Cara Internet Marketing Menggunakan Video Online Untuk Pemula

Cara Internet Marketing Menggunakan Video Online Untuk Pemula – Banyak pemilik usaha yang mulai menyadari bahwa salah satu strategi pemasaran yang harus dilakukan adalah video online. Semakin banyak orang yang menyaksikan video produk atau jasa dari smartphone, tablet atau juga laptop, dapat membuat bisnis anda semakin dikenal.

Riset Respon Pengguna Internet Terhadap Internet Marketing Dengan Video

Riset membuktikan bahwa video online dapat menambah pemahaman orang terhadap produk dan jasa yang anda tawarkan hingga 74%. Setiap pengguna internet melihat lebih dari 32 video setiap bulan. Hampir setengah yang dilihat di Youtube adalah video yang berhubungan dengan bisnis. 65% yang menyaksikan video akan mengunjungi halaman website stelah melihat video. Pengguna internet dengan usia lebih tua melihat vide lebih banyak dibandingkan dengan yang lebih muda. (Sumber : Quicksprout.com)

Dengan melihat data diatas, maka anda bisa mengetahui betapa pentingnya marketing menggunakan video. Lalu bagaimana memulai melakukan strategi pemasaran menggunakan video? Bagaimana mengkombinasikan video produk kedalam cara pemasaran produk dan jasa? Konsep video marketing sangat bagus, tapi pemilik bisnis pasti sering bertanya-tanya apa yang sebaiknya dibuat ke dalam video, siap yang membuat video dan bagimana membuat video.

Tips Strategi Marketing Online Menggunakan Video Untuk Pemula

Gambar Cara Memasarkan Video Produk
Bagaimana cara memanfaatkan video online untuk memasarkan produk barang dan jasa leat internet

Strategi pemasaran online lewat internet termasuk video marketing sudah tidak bisa diabaikan lagi. Setelah anda mengetahui pemasaran online di Facebook atau juga promosi jasa lewat Twitter, Google Plus dan beberapa sosmed lainnya. Dengan semakin bayaknya pengguna internet baik lokal maupun dunia, membuat potensi pasar menjadi semakin lebar. untuk pasar domestik saja penjualan online melalui internet terlihat seaki meningkat ditandai dengan seakin banyaknya online store dengan target pasar Indonesia.

Internet marketing menggunakan video menjadi salah satu alat promosi yang sangat kuat seperti disebutkan dalam survey diatas. Baik pengusaha bisnis online atau juga offline yang sedang menjalankan peluang usaha dengan modal kecil bisa memanfaatkan semaksimal mungkin cara jualan di internet untuk mendapatkan pelanggan baru atau juga menjaga pelanggan yang sudah ada.

Dan berikut ini tips cara pemasaran video produk barang dan jasa untuk pemula

Close Up

Dikarenakan saat ini pengguna internet yang melihat video marketing banyak menggunakan perangkat handphone dengan layar yang kecil sebaiknya ketika merekam produk barang dengan cara close up. Hal ini dilakukan agar gambar barang dapat terlihat dengan jelas. Usahakan fokus pada bagian detil yang biasanya menjadi pertanyaan para calon pembeli. Ketika sedang merekam gambar produk, anda dapat merekam suara anda yang menjelaskan mengenai deskripsi barang atau jasa secara langsung agar penjelasannya lebih mudah dimengerti oleh calon pelanggan. Atau, dapat juga suara digabung kedalam vide ketika proses editing dilakukan.

11 Situs Media Sosial Tempat Upload dan Download Video Gratis

Ukuran File Yang Kecil

Video yang akan dilihat melalui gadget, harus melalui proses loading ke dalam perangkat tersebut. Biasanya dikenal denga istilah buffering. Semakin besar ukuran file video, maka akan semakin lama waktu yang digunakan untuk buffering. Semakin lambat koneksi internet, maka akan semakin lamabat proses loading. Oleh karena itu, membuat file video dalam ukuran sekecil mungkin tanpa mengurangi kualitas gambar dan suara menjadi faktor peting.

Durasi Pendek

Pengguna internet tidak begitu banyak waktu untuk bisa memperhatikan banyak video apalagi ketika menyaksikannya melalui smartphone dengan layar yang kecil. Semakin pendek durasi video, akan semakin baik. Anda harus bisa memasukkan bagian penting dari apa yang ditawarkan ke dalam video dalam rentang waktu yang singkat.

Ajakan Bergabung Dan Share

Masukan kaliamat ajakan kepada penonton video pemsaran bisnis anda untuk bergabung dengan saluratau channel yang anda kelola. anda juga dapat meminta merea untuk men-share video yang telah disaksikan melalui akun media yang penonton gunakan.

Jumlah Dan Ragam Video

Jumlah video yang semakin banyak dan saling berkaitan, dapat membantu meningkatkan perhatian pengguna internet. Walaupun bisnis yang anda lakukan adalah menawarkan dan menjual barang, bukan berarti anda tidak bisa memajang video mengenai suasana usaha sepergi karyawan atau juga pelanggan setia.

Video Testimoni atau Pernyataan

Memajang video yang berisi mengenai pernyataan kepuasan atas produk dan jasa dari pelanggan bisa meningkatkan kepercayaan dari calon pembeli lain atas bisnis anda. Anda bisa meminta beberapa pelanggan untuk direkam ketka memberika testimoni mengenai produk dan layanan usaha anda. Apabila jenis usaha anda adalah online yang tidak pernah bertemu secara fisik dengan pelanggan, testimoni dapat ditambilkan dalam bentuk slide yang dirubah ke dalam video. Nanti akan dijelaskan cara membauat video dari slide.

Upload Video

Yang telah dibuat dapat disimpan atau diupload pada situs-situs upload video secara gratis. Banyak sekali situs yang memang ditujukan untuk menampilkan video dan dapat diakses secara gratis. Anda hanya perlu mendaftar seperti ketika membuat email baru.

Video Dalam Website

Memasukkan video ke dalam website promosi yang anda buat, harus dilakukan agar calon pembeli bisa mendapatkan informasi secara lengkap dari bentuk tulisan, gambar, video atau juga slide. Dengan cara ini pelanggan bisa dengan mudah mengerti bentuk, ukuran, warna, dan lainnya seakan-akan mereka melihat secara langsung produk yang ditawarkan.

Sebarkan Video

Video yang telah di upload sebaiknya disebar melalui media sosial kepada teman, rekan atau juga kenalan dengan cara yang baik dan bukan SPAM. Karena dengan cara SPAM dapat membaut reputasi bisnis anda bisa turun. Facebook, Twitter, Path, Linkedin dapat menjadi tempat yang cocok untuk menampilkan video bisnis anda.

Respon Pengunjung

Situs upload video seperti Youtube menyediakan kolom komentar dimana pengunjung dapat menyampaikan pendapat, pertanyaan atau juga permintaan. Sebaiknya anda sebagai pemilik bisnis memberi respon terhadap semua tanggapan pengunjung agar mereka merasa dihargai.

Tips pemasaran online menggunakan internet diatas bisa dicoba untuk mengetahui seberapa besar efektifitas dan efisien dari promosi yang dilakukan.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *