Cara Membuat Website Sendiri Bagi Pemula Secara Gratis dan Mudah

Informasi ini sangatlah bermanfaat, karena dapat membantu anda untuk bisa memiliki media online secara cepat. Apabila saat ini anda ingin segera memiliki situs untuk bisa memajang foto diri untuk narsis, website untuk jualan agar produk anda segera laku, anda bisa mengikuti petunjuk bagaimana cara membuat website bagi pemula dengan cara yang gampang sekali.

Cara Membuat Website Untuk Pemula

Membuat website bagi pemula dengan cara yang gratis dan sederhana merupakan masalah klasik yang banyak dihadapi oleh banyak pengguna internet. Karena website sudah bukan menjadi istilah aneh lagi saat ini terutama di Indonesia, dikarenakan banyak orang yang sudah menggunakan internet dan sering membuka situs untuk mendapatkan informasi. Namun tidak banyak orang yang mengerti langkah-langkah sederhana dalam proses pembuatan website dengan cara yang tidak rumit. Disini anda akan diajarkan urutan membuat sebuah website tanpa harus mengeluarkan biaya sedikitpun, bahkan caranya mudah sekali.

Manfaat Mengerti Bikin Website Sendiri

Sebelum lebih jauh, mungkin ada pembaca disini yagn bertanya, mengapa harus tahu cara buat web? Kan sudah banyak usha yang menawarkan pembuata blog dengan harga yagn tidak terlalu mahal bahkan ada yang murah sekali.

Ya, sebetulnya tidak terlalu penting juga untuk bisa membuat situs atau blog sendiri. Karena saat ini sudah banyak sekali jasa buat blog yang bertebaran di internet, atau juga di koran, majalah dan tempat lainnya. Lalu buat apa susah-susah bikin blog wp sendiri.

Sebenarnya ada manfaat yang penting untuk mengerti bagaimana sebuah situs itu dibuat. Mengapa, karena dengan sedikit atau banyak mengetahui prosesnya, maka dapat memanfaatkan situs lebih banyak lagi terutama dari sisi persaingan dan kompetisi dengan situs yang memiliki fungsi yang sama. Seperti situs yang berfungsi untuk memasarkan produk, maka dengan mengetahui detil dari situs tersebut, dapat membaut situs lebih menarik dari sisi desain dan juga pemasarannya atau menarik pengunjung.

Membuat Blog di Layanan Gratis di Internet

Pada dasarnya ada banyak sekali tempat yagn menawarkan pembautan blog gratis. Anda bisa mencoba mencariya sediri dengan mengguaan mesin pencari atau search engine. Dengan memasukkan kata kunci “fre blog”, “free webs”, “free website”, maka dapat ditemukan daftar situs yang memberi kemudaha anggotanya membuat web sendiri.

Masing-masing situs tersebut memiliki cara sendiri dalam proses pembuatannya. Anda bisa memilih free webs mana yang sesuai dengan anda. Karena masing-masing free website tersebut memiliki keebihan dan kekurangan.SElain itu tingkat setiap situs memiliki tingkat kerumitan tersendiri dalam membuatnya.

Anda bisa mengikuti tips bagaimana memilih web gratis di internet yang bagus.
Pertama. Pilihlah layanan web gratis yang mudah pengelolaanya. Istilah mudah disini, anda tidak perlu mengerti bahasa pemrogramannya. Karena bagi pemula, tentu akan kesulitan ketika harus mengeri bahasa program untuk membuat web seperti php, html, asp, java dan lainya.

Kedua. Sebaiknya menggunakan layanan situs gratis yang memiliki fitur CMS. Apa itu CMS. CMS adalah singkatan dari Content Management System. Dimana anda sebagai pengguna hanya perlu mengetkkan apa yang perlu ditulis didalam blog secara berkala. Dan selanjutnya biarkan blog tersebut yang mengatur dalam hal urutan penampilan artikel erdsarkan tanggal. Layanan blog dengan CMS ini hanya membutuhkan sedikit pengaturan seperti desain, tata letak dan sedikit settingan lainnya. SElanjutnya blog gratis tersebut yang akan mengerjakanya untuk anda.

Daftar Blog Gratis yagn Mudah untuk Dibuat

Dan berikut ini daftar blog gratis yang menawarkan fitur CMS :

  • Blogger.com
  • WordPress.com
  • Tumblr.com
  • Wix.com
  • dll

Yang paling mudah diantara daftar diatas adalah Blogger dan WordPress. Pilihan tersebut juga sesuai dengan tutorial cara buat blog untuk yang baru belajar di artikel ini.

Cara Buat Website Sendiri Yang Mudah Bagi Pemula

Buka web browser yang biasa anda gunakan. Pada halaman situs ketikkan Blogger.com yang akan mengantarkan anda pada situs blog gratis yang dimiliki oleh Google.

Apabila anda sudah memiliki akun di Google, anda dapat memasukkan email dan password pada bagian Sign-in.

Namun apabila anda belum pernah daftar pada Blogger.com atau produk lain dari Google, anda perlu mendaftar dahulu dengan klik tulisan Sign Up di sudut atas halaman tersebut. Ikuti saja petunjuk pembuatan akun agar anda bisa segera mengikuti kembali petunjuk membuat website untuk pemula dengan gratis ini.

Apabila anda telah dapat masuk pada bagian Dashboard Blogger.com, klik “New Blog”. Lalu anda dapat mengisi judul website yang akan anda buat dan alamat dari situs tersebut. Sebaiknya tuliskan nama dan alamat website sesuai dengan tujuan anda membuat situs ini.

Setelah nama dan alamat diisi dengan benar, klik “Create blog!”. Dan prosedur membuat website sendiri bagi pemula dengan cara yang gratis dan mudah telah selesai. Masih banyak lagi informasi penting mengenai bisnis dna peluang usaha di http://betabicara.com/ ini, sering-seringlah berkunjung di blog ini agar anda mendapat update tips terbaru soal bisnis.

Untuk building web di WordPress, akan dijelaskan pada artikel berikutnya. Ini agar ada bisa segera praktek membuat website sendiri di Blogger karena sudah di beri penjelasan dengan cukup. Apabila masih ada hal yang membuat bingun, ana bisa melihatnya di video ini.

Nah ini lebih mudahkan cara membaut web di blogger-nya.

15 comments

  1. Artikel yang bagus, ada satu lagi mas untuk membuat website dengan mudah bisa menggunakan pekku.com, platform untuk membuat website, buatan anak Indonesia loh 😀

  2. makasih atas info cara membuat website sendiri untuk pemula,, mudah dipraktekan mksh

  3. Artikelnya sangatlah membantu, apalagi seperti saya yang lagi belajar dan mencari mana panduan yang paling mudah praktis dan ga ribet. Sukses selalu !

    1. web bisa berisi artikel dan isinya cenderung statis dan jarang di update. Kalo blog banyak artikel yang sering di update. Tapi sekarang ini we dan blog sudah menjadi satu, karena dalam website ada blog supaya selalu update. Dari seti istilah juga sudah menjadi rancu dan cenderung dianggap sama

    1. BErarti belum ke index mas. Coba di index pake google. Search aja google submit url. Bisa juga submit sitemap, sama di fetch sitemap-nya via google webmastertool atau sekarang dikenal dengan google console

    1. Cari video tutorialnya di youtube “cara membuat website”, saya belum punya kesempatan membuat video tutorialnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *