Mencari Cara Chatting via Yahoo Messenger dari Browser Firefox

Berhubung sedang intensif melakukan komunikasi via Yahoo Messenger (YM) dena pihak lain maka, sementara alat yang ada hanya mengandalkan laptop, maka dengan terpaksa selalu membuka aplikasi YM ketika online. Sedangkan untuk membuka aplikasi YM sepanjang waktu online ternyata memakan resource baik kecepatan dan memory laptop. Sementara bandwith dari internet juga tersedot sepanjang waktu. Oleh karena itu penulis berusaha mencari akal agar komunkasi via YM dan kegiatan didepan komputer tidak saling menganggu. Berikut ini usaha yang idlakukan penulis mencari caraChatting via YM menggunakan Mozilla Firefox.

Chatting Menggunakan Yahoo Messenger

Yahoo Messenger merupakan aplikasi chatting yang disediakan oleh Yahoo!. Chatting atau bertukar pesan secara langsung dan cepat atau lebih dikenal dengan instant messaging menggunakan Yahoo Messenger sangat menyenangkan. Karena hanya dengan membuka satu aplikasi saja, ktia bisa langsung berkomunikasi dengan banyak orang baik melalui jalur private, grup (conference). Biasanya bertukar pesan melalui YM dilakukan dengan cara mengetikkan teks. Namun ada cara lain yang lebih sederhana seperti menggunakan suara atau yang dikenal dengan voice chat. Bahkan yang menariknya lagi, ktia dapat berkomunikasi dengan pihak lain dengan cara tatap muka langsung layaknya bertemu offline menggunakan cara video chat, dimana gambar dan suara berjalan bersamaan. SEringkali pengguna YM memanfaatkan fasiltias chatting ini untuk menjalankan bisnis online tanpa modal mereka, seperti jual baju online.

Jenis Aplikasi Chatting dengan Yahoo Messenger

Ada beberapa aplkasi yang biasanya digunakan ketika chatting menggunakan Yahoo Messenger, seperti berikut dibawah ini.

Software Yahoo Messenger yang Diinstal

Aplikasi YM yang umum digunakan ketika chatting adalah dengan software yang diinstal ke dalam komputer atau laptop kita.  Untuk dapat bertukar pesan, maka kita harus membuka apliaksi Yahoo Messenger. Dengan memasukkan username dan password layaknya kita membuka email Yahoo, maka kita dapat langsung melihat teman-teman kita yagn sedang online. Kita pundapat menyampaikan pesan kepada teman yang offline yang dapat dibaca ketika mereka online nantinya.

Chatting YM Melalui Yahoo! Mail

Yahoo Mail juga dapat digunakan untuk chatting syaratnya anda sudah membuat email Yahoo. Yaitu ketika kita login akun email Yaho kita, maka secara otomatis status kita menjadi online di YM, dengan catatan settingan melalui aplikasi YM sesuai. Kita bia melihat teman-teman kita yagn sedang online di YM. Jadi sementara kita membaca surat yagn masuk melalui email Yahoo, kita juga dapat bertukar pesan secara langsung dengan teman kita. Hanya saja kekurangan dari catting melalui email Yahoo, kita tidak dapat bertukar pesan melalui suara (voice) atau gambar (video).

Chatting Yahoo Messenger Melalui Web Browser Firefox

Lalu bagaimana cara supaya kita dapat chatting YM langsung melalui Firefox tanpa harus menggunakan kedua apliaksi diatas? Penulis mencoba mencari addon Firefox Yahoo Messenger menggunakan fasilitas mesin pencari Google. Setelah browsing dari hasil pencarian, didapat informasi bahwa, chatting menggunakan YM secara langsung melalui Firefox tidak dapat dilakukan. Ini disebabkan Yahoo Messenger menggunakan ActiveX yang tidak terdapat pada browser Firefox.

ActiveX sendiri merupakan software buatan Microsoft Windows yang berfungsi untuk menggerakkan aplikasi lain pada browser. Sedangkan Firefox tidak memiliki fasilitas tersebut. Disebutkan bahwa browser lain yang menggunakan Activex adalah Internet Explorer, namun penulis tidak pernah menggunaka browser tersebut.

Penulis sendiri belum mencoba chatting YM melalui aplikasi browser Android yang umumnya wajib diinstal pada ponsel Android.

Cara Terbaik Chatting YM Melalui Firefox

Berdasarkan hasil pencarian, browsing dan baca halaman lain mengenai chatting Yahoo Messenger via Firefox, maka disimpulkan bahwa cara tersebut tidak dimungkinkan. Sehingga satu-satunya cara chatting Yahoo Messenger melalui Firefox adalah menggunakan email Yahoo.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •