya anda bisa menulis artikel dengan yang diinginkan oleh mereka.

Blog atau situs ibarat sebuah tubuh yang memiliki kepribadian. Berikan sentuhan personal kepada pengunjung dengan bahasa yang membuat mereka merasa terlibat dalam pembicaraan.

Interaksi Dengan Pengunjung

Seperti disebutkan diatas, bahwa sentuhan pribadi dapat membuat pengunjung mersa nyaman untuk berlama-lama di blog anda. Buat tulisan yang mengundang pengunjung untuk memberikan pendapat mereka tentang tema yang sedang dibahas. Sebaiknya setiap komentar dari pengunjung anda balas secepatnya dengan bahasa serta kalimat yang baik.

Semakin banyak pengunjung atau pelanggan terlibat dalam pembicaraan, maka membuat blog semaki mudah dikenal. Secara teknis, artekal yang memiliki banyak komentar, akan lebih mudah berada pada halaman 1 dari hasil pencarian di search engine Google.

Buat Blog Yang Mudah Disebarkan

Media sosial saat ini seakan menjadi nyawa dari saling interaksi di internet. Salah satu fitur yang paling sering digunakan adalah dengan share artikel, atau menyebarkan tautan. Semakian banyak pengunjung yang menyebarkan link sebuah post, maka akan semakin banyak pengunjung blog tersebut. Prinsip ini disebut dengan viral marketing.

Atur blog anda untuk dipasang media sosial yang paling sering digunakan pada jenis usaha anda. Secara umum situs sosmed yang populer di Indonesia adalah :

  • Facebook
  • Twitter
  • Path
  • Instagram
  • Linkedln

Tempatkan ikon atau lambang situs jaringanpertemanan tersebut pada bagian atas, bawah atau juga samping artikel. Semakin strategis dan mudah posisi ikon sosmed, maka akan semakin mudah pengunjung menyebarkan link tulisan anda.

Ukur Kinerja Blog

Keberhasilan sebuah blog untuk bisnis dapat diukur berdasar performance-nya. Semakin tinggi pengunjung, prospek dan pelanggan, maka memiliki potensi yang tinggi bisnis anda akan berhasil.

Cara mengukur kinerja blog dapat menggunakan beberapa tools yang disediakan gratis di internet. Yang paling populer adalah menggunakan Google Analytics. Tools yang dapat dimiliki secara otomatis bila anda memiliki akun Gmail di Google ini, memberikan fitur yang sangat lengkap.

Jumlah data pengunjung perhari, artkel yang paling sering dikunjungi, kata kunci apa yang paling sering dicari dari blog anda. dan lainnya. Data tersebut dapat digunakan untuk mengetahui seberapa bagus promosi yang dilakukan oleh anda dengan menulis artikel untuk blog. Selain itu, ada juga bisa mendapatkan ide lain untuk membuat tema dan judul artikel baru untuk di posting. Dengan cara ini anda bisa memaksimalka usaha cara mencari uang dari internet secara efektif.

Dengan mengikuti bagaimana cara membuat blog bisnis yang baik untuk menghasilkan uang, maka dapat dipastikan potensi peluang usaha anda untuk sukses akan semakin besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *